Membangun self development untuk pelajar sebenarnya tidak sulit. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai strategi yang diperlukan dalam pengembangan diri sendiri. Sebab semua orang mempunyai bakat, kelebihan, keterampilan, kemampuan  dan potensinya masing-masing yang sangat besar. Potensi inilah yang perlu dikembangkan dengan lebih maksimal melalui pengembangan diri.

Pengertian self development bagi para siswa merupakan suatu usaha pengembangan diri yang dilakukan oleh pelajar untuk meningkatkan kualitas dirinya. Pengembangan diri harus dilakukan sejak dini.

Tugas self development untuk pelajar bukan hanya tugas orang tua di rumah tapi juga tugas guru di sekolah dan pendidikan yang berkualitas. Namun semua itu tidak berhasil tanpa kesadaran dari anak itu sendiri untuk perlu mengetahui pentingnya mengembangkan diri.

Self Development untuk Pelajar

Ada dua hal kemungkinan bagi manusia selama dalam bekerja keras mencapai keinginannya yaitu  sukses mendapatkan apa yang diinginkan atau mengalami kegagalan meraih apa yang dicita-citakan tersebut.

pengertian self development

Keberhasilan manusia dalam mendapatkan apa yang dicita-citakannya tersebut tak terlepas dari sikap manusia itu sendiri. Seperti pantang menyerah, ulet, bekerja keras, kreatif, dan sikap positif lainnya akan menghantarkan manusia pada gerbang kesuksesan.

Sebaliknya jika manusia mengalami kegagalan dalam meraih apa yang dicita-citakannya tak terlepas dari metode salah yang dipergunakannya.  Misalkan tak ulet, cepat putus asa, tidak sabar dll. Ditambah akan banyak tantangan dan kendala yang harus diatasi dan disikapi dengan baik untuk mencapai kesuksesan.

Jika anda ingin merubah kehidupan lebih baik maka anda yang harus merubah kemampuan diri sendiri dengan  lebih baik. Seiring dengan kemampuan dan keterampilan yang anda miliki semakin meningkat khususnya  dalam merubah hidup maka hidup anda pun akan berubah menjadi lebih baik. Untuk mewujudkan semua itu diperlukan suatu strategi self development.

Pengertian Self Development

Self development untuk pelajar adalah sebuah proses yang dilakukan oleh seorang pelajar untuk mengembangkan dirinya menjadi lebih baik dan berkualitas.Pengembangan diri yang dilakukan oleh seorang pelajar akan jauh lebih baik hasilnya jika dilakukan sejak dini.Misalkan sejak duduk di bangku TK atau SD. Kompetensi guru di sekolah akan berupaya untuk mengembangkan kemampuan diri anak dengan berbagai tugas yang diberikan.

Pengertian self development berasal dari bahasa inggris yang artinya pengembangan diri. Pengembangan diri dapat dilakukan oleh semua pihak. Salah satunya kalangan pelajar yang sudah tugas pokoknya belajar untuk meningkatkan kualitas diri.

manfaat self development untuk anak

Sedangkan secara istilah, self development untuk pelajar adalah sebuah teknik atau strategi yang dijalankan oleh seorang pelajar untuk meningkatkan kesadaran pelajar itu sendiri dalam keharusan upayanya untuk meningkatkan kemampuan, keahlian, bakat, dan potensi kelebihannya semaksimal mungkin  yang bermanfaat bagi diri dan lingkungan sekitarnya.

Manfaat Self Development Untuk Anak

Salah satu kalangan yang sangat penting untuk diberikan kemampuan pengembangan diri sendiri yang lebih baik adalah kalangan anak-anak. Kalangan anak-anak adalah kalangan yang belum mampu  mendewasakan diri dengan baik. Sehingga tugas guru dan orangtua murid di rumah dalam mengembangkan diri pada anak secara optimal.Hal tersebut perlu dilakukan karena manfaat yang sangat besar dari pengembangan diri anak.

Berikut ini beberapa manfaat self development untuk anak, antara lain :

1.Lebih  berkembang

Salah satu manfaat utama dari self development untuk pelajar dan anak adalah mampu memaksimalkan potensi, keahlian, dan bakat anak hingga berkembang secara optimal.  Sehingga dalam dunia akademik di sekolah bisa berprestasi dengan hasil memuaskan.

2.Memahami diri sendiri

Manfaat self development untuk anak selanjutnya mampu memahami dirinya sendiri. Terkait apa yang menjadi kelebihan anak dan kekurangannya. Hal tersebut sangat berguna bagi kemajuan anak pada masa depan anak. Sehingga sang anak bisa fokus terhadap apa yang menjadi kelebihannya.

Seorang anak yang mampu mengembangkan dirinya berarti sudah berada satu langkah di depan anak-anak lainnya. Pada saat anak-anak lain mengalami kebingungan ketika ditanya mengenai siapa dirinya sendiri yakni tentang kelebihan dan kekurangannya maka anak yang melakukan self development mampu menjawab semua itu dengan baik. Karena ia paham terhadap kondisi dirinya sendiri.

manfaat self development

3.Percaya diri

Seorang anak yang mampu mengembangkan diri sendiri atau  self development untuk pelajar dengan baik juga akan mempunyai tingkat rasa kepercayaan diri yang tinggi. Karena sang anak mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kemampuannya yang tak bisa dimiliki oleh semua temannya.

4.Meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak

Manfaat self development untuk anak berikutnya adalah meningkatkan kesehatan badan dan mental anak. Karena anak akan menjadi lebih optimis terhadap nasib dan kemajuan pendidikannya pada masa depan.

5.Pengendalian diri pada anak yang baik

Disamping itu self development untuk pelajar akan membuat anak lebih mudah mengendalikan diri secara baik.

Demikianlah beberapa manfaat self development untuk pelajar dan anak. Self development sangat penting dimiliki oleh setiap anak atau pelajar. Karena dengan itu seorang anak ataupun pelajar bisa lebih berprestasi dan maju dalam dunia pendidikan akademik di sekolah serta dalam lingkungan sosial pergaulan sehari-hari di sekitarnya.

Contoh Self Development Untuk Anak SMA

Self development untuk anak SMA sangat diutamakan. Karena mampu meningkatkan kualitas seorang anak SMA menjadi lebih berkembang. Pada saat seorang anak memasuki jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas atau SMK maka pada saat itulah seorang anak dituntut untuk bisa mengembangkan dirinya sendiri secara lebih baik. Ada berbagai sarana untuk mencapai semua itu. Salah satunya adalah aktif di organisasi OSIS.

self development untuk pelajar

Seorang remaja yang tengah menjalani studi di SMA maka mereka akan dihadapkan pada berbagai pilihan setelahnya. Seorang pelajar SMA pasca lulus dari jenjang SMA bisa memilih untuk bekerja maupun melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Namun yang lebih banyak dipilih adalah meneruskan ke jenjang kuliah.

Berikut ini beberapa contoh self development untuk pelajar SMA yang penting diketahui para orang tua.

1.Menyadari kelebihan dan kekurangannya

Sang anak yang duduk di bangku SMA menyadari dan memahami apa yang menjadi kekuatan dan kelebihan serta kekurangannya. Segala kelebihan yang dimilikinya dapat diberdayakan dan dimanfaatkan. Seperti dengan mengikuti organisasi intra sekolah bernama OSIS maupun mengikuti kegiatan ekstra kurikuler. Seperti  olahraga renang, beladiri silat, karate, catur dll.

Anak SMA yang mengenali dan memahami dirinya sendiri maka sang anak tidak memaksakan diri untuk mengikuti lomba atau kejuaraan yang ia tidak bakat di dalamnya. Sebaliknya sang anak bisa lebih menerima apa yang menjadi kekurangannya. Disamping itu sang anak akan fokus pada kelebihannya dan terus meningkatkan kemampuan atas kelebihan yang dimilikinya.

2.Menjadi pribadi yang ulet dan pantang menyerah dan tahan banting

Contoh self development untuk pelajar SMA lainnya adalah saat sang anak mengalami kegagalan dalam menghadapi SBMPTN maka sang anak tidak mudah menyerah. Pada tahun selanjutnya, sang anak mengikuti ujian tersebut kembali. Sang anak pun ketika sedang menghadapi ujian dan menyelesaikan tugas PR di sekolah mampu menyelesaikan dengan baik dipenuhi semangat pantang menyerah.

3.Rajin belajar melalui buku atau pelatihan dan aktif di organisasi

Contoh self development untuk anak SMA selanjutnya seperti dengan rajin membaca buku untuk mengembangkan wawasan dan keterampilan serta kelebihan yang dimilikinya. Sehingga prestasi anak tidak stagnan selama di sekolah dan berada di dalam lingkungan masyarakat.  Tapi prestasi anak akan terus meningkat secara pesat maupun perlahan-lahan.

contoh self development untuk anak sma

Untuk pengembangan diri atau self development untuk pelajar maupun anak dapat ditempuh dengan mengikuti kegiatan di sekolah dan organisasi. Aktivitas ini dapat mengembangkan diri anak ke arah peningkatan kemampuan anak yang lebih baik. Seperti dalam segi keterampilan berkomunikasi, public speaking atau kemampuan berbicara di depan umum, bekerja sama  dan berorganisasi secara baik dengan orang lain.