Sertifikat untuk SNMPTN sangat diperlukan bagi anda yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN. Sertifikat ini menjadi faktor pendukung yang sangat penting selain prestasi akademik agar bisa lolos masuk perguruan tinggi favorit pilihan Anda. Karena itu kenali syarat dan ketentuan agar bisa lolos SNMPTN.

Seperti diketahui, ada beberapa jalur masuk ke perguruan tinggi negeri yang sudah ditentukan oleh pemerintah atau Kemendiknas. Seperti jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur seleksi mandiri.Yang paling menarik dari semua itu adalah jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang popular dengan sebutan jalur orang-orang istimewa yang berprestasi.

Jika anda ingin masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN tentu ada persyaratan yang harus anda penuhi. Seperti persyaratan nilai akademik yang tinggi. Untuk mendapatkan nilai akademik yang tinggi saat duduk di SMA tentu membutuhkan persiapan yang matang. Persiapan yang harus anda lakukan dalam belajar serius dan fokus agar nilai akademik anda bisa menjadi sangat bagus dan direkomendasikan diikutsertakan pada SNMPTN.

Disamping nilai akademik yang bagus, persiapan lainnya yang perlu untuk membantu meningkatkan kelulusan pada SNMPTN adalah adanya sertifikat untuk SNMPTN dalam bentuk penghargaan atau kejuaraan. Oleh karena itu, sewaktu SMA selain harus memiliki nilai prestasi akademik yang bagus, anda bisa juga melakukan persiapan untuk mendapatkan sebanyak mungkin sertifikat penghargaan atau kejuaraan agar bisa lolos SNMPTN.

sertifikat snmptn

Jalur masuk PTN lewat SNMPTN tidak sembarang orang bisa melaluinya. Apalagi jumlah kuotanya sangat terbatas pada setiap perguruan tinggi negeri.  Hal tersebut membuat daya tampungnya terbatas sekali dan tidak sebanyak pada jalur seleksi SBMPTN atau seleksi mandiri.

Oleh sebab itu, apabila anda ingin memasuki perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN harus mempersiapkan diri secara cepat dan baik. Terutama persiapan menyangkut semua syarat dokumen dan administrasi yang harus dipenuhi dan sertifikat yang harus dibawa untuk mendaftar SNMPTN.

Bagi anda yang memilih jalur SNMPTN tentunya berharap bisa lolos masuk perguruan tinggi negeri pilihannya. Namun agar lolos dalam seleksi SNMPTN tidak semudah yang diucapkan. Anda harus mempunyai prestasi akademik di sekolah yang bagus sebelumnya.

Anda juga mesti melampirkan sertifikat-sertifikat sebagai bukti atas prestasi-prestasi yang telah anda raih sebelumnya. Semua itu akan membuat anda akan dipertimbangkan bisa lolos dalam SNMPTN dengan lebih mudah.

Sertifikat Untuk SNMPTN

Salah satu idaman bagi sebagian besar lulusan SMA/SMK dan sederajat adalah bisa memasuki perguruan tinggi negeri favoritnya sesuai jurusan kuliah yang diminatinya. Salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri tersebut adalah jalur SNMPTN.

Banyak hal yang ikut mempengaruhi lolos tidaknya orang dalam seleksi snmptn. Tidak sembarang pelajar lulusan SMA atau sederajat yang bisa ikut serta pada seleksi SNMPTN. Mereka yang bisa daftar kuliah masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN adalah mereka yang memiliki nilai prestasi akademik yang baik dan bisa dilihat dari nilai raport mereka ketika di SMA.

sertifikat yang bisa digunakan untuk snmptn

Salah satu yang utama dan dijadikan bahan pertimbangan untuk mengikuti SNMPTN adalah nilai prestasi akademik siswa bersangkutan yang sangat baik pada waktu duduk bersekolah di sma. Oleh sebab itu jika anda ingin masuk ke perguruan tinggi negeri lewat SNMPTN maka anda mesti melakukan persiapan matang sejak duduk di bangku SMA. Pada waktu duduk di SMA kelas 10 anda harus memastikan nilai-nilai akademik berada pada angka yang memuaskan, bagus, dan stabil.

Dengan modal atau bekal nilai prestasi akademik yang bagus sewaktu duduk di SMA itu akan memuluskan jalan anda saat mendaftar PTN lewat jalur SNMPTN. Selain itu akan meningkatkan peluang anda bisa lolos lewat jalur SNMPTN.

Namun bukan hanya menilai prestasi akademik saja yang menjadi pertimbangan dalam memuluskan seseorang lulus tidaknya dalam seleksi  SNMPTN. Pelajar yang memiliki sertifikat untuk SNMPTN bisa bisa meningkatkan potensi kelulusannya.

Begitu juga kualitas sekolah ikut mempengaruhi lolos tidaknya anda dalam SNMPTN. Apabila sekolah anda merupakan sekolah favorit terbaik di daerah anda maka anda memiliki peluang lebih besar untuk lolos pada snmptn.

Sejumlah perguruan tinggi negeri mensyaratkan nilai prestasi akademik harus bagus  dan kualitas sekolah bersangkutan harus terbaik untuk meningkatkan potensi kelulusan SNMPTN. Beberapa diantara PTN ada yang memberikan syarat tambahan yaitu dengan melihat kualitas lulusan atau alumni sekolah yang lulus SNMPTN pada tahun sebelumnya. Seberapa tingkat kelulusan alumni sekolah tersebut di SNMPTN akan menentukan tingkat kelulusan Anda.

Persyaratan Supaya Lolos SNMPTN

Ada sejumlah persyaratan yang harus anda penuhi dalam pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan sangat mempengaruhi lolos tidaknya anda dalam SNMPTN, antara lain:

1.Nilai akademik

Nilai akademik adalah salah satu faktor utama yang sangat menentukan kelulusan anda dalam daftar SNMPTN. Pihak panitia SNMPTN akan melihat nilai akademik anda dari permulaan semester pertama hingga semester lima pada saat anda duduk di sekolah SMA kelas10 hingga 12. Jika nilainya bagus maka anda berhak ikut SNMPTN.

mendapatkan sertifikat untuk snmptn

Adapun persyaratan yang harus anda miliki dalam mengikuti SNMPTN dari segi nilai akademik adalah minimal nilai prestasi akademik berstatus B atau dikisaran nilai rata-rata kesemuanya  83 hingga 90. Tentu akan lebih baik lagi jika status nilai A atau berada diantara nilai rata-rata 91 hingga 100.

Dari situlah anda bisa mengerti bahwa jalur masuk SNMPTN dikhususkan bagi orang-orang berprestasi dalam akademik. Sehingga anda bisa menilai diri apakah anda layak atau bisa untuk masuk daftar  SNMPTN melihat nilai raport di sekolah SMA anda sebelumnya.

Namun nilai prestasi akadermik yang tinggi tersebut bukan jaminan dan pertimbangan anda akan langsung diterima lewat jalur SNMPTN. Semua nilai tersebut baru bisa diterima dengan syarat harus memiliki sifat nilai yang meningkat atau stabil.

Untuk meningkatkan peluang bisa ikut serta pada SNMPTN dan lolos pada SNMPTN secara baik maka anda bisa mempersiapkan diri pada jauh hari. Ketika anda berencana untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri maka selama anda belajar di SMA lakukan pembelajaran secara serius.

Anda juga harus rajin belajar dan mempertahankan nilai mata pelajaraan agar tetap tinggi, stabil dan meningkat. Sehingga sewaktu anda lulus SMA maka anda bisa mengikuti SNMPTN dengan modal nilai-nilai akademik di SMA yang sangat bagus.

2.Sertifikat untuk SNMPTN

Sertifikat Yang Bisa Digunakan Untuk SNMPTN

Bagi anda yang ingin mendaftarkan diri masuk ke perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN memerlukan namanya sertifikat. Sertifikat untuk SNMPTN sangat mempengaruhi untuk lolos tidaknya seseorang pada SNMPTN. Atau dengan kata lain, sertifikat SNMPTN menjadi bahan pertimbangan yang sangat berpengaruh terhadap kelulusan SNMPTN anda.

cara mendapatkan sertifikat untuk snmptn

Akan tetapi adanya sertifikat adalah prioritas kedua yang sangat mempengaruhi. Tetap saja yang nomor  satu yang sangat mempengaruhi kelulusan SMPTN seseorang adalah nilai prestasi akademik yang tinggi.

Lalu yang menjadi bahan pertanyaan adalah apa saja jenis sertifikat yang bisa digunakan untuk SNMPTN? Menurut informasi dari Kemendikbud, sertifikat yang memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN adalah sertifikat kejuaraan. Anda bisa mencantumkan setidaknya tiga sertifikat kejuaraan yang merupakan prestasi anda dalam format pdf atau jpg. Begitulah pentingnya sertifikat atau piagam penghargaan kejuaraan atas apa yang menjadi prestasi anda karena itu juga ikut membantu dalam proses seleksi SNMPTN.

Namun jika anda memiliki banyak piagam atau sertifikat kejuaraan maka anda harus lebih selektif lagi dalam memilah-milahnya. Anda bisa memilih sertifikat yang bisa untuk mendaftar SNMPTN dan mana yang tidak bisa digunakan.

1.Sertifikat OSN

Untuk contoh sertifikat yang bisa digunakan untuk SNMPTN antara lain sertifikat olimpiade sains national atau OSN. Sertifikat olimpiade sains nasional atau OSN adalah merupakan sertifikat yang di bisa dipergunakan untuk snmptn dan sangat mempengaruhi kelulusan snmptn kepada seseorang.

sertifikat yang bisa digunakan untuk snmptn

OSN sendiri adalah merupakan kejuaraan dalam tingkat nasional yang dilangsungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang mempertandingkan berbagai bidang keilmuan seperti ekonomi, fisika, astronomi, kimia, matematika dan lain-lain.

2.Sertifikat Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

Sertifikat yang bisa digunakan untuk SNMPTN berikutnya adalah sertifikat festival dan lomba seni siswa tingkat nasional. Kejuaraan ini tingkat nasional yang akan mempertimbangkan kemampuan pelajar dalam seni lukis, seni tari tradisional, dan paduan suara.

Mereka yang juara pada kejuaraan dan festival ini berhak mendapatkan sertifikat juara yang berguna karena bisa diikutsertakan pada SNMPTN. Anda yang mempunyai bakat seni bisa mencoba mengikuti kegiatan atau kejuaraan ini untuk mendapatkan sertifikat yang bisa dipergunakan sebagai syarat menunjang kelulusan SNMPTN.

3.Sertifikat Olahraga Siswa Nasional

Jenis sertifikat untuk SNMPTN berikutnya adalah sertifikat olimpiade olahraga siswa nasional. Apabila sertifikat OSN melihat pada prestasi siswa dari segi akademik maka O2SN adalah sertifikat yang memperlihatkan atau menunjukkan prestasi olahraga seseorang. Misalnya prestasi juara dari olahraga bulutangkis, renang, karate, pencak silat maupun atletik. Sertifikat O2SN dapat pula dijadikan lampiran pada seleksi SNMPTN.

cara mendapatkan sertifikat untuk snmptn

Pendek kata, untuk bisa kuliah pada PTN lewat jalur masuk SNMPTN dapat ditempuh dengan cara mempunyai prestasi secara akademik dengan nilai-nilai pelajaran yang baik selama di SMA. Kemudian juga mempunyai prestasi dalam bidang seni dan olahraga secara nasional yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Cara Mendapatkan Sertifikat Untuk SNMPTN

Ada berbagai persyaratan untuk bisa mengambil jalur SNMPTN. Yang paling utama adalah nilai akademik yang bagus. Selain itu juga perlu ditunjang dengan berbagai prestasi dalam bidang ekstrakurikuler, intelektual dan olahraga. Bentuk bukti nyatanya bisa berupa sertifikat kejuaraan lomba debat, olahraga siswa nasional, dan olimpiade sains nasional (OSN) .

Kemudian ada juga sertifikat yang bisa diikutsertakan pada SNMPTN yaitu serrtifikat lomba debat. Sertifikat semacam ini juga bisa dilampirkan pada SNMPTN karena bisa menjadi nilai tambah anda dan meningkatkan peluang lolosnya anda pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Untuk cara mendapatkan sertifikat untuk SNMPTN tentunya harus mengikuti suatu lomba atau kegiatan yang ada. Jika ingin mendapatkan sertifikat lomba debat, maka anda harus mengikuti lomba debat yang diadakan oleh suatu institusi pemerintah maupun swasta.

Lomba debat terdiri-dari dua macam yakni lomba debat berbahasa Indonesia (LDBI) dan lomba debat National School Debating Championship (NSDC). Adapun pihak penyelenggara lomba debat bisa dari pihak swasta atau pemerintah. Untuk pemerintah biasanya yang menjalankan lomba debat adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI secara berkala.

sertifikat untuk snmptn

Sangat bagus jika anda menjadi juara lomba debat tersebut yang bisa menjadi bahan utama pendukung untuk dilampirkan pada persyaratan SNMPTN. Peluang lolos SNMPTN sangat besar dengan anda mempunyai sertifikat juara lomba debat yang diadakan oleh Kemendikbud. Tak hanya akan mendapatkan sertifikat juara debat. Tapi anda pun akan diikutsertakan pada lomba debat tingkat dunia.

Oleh karena itu, jika anda ingin lolos SNMPTN maka anda perlu mengetahui cara mendapatkan sertifikat untuk SNMPTN tersebut. Dengan modal sertifikat juara lomba debat NSDC atau LDBI bisa membuat anda mendaftarkan kuliah di PTN lewat jalur SNMPTN.

Nah, jika anda ingin mengejar lolos SNMPTN maka sejak dini anda harus mempunyai nilai prestasi akademik yang bagus dan mempunyai beberapa piagam atau sertifikat juara lomba. Semua itu bisa anda peroleh dengan anda mengikuti berbagai kejuaraan dalam bidang akademik. Seperti mengikuti OSN, kejuaraan olahraga, dan lainnya hingga mendapatkan sertifikat untuk SNMPTN.