Umum

Tips Membuat Anak Percaya Diri dan Berani

Tips membuat anak percaya diri dan berani sebenarnya tidak sulit. Apalagi kepercayaan diri yang tinggi sangat penting sebagai fondasi kesuksesan seseorang di masa depan. Karena para orang tua perlu melakukan dan mempersiapkan agar anak-anak mereka lebih berani dalam menghadapi berbagai situasi dan lingkungan yang dihadapinya.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki anak yang percaya diri dan berani? Pastinya setiap orang tua akan merasa bahagia jika melihat anak tercintanya tampil lebih percaya diri. Karena itu merupakan salah satu fondasi atau modal dasar dalam menjalani kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

Jika anda mendapatkan anak anda sering merasa minder dan rendah diri akan menghambat berbagai potenbsi yang ada dalam dirinya. Anak akan merasa ketakutan, bukan hanya saat tampil di depan umum namun juga saat berada dalam keramaian orang banyak. Karena itu anda bisa mendidik anak anda agar berubah menjadi anak yang lebih berani dan yakin dengan kemampuannya.

Cara agar anak mempunyai kepercayaan diri tentunya berkaitan dan dimulai dari pola asuh dan pola pendidikan dalam keluarga.Terutama dari segi pembentukan mental anak dalam pembentukan karakter dan mental anak yang kuat, berani dan percaya diri. Sehingga jika tampil di depan orang lain, sang anak tidak malu ataupun minder.

Tips Membuat Anak Percaya Diri dan Berani

Seorang anak yang tampil tidak percaya diri atau minder dapat dilihat dari sikap sehari-hari. Dimana ia merasa malu jika harus berjumpa dengan orang lain. Bahkan kalau diminta untuk tampil di depan umum maka ia menolaknya dengan alasan malu atau takut. Sikap dan perasaan minder atau tak percaya diri itu bisa dihilangkan dengan menanamkan mental yang berani dan percaya diri pada anak sedini mungkin.

Mungkin anda pernah mendapatkan anak yang bersikap tidak mandiri, kurang percaya diri dan kurang berani. Tentu anda tidak mengharapkan sikap dan perilaku demikian terjadi pada anak anda. Oleh karenanya tips membuat anak percaya diri dan berani adalah dengan melatihnya agar anak anda lebih berani, mandiri, dan lebih percaya diri.

Penyebab Anak Tidak Percaya Diri dan Minder

Ada banyak pertanda atau ciri seorang anak tidak percaya diri. Hal tersebut bisa dilihat dari sikapnya yang merasa minder jika berjumpa dengan  orang lain. Berikut ini beberapa penyebab anak tidak percaya diri dan berani yang sebaiknya Anda tahu.

1.Pola asuh yang Salah

Salah satu yang bisa membuat anak tidak percaya diri adalah pola asuh yang tidak tepat. Dalam pola asuh diterapkan justru membuat anak manja dan sang anak tidak dibiasakan bersikap mandiri dan percaya diri.

2.Tidak Memberikan Kesempatan Berkreasi Pada Anak

Penyebab kedua selanjutnya yang bisa membuat anak tidak percaya diri dan berani adalah karena orang tua tidak pernah memberikan kebebasan bagi sang anak untuk berkreasi. Hal tersebut membuat sang anak tidak percaya diri di depan orang lain ketika ia diharuskan melakukan kreasi sendiri.

3.Bawaan Lahir

Terakhir penyebab kurang percaya diri disebabkan oleh bawaan dari lahir yang bisa berasal dari bawaan gen dari orang tua. Namun bukan berarti sifat kurang percaya diri tidak bisa dirubah, bagaimanapun walaupun faktor bawaan atau pola asuh yang salah, sifat kurang percaya diri bisa dirubah dan digantikan dengan sikap percaya diri dan berani.

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Berikut ini beberapa tips membuat anak percaya diri dan berani yang bisa Anda coba lakukan.

1.Menanamkan Pada Anak Cara Berpikir Logis

Seorang anak menjadi pemalu dan tidak percaya diri mungkin ia ingin menghindari suatu masalah atau enggan menghadapi sesuatu hal yang baru. Mereka tak mau menempuh sesuatu yang beresiko dan apa yang tak tahu.

Oleh karena itu, sejak dini sebaiknya sang anak sudah diberikan keterampilan untuk berpikir logis. Termasuk dengan mengenalkan buku sejak dini. Hal ini supaya anak bisa memecahkan segala kesulitan dan rintangan yang dihadapinya dengan baik dan membangkitkan rasa percaya dirinya.

2.Mendorong Mengatasi Ketakutan

Salah satu penyebab seorang anak tampil minder dan tak berani adalah adanya rasa takut dalam dirinya. Pada dasarnya rasa takut hal yang wajar. Sehingga tugas orangtua adalah membiarkan terlebih dulu sang anak berada dalam kondisi tak nyaman tersebut. Biarkan sang anak menggunakan caranya sendiri untuk mengatasi ketakutan.

Setelah itu, anda sebagai orangtua memberikan solusi pada anak agar rasa takutnya lebih kecil ketimbang rasa beraninya. Doronglah sang anak untuk lebih  memilih mempunyai sikap percaya diri dan berani tampil di depan orang lain dengan gagah. Selanjutnya, ajaklah anak untuk melakukan apa yang membuatnya takut agar ia dapat percaya diri dan berani.

3.Memberikan Pendidikan Moral Yang Baik

Yang paling penting tips membuat anak percaya diri dan berani adalah memberikan pendidikan moral yang baik pada anak. Seperti nilai selalu bersyukur, adil, kasih sayang, persahabatan, kejujuran, kerja keras, semangat, pantang menyerah, dan menyerahkan segala sesuatu masalah kepada Allah swt.

Dengan bekal pendidikan moral yang baik tersebut akan membuat sang anak bisa melihat mana yang baik yang harus dilakukan dan mana yang tak baik yang tak harus dilakukan. Termasuk mengajarkan puasa anak sejak dini dan melakukan ibadah lainnya.

4.Membebaskan Anak Menentukan Kegiatan yang Diinginkannya

Setiap anak pastinya memiliki kelebihan dan kesukaan masing-masing.  Sudah menjadi kewajiban orangtua untuk melihat kelebihan dan rasa minat anak. Yang kemudian tugas orangtualah untuk mengarahkan dan mendukung bakat dan kelebihan serta minat anak tersebut secara baik dan benar.

Misalkan mungkin saja sang anak tidak berprestasi dalam nilai akademik di sekolah. Tapi di bidang lain mungkin berprestasi atau bakat. Seperti bidang olahraga maupun kesenian. Sehingga tugas orang tua harus menghargai usaha anak dan mendukung bakat dan minat anak tersebut yang sifatnya positif. Karena itu bisa berdampak pada meningkatkan rasa percaya diri anak dan keberanian anak tampil di depan umum dalam kehidupan sehari-hari.

5.Pemberian Hadiah

Berikutnya tips membuat anak percaya diri dan berani adalah memberian kado hadiah pada anak ketika sang anak mendapatkan nilai-nilai yang baik di sekolah. Karena hal tersebut akan membuat sang anak merasa bahwa ia merasa mampu untuk berprestasi di sekolah dan timbul kebanggaan hingga muncul sikap percaya diri dan berani tampil di muka umum dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya.

Hadiah yang diberikan pada anak tidak selamanya harus mahal. Anda bisa memberikan hadiah berupa benda fisik. Disamping itu, hadiah bisa berupa non fisik seperti kata-kata pujian dan kata-kata yang baik pada anak yang akan membangkitkan kebanggaan dan rasa percaya diri anak.

6.Menegur Anak Dengan Kalimat yang Baik

Banyak orang tua yang membiarkan anak meskipun melakukan kesalahan. Padahal, menegur anak juga perlu Anda lakukan meskipun dengan menggunakan kalimat yang baik dan logis.

7.Berdoa

Salah satu cara ajaib dan tips membuat anak percaya diri dan berani adalah dengan berdoa. Doa adalah kekuatan yang bisa mengubah segala sesuatu yang tak baik menjadi baik. Anda bisa berdoa meminta kepada Allah swt untuk diberikan karunia anak yang percaya diri dan berani.

Lantunan doa dapat dilantunkan setiap selesai solat fardhu atau solat sunat. Salah satu doa agar anak berani dan percaya diri adalah : Allohumma innii naj’aluka fi nuhurihim wa na’udzu bika min syuruhihim

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku menjadikan Engkau di leher mereka supaya kekuatan orang jahat tak berdaya tatkala berhadapan dengan kami dan kami berlindung dari kejahatan mereka.

8.Memberikan Keahlian Khusus

Anda bisa mengajarkan pada anak tercinta tentang cara mendisiplinkan diri, cara melakukan pengontrolan diri yang baik dan cara memecahkan masalah dengan mudah. Semua keterampilan tersebut yang sesuai soft skill anak akan membuat anak anda mampu tampil percaya diri dan berani di depan orang.

Dengan bekal keterampilan cara disiplin diri dan cara memecahkan setiap masalah yang diberikan pada anak maka anak akan merasa percaya diri untuk bergaul atau tampil di depan umum atau orang lain. Ia akan percaya diri terhadap masalah yang akan dihadapinya akan mudah diatasi dengan kemampuannya tersebut.

9.Biarkan Sang Anak Jika Berbuat Salah

Anggapan orangtua bahwa kesalahan adalah hal yang harus tak boleh dilakukan oleh seorang anak. Namun pada kondisi tertentu untuk melatih sang anak agar bisa tampil percaya diri dan berani dibutuhkan proses awal melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan.

Demikianlah beberapa tips membuat anak percaya diri dan berani serta mandiri. Semoga bisa  bermanfaat bagi anda sekalian terutama para orangtua yang ingin anaknya bisa tampil percaya diri dan berani di sekolah dan di depan umum.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

16 jam ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

1 hari ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

4 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

6 hari ago