Sosial budaya adalah sebuah hubungan dan tatanan pada lingkungan masyarakat. Sosial budaya mencakup komponen moral, keyakinan, pengetahuan, dan adat istiadat. Sosial budaya tidaklah stagnan. Namun terus mengalami perubahan dan perkembangan.

Adanya perkembangan dan perubahan sosial budaya menunjukkan kehidupan manusia yang dinamis. Semua itu bertujuan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Berbagai bentuk perubahan terus berkembang di masyarakat sampai saat ini.

Pada akhirnya yang didapatkan dan diharapkan dari perubahan dan perkembangan sosial budaya adalah mendapatkan puncak kebudayaan. Baik itu berupa pemikiran atau tingkah laku yang lebih baik dari sebelumnya.

Pengertian Sosial Budaya Adalah

Secara umum, pengertian sosial budaya adalah kebudayaan. Adapun pengertian sosial budaya menurut pandangan para ahli meliputi:

1.Ki Hajar Dewantara

Salah seorang tokoh sekaligus Bapak Pendidikan nasional Indonesia, Ki Hajar Dewantara memberikan definisi tentang sosial budaya. Menurut beliau, sosial budaya adalah suatu bukti hasil dari perjuangan manusia berdasarkan waktu atau alam.

pengertian sosial budaya adalah

Sosial budaya merupakan suatu bukti kejayaan masyarakat dan kemakmuran. Adapun bentuk sosial budaya tersebut bisa memberikan kemakmuran, dan kebahagiaan bagi masyarakat.

2.Lewis

Lewis berpandangan sosial budaya adalah adalah semua yang didapatkan dan ditentukan pada hubungan sehari-hari pemerintahan dengan warga negara.

3.R Soekmono

Menurut tokoh ini, pengertian sosial budaya adalah sebuah kerja manusia yang menghasilkan tindakan, benda ataupun pemikiran manusia.

4.Parsudi Suparlan

Sosial budaya adalah fondasi dasar bagi seseorang dalam bertingkah laku di masyarakat. Sosial budaya merupakan hasil jerih payah manusia dalam berpikir dan diaplikasikan pada kehidupan nyata sehari-harinya.

15 Sosial Budaya Adalah: Pengertian, Sistem dan Contohnya

Perubahan Sosial Budaya

Adapun faktor yang mendorong terjadinya perkembangan perubahan sosial budaya adalah meliputi:

  1. Globalisasi
  2. Akulturasi budaya
  3. Asimilasi
  4. Mobilitas sosial
  5. Teknologi mutakhir

Seperti kehadiran teknologi internet yang membuat segala aktifitas manusia berubah seratus persen. Misalkan dalam berbelanja kebutuhan pokok tidak lagi ke toko atau pasar secara fisik. Tapi belanja secara online di marketplace atau online shop.

Sedangkan faktor yang menghambat perkembangan sosial budaya di masyarakat adalah karakter konservatif dan kondisi masyarakat yang dibatasi pergerakannya. Untuk mengetahui lebih lengkap akan diutarakan di bawah ini.

Faktor Penghambat Sosial Budaya

Setelah membahas faktor-faktor apa  saja sebagai pendukung perubahan sosial budaya tentu saja ada juga fakor-faktor yang menghambat laju perubahan di tengah masyarakat.

aspek sosial budaya

Pada bagian ini akan dijelaskan tentang faktor-faktor yang menghambat terjadinya perkembangan sosial budaya. Tanpa panjang lebar, berikut ini macam-macam faktor yang menghambat perubahan sosial budaya adalah meliputi:

1.Sikap tradisional

Selanjutnya yang mampu menghambat laju perubahan sosial budaya di tengah masyarakat adalah sikap kuno atau konservatif. Hal ini umumnya berlaku bagi golongan yang sudah berumur tua. Sehingga tidak mau menerima dengan budaya baru yang datang. Ketika adanya teknologi canggih maka ia enggan untuk menggunakan teknologi canggih tersebut.

2.Terisolirnya masyarakat

Salah satu faktor penghambat terjadinya perubahan sosial budaya adalah terisolirnya masyarakat terhadap dunia luar. Sehingga masyarakat tidak terpengaruh oleh budaya asing yang masuk.

3.Jarang sekali berinteraksi antara personal

Faktor penghambat perubahan sosial budaya di tengah masyarakat selanjutnya adalah faktor individu. Dimana individu di dalam masyarakat tersebut jarang sekali melakukan hubungan dengan indvidu di dunia luar.

4.Adat istiadat kuno

Faktor penghambat sosial budaya di masyarakat adalah adanya adat istiadat yang kuno. Sehingga masyarakat menolak segala budaya asing yang masuk dan berbeda selama ini. Proses akuturasi budaya tidak berjalan baik. Karena masyarakat menolak budaya baru yang masuk. Karena ada perasaaan khawatir budaya tersebut merusak kepercayaaan dan adat istiadat yang turun temurun berlaku dari nenek moyangnya.

15 Sosial Budaya Adalah: Pengertian, Sistem dan Contohnya

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya bisa disebabkan oleh faktor yang sangat besar maupun faktor yang kecil. Faktor-faktor penyebab perubahan sosial budaya adalah sebagai berikut:

1.Tingkat pendidikan yang tinggi

Dengan tingkat pendidikan yang tinggi dari masyarakat akan membuat masyarakat ataupun setiap individu berpikir untuk lebih maju dan dapat mengekpresikan diri dengan baik di masyarakat. Pada akhirnya, hal tersebut memicu timbulnya perubahan sosial budaya di masyarakat yang lebih baik dari sebelumnya.

2.Globalisasi

Salah satu faktor yang sangat besar mempengaruhi perubahan sosial budaya adalah globalisasi. Globalisasi adalah hilangnya batas-batas sekat negara.

perubahan sosial budaya

Di satu sisi globalisasi bermanfaat untuk membuat segala sesuatu informasi di dunia lebih terbuka. Disamping itu, globalisasi mempersatukan masyarakat dunia. Namun dibalik keuntungan dan manfaat globalisasi terdapat dampak negatif.

Dampak negatif globalisasi adalah masuknya budaya asing yang kadang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia dan bertentangan dengan nilai agama. Disinilah pentingnya sikap selektif dalam menerima budaya asing yang datang.

3.Populasi masyarakat yang heterogen

Berlanjut, faktor penyebab perubahan sosial budaya adalah masyarakat pada satu kawasan yang berbagai macam suku, adat istiadat, budaya dan latar belakang atau istilahnya heterogen. Sehingga ketika terjadi budaya baru datang dapat diterima dengan baik atas dasar  tingkat toleransi budaya yang tinggi. Hal itu secara tak langsung mengakibatkan terjadinya perubahan sosial masyarakat.

4.Kebijakan pemerintahan

Berikutnya penyebab perubahan sosial budaya adalah karena adanya kebijakan pemerintahan daerah maupun pusat. Hal ini terlihat pada program konversi  bahan bakar minyak tanah ke gas. Hal ini membuat masyarakat  berubah pola belanja. Dari asalnya membeli minyak tanah menjadi memilih membeli gas dalam penggunaan memasak.

Aspek Sosial Budaya

Ada sejumlah aspek sosial budaya adalah sebagai berikut:

1.Pendidikan

Minimnya tingkat pendidikan di masyarakat dapat memicu timbulnya  berbagai perubahan sosial yang lebih buruk lagi.

sistem sosial budaya indonesia

2.Tata nilai

Kondisi  sosial budaya pada masyarakat dapat dilihat dari tata nilai yang dijalankannya. Tata nilai yang buruk akan membuat perubahan sosial budaya menuju arah yang lebih buruk.

3.Ikatan sosial

Selanjutnya, aspek sosial budaya adalah ikatan sosial. Ikatan sosial adalah suatu cara yang dilakukan oleh masyarakat dalam berinteraksi dan menjalin komunikasi. Setiap orang dapat melakukan penelitian terhadap pola aturan ikatan sosial. Dengan cara menelitinya di sosial media.

4.Kesejahteraan sosial

Aspek sosial budaya yang jauh lebih penting adalah kesejahteraan sosial. Kesejahteraan sosial dapat dilihat dari pemakaian teknologi informasi dan komunikasi sehari-hari. Kesejahteraan sosial akan terbentuk seiring pemakaian teknologi informasi dan komunikasi mampu meningkatkan produktifitas kerja.

Selain itu, aspek kesejahteraan sosial berikutnya dapat dilihat dari bagaimana pandangan masyarakat tentang penerapan cara berbelanja secara online dan bagaimana pengguna ponsel menghabiskan uangnya untuk membeli pulsa.

Selama pengguna ponsel menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan kerja dan produktifitas maka itu pertanda kesejahteraan sosial telah diraihnya dan menekan kesenjangan sosial.

Bagi masyarakat pedesaan sangat mungkin merasakan kehadiran teknologi komunikasi dan informasi tidak berpengaruh besar pada tingkat produktifitas. Namun bagi masyarakat perkotaan, teknologi komunikasi dan informasi sangat penting dan mendukung produktfitas kerja. Sehingga kesejahteraan sosial lebih dapat terlihat di wilayah perkotaan.

Sistem Sosial Budaya Indonesia

Sosial budaya di Indonesia yang terus berkembang di masyarakat Indonesia meraih puncak kebudayaan dengan hadirnya Pancasila. Pancasila pada dasarnya adalah pandangan, filosofi dari nilai budaya dan sosial masyarakat Indonesia yang luhur.

sosial budaya adalah

Pancasila adalah sistem sosial budaya Indonesia yang paling luhur dan dasar. Sehingga butir-butir dan sila pada Pancasila mewarnai kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. Disamping itu, Pancasila sebagai sistem sosial budaya Indonesia paling baik yang tidak bisa diubah sedikitpun juga.

Adapun fungsi kehadiran sistem sosial budaya adalah untuk kepentingan pembangunan nasional. Diharapkan dengan adanya sistem sosial budaya Indonesia berupa Pancasila dapat mengatur masyarakat selaras dengan cita-cita pembangunan nasional.

Sistem sosial budaya Indonesia sudah diajarkan pertama kali dalam lingkungan keluarga dan sekolah serta kehidupan bernegara dan berbangsa. Sehingga sejak kecil di keluarga Indonesia sudah dibiasakan untuk menjunjung tinggi nilai sosial budaya Indonesia berdasarkan Pancasila.

Pemberian nilai sistem sosial budaya Indonesia berdasarkan Pancasila sudah diajarkan sejak lahir. Hal ini diberikan oleh lingkungan keluarga. Setelah sang anak memasuki usia sekolah diberikan juga nilai sistem sosial budaya kita pada mata pelajaran PPKN. Hal tersebut terus berlanjut sampai jenjang lebih tinggi lagi yakni kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan berkaitan dengan azas-azas yang terdapat pada sistem sosial budaya Indonesia adalah meliputi:

  1. Asas kemakmuran
  2. Asas keadilan
  3. Asas kedaulatan rakyat
  4. Asas kesatuan dan persatuan
  5. Asas kemerdekaan
  6. Asas keyakinan terhadap TuhanYang Maha Esa

Semua asas-asas sistem sosial budaya Indonesia tersebut tercantum pada sila Pancasila dan butir-butirnya.

Contoh Sosial Budaya

Ada banyak contoh sosial budaya dan perubahannya yang terjadi pada masyarakat kita yang penting kalian ketahui. Beberapa contoh sosial budaya adalah sebagai berikut:

1.Globalisasi

Globalisasi menjadikan kehidupan dalam skala dunia internasional lebih gampang dilakukan hubungan interaksi. Salah satunya dengan adanya koneksi internet. Dunia seolah menjadi lebih kecil dan mudah dijelajahi dalam satu jangkauan. Segala aktifitas menjadi kian mudah seperti menyebarkan suatu  berita dalam hitungan detik yang langsung diketahui oleh seluruh orang di dunia.

Berbagai pengaruh asing bisa masuk dengan leluasa ke sebuah negara diakibatkan era globalisasi.  Begitu juga pengaruh negara bersangkutan ke negara lain. Satu sama lain saling mempengaruhi secara cepat dan mudah.

Proses akulturasi budaya bisa menjadi dampak dari adanya globalisasi. Budaya baru masuk ke suatu negara dan mempengaruhi budaya asli. Sehingga dapat melahirkan suatu budaya baru berdasarkan percampuran dua budaya berbeda.

Masyarakat era kini dapat lebih kritis dengan adanya globalisasi. Sesuatu budaya dapat disaksikan dan dipelajari. Budaya asing yang sekiranya bagus maka dapat diterapkan dalam kehidupan. Sehingga adanya globalisasi semakin memudahkan pengaruh budaya asing masuk ke suatu negara.

Akibat datangnya pengaruh budaya asing maka pencampuran dua budaya bisa terjadi atau akulturasi budaya. Bahkan hilangnya satu budaya lama bisa terjadi. Salah satunya dengan digantikan oleh budaya baru dari pengaruh luar.

2.Mobilitas Sosial

Berikutnya, contoh perubahan sosial budaya adalah mobilitas sosial. Mobilitas sosial merupakan suatu pergerakan  kelompok, seseorang sampai masyarakat dalam ruang lingkup sosial budaya. Pergerakan didasarkan atas lokasi dan posisi.

contoh sosial budaya

Adapun contoh mobilitas sosial adalah berbondong-bondongnya masyarakat pedesaan berusia muda yang memilih bekerja dan tinggal di kota. Disebabkan gajinya sangat tinggi dan peluang sukses lebih besar.

3.Teknologi maju

Contoh sosial budaya berikutnya yang mengalami perubahan adalah adanya teknologi maju. Contohnya dulu untuk berkomunikasi secara tulisan dengan jarak jauh dilakukan dengan berkirim surat lewat pos.

Namun sekarang dengan adanya teknologi canggih membuat cara berkomunikasi berkirim surat lewat pos mulai ditinggalkan orang. Orang lebih menyukai berkirim pesan lewat aplikasi chatting di ponsel ataupun media sosial.

Demikian uraian tentang pengertian sosial budaya adalah maupun aspek, sistem dan contohnya. Untuk memperdalam pelajaran tentang kebudayaan ini kalian bisa mengikuti les privat yang ada. Semoga bermanfaat ya.

15 Sosial Budaya Adalah: Pengertian, Sistem dan Contohnya