Materi struktur atom sangat menarik bagi kalangan pelajar. Karena mereka akan mengetahui tentang materi paling dasar dari atom dan partikel secara lengkap dan jelas. Disamping itu akan dipelajari juga tentang konfigurasi elektron, isoton, isobat, isotop, nomor massa, dan nomor atom.

Namun demikian untuk melihat struktur suatu atom dari dasar secara lengkap tidak bisa disaksikan langsung dengan mata telanjang.

Pembahasan tentang atom merupakan suatu materi pada mata pelajaran IPA khususnya Kimia yang diajarkan pada siswa sekolah kelas 10. Yang dipelajari di sekolah bagi kalangan pelajar tentang atom tentu saja pengertian atom secara mendasar. Seperti struktur atom.

Yang dibahas ini adalah struktur dari atom secara gambaran besar, nomor  massa, nomor atom, partikel dasar dari atom, sampai contoh beserta penerapannya dalam kehidupan manusia.

Struktur Atom

Jika kalian mendengar istilah atom dan struktur atom apa yang anda pikirkan? Mungkin sebagian dari anda ada yang  yang berpikir ringan dengan mengaitkannya dengan bom atom  ataupun kacang atom maupun hal hal yang berkaitan dengan benda-benda yang mengandung kata atom lainnya.

apa saja struktur dari atom

Apabila anda memiliki sebuah benda, Anda dapat berpikir secara mendalam tentang benda  tersebut. Contohnya kapur.  Benda berupa kapur terbentuk dari beberapa unsur yang membentuknya. Silahkan kalian mencobanya dengan melakukan pemotongan pada kapur hingga menjadi bagian paling kecil sekecilnya dan tak bisa dibagi lagi.

Bagian dari kapur  yang sudah tak bisa  dilakukan pemotongan lagi hingga bagian sangat kecil dinamakan atom. Sehingga dapat ditentukan bahwa pengertian atom secara umum adalah bagian paling kecil dari suatu benda.

Seperti pada benda kapur. Walaupun sudah terbagi-bagi hingga bagian paling kecil sifat dari benda tersebut tetap melekat. Seperti halnya pada atom kapur yang memiliki karakteristik yang sama dari kapur  yang telah dilakukan pembagian sampai terkecil.

Hal yang menjadi pertanyaan adalah mengapa sebuah atom dari kapur mempunyai sifat yang sama dari kapur itu sendiri? Hal tersebut disebabkan pada waktu anda melakukan pembagian pada kapur hingga jadi dua bagian atau beberapa bagian terkecil maka sifat dan partikel dasar yang melekat dari asalnya yakni kapur adalah sama. Partikel dasar dari atom itu sendiri disebut struktur atom.

Teori Struktur Atom

Untuk mengetahui struktur atom diperlukan pemahaman dan sumber referensi dari berbagai ahli yang menjelaskan secara teori dan konsep. Teori dasar tentang atom yang terkenal di kalangan ilmuwan dijelaskan oleh ilmuwan tersohor bernama John Dalton pada tahun 1803. Beliau menggambarkan struktur dari atom adalah bagian paling kecil  dari suatu benda yang tak bisa dipisah lagi pada bagian yang lebih kecil.

John Dalton menguraikan lebih lanjut bahwa atom laksana suatu bola berukuran mini dan pejal. Unsur pada setiap partikel atom mempunyai atom yang berlainan.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwasanya struktur atom dapat digambarkan secara sangat simpel dan sederhana. Atom terbentuk dari beberapa bagian partikel atom yang menyusunnya dan berdiri sendiri. Sifat partikel yang menyusun atom sangat mempengaruhi karakteristik dari atom dan materi benda bersangkutan.

Hingga sekarang tak terdapat suatu model teori apapun tentang atom secara mutlak. Teori dan konsep tentang atom senantiasa berkembang dari masa ke masa hingga mendekati sempurna dan lebih baik dari konsep atau teori atom sebelumnya.

Bagi kalian yang menyukai mempelajari struktur atom maka bisa mempelajari pada mata pelajaran kimia pada bangku kelas 10. Anda sebagai pelajar harus menguasainya secara baik. Karena pada berbagai ujian dan testing materi tentang atom seringkali muncul.

Atom terdiri dari unsur partikel proton, netron dan elektron. Berikut ini penemu partikel atom Proton yang bermuatan positif yakni Goldstein pada tahun 1886. Lalu penemu partikel atom negatif atau elektron dengan lambang minus yaitu JJ Thompson di tahun 1897.

Selanjutnya pada tahun 1932, seorang ilmuwan bernama J.Chadwick menemukan partikel atom yang netral atau Neutron. Adapun Proton dan neutron merupakan inti atom. Sedangkan elektron berada di luar inti atom. Dengan demikian, struktur atom terdiri dari proton, neutron dan elektron.

Apa Itu Atom dan Struktur Atom?

Pembahasan apa itu atom dan struktur atom menjadi topik yang dipelajari pada mata pelajaran kimia atau pada ilmu pengetahuan alam bidang kimia. Bagi pelajar yang duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat menjadi suatu hal yang wajib untuk menguasai materi ini dengan baik.

apa itu atom dan struktur atom

Hal tersebut tak terlepas dari materi soal tentang atom kerapkali muncul pada berbagai ulangan atau ujian secara lokal dan nasional. Yang paling penting mempelajari atom dan struktur atom adalah mampu menjawab soal  tentang atom seperti pada materi kimia di UTBK SBMPTN.

Penguasaan yang baik tentang atom mesti menyeluruh. Yang meliputi pengertian atom dan strukturnya serta tokoh pencetus teori dasar atom. Adapun pengertian atom adalah partikel yang paling kecil dari sebuah benda.

Atom digambarkan sebuah objek benda yang paling kecil yang ada di dunia. Sehingga tak bisa dilakukan pembagian,pemisahan dan penguraian lagi dari benda tersebut. Sebagai sebuah benda terkecil, atom  tidak berdiri sendiri, melainkan terdapat beberapa partikel yang menyusunnya yang disebut sub automik.

Sub automik yang dimaksud adalah neutron, elektron dan proton.  Kesemua partikel yang membentuk atom tersebut memiliki perbedaan dan persamaannya masing-masing. Adapun partikel atom yang pokok dengan muatan positif dinamakan proton. Adapun partikel atom yang memiliki muatan negatif disebut elektron. Sementara, neutron adalah sebuah partikel atom yang pokok dengan karakteristik tidak memiliki muatan apapun atau netral.

Atom merupakan bagian terkecil  dari suatu benda yang sudah tidak mungkin dibagi dan diuraikan lebih kecil lagi. Sehingga benda yang paling kecil disebut juga atom. Istilah atom sangat populer sejak tahun 400 Sebelum Masehi  dipopulerkan pertama kali oleh Demokritus seorang ahli filsafat dari Yunani.

Pada mulanya teori tentang atom berdasarkan pandangan Aristoteles adalah sebuah unsur yang terbentuk dari zat udara, tanah, air dan api. Namun seiring dengan penelitian ilmiah yang terus dilakukan, pada akhirnya di tahun 1896 oleh John Dalton ditemukan bukti bahwa atom adalah bagian terkecil dari benda apapun yang ada di dunia.

Struktur atom hanya terdiri dari neutron dan proton di dalamnya sebagai inti. Sedangkan pada bagian luar adalah elektron.

Apa Itu Struktur Atom Brainly?

Apa itu struktur atom brainly? Salah satu situs yang menjadi rujukan bagi para pelajar di Indonesia adalah Brainly. Segala pertanyaan tentang seputar bahasan materi mata pelajaran di sekolah di jelaskan secara gamblang. Termasuk soal rangkuman dan tabel struktur dari atom beserta contohnya.

Menurut Brainly, struktur atom adalah sebuah bagian materi paling dasar dari suatu benda yang tersusun atas elektron dan inti atom. Untuk elektron mengandung muatan negatif. Sedangkan inti atom terdiri atas neutron dan proton.

Proton adalah partikel atom dengan muatan positif lawan dari elektron. Sedangkan partikel atom yang bersifat netral atau dalam arti tak mengandung muatan negatif ataupun muatan positif adalah Neutron.  Proton dan neutron berada dalam lingkaran yang sama sebagai pokok dari atom. Sedangkan partikel elektron terdapat diluar lingkaran inti atom yang mengelilinginya.

struktur atom

Berdasarkan modelnya, susunan atom terdiri dari berbagai macam. Secara garis besar terdapat empat model struktur atau susunan atom berdasarkan penemunya. Antara lain model struktur atom  Bohr, Rutherford, Thomson dan Dalton.

Struktur Atom Ada Berapa?

Sebenarnya, struktur atom ada berapa? Struktur dari suatu atom secara garis besar ada tiga partikel. Partikel tersebut menyusun atom yakni neutron, elektron dan proton.  Atom adalah suatu materi dasar yang paling kecil dari segala materi di muka bumi. Segala materi yang ada di dunia terbentuk dari susunan partikel atom.

Berdasarkan gambarnya secara terperinci bentuk dari struktur atom dengan pola lingkaran. Para ahli sepakat tentang arti dari atom itu sendiri. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), atom adalah suatu materi kimia yang bentuknya paling kecil dan mempunyai pola susunan atom.

Pelopor ide pertama kali bahwa atom merupakan materi yang tak bisa dibagi dan diurai lagi karena bagian terkecil dari benda adalah Democritus dan Leucipus. Atom memiliki gaya elektromagnetik hingga mampu mengadakan ikatan kuat pada unsur elektron, neutron dan proton di dalamnya.

Adapun contoh-contoh atom antara lain : klorida, kalium, natrium, karbon, oksigen, dan hidrogen serta yang lainnya. Adapun manfaat dari atom itu sendiri bagi kehidupan manusia sangat besar. Salah satunya atom merupakan sumber energi alternatif bagi manusia yang memiliki sifat ramah lingkungan.  Di masa depan, atom akan menjadi pengganti energi listrik.

apa itu struktur atom brainly

Partikel Penyusun Atom

Untuk lebih rinci, berikut informasi lengkap tentang  karakter partikel penyusun atom, antara lain :

1.Proton

Proton merupakan partikel yang membentuk atom. Adapun karakteristiknya mempunyai  massa sebesar 1.836 lebih besar bobotnya ketimbang massa elektron dengan ciri khas muatan positif. Proton berada di tempat yang istimewa yakni berada dalam inti dan lingkaran atom. Sehingga tak bisa diganggu oleh unsur partikel atom yang berada di luar. Hal ini menjadikan proton sebagai partikel yang paling kuat dan stabil.

2.Neutron

Partikel atom yang menyusun atom berikut adalah Neutron. Dengan sifatnya yang netral  membuat massanya mempunyai bobot lebih besar ketimbang elektron.

3.Elektron

Adapun Elektron adalah partikel terkecil dari atom yang memiliki bobot teringan dari partikel yang ada di atom yang membentuknya. Massa elektron sangat dipengaruhi massa  neutron dan proton.

Yang menjadi karakteristik atau ciri khas elektron adalah sifatnya yang bisa melakukan pemindahan atau  bisa lepas dari atom menuju atom yang lain hingga dapat membuat suatu reaksi kimia. Mengenai posisi elektron dapat digambarkan layaknya planet-planet yang mengitari matahari secara teratur.

Apa Saja Struktur Dari Atom?

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang apa saja struktur dari atom sebaiknya kalian bisa mengetahui pandangan-pandangan dan teori dari para ahli. Berdasarkan intisari secara umum, struktur atom adalah sebuah kesatuan unsur yang terbentuk lewat inti atom. Adapun inti atom terdiri dari proton dan neutron. Kedua inti atom tersebut dilingkupi oleh partikel atom elektron yang memiliki muatan negatif.

struktur atom ada berapa

Dengan demikian sangat jelas bahwa struktur atom terdiri dari elektron, proton dan neutron. Untuk penemu partikel elektron  adalah Joseph J Thomson lewat riset yang dilakukannya di tahun 1897. Sedangkan untuk penemuan pertama kali dari partikel proton berhasil dilakukan oleh E Goldstein.  Sedangkan pada partikel Neutron berhasil ditemukan oleh J Chadwick di tahun 1932.

Penemuan partikel-partikel atom yang menjadi bagian terkecil dari suatu benda membuat struktur atom dapat terbentuk sendirinya. Neutron dan proton berada dalam inti atom. Adapun elektron berada di luar lingkaran inti atom.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya, seorang pelajar bisa memahami pelajaran ini dengan mempelajarinya pada buku rujukan mata pelajaran Kimia kelas XI. Karena materi bahasan ini sudah dimasukkan pada kurikulum pendidikan nasional pada jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan MA serta sederajat lainnya.

Demikianlah apa yang bisa disampaikan penulis tentang atom dan struktur atom serta partikel pembentuknya. Kallian bisa mengikuti les privat untuk memperdalam mata pelajaran IPA ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca sekalian dalam menambah referensi.