Umum

Jurusan di STAN Malang beserta Syarat Masuk dan Biayanya

STAN Malang merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah kewenangan Kementerian Keuangan. Sekolah tinggi ini termasuk popular dan banyak lulusan SMA yang ingin sekali bisa masuk ke kampus ini. Selain di Malang, kampus STAN juga ada di Jakarta dan berbagai kota lainnya. terdapat lima jurusan di STAN Malang yang cocok untuk kalian yang ingin melanjutkan studi di kedinasan

Malang merupakan salah satu kota pendidikan yang terkenal selain Yogyakarta. Kota ini juga terkenal memiliki berbagai kelebihan utamanya sebagai kota tempat menuntut ilmu dan pendidikan terbaik di Indonesia. Di kota ini antara lain terdapat Universitas Brawijaya dan banyak perguruan tinggi swasta yang terkenal.

STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara merupakan perguruan tinggi kedinasan milik Kementrian Keuangan RI. Kampus ini juga popular dengan sebutan Politeknik Keuangan Negara (PKM) Sekolah Tinggi Administrasi Negara Malang. Bagi para lulusan SMA yang ingin bekerja di lingkungan Kementrian Keuangan dengan gaji tinggi pastinya sangat familiar dengan kampus ini.

Kampus STAN bukan hanya terdapat di Malang. Beberapa kota besar di Indonesia juga mempunyai sekolah tinggi akuntansi negara.  Seperti Bandung, Jakarta dan kota besar lainnya. Namun  yang menjadi keunikan kampus Malang adalah dari segi prosedur untuk melakukan pendaftaran dan persyaratannya.

Banyak siswa SMA yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang kampus ini. Baik tentang profilnya, jurusan, cara pendaftaran dan syarat masuk, hingga biaya STAN Malang. Bagi anda lulusan IPA atau IPS yang tertarik masuk STAN sebagai sekolah kedinasan ternama ini harus mengetahui prosedur pendaftaran selengkapnya.

STAN Malang

Politeknik Keuangan Negara – Sekolah Tinggi Administrasi Negara yang popular dengan sebutan PKM STAN Malang merupakan kampus terbaik bagi mereka yang ingin berkarir dalam bidang akuntansi atau keuangan. Sebagai sekolah tinggi kedinasan tentu banyak kelebihan dan fasilitas yang akan didapatkan peserta didiknya. Salah satunya adalah jaminan mendapatkan status PNS selepas lulus kuliah dan bekerja di lingkungan Kemenkeu RI.

Salah satu profesi yang tengah bersinar pada era pandemi Covid-119 sekarang ini adalah sebagai pegawai negeri sipil atau yang sekarang dikenal Aparatur Sipil Negara (PNS/ASN). Gaji diperoleh setiap bulan ditambah tunjangan dan bonus maupun insentif dan uang pensiun bulanan.

Namun tidak sembarang orang bisa masuk sebagai CPNS. Ada  jalur masuk dan seleksi ketat untuk mendapatkan status PNS, termasuk dengan mengikuti tes CPNS. Bagi anda yang bercita-cita menjadi PNS dengan gaji tinggi, maka anda bisa masuk dengan mengikuti jalur sekolah kedinasan.

Tentunya dengan melakukan pendaftaran dan kuliah di sekolah tinggi kedinasan STAN. Lulusannya akan disalurkan bekerja di lembaga yang berada dalam kewenangan Kementerian Keuangan RI sebagai PNS.

Karena itu pula informasi yang banyak dicari lulusan SMA yang ingin melanjutkan ke sekolah tinggi kedinasan ini umumnya seputar jurusan, biaya, persyaratan, ataupun alamat PKN STAN Malang.

Yang paling jelas adalah dari program dan jurusan kuliah yang bisa diambil di sekolah kedinasan ini masih sangat terbatas. Hal tersebut berbeda dengan STAN yang terdapat di Jakarta yang terbilang  cukup komplit dari semua program dan jurusan yang ada.

Ada beberapa program studi dan jurusan STAN Malang yang bisa kita pilih yang meliputi:

  1. Pajak Bumi dan Bangunan/ Penilai
  2. Kepengurusan Piutang dan Lelang Negara
  3. Pajak
  4. Kebendaharaan Negara
  5. Kepabean dan Cukai
  6. Akuntansi

Sekarang bandingkan dengan STAN Jakarta dan Bandung. Pastinya jurusan kuliah di STAN ini tidak selengkap jurusan dan program studi di STAN Jakarta dan Bandung.

Mengenal STAN Malang

Anda tentu pernah mendengar nama Gayus Tambunan yang pernah populer beberapa tahun yang lalu. Nama ini populer karena tersangkut kasus korupsi hingga milyaran rupiah dari hasil pajak. Gayus Tambunan adalah pegawai pajak yang berpenghasilan milyaran. Dia adalah lulusan STAN yang mengambil jurusan pajak kemudian ditempatkan bekerja di lembaga ditjen pajak yang bertugas mengelola dan mengurus bagian pajak.

Jika ditanya berapa banyak sekolah tinggi kedinasan STAN di Indonesia maka jawabannya sangat banyak dan tersebar dari Sabang sampai Merauke. Seperti STAN Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Yogyakarta dll. Dengan banyaknya sekolah kedinasan di Indonesia maka peluang kerja sebagai PNS sangat terbuka lebar lewat jalur sekolah kedinasan.

STAN Malang adalah universitas kedinasan yang sangat tersohor di Indonesia dan khususnya Jawa Timur. Adapun lembaga tinggi negara yang mengelola dan mengurus STAN adalah Kementerian Keuangan RI. Lulusan kampus ini diproyeksikan untuk ditempatkan untuk mengisi berbagai lowongan pekerjaan di badan pemerintahan khusus lingkungan lembaga keuangan negara.

Pada mulanya kampus ini adalah Balai Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Fungsinya untuk menyelenggarakan pendidikan bagi mahasiswa yang lokasi alamat PKN STAN Malang terletak di Jalan Ahmad Yani Utara Malang.

Jurusan STAN Malang

PKN STAN yang ada di Malang ini menjadi sekolah tinggi kedinasan yeng memiliki ciri khas tersendiri. Asalnya lembaga ini berupa badan pendidikan dan latihan khusus tenaga keuangan. Kemudian berkembang menjadi lembaga pendidikan tinggi yang ikut serta menjalankan pendidikan tinggi bidang akuntansi dan keuangan negara.

Selain itu proses pendidikan di STAN ini masih bersifat sangat terbatas. Penyelenggaraan pendidikan di kampus Malang hanya terbatas untuk tingkat D1 atau Diploma satu. Sedangkan penyelenggaraan pendidikan untuk program studi dan jurusan yang lebih lengkap terdapat di STAN Pusat yang berada di Bintaro Tangerang Selatan.

Sama seperti perguruan tinggi negeri mupun swasta lainnya di tanah air, kampus Malang mempunyai beberapa program studi dan jurusan kuliah. Hal tersebut membuat calon mahasiswa-mahasiswi barunya mempunyai banyak pilihan.

Secara garis besar, ada 4 jurusan STAN Malang yang tersedia yang meliputi:

1.Jurusan Akuntansi

Adapun program studi jurusan akuntansi terdapat prodi Diploma IV Akuntansi maupun Prodi akuntansi Diploma III.

2.Jurusan Pajak

Jurusan lain yang terdapat di kampus Malang adalah jurusan pajak. Dalam hal ini setiap mahasiswa akan mempelajari mata kuliah tentang pajak seperti pengelolaan pajak. Untuk jurusan pajak tersedia tiga program studi, antara lain:

  • Diploma I Pajak
  • Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai
  • Diploma III Pajak

3.Jurusan Kepabeanan dan Cukai

Pilihan jurusan STAN Malang berikutnya adalah jurusan kepabeanan dan cukai. Adapun program studi yang disediakan pada jurusan kepabeanan dan cukai terdapat dua program studi, antara lain:

  • Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  • Diploma I Kepabeanan dan cukai

4.Jurusan Manajamen Keuangan

Untuk terakhir, prodi yang terdapat di kampus STAN ini adalah jurusan Manajemen Keuangan.  Sedangkan untuk program studinya  terdiri-dari 3 program studi, antara lain:

  • Diploma III Manajemen Aset
  • Diploma III Kebendaharaan Negara
  • Diploma I Manajemen Keuangan

Dengan adanya beberapa jurusan kuliah beserta program studinya membuat lebih banyak pilihan bagi lulusan SMA untuk memilih jurusan kuliah yang seusai dengan bakat dan minatnya.

Untuk mereka yang memilih program studi Diploma I maka lama pendidikan sekitar satu tahun atau dua semester. Sedangkan bagi mahasiswa yang memilih program Diploma II maka lama pendidikan sekitar dua tahun.

Syarat Masuk STAN Malang

Bagi mereka yang ingin kuliah di STAN yang terdapat di kota Malang perlu mengetahui persyaratan dan prosedur yang harus dipenuhi. Berkaitan dengan proses pendaftaran dan syarat masuk STAN akan dijelaskan oleh panitia seleksi dari mulai awal pendaftaran sampai mengikuti ujian seleksi hingga pengumuman hasil seleksi.

Berikut ini beberapa syarat masuk STAN Malang yang sebaiknya diketahui para lulusan SMA.

  1. Melakukan pendaftaran masuk STAN secara online. Kemudian dilanjutkan dengan membayar biaya pendaftaran untuk mengikuti tes masuk sekolah kedinasan ini.
  2. Datang langsung ke panitia penerimaan mahasiswa baru di kampus Malang dan melakukan pendaftaran ulang sambil membawa bukti pembayaran lunas atas pembayaran biaya ujian tes tertulis. Pada tahap ini, panitia penerimaan mahasiswa baru STAN akan memberikan kartu peserta ujian bagi anda. Pada hari H, anda harus mengikuti ujian tertulis masuk sekolah Tinggi Akuntansi Negara di Malang sebagai pintu masuk untuk bisa kuliah di kampus ini.

Untuk ketentuan lain terkait syarat masuk STAN Malang memiliki tinggi badan yang sesuai. Untuk pria tinggi badan paling rendah 165 cm. Sedangkan untuk perempuan tinggi badan paling rendah 155 cm. Kemudian Anda juga tidak boleh buta warna.

Untuk lebih lengkapnya, secara garis besar saja secara khusus syarat masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara di Malang antara lain meliputi:

  • Melakukan daftar secara online melalui website resmi di internet
  • Melampirkan dokumen yang diminta seperti fotocopy ijazah terakhir yang sudah dilegalisir
  • Melampirkan pas foto dengan ukuran 4×6 dengan latar belakang berwarna merah
  • Memperlihatkan bukti ijazah asli
  • Memperlihatkan identitas asli berupa Kartu Tanda Penduduk

Semua berkas-berkas dokumen itu langsung diberikan pada panitia penerimaan mahasiswa baru STAN sampai anda memperoleh kartu ujian. Selanjutnya dapat mengikuti ujian tertulis dan mampu menyelesaikannya dengan hasil sangat baik akan membuat anda lolos dan memuluskan langkah anda kuliah di sekolah kedinasan favorit ini.

Biaya STAN Malang

Mengenai biaya STAN Malang sebenarnya tidak berbeda seperti kuliah di sekolah tinggi kedinasan lain pada umumnya. Hal ini karena biaya kuliah di STAN bersifat gratis karena ditanggung oleh pemerintah. Sedangkan uang yang harus dibayar adalah biaya pendaftaran tes tertulis masuk STAN yang hanya sebesar Rp 350 ribu.

Biaya sebesar itu tidak seberapa dengan keuntungan dengan kuliah di STAN. Bahkan setiap mahasiswa selama masa kuliah akan memperoleh uang saku hingga Rp 10 juta setiap tahun.

Alamat PKN STAN Malang

Bagi mereka yang ingin mendaftarkan diri untuk kuliah di sekolah kedinasan ini perlu mengetahui dimana lokasi kampusnya sebagai tempat pendaftaran kuliah sekaligus tempat penyerahan berkas dokumen pendaftaran. Untuk alamat PKN STAN Malang terdapat di Jl Jenderal Ahmad Yani Utara 200 Kota Malang yang berlokasi di daerah yang sangat strategis.

Bagi mereka yang merupakan warga masyarakat asli Malang pastinya tahu tempat kampus STAN ini. Di tempat tersebut bukan hanya sebagai tempat berlangsungnya pendidikan kuliah tapi juga tempat untuk melakukan pendaftaran ujian sekaligus  sebagai tempat pengambilan kartu ujian sekaligus sebagai tempat berlangsungnya tes tulisan masuk STAN.

Untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dilaksanakan dengan penuh transparansi yang dilakukan serentak secara nasional di sejumlah daerah di tanah air hingga Papua. Hanya siswa-siswi yang cerdas, terampil dan berprestasi saja serta memenuhi syarat saja yang bisa masuk STAN.

Bimbel Masuk STAN

Jika anda ingin menjadi pegawai negeri yang mengurusi keuangan negara dengan status PNS, maka anda bisa mendaftarkan kuliah di STAN yang ada di Malang. Setelah lulus Anda akan bekerja di badan yang dikelola oleh lembaga Kementerian Keuangan RI.

Namun untuk bisa kuliah di sekolah tinggi kedinasan tersebut tidak mudah. Anda harus mendapatkan nilai yang baik dalam ujian seleksi masuk STAN.  Salah satu tips agar anda mudah diterima masuk di kampus STAN adalah dengan ikut pada bimbel STAN terbaik.

Pada bimbel masuk STAN akan diberikan tips dan trik cara gampang menyelesaikan soal ujian dalam seleksi tes masuk STAN secara cepat,  efektif dan esisien. Proses pembelajaran persiapan masuk STAN di bimbel akan diberikan secara menyenangkan. Sehingga akan membuat peluang pelajar SMA masuk STAN Malang lebih tinggi ketimbang mereka yang tak mengikuti bimbingan belajar (bimbel).

Yusuf C

Recent Posts

Cara Mengatasi Stress Saat Belajar Sebelum Ujian

Cara mengatasi stress saat belajar merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan siswa saat ini.…

18 jam ago

Panduan Mengenal Sekolah untuk Nakhoda yang Tepat

Sekolah untuk Nakhoda merupakan tiga kata yang mungkin saja terdengar asing di telinga kalian. Tahukah…

3 hari ago

Mengenal Taman Kanak-Kanak Luar Biasa

Taman kanak-kanak luar biasa adalah tempat di mana anak-anak berkebutuhan khusus dapat belajar dan berkembang…

3 hari ago

Mengenal Sekolah Dasar Luar Biasa untuk Mengembangkan Potensi Anak

Sekolah dasar luar biasa merupakan sebuah tempat di mana anak-anak istimewa dapat belajar dan tumbuh…

4 hari ago

Mengenal Shadow Teacher ABK

Peran penting shadow teacher ABK terhadap anak berkebutuhan khusus yang memerlukan dorongan khusus untuk mencapai…

4 hari ago

Mengenal Shadow Teacher ADHD

Sebelum membahas shadow teacher ADHD, anak-anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) banyak tantangan yang…

4 hari ago