Soal membaca untuk anak TK biasanya timbul setelah mereka membaca  pada sebuah paragraf atau kalimat tertentu dengan ide atau gagasan tertentu. Membaca adalah suatu aktivitas yang berguna sekali untuk segala kalangan. Sejarah Islam mencatat ayat Al Qur’an yang pertama kali turun adalah iqro yang berarti membaca.

Semua orang sepakat membaca itu sangat penting. Hal itu tak terlepas dari banyaknya manfaat membaca bagi manusia. Oleh sebab itu, sejak dini anak-anak di sekolah formal mesti sudah diajarkan membaca.

Kegiatan membaca akan membuat anak mempunyai wawasan dan pengetahuan yang lebih luas. Sehingga anak TK yang gemar membaca menjadi  sebuah kebiasaan baik yang patut ditiru dan perlu dipupuk setiap hari.

Soal Membaca Untuk Anak TK

Ditengah budaya literasi yang sangat rendah di Indonesia menjadi tugas dan tanggung jawab guru di sekolah dan orang tua di rumah untuk mengajarkan soal membaca  untuk  anak TK. Namun untuk mengajarkan membaca terutama kalangan taman kanak-kanak memerlukan kesabaran ekstra tinggi.

cara belajar membaca anak

Soal membaca untuk anak TK sangat mudah untuk dikerjakan. Anak-anak dari berbagai latar belakang hingga balita pun bisa diajarkan untuk membaca. Kunci sukses seorang guru bagi  anak supaya bisa membaca adalah menerapkan proses pengajaran membaca dengan cara menyenangkan. Hal tersebut karena masa anak-anak adalah masanya bermain dan menyukai permainan. Hingga harus diterapkan latihan membaca yang bersifat permainan.

Seorang anak yang sudah saatnya untuk belajar membaca maka dengan sendirinya mereka akan belajar membaca di sekolah. Disamping dibantu oleh guru di sekolah, sang anak belajar membaca di rumah yang diajarkan langsung oleh lingkungan keluarga, seperti orang tua.

Dalam masa belajar membaca anak,orang tua bisa mendampingi anak dan tidak bisa memaksa anak untuk belajar membaca. Sang anak harus memilih belajar membaca dengan inisiatif sendiri dan didukung oleh teman-teman dan guru di sekolah. Orang tua tidak diperbolehkan memaksa anak untuk belajar membaca dan menyelesaikan soal membaca untuk anak TK.

Manfaat Belajar Membaca Untuk Anak TK

Seorang anak akan dengan sendirinya belajar membaca jika lingkungan di sekelilingnya mendukung. Ditambah lagi sang anak mengetahui terhadap manfaat membaca.

Berikut ini beberapa manfaat soal membaca untuk anak TK yang penting diketahui para orang tua.

1.Menambah pengetahuan dan wawasan

Manfaat membaca bagi anak TK yang pertama adalah membuat anak TK dapat menambah pengetahuan dan wawasannya.

2.Memperlancar membaca

Manfaat kedua dari seorang anak TK yang rajin membaca adalah memperlancar dalam soal membaca. Sehingga ketika memasuki jenjang pendidikan sekolah dasar, sang anak bisa semakin lancar membaca dengan baik dan benar.

lembar kerja anak tk

3.Meningkatkan imajinasi

Manfaat berikutnya dari soal membaca untuk anak TK adalah untuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas yang lebih tinggi dan terasah dengan baik. Sang anak akan lebih mudah mendapatkan jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapinya.

Proses belajar membaca anak berbeda dengan membaca orang dewasa. Anak-anak akan lebih suka membaca dalam bentuk permainan. Karena sudah tabiat anak-anak bermain dan menyukai permainan.

Kebiasaan membaca yang baik seseorang tidak terbentuk dengan sendirinya. Melainkan semuanya hasil proses kebiasaan membaca sejak dini. Dimulai dari sang anak belajar membaca.

Worksheet Membaca dan Menulis

Setelah mengetahui manfaat soal membaca untuk anak TK dan cara belajar bacanya maka berikutnya yang akan dibahas mengenai ajakan pada anak untuk membaca dan menulis dalam bentuk worksheet membaca dan menulis.

Dalam dunia literasi, terdapat berbagai jenis worksheet, antara lain worksheet membaca dan worksheet menulis.

1.Worksheet Membaca

Belajar dengan soal membaca untuk anak TK adalah suatu keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap anak. Tanpa keterampilan membaca yang baik sangat sulit bagi seorang anak bisa menempuh pendidikan di sekolah formal secara baik.

Seorang anak yang sedang belajar membaca akan jauh lebih baik ketimbang orang dewasa yang belajar membaca. Anak-anak masih mempunyai daya ingat dan hafal yang sangat kuat terhadap bentuk-bentuk huruf. Belajar membaca  pada usia anak TK bagaikan mengukir di atas batu. Begitu juga sebaliknya belajar membaca ketika usia tua bagaikan menulis di atas air.

worksheet membaca dan menulis

Dengan kehadiran perpustakaan di berbagai tempat publik ataupun perpustakaan digital mampu meningkatkan minat belajar anak dalam membaca. Ketersediaan worksheet membaca menjadi sangat penting untuk menjadikan kegiatan membaca lebih terkelola secara baik.

2.Worksheet Menulis

Keahlian menulis dapat dipelajari secara baik oleh seorang anakTK. Hal tersebut mengingat banyak manfaat yang diperoleh anak itu sendiri. Berdasarklan riset manfaat menulis bagi anak adalah bisa memaksimalkan kinerja anak  terhadap dunia akademik.

Selain dengan soal membaca untuk anak TK, keahlian menulis pada anak juga dapat mulai dilatih sejak usia dini. Misalkan pada anak usia taman kanak-kanak atau playgroup. Dengan kehadiran berbagai perangkat teknologi mutakhir membuat pembelajaran menulis bagi anak TK lebih mudah dilakukan. Misalkan dengan menggunakan komputer, hp ataupun netbook.

Kegiatan menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan sekali bagi seorang anak. Karena dengan menulis, seorang anak bisa lebih bebas berimajinasi. Disamping itu, seorang anak mampu mengungkapkan segala keluhan dan emosi negatif secara baik. Sehingga lewat tulisan yang ditulis di atas kertas seorang anak bisa terhindar dari stres.

Cara Belajar Membaca Anak

Berikut ini beberapa cara belajar membaca yang bisa dilakukan para orang tua maupun guru TK dengan menggunakan soal membaca untuk anak TK.

1.Mengenali huruf atau alfabet dengan baik

Cara mengajari anak membaca tidak bisa langsung dengan sendirinya. orang tua perlu memperkenalkan huruf-huruf dan alfabet pada anak secara lengkap. Dari mulai huruf A sampai huruf Z. Ajarkan pula cara pelafalannya.

soal membaca untuk anak tk

Ada banyak sarana dan media untuk mengenalkan huruf dan alfabel pada anak dengan cara menyenangkan. Seperti pelafalan alfabet dan mengenalkan huruf dengan mendengarkan lagu, musik maupun menyediakan permainan untuk membaca.

Setelah anak anda terlatih dengan soal membaca untuk anak TK dan mengenal huruf dari A sampai Z beserta pelafalannya maka anda bisa melakukan pengetesan.

2.Meningkatkan rasa tahu anak pada suatu bacaan

Salah satu hal yang menjadi penyebab seorang anak malas untuk membaca adalah ketidak menarikan terhadap bacaan yang akan dibacanya. Oleh sebab itu, tugas orang tua untuk meningkatkan rasa ingin tahu anak terhadap tulisan yang akan dibacanya. Contohnya dengan menyediakan buku atau tulisan yang menarik anak.

3.Memberikan pujian

Yang tak boleh dilupakan juga, dalam proses cara belajar membaca anak, sesekali sang anak diberikan pujian jika sudah berhasil membaca kalimat atau kata walaupun satu patah kata. Dengan demikian diperlukan suatu worksheet membaca dan menulis untuk anak.

Latihan Menulis Anak TK

Salah satu keterampilan dasar yang mesti dimiliki oleh setiap orang adalah menulis. Kalau soal membaca untuk anak TK sebagai suatu media untuk mendapatkan ilmu maka menulis merupakan media untuk menulis ilmu itu sendiri. Sehingga antara membaca dan menulis saling memiliki keterkaitan.

latihan menulis anak tk

Bagi orang tua yang memiliki anak yang tengah belajar  menulis maka ada sejumlah tahapan yang mesti dilakukan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini tahapan-tahapan latihan menulis anak TK yang meliputi:

1.Membiarkan membuat coretan

Tahapan yang pertama bagi anak TK yang mulai belajar menulis adalah membiarkan anak untuk mencorat coret di atas kertas. Ajarkan pada anak cara menulis huruf A, B dan seterusnya di atas kertas tersebut. Keberanian anak untuk menulis atau mencorat coret merupakan hal yang perlu diapresiasi dengan baik.

Namun kegiatan anak mencorat coret harus dibatasi. Hal tersebut jangan sampai merusak dan mengotori tembok. Seperti soal membaca untuk anak TK, Anda juga bisa memberikan papan tulis atau buku untuk dicorat coret anak. Langkah corat coret yang dilakukan oleh anak menandakan sang anak tertarik sekali untuk menulis.

2.Membentuk huruf

Pada tahap sebelumnya sang anak terbiasa mencorat coret yang tidak terbentuk dengan jelas. Namun seiring dengan bertambah waktu, orang tua bisa mengajarkan pada anak beberapa jenis huruf vokal atau konsonan. Sehingga kegiatan mencorat coret berganti dengan kegiatan menulis huruf.

3.Penggunaan tanda baca

Pada tahap sebelumnya sang anak hanya menulis huruf. Tapi huruf yang ditulisnya masih satu atau dua huruf yang ditulis. Seiring berjalan waktu, sang anak bisa merangkai kata yang utuh hingga mungkin jadi sebuah kalimat dengan tanda baca yang baik.

4.Tahap penulisan nama

Pada awal latihan menulis anak TK adalah latihan menulis nama sendiri. Seperti pada soal membaca untuk anak TK hal ini juga akan lebih mudah dikenali oleh anak. Pada berbagai kesempatan seperti kertas ulangan atau buku sering diberikan nama atas namanya. Sehingga sang anak terpacu semangatnya untuk semakin rajin menulis namanya dan semakin mengingat huruf-huruf yang disusunnya untuk menjadi sebuah namanya.

5.Tahap sempurna

Tahap terakhir yaitu latihan menulis anak TK yang melatih menulis secara langsung berdasarkan huruf dan kata yang diingatnya.

Lembar Kerja Anak TK

Worksheet atau lembar kerja anak terbagi ke dalam berbagai jenis sesuai peruntukannya. Seperti lembar kerja anak TK, SD, SMP dan SMA maupun mahasiswa. Adapun lembar kerja anak TK diperuntukan bagi orang tua murid di rumah maupun guru TK di sekolah.

Adapun yang menjadi manfaat lembar kerja anak TK adalah untuk melakukan latihan bagi anak taman kanak-kabak (TK) dan juga anak dalam tingkat playgroup dalam segi keterampilan menulis atau membaca.

cara belajar membaca anak TK

Lembar kerja dari soal membaca untuk anak TK juga bermanfaat untuk mengukur keterampilan anak dalam membaca dan menulis secara baik. Lembar kerja anak TK harus diselesaikan oleh anak TK. Sedangkan yang menilainya pihak orang tua murid di rumah dan  guru TK di sekolah.

Lembar kerja bagi anak TK umumnya berupa lembaran kertas yang bisa diperbanyak dengan cara difoto copy. Umumnya yang memegang lembar kerja anak TK adalah siswa siswi Taman kanak kanak itu sendiri untuk dikerjakan secara baik.

Namun tidak menutup kemungkinan, orang tua murid pun memiliki lembar kerja anak TK untuk memantau perkembangan anaknya. Lembar kerja siswa anak TK akan mendorong siswa untuk menyelesaikan tugas kerjanya dengan baik sesuai yang diperintahkan.

Soal membaca untuk anak TK dalam bentuk lembar kerja siswa TK sama seperti lembar kerja siswa SD yang mempunyai beberapa tugas tertentu yang mesti diselesaikan murid secara baik. Adapun yang memiliki wewenang untuk memegang lembar kerja anak TK adalah guru TK bersangkutan.

Ketika siswa siswi TK memasuki kelas untuk memulai proses belajar di kelas maka cara paling mudah adalah guru memberikan tugas menyelesaikan lembar kerja siswa dalam bentuk LKS ataupun bentuk lembar kerja lainnya pada murid.

Pengertian lembar kerja siswa atau soal membaca untuk anak TK sama seperti LKS itu sendiri. Bahkan LKS sendiri berupa singkatan dari lembar kerja siswa. Namun LKS umumnya lembar kerja bagi siswa SD dan SMP dan tingkatan lebih lanjut lainnya. Sedangkan lembar kerja yang sangat sederhana berupa lembar kerja anak TK.

Hal tersebut tak terlepas dari bentuk lembar kerja siswa anak TK lebih mudah dikerjakan dan sederhana. Bagaimana anda sebagai orang tua sudah mempunyai lembar kerja anak TK?

Demikianlan ulasan tentang soal membaca untuk anak TK beserta contoh worksheet dan cara belajarnya. Untuk membantu meningkatkan kemampuan anak, Anda bisa menggunakan layanan les calistung atau baca tulis dan berhitung dari Edumaster Privat.