Umum

Tiktok Untuk Anak: Cara Setting dan Membatasi Konten Negatif

Tiktok untuk anak tampaknya masih belum menjadi perhatian yang serius dari para orang tua dan pendidik. Kurangnya informasi maupun teknis cara memfilter tayangan Tiktok membuat anak-anak masih terlalu bebas menikmati konten yang ada. Padahal, ada bahaya yang menjadi kita waspadai dari aplikasi yang sangat popular ini.

TikTok merupakan aplikasi media sosial yang sangat populer di kalangan anak-anak dan remaja. Dengan menggunakan platform ini para penggunanya bisa membuat, berbagi maupun menonton beragam video pendek yang unik dan kreatif. Dalam TikTok, anak-anak dapat mengekspresikan diri mereka, menemukan konten yang menarik, dan terhubung dengan orang lain di seluruh dunia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang TikTok untuk anak dan bagaimana orang tua dapat membimbing anak-anak mereka dalam menggunakan platform tersebut dengan aman dan bertanggung jawab.

Apa Itu Tiktok?

TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat, membagikan, dan menonton video pendek. Platform ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 oleh perusahaan teknologi asal Tiongkok, ByteDance, dan saat ini telah menjadi salah satu aplikasi yang paling populer di seluruh dunia.

Dalam TikTok, pengguna dapat membuat video pendek yang biasanya berdurasi 15 hingga 60 detik. Video-video ini biasanya diiringi musik, efek visual, filter, dan stiker untuk meningkatkan kreativitas dan daya tariknya. Pengguna juga bisa memilih dan mengikuti akun orang lain maupun memberikan komentar atau like pada video yang menarik atau mereka sukai.

TikTok telah menjadi sangat populer di kalangan anak muda dan remaja. Namun seiring waktu, teknologi ini semakin banyak digunakan oleh berbagai kalangan. TikTok juga telah menjadi sarana bagi banyak pengguna untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan menjadi terkenal di platform tersebut.

Namun, seperti halnya dengan platform media sosial lainnya, TikTok juga memiliki risiko dan tantangan. Oleh karena itu, sebagai orang tua, penting bagi kita untuk membimbing anak-anak kita dalam menggunakan TikTok dengan aman dan bertanggung jawab.

Tips Membuat Akun Tiktok Yang Aman Untuk Anak

Tahukah Anda bagaimana membuat akun Tiktok untuk anak yang aman? Membuat akun TikTok yang aman untuk anak sangat penting untuk melindungi privasi dan keamanan anak Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membuat akun TikTok yang aman untuk anak Anda.

1.Buat akun pribadi

Pastikan akun TikTok anak Anda diatur sebagai akun pribadi dan bukan akun publik. Dalam pengaturan privasi, pastikan bahwa opsi “Akun Pribadi” diaktifkan. Ini akan memungkinkan anak Anda untuk mengontrol siapa yang dapat melihat dan berinteraksi dengan konten mereka.

2.Gunakan sandi yang kuat

Pastikan Anda menggunakan sandi yang kuat dan unik untuk akun Tiktok untuk anak Anda. Sandi yang kuat harus terdiri dari huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus. Hindari menggunakan sandi yang mudah ditebak atau sandi yang pernah digunakan pada platform lain.

3.Tambahkan nomor telepon atau email

Tambahkan nomor telepon atau email pada akun TikTok anak Anda untuk memudahkan proses verifikasi dan pemulihan akun jika terjadi masalah. Pastikan Anda hanya membagikan informasi pribadi tersebut dengan anak Anda dan tidak dengan siapa pun yang tidak dikenal.

4.Batasi konten yang dapat diakses

Pengaturan Tiktok untuk anak memungkinkan Anda untuk membatasi jenis konten yang anak Anda dapat akses. Pastikan untuk mengaktifkan kontrol orang tua dan memilih opsi “Child Mode” untuk membatasi konten yang tidak pantas atau tidak sesuai untuk anak-anak.

5.Pantau interaksi online

Pastikan Anda memantau interaksi online anak Anda di TikTok. Anda dapat mengaktifkan pengaturan “Privasi & Keamanan” untuk membatasi siapa yang dapat mengirim pesan atau menonton video anak Anda.

6.Ajarkan anak Anda tentang risiko online

Ajarkan anak Anda tentang risiko online dan cara menghindarinya. Beri tahu mereka bahwa mereka tidak boleh berbicara dengan orang asing atau membagikan informasi pribadi seperti nomor telepon atau alamat rumah.

Dengan demikian membuat akun TikTok yang aman untuk anak Anda adalah langkah penting dalam melindungi privasi dan keamanan anak Anda. Dengan mempraktikkan tips di atas, Anda dapat membantu memastikan bahwa anak Anda memiliki pengalaman TikTok yang positif dan aman.

Cara Memilih Konten Tiktok Untuk Anak

Memilih konten TikTok yang aman dan sesuai untuk anak-anak dapat menjadi tugas yang sulit. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih konten TikTok untuk anak-anak yang tepat.

1.Periksa umur dan konten yang direkomendasikan

TikTok memiliki opsi untuk membatasi konten yang dilihat oleh pengguna yang berusia di bawah 13 tahun. Pastikan untuk memeriksa pengaturan privasi dan filter umur di akun TikTok anak-anak Anda.

2.Gunakan filter parental control

TikTok juga memiliki fitur kontrol orang tua yang memungkinkan orang tua untuk membatasi konten yang dilihat anak-anak. Anda dapat memilih untuk membatasi konten yang berbahasa kasar, memiliki konten dewasa, atau mengatur waktu penggunaan aplikasi.

3.Pantau penggunaan TikTok anak Anda

Selalu pantau penggunaan Tiktok untuk anak Anda dan diskusikan konten yang dilihat mereka dengan mereka secara terbuka. Berikan pemahaman tentang penggunaan media sosial yang aman dan bertanggung jawab.

4.Pastikan konten sesuai dengan nilai keluarga

Pastikan konten yang dilihat anak-anak Anda sesuai dengan nilai-nilai keluarga yang dipegang oleh keluarga Anda. Diskusikan konten yang mungkin menimbulkan pertanyaan atau perdebatan dan gunakan kesempatan tersebut untuk mengajarkan nilai-nilai positif.

5.Cari konten yang edukatif dan inspiratif

Selain konten hiburan, cari konten TikTok yang edukatif dan inspiratif untuk anak-anak. Ada banyak konten kreatif dan lucu yang juga dapat membantu anak-anak belajar dan terinspirasi.

Dengan memperhatikan tips-tips tersebut, Anda dapat memilih konten TikTok yang aman dan bermanfaat bagi anak-anak Anda.

Cara Membatasi Konten Negatif di Tiktok Untuk Anak

Penting sekali untuk membatasi konten negatif di TikTok untuk anak Anda. Caranya bisa menggunakan filter konten, mengaktifkan kontrol orang tua, maupun mengikuti akun yang sesuai.

Memastikan anak-anak Anda terlindungi dari konten negatif di TikTok sangatlah penting. Ada beberapa cara membatasi konten negatif di TikTok untuk anak Anda, yaitu sebagai berikut.

1.Aktifkan kontrol orang tua

TikTok memiliki fitur kontrol orang tua yang memungkinkan Anda untuk membatasi jenis konten yang dapat diakses oleh anak Anda. Anda dapat mengaktifkan kontrol orang tua dan memilih opsi “Child Mode” untuk membatasi konten yang tidak pantas atau tidak sesuai untuk anak-anak.

2.Gunakan filter konten

TikTok memiliki fitur filter konten yang memungkinkan Anda untuk membatasi jenis konten yang muncul di feed anak Anda. Anda dapat menggunakan filter konten untuk memblokir kata-kata kunci tertentu, tagar atau topik yang dianggap tidak pantas atau tidak sesuai untuk anak-anak.

3.Atur privasi akun

Pastikan akun Tiktok untuk anak Anda diatur sebagai akun pribadi dan bukan akun publik. Hal ini memungkinkan anak-anak untuk memilih siapa yang dapat melihat konten mereka dan mengurangi risiko mereka dieksploitasi oleh orang asing.

4.Ikuti akun yang sesuai

Anda dapat membantu membatasi konten negatif di TikTok dengan mengikuti akun-akun yang sesuai dan aman untuk anak-anak. Pastikan untuk memilih akun yang memiliki konten yang bermanfaat dan edukatif, serta akun yang menghargai nilai-nilai moral dan etika.

5.Pantau interaksi online Anak

Pastikan Anda memantau interaksi online di Tiktok untuk anak. Anda dapat mengaktifkan pengaturan “Privasi & Keamanan” untuk membatasi siapa yang dapat mengirim pesan atau menonton video anak Anda.

6.Awasi konten yang mereka lihat

Pastikan Anda memantau konten yang anak-anak Anda tonton di TikTok. Anda dapat menggunakan fitur “Digital Wellbeing” TikTok yang memungkinkan Anda untuk membatasi waktu layar, memblokir konten yang tidak sesuai, dan mengontrol interaksi dengan pengguna lain.

7.Beri tahu anak-anak Anda tentang risiko online

Ajarkan anak-anak Anda tentang risiko online dan cara menghindarinya. Beri tahu mereka bahwa mereka tidak boleh berbicara dengan orang asing atau membagikan informasi pribadi seperti nomor telepon atau alamat rumah.

8.Diskusikan tentang penggunaan yang bertanggung jawab

Beri tahu anak-anak Anda tentang pentingnya menggunakan Tiktok untuk anak dengan bertanggung jawab. Ajarkan mereka untuk mempertimbangkan efek dari konten yang mereka posting dan cara mereka berinteraksi dengan orang lain di platform.

9.Jadilah contoh yang baik

Akhirnya, jadilah contoh yang baik bagi anak-anak Anda dalam penggunaan aplikasi di era globalisasi. Jangan gunakan TikTok untuk memposting konten yang tidak pantas atau merendahkan orang lain. Berbicaralah dengan baik kepada anak-anak Anda tentang cara berperilaku di media sosial dan gunakan platform tersebut dengan cara yang bertanggung jawab.

Dengan demikian TikTok dapat menjadi platform yang menyenangkan dan kreatif untuk anak-anak. Namun, penting bagi orang tua untuk membimbing anak-anak mereka dalam menggunakan platform tersebut dengan aman dan bertanggung jawab. Dengan mempraktikkan tips di atas, kita dapat membantu anak-anak kita menghindari risiko dan menikmati pengalaman TikTok yang positif.

Cara Setting Tiktok Untuk Anak

Penting sekali bagi orang tua untuk berbicara dengan anak tentang risiko online dan cara menghindarinya. Beri tahu mereka tentang bahaya dari konten negatif dari Tiktok dan memberikan mereka pengetahuan tentang cara melaporkan atau memblokir akun yang tidak pantas.

Selain itu Anda juga perlu melakukan setting pada aplikasi Tiktok. Nah, berikut adalah setting Tiktok untuk anak yang perlu Anda tahu.

1.Unduh aplikasi TikTok

Langkah pertama untuk mengatur TikTok untuk anak Anda adalah dengan mengunduh aplikasi TikTok dari toko aplikasi pada perangkat seluler mereka.

2.Buat akun TikTok

Setelah mengunduh aplikasi TikTok, buat akun TikTok baru untuk anak Anda. Pastikan akun TikTok diatur sebagai akun pribadi dengan mengaktifkan opsi “Akun Pribadi” dalam pengaturan privasi.

3.Atur pengaturan privasi

Pastikan Anda mengatur pengaturan privasi di TikTok dengan memilih opsi “Privasi & Keamanan” di pengaturan. Aktifkan opsi “Control Parental” untuk membatasi jenis konten yang dapat diakses oleh anak Anda.

4.Gunakan fitur kontrol orang tua

Aktifkan fitur kontrol orang tua pada Tiktok untuk anak untuk membatasi jenis konten yang dapat diakses oleh anak Anda. Dalam pengaturan kontrol orang tua, Anda dapat memilih opsi “Child Mode” untuk membatasi konten yang tidak pantas atau tidak sesuai untuk anak-anak.

5.Gunakan fitur filter konten

Gunakan fitur filter konten di TikTok untuk membatasi jenis konten yang muncul di feed anak Anda. Anda dapat menggunakan filter konten untuk memblokir kata-kata kunci tertentu, tagar atau topik yang dianggap tidak pantas atau tidak sesuai untuk anak-anak.

6.Masukkan nomor telepon atau email

Tambahkan nomor telepon atau email pada akun Tiktok untuk anak Anda agar memudahkan proses verifikasi dan pemulihan akun jika terjadi masalah. Pastikan Anda hanya membagikan informasi pribadi tersebut dengan anak Anda dan tidak dengan siapa pun yang tidak dikenal.

7.Beritahu anak tentang risiko online

Ajarkan anak Anda tentang risiko online dan cara menghindarinya. Beri tahu mereka bahwa mereka tidak boleh berbicara dengan orang asing atau membagikan informasi pribadi seperti nomor telepon atau alamat rumah.

Mengatur atau setting TikTok yang aman untuk anak melibatkan langkah-langkah untuk memastikan akun TikTok anak Anda diatur dengan baik, pengaturan privasi diatur dengan benar, dan konten yang diakses oleh anak Anda sesuai dengan usia mereka.

Demikian penjelasan tentang TikTok untuk anak beserta tips dan cara setting aplikasinya yang penting diketahui para orang tua. Dengan mempraktikkan tips tersebut Anda dapat membantu memastikan bahwa anak Anda memiliki pengalaman TikTok yang positif dan aman. Untuk para orang tua yang inginmengembangkan kreativitas anak, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan tim ahli dari Edumaster Privat, lembaga les privat terpercaya dan berpengalaman yang siap membantu Anda.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

8 jam ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

1 hari ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

3 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

5 hari ago