Umum

Susah Fokus Saat Belajar, Penyebab dan Caranya

Susah fokus saat belajar merupakan permasalahan yang sering terjadi dan dialami oleh banyak siswa maupun mahasiswa. Gangguan untuk berkonsentrasi pada waktu sedang belajar ini bisa terjadi karena berbagai faktor penyebab. Kondisi ini tentunya tidak baik karena akan membuat proses pembelajaran menjadi tidak optimal sehingga membutuhkan cara untuk mengatasinya.

Pengertian fokus saat belajar merupakan gangguan konsentrasi yang sering terjadi. Dalam setiap pekerjaan ataupun saat belajar membutuhkan sikap yang fokus. Mereka yang tidak mempunyai sikap fokus dalam belajar maka pekerjaan rumah maupun tugas sekolah akan terbengkalai. Kalaupun dilaksanakan akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama.

Gangguan konsentrasi ini memang merupakan problematika pelajar yang harus segera dipecahkan dengan baik. Fokus saat belajar sangat penting agar mempercepat penyelesaian tugas belajar dan meningkatkan prestasi dan kualitas hasil belajar yang terbaik.

Susah Fokus Saat Belajar

Anda yang mengalami susah fokus saat belajar tentu saja tidak boleh tinggal diam. Kondisi ini bukan saja akan membuat tugas terbengkalai namun juga bisa menyebabkan prestasi menurun. Karena itu Anda harus melakukan berbagai cara dan upaya agar anda bisa fokus, baik saat belajar di sekolah maupun di rumah.

Adapun yang membuat seseorang tidak bisa fokus ketika belajar banyak aspek yang bisa menyebabkannya. Baik karena aspek internal maupun eksternal. Bila anda sering mengalami gangguan konsentrasi ketika sedang belajar maka anda tidak sendiri karena hampir 90 persen orang yang ada di dunia ini mengalami yang namanya kesulitan fokus secara berkepanjangan.

Untuk mengetahui pengertian fokus saat belajar secara umum adalah segala upaya daya dan kemampuan semaksimal mungkin untuk memusatkan pikiran dan tenaga dalam menyelesaikan tugas pembelajaran yang sedang dikerjakan. Mereka yang bisa fokus saat belajar akan cenderung memiliki prestasi yang baik di sekolahnya.

Pada waktu sedang belajar di sekolah seorang siswa yang bisa fokus saat belajar akan lebih memahami setiap mata pelajaran yang diterangkan oleh ibu/bapak guru di sekolah. Susah fokus ketika sedang belajar tentu saja tidak hadir dengan sendirinya kecuali ada penyebabnya.

Penyebab Susah Fokus Saat Belajar

Jika anda ingin fokus saat belajar tentu saja, anda harus mengetahui penyebab-penyebab yang membuat tak fokus belajar. Dengan mengetahui penyebab tidak fokus saat belajar maka anda akan berupaya menghilangkan penyebab-penyebab itu supaya anda bisa fokus saat belajar.

Berikut ini beberapa penyebab susah fokus saat belajar. Sebagai pelajar penting sekali kita mengenal dan mengetahui apa saja yang bisa menjadi pemicu gangguan konsentrasi ini. Sehingga ini akan memudahkan kita dala menemukan solusi yang paling efektif untuk mengatasinya.

1.Terlalu Banyak Tugas

Tugas belajar yang diberikan guru kepada murid terlalu banyak juga bisa menganggu konsentrasi. Hal tersebut bisa membuat sang murid bingung untuk mengerjakan tugas sekolah mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Kalau pun anda sudah mengetahui pelajaran yang harus diselesaikan, anda masih bisa tidak fokus akibat banyaknya tugas sekolah yang harus dikerjakan.

Mungkin saja fokus bisa kita dapatkan saat memulai belajar. Tapi berjalan waktu bisa mudah hilang fokus melihat pekerjaan rumah dan tugas sekolah yang banyak menumpuk hingga anda kecapean dalam menyelesaikan tugas belajar yang terlalu banyak itu.

2.Pengaruh Lingkungan Sekitar

Seperti keluar masuk orang,  pemakaian ponsel pintar, televisi, radio dan lain-lain yang mengganggu konsentrasi saat belajar. Semua itu harus disingkirkan terlebih dahulu agar anda bisa fokus saat belajar.

Oleh sebab itu, cara agar fokus saat belajar adalah mencari tempat yang aman dan nyaman saat belajar yaitu tempat yang terbebas dari pengaruh televisi, hp, radio, maupun orang-orang di sekitar anda.

Pendek kata, jika anda ingin fokus belajar pastikan kondisi tempat untuk belajar tersebut sangat nyaman untuk belajar dan jauh dari ganggguan orang atau benda seperti kamar pribadi anda dengan sistem pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

3.Kurang Tidur atau Tidak Cukup

Penyebab susah fokus saat belajar lainnya adalah tidak cukup istirahat atau tidur. Sehingga badan merasa lelah atau lesu. Survey membuktikan bahwa yang membuat sulit untuk mendapatkan fokus saat belajar, hal yang paling utama adalah memiliki badan yang lesu. Sehingga muncul perasaan ingin tidur daripada fokus saat belajar.

Oleh sebab itu, pastikan anda beristirahat atau tidur yang mencukupi sehingga tubuh anda bugar saat belajar yang dan dapat fokus dengan mudah saat belajar. Jangan sampai  anda begadang atau tidur terlalu malam yang membuat jam tidur anda terganggu yang mengganggu kesehatan dan kebugaran tubuh. Pastikan anda mempunyai pola tidur yang sangat baik, teratur, dan mencukupi serta memiliki kualitas tidur yang baik.

4.Kekurangan Minat dan Antusias

Hal berikut yang menjadi penyebab susah konsentrasi saat belajar adalah kurangnya minat anda pada bidang pelajaran yang sedang anda pelajari.

5.Merasa Terpaksa

Munculnya paksaan dari lingkungan sekitarnya dan kecilnya motivasi untuk mendapatkan target dari proses pembelajaran.

6.Pola Makan Yang Buruk

Orang makan yang tidak benar bisa menyebabkan kinerja tubuh tidak maksimal dan kekurangan oksigen pada otak. Pastikan anda makan makan dan minum dengan menu makanan yang bergizi tinggi mengandung mineral dan vitamin serta zat besi.

Itulah beberapa factor yang bisa menjadi penyebab susah fokus saat belajar yang sering terjadi. Dengan mengetahui dan mengenal semua pemicunya itu pastinya anda akan bertindak agar tidak terjadi hal-hal yang demikian. Sehingga anda akan berupaya mencari cara membuat anda dapat fokus belajar di sekolah maupun di rumah.

Cara Agar Fokus Belajar di Sekolah

Berkonsentrasi penuh saat belajar di sekolah merupakan hal yang sangat penting . Karena  untuk mendukung keberhasilan menuntut ilmu di sekolah. Pelajar yang dapat fokus belajar di sekolah maka dengan sendirinya nilai-nilai akademiknya akan bagus.

Sekolah adalah tempat nyaman kedua bagi seorang pelajar sesudah rumahnya. Kegiatan sehari-hari disamping banyak dihabiskan di rumah juga  banyak dilakukan di sekolah. Sekolah adalah tempat belajar atau menuntut ilmu sehingga seorang pelajar harus fokus ketika sedang mengikuti pembelajaran di sekolah.

Bagi pelajar SD, SMP, dan SMA terdapat sikap yang berbeda-beda pada waktu belajar di sekolah. Ada pelajar yang tidak fokus dan malas sekolah. Dan ada pelajar yang bisa fokus saat belajar di sekolah. Mereka yang tidak fokus saat belajar di sekolah maka dapat dilihat dari setiap guru memberikan pelajaran tak bisa dipahami secara baik oleh pelajar tersebut.

Hal itu sangat berbeda dengan pelajar yang bisa fokus saat belajar di kelas. Pada waktu guru menerangkan materi pelajaran maka ia akan dapat dicerna dan dipahami secara mudah oleh siswa-siswi yang dapat fokus saat belajar.

Bagi anda yang sering mengalami gangguan konsentrasi dan susah fokus saat belajar, berikut ini beberapa cara agar fokus belajar di sekolah yang perlu Anda lakukan.

1.Menjaga Pola Tidur Yang Teratur, Cukup dan Berkualitas

Salah satu cara yang ikut mempengaruhi bisa fokus tidaknya seorang pelajar adalah kondisi badannya. Badan yang fit, segar bugar dan sehat yang dimiliki oleh seorang pelajar akan lebih memudahkan setiap siswa siswi tersebut untuk bisa fokus saat belajar di sekolah.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kondisi badan yang sehat bugar maka anda harus memastikan memiliki pola tidur yang baik dan mencukupi. Contohnya dalam satu hari, anda bisa melakukan istirahat atau tidur maksimal tidur selama 8 jam. Selepas tidur, kondisi tubuh anda akan selalu segar bugar sehingga akan lebih gampang berkonsentrasi penuh ketika belajar di kelas.

2.Makan Makanan Yang Sehat Seperti 4 Sehat 5 Sempurna

Cara agar fokus belajar di sekolah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menjaga asupan gizi yang baik untuk tubuh. Dengan kondisi tubuh yang dapat mencerna makanan yang seimbang dan bergizi akan membuat organ-organ tubuh akan bekerja maksimal. Sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah adalah aspek penting bagi penunjang siswa bisa fokus saat belajar di sekolah.

Pelajar yang tidak menjaga asupan makanannya secara baik maupun tidak sarapan pagi akan merasakan kesulitan dalam fokus belajar di sekolah. Ia akan memikirkan perutnya yang lapar. Bahkan kalaupun sudah sarapan pagi dengan menu makanan yang tak bergizi maka akan membuat kondisi tubuhnya kurang  bugar, mudah lemas sehingga membuat susah fokus belajar di kelas.

3.Duduk di Bangku Terdepan

Berdasarkan pengalaman, hal yang memudahkan bagi seorang pelajar untuk mengatasi susah fokus saat belajar di sekolah atau kelas adalah memilih duduk di bangku bagian paling depan. Karena duduk di bagian depan kelas dalam pembelajaran tatap muka akan lebih mudah mendengarkan dan memperhatikan dengan jelas pada saat guru memberikan penjelasan atas materi pelajaran yang diberikan.

Siswa-siswi tersebut juga bisa lebih aktif bertanya atas suatu materi yang belum dipahami secara baik. Kalau anda memilih duduk di kursi di bagian belakang kelas akan sulit anda bisa fokus. Karena anda mungkin terganggu dengan teman anda yang sedang mengobrol di kelas.

4.Mencatat Hal Penting yang Dijelaskan Oleh Guru

Memiliki catatan sangat penting bagi seorang murid dalam mempersiapkan ujian atau dalam membuatnya tetap fokus saat belajar di sekolah. Ketika guru yang disenangni murid sedang menerangkan atas suatu materi pelajaran maka anda harus mempersiapkan buku dan alat tulis dengan baik. Setiap poin-poin yang sangat penting dari materi maka anda bisa menulisnya dalam buku catatan anda.

5.Menjadi Siswa Yang Aktif

Berikutnya cara agar anda bisa fokus belajar di sekolah adalah dengan menjadi siswa yang aktif di kelas. Ketika ada materi pelajaran yang belum anda pahami maka anda bisa bertanya kepada guru bersangkutan pada sesi acara tanya jawab atau sesi bertanya.

Cara Agar Fokus Belajar di Rumah

Setelah menjelaskan cara agar fokus belajar di sekolah maka selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana cara agar dapat fokus belajar di rumah. Mengingat seringkali ada banyak tugas sekolah atau PR yang sering diberikan guru kepada anak-anak muridnya.

Untuk mengerjakan semua tugas sekolah ataupun pekerjaan rumah tersebut dibutuhkan konsentrasi penuh agar tugas sekolah atau PR dapat dikerjakan secara lebih cepat. Lalu bagaimana cara agar fokus ketika belajar di rumah?

Sangat banyak kerugian jika seseorang mengalami susah fokus saat belajar. Hal itu akan membuat prestasi akademik di sekolah bisa menurun, nilai-nilai ujian dan nilai ulangan sekolah akan rendah. Sehingga kelak bisa disebut sebagai anak yang bodoh. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal demikian diperlukan cara supaya anda dapat fokus belajar di sekolah dan rumah.

Berikut ini beberapa cara agar fokus belajar di rumah yang bisa anda lakukan. Anda memiliki kebebasan untuk mengondisikan lingkungan dalam rumah agar menjadi lebih nyaman dan tenang untuk belajar.

1.Memilih Ruangan Belajar yang Nyaman

Sangat penting Anda memilih ruangan belajar yang nyaman dan terbebas dari gangguan dari luar. Tempat yang nyaman untuk belajar di rumah adalah sebuah tempat yang memiliki sistem pencahayaan yang baik. Sehingga nyaman ketika sedang belajar dan tidak merusak mata.

2.Membersihkan dan Merapikan Tempat Belajar

Salah satu cara yang cukup efektif untuk membuat anda bisa fokus untuk belajar adalah dengan membersihkan dan merapikan tempat belajar. Kemudian memberikan ruangan tempat yang cukup untuk belajar. Sebisa mungkin kertas-kertas atau buku yang menumpuk disusun rapi.

Lebih baik lagi jika anda menyingkirkan kertas atau buku yang menumpuk yang tidak perlu dari meja tempat belajar. Karena kalau dibiarkan bisa mengganggu konsentrasi anda saat belajar. Tempat belajar yang nyaman dan jauh dari barang-barang yang menumpuk dan tak berguna terbukti mampu mengatasi susah fokus saat belajar sehingga akan membuat anda lebih mudah berkonsentrasi.

3.Duduk Dalam Keadaan Nyaman

Cara agar fokus belajar di rumah berikutnya adalah mengondisikan dan membuat posisi duduk yang senyaman mungkin ketika belajar. Duduk yang nyaman saat belajar memerlukan kursi yang nyaman dan empuk meskipun tidak harus mahal.

4.Menyingkirkan Benda yang Mengganggu

Menyingkirkan meja belajar dari segala benda yang dapat mengganggu konsentrasi saat belajar. Misalkan anda bisa menyingkirkan hp atau benda-benda lainnya yang tidak terkait dengan pelajaran yang hendak anda pelajari atau selesaikan.

5.Membuat Prioritas Dalam Mengerjakan Tugas

Mengetahui tugas sekolah yang harus diselesaikan dulu atau mengetahui materi pelajaran yang harus dipelajari. Kemudian anda membuat batas waktu belajar di rumah dari awal mulai sampai selesai.Ini merupakan cara mengerjakan tugas sekolah yang efisien.

6.Tidak Bermain HP

Untuk sementara singkirkan hp atau matikan dulu hp dari lingkungan sekitar pada saat belajar di rumah. Karena seringkali ponsel pintar yang anda miliki bisa memicu sulitnya fokus saat anda belajar. Terlebh untuk yang sudah mulai kecanduan gadget. Misalkan pada saat belajar ada panggilan telepon dari seseorang yang membuat buyar konsentrasi anda ketika sedang belajar di rumah.

7.Tidur dan Makan Bergizi yang Cukup

Terakhir, cara agar dapat fokus belajar di rumah adalah dengan menjaga pola makan dan pola  tidur yang baik. Ini sangat berguna untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar saat belajar. Sehingga gangguan konsentrasi bisa kita cegah dan atasi.

Demikianlah berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab susah fokus saat belajar yang perlu Anda tahu. Dengan mengenali pemicunya tentunya Anda bisa melakukan langkah yang tepat sebagai  cara agar fokus belajar di rumah maupun di sekolah. Sehingga hasil belajar dan prestasi dapat meningkat secara signifikan.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

27 menit ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

20 jam ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

3 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

5 hari ago