Umum

Sekolah Pelayaran di Indonesia, Syarat dan Biayanya

Sekolah pelayaran di Indonesia bisa menjadi tempat menuntut ilmu pelayaran dan kelautan yang tepat bagi siapa saja yang ingin berkiprah di lautan. Lembaga pendidikan ini akan membina para peserta didik untuk menjadi calon pelaut yang tangguh, ungggul, handal, dan profesional.

Para pencari kerja yang berminat untuk bekerja dalam bidang pelayaran umumnya adalah para lulusan sekolah pelayaran. Hal ini mengingat profesi ini membutuhakn ketrampilan khusus sehingga harus dididik melalui lembaga pendidikan spesifik. Seperti sekolah pariwisata hingga bidang pelayaran.

Saat ini lapangan pekerjaan sangat terbatas. Namun untuk lowongan kerja bagi para tenaga pelayaran masih sangat terbuka luas sampai sekarang. Anda bisa bekerja di kapal pelayaran nasional maupun asing, seperti China, Malaysia, Thailand, Jepang dll.

Berkecimpung dalam dunia kelautan dan pelayaran memang masih sedikit orang yang menyukainya. Tak sedikit pula pertanyaan tentang lulusan sekolah pelayaran di indonesia jadi apa. Namun dengan alasan ekonomi yang menjanjikan banyak orang yang memilih untuk bekerja di sektor pelayaran dan kelautan.

Apalagi Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak laut dan perairan. Luas lautan Indonesia bahkan jauh lebih luas ketimbang luas daratan. Bahkan nenek moyang kita terkenal sebagai pelaut yang ulung.

Menjadi seorang pelaut adalah profesi yang menantang dan hidup lebih banyak di atas laut. Bagi sebagian kalangan menjadi seorang pelaut mungkin bukan cita-citanya. Tapi bagi sebagian kecil orang menjadi pelaut adalah cita-citanya. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut dibutuhkan pendidikan kelautan dengan memilih sekolah pelayaran.

Sekolah Pelayaran di Indonesia

Jika anda siap menerima resiko dengan bekerja di pelayaran maka anda bisa mulai mendaftarkan diri pada lembaga pendidikan pelayaran di Indonesia yang tersebar luas di sejumlah daerah dan kota besar di Indonesia.

Dalam memilih sekolah pelayaran di Indonesia tidak boleh sembarangan. Anda bisa memilih sekolah pelayaran terbaik dan terdekat dengan lokasi rumah serta yang sudah diakui oleh organisasi International Maritime Organization (IMO) sebagai organisasi kemaritiman dunia PBB.

Lowongan pekerjaan dalam bidang kelautan dan pelayaran senantiasa terbuka lebar. Beberapa perusahaan masih membutuhkan para pelaut khususnya dari Indonesia. Sehingga peluang kerja yang luas dan menjanjikan di pelayaran dapat dimanfaatkan dengan cara terlebih dahulu bersekolah di lembaga pendidikan pelayaran.

Permintaan terhadap sumber daya manusia di bidang pelayaran dari tahun ke tahun mengalami kenaikan signifikan. Hal tersebut tak terlepas dari jumlah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayaran dan kelautan mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Kebutuhan terhadap tenaga kerja dalam bidang pelayaran selalu terbuka lebar. Sehingga lowongan kerja sebagai pelaut atau bekerja di pelayaran senantiasa hadir di loker online maupun media sosial grup lowongan kerja. Jika Anda kesulitan biaya juga bisa mengajukan program beasiswa sekolah pelayaran di Indonesia.

Keuntungan dan Risiko Bekerja di Pelayaran

Untuk menjadi seorang pelaut membutuhkan pendidikan formal yang namanya sekolah pelayaran. Adapun keuntungan menjadi seorang pelaut di Indonesia yang paling utama adalah penghasilannya yang sangat tinggi.

Salah satu keuntungan bekerja di maskapai laut dan pelayaran adalah gaji yang ditawarkan sangat tinggi dibandingkan dengan gaji pada profesi lain. Sementara untuk biaya sekolah pelayaran terbilang lebih terjangkau. Apalagi bekerja di kapal pelayaran asing seperti Amerika Serikat dan Eropa yang digaji dolar.

Namun dibalik keuntungan gajinya yang sangat besar, tersimpan sebuah kelemahan yaitu bekerja di pelayaran akan terbiasa untuk jauh dari keluarga tercinta di rumah. Ini seperti kita akan kuliah di luar negeri. Bisa saja seseorang meninggalkan orang tercinta dan keluarganya di rumah sampai berbulan-bulan. Bahkan ada segelintir orang yang mengalami kesengsaraan selama berada bekerja di pelayaran di laut.

Syarat dan Ketentuan Sekolah Pelayaran di Indonesia

Seperti halnya dengan sekolah penerbangan di Indonesia atau lainnya, bagi anda yang ingin kuliah di lembaga pendidikan pelayaran mesti memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh masing-masing sekolah pelayaran. Berikut ini syarat dan ketentuan sekolah pelayaran di Indonesia secara umum yang meliputi:

  1. Usia dibatasi setinggi-tingginya sekitar 23 tahun
  2. Untuk tinggi badan perempuan sekurangnya 155 cm. Sedangkan untuk laki-laki tinggi badan minimal 160 cm
  3. Dalam kondisi sehat secara jasmani dan rohani
  4. Siap untuk tidak nikah dan berkeluarga selama masa pendidikan sampai selesai
  5. Lulusan MA/SMK/SMA dan sederajat

Adapun syarat khusus untuk dapat bersekolah di lembaga pendidikan pelayaran di Indonesia, antara lain meliputi:

  • Melakukan pendaftaran online di situs resminya. Lalu melampirkan bukti pembayaran pendaftaran.
  • Melampirkan pas foto sebanyak 2 lembar ukuran 3×4 hitam putih
  • Menyertakan foto copy ijazah terakhir
  • Foto copy KK
  • Fotocopy KTP pemohon

Dengan mengetahui syarat dan ketentuan sekolah pelayaran di indonesia, baik yang umum maupun khusus, maka anda bisa memeriksa diri apakah sudah memenuhi syarat atau belum. Kalau anda sudah memenuhi syarat maka anda bisa daftar langsung ke lembaga pendidikan pelayaran yang ada.

Biaya Sekolah Pelayaran

Untuk masuk ke sekolah pelayaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun dibandingkan dengan biaya kuliah pada jurusan lain, biaya sekolah pelayaran di Indonesia lebih terjangkau.

Untuk memberikan gambaran umum, akan dikutip besaran biaya kuliah di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang sebagai berikut.

  • Biaya sekolah per semester panjang sebesar Rp 710 ribu sampai Rp 2.570.000 hingga semester tujuh.
  • Biaya pendidikan persemester pendek sebesar Rp 350 ribu.
  • Biaya wisuda Rp 2,5 juta

Lulusan Sekolah Pelayaran di Indonesia Jadi Apa

Salah satu hal yang sering ditanyakan oleh mereka yang berminat sekolah di pelayaran atau kelautan adalah lulusan sekolah pelayaran di indonesia jadi apa? Sebaiknya Anda jangan berkecil hati karena lulusan sekolah pelayaran memiliki prospek kerja yang cerah sekali.

Lulusan lembaga pendidikan pelayaran bisa menjadi pegawai negeri di kementerian kelautan dan perikanan indonesia. Kemudian bisa juga berprofesi sebagai wiraswasta dalam  bisnis transportasi laut atau perkapalan. Anda bisa juga berprofesi sebagai tenaga pendidik atau guru maupun dosen di sejumlah lembaga pendidikan pelayaran yang ada.

Untuk lebih jelas tentang lulusan sekolah pelayaran di Indonesia jadi apa dan prospek kerjanya antara lain meliputi:

  1. Nahkoda
  2. Karyawan pada industri manufaktur bagian jalur pengiriman laut
  3. Karyawan pada perusahaan minyak dan gas bumi  di lepas pantai dengan gaji Rp 27 juta per bulan
  4. Karyawan pada industri perikanan dengan gaji kisaran Rp 15 juta setiap bulan
  5. Karyawan di bagian Gelangan Kapal dan Pelabuhan
  6. Karyawan pada Perusahaan Pelayaran Asing maupun nasional
  7. Pembuat hukum regulasi dan transportasi laut sebagai PNS

Rekomendasi Sekolah Pelayaran Terbaik Di Indonesia

Dalam pemilihan sekolah pelayaran di Indonesia pastikan sekolah tersebut sudah memiliki ijin resmi dari pemerintah disamping diakui oleh IMO supaya bisa menghindarkan diri dari segala hal kemungkinan permasalahan yang mungkin terjadi.

Berikut ini rekomendasi sekolah pelayaran terbaik di Indonesia yang sebaiknya Anda tahu dan bisa menjadi pilihan Anda.

1.BP3IP Jakarta

Jika anda berminat untuk bekerja di pelayaran maka anda bisa menimba ilmu kelautan dan pelayaran di BP3IP (Badan Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran), sebuah sekolah pelayaran terbaik di tanah air pada tahun 2021 saat ini yang sudah diakui oleh badan dunia IMO yang menjadi milik pemerintah Indonesia.

BP3IP Jakarta

BP3IP berada di ibukota Jakarta yang memberikan pelatihan dan pendidikan kepada para peserta didik bagaimana caranya menjadi seorang pelaut profesional, tangguh dan berdedikasi tinggi terhadap tugas dan pekerjaannya. Yang dipelajari di BP3IP adalah segala hal yang berkaitan dengan kemaritiman sebagai modal dasar untuk menjadi pelaut.

2.STIP Jakarta

Sekolah pelayaran terbaik lainnya berada di Jakarta adalah STIP Jakarta. Lembaga pendidikan khusus pelayaran ini berada dalam naungan wewenang Kementrian Perhubungan RI. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta adalah sekolah pelayaran yang paling tua berdiri di tanah air.

Dengan bekal pengalaman yang banyak itulah yang membuat STIP Jakarta menjadi lembaga pendidikan pelayaran yang terbaik dan direkomendasikan bagi para calon pelaut mengikuti tradisi nenek moyang bangsa Indonesia.

3.BP2IP Tangerang

Bukan hanya di ibukota Jakarta saja yang mempunyai sekolah pelayaran terbaik secara nasional. Tapi di daerah Tangerang juga terdapat sekolah pelayaran terbaik yang bernama BP2IP (Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran).

Anda yang tertarik menjadi seoprang pelaut mesti mengecap pendidikan pelayaran. Salah satunya yang direkomendasikan adalah sekolah di BP2IP Tangerang yang didukung oleh para tenaga pendidik profesional dan kompeten.

Sarana dan prasarana di sekolah pelayaran yang terdapat di Tangerang ini sangat lengkap yakni kelas yang kondusif dan luas, sarana ruang praktek atau laboratorium, dan layanan simulator. Kemudian terdapat juga berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kemampuan dan potensi masing-masing anak murid/taruna.

4.Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makasar

Alternatif lain, sekolah pelayaran terbaik di Indonesia adalah Politeknik Ilmu Pelayaran Makasar. Bagi para pelajar Makasar tidak usah jauh-jauh pergi ke Jakarta dan Tangerang untuk menuntut ilmu pelayaran dan kelautan.

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makasar

Di Makasar sendiri sudah berdiri politeknik Ilmu Pelayaran Makasar yang kualitasnya sama dengan STIP Jakarta, BP3IP Jakarta dan BP2IP Tangerang. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makasar mempunyai tiga jurusan kuliah, antara lain:KALK,Teknika dan Nautika.

Namun dalam setiap sekolah pelayaran di Indonesia mempunyai peraturan tersendiri. Salah satunya pada Sekolah Politeknik Ilmu Pelayaran Makasar yang dibangun pada tahun 1921 ini memberi aturan bagi setiap peserta didik tidak diperbolehkan untuk nikah terlebih dahulu.

Adapun fasilitas yang akan didapatkan oleh setiap peserta didik selama sekolah di PIP Makasar yang paling utama adalah  pelatihan atau bimbingan cara menjalankan pelayaran memakai kapal latih Sultan Hasanuddin disamping akan mendapatkan layanan gratis full mission ship simulator dan layanan engine room control.

5.Akademi Maritim Cirebon

Bagi para pelajar yang khususnya warga masyarakat Cirebon yang berminat untuk menjadi seorang pelaut bisa mendaftarkan diri untuk kuliah di Akademi Maritim Cirebon. Sekolah kemaritiman yang dibangun pada tahun 1986 ini akan mengajarkan segala ilmu kemariman dan pelayaran kepada anda semua sehingga anda siap bekerja dalam bidang pelayaran.

Lulusan Akademi Maritim Cirebon langsung diberikan status sebagai perwira yang terampil dalam bidang teknika dan nautika pelayaran.

6.PIP Semarang

Semarang menjadi kota berikutnya yang mempunyai sekolah pelayaran terbaik di Indonesia yaitu Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Lulusannya akan langsung ditempatkan sebagai Perwira Pelayaran Besar sekaligus tenaga terampil dan ahli di sejumlah pelabuhan di Indonesia.

PIP Semarang

Ini juga merupakan rekomendasi sekolah pelayaran terbaik di Indonesia. Hal ini karena sekolah kedinasan ini menjadi badan pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan RI.

7.Akademi Maritim Nusantara Cilacap

Cilacap menjadi kota berikutnya yang terdapat sekolah pelayaran terbaik di tanah air bernama Akademi Maritim Nusantara Cilacap. Dengan kehadiran sekolah Akademi Maritim Nusantara Cilacap turut serta membantu menghasilkan para calon pelaut hebat yang kompeten dan ahli.

Akademi Maritim Nusantara Cilacap

Berikut ini beberapa program studi atau jurusan yang terdapat di Akademi Maritim Nusantara Cilacap meliputi:

  • Nautika
  • Pengelolaan Pelabuhan
  • Teknik Pelabuhan

Menuntut ilmu pelayaran di Akademi Maritim Nusantara Cilacap akan berjalan seimbang antara pemberian teori dan praktek nyata. Untuk kegiatan praktek dilakukan di daerah pantai Teluk Penyu yang dekat dengan sekolah.

8.Akademi Maritim Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta bukan hanya dikenal sebagai kota yang terdapat sebuah perguruan tinggi negeri terbaik yakni Universitas Gadjah Mada (UGM). Kota ini juga mempunyai Akademi Maritim Yogyakarta (AMY) yang sekarang telah menjadi Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta. Ini juga bisa menjadi rekomendasi sekolah pelayaran terbaik di Indonesia.

Sekolah Tinggi Kemaritiman Yogyakarta

Adapun jurusan kuliah yang terdapat di AMY untuk tingkatan Diploma, antara lain :

  • Teknik Pelayaran atau Teknik Permesinan Kapal
  • Studi Nautika Pelayaran
  • Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga

Beasiswa Sekolah Pelayaran Di Indonesia

Bagi yang berasal dari lingkungan keluarga miskin tapi berprestasi selama sekolah, tak sedikit lembaga pendidikan pelayaran yang memberikan program beasiswa sekolah pelayaran di Indonesia. Dengan harapan bisa meningkatkan prestasi belajar mahasiswa tersebut.

Beasiswa kuliah yang diberikan dalam bentuk uang pendidikan dari pemerintah maupun dari kalangan swasta dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak sekolah pelayaran di Indonesia.

Yusuf C

Recent Posts

Kecerdasan Linguistik: Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Mengoptimalkannya

Kecerdasan linguistik merupakan salah satu dari berbagai jenis kecerdasan dalam teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence)…

32 menit ago

Jenjang Pendidikan Dokter Yang Wajib Anda Tahu

Jenjang pendidikan dokter merupakan tahapan pendidikan yang harus dilalui dan diperlukan untuk menghasilkan para profesional…

1 hari ago

Jurusan di Sekolah Penerbangan: Tujuan, Materi Dan Pilihan Kampusnya

Jurusan di sekolah penerbangan cukup beragam sesuai dengan kebutuhan industri penerbangan yang makin meningkat. Namun…

2 hari ago

Kecerdasan Kinestetik: Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Mengembangkannya

Kecerdasan kinestetik pada dasarnya merupakan bagian dari teori kecerdasan majemuk yang dikembangkan oleh Howard Gardner.…

3 hari ago

Kuliah Peternakan: Program Studi, Materi dan Prospek Kerjanya

Kuliah peternakan saat ini menjadi salah satu pilihan yang semakin popular dan menarik minat para…

4 hari ago

Komunitas Guru: Pengertian dan Rekomendasinya

Komunitas guru umumnya memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung pendidikan dan pengembangan profesional para…

5 hari ago