Umum

Tokoh Kedokteran Dunia, Ini Daftarnya!

Tokoh kedokteran dunia berperan penting dalam memberikan sumbangsih yang sangat berharga bagi perkembangan ilmu kedokteran. Para tokoh yang berpengaruh ini bukan hanya didominasi oleh kaum laki-laki tapi banyak juga kaum perempuan yang berjasa dalam dunia kesehatan ini.

Kedokteran merupakan salah satu displin ilmu yang menarik dipelajari hingga menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati di perguruan tinggi. Namun tahukah anda bahwa ada banyak tokoh yang berjasa dalam mengembangkan ilmu kedokteran di dunia?

Perkembangan pesat dalam dunia kedokteran membuat lahirnya berbagai macam perangkat teknologi medis yang lebih canggih dari sebelumnya. Peperangan melawan penyakit semakin canggih dan efektif memakai perangkat medis mutakhir seiring dengan bertambah banyak penyakit di dunia.

Kemajuan dalam dunia medis dalam melawan penyakit tak bisa dipisahkan dari tokoh medis dan dunia pengobatan sebelumnya.

Tokoh Kedokteran Dunia

Ilmu kedokteran merupakan salah satu disiplin ilmu yang cukup tua yang sudah lama dikenal manusia sejak lama meskipun sebatas pada ilmu kedokteran konvensional. Namun dalam perkembangannya, dunia kedokteran telah mengalami perkembangan yang pesat.

Banyak orang yang belajar ilmu kedokteran dari berbagai belahan dunia. Seperti Eropa, Amerika Serikat, Indonesia dan Arab. Diantara beberapa orang yang ahli dalam bidang kedokteran ada yang menjadi pelopor ilmu kedokteran modern saat ini.

Setiap bangsa mengklaim mempunyai tokoh kedokterannya masing-masing. Bahkan ada yang mengklaim tokoh kedokteran berdasarkan agama dan kewarganegaraan. Semua itu membuktikan bahwa tokoh kedokteran di dunia sangat luas.

Siapa Tokoh Kedokteran Dunia?

Setiap bidang mempunyai tokoh dan pelopornya masing-masing yang meletakkan dasar keilmuan, termasuk bidang kedokteran. Lantas siapa tokoh kedokteran dunia?

Untuk tokoh ilmu kedokteran yang popular antara lain Sigmund Freud, Louis Paster, Florence Nightingale, John Snow dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kalangan muslim. Tokoh ilmuwan muslim bidang kedokteran dunia yang diakui dunia internasional antara lain Abu Zaid al Bakhi, Ibnu Al Nafis, Abul Qasim Az Zahrawi, Ibnu Sina, Muhammad bin Zakariya ar-Razi, dan lainnya.

Lantas siapa tokoh kedokteran dunia? Berikut ini beberapa tokoh kedokteran yang memberikan pondasi dasar yang sangat kuat dan sumbangan besar bagi kemajuan bidang medis di dunia dari dulu hingga saat ini.

1.Edward Jenner

Edward Jenner adalah orang yang berhasil menemukan vaksin small pox. Berkat temuannya itu umat manusia banyak terselamatkan nyawanya akibat wabah penyakit menular pada waktu itu. Untuk menghargai jasanya, Edward Jenner dinobatkan sebagai Bapak Ilmu Imunologi dan Bapak Kedokteran Dunia Barat.

Edward Jenner

2.John Snow

John Snow adalah orang yang berjasa dalam dunia kedokteran pada bidang anestesi. Ia adalah penemu anestesi   serta operasi higienis yang mampu mengubah wajah dunia kedokteran secara keseluruhan.

3.Louis Pasteur

Nama Louis Pasteur menjadi sangat terkenal dalam dunia medis modern. Beliau menemukan konsep bahwasanya di sekitar manusia atau udara di alam bebas terdapat mikroorganisme. Pada mulanya banyak orang yang menolak konsepnya.

Louis Pasteur

Namun seiring berjalannya waktu, konsepnya terbukti benar. Hingga banyak perusahaan wine atau bir mulai melakukan pasteurized atau disterilisasi untuk mendapatkan kualitas minuman terbaik.

4.Joseph Lister

Joseph Lister merupakan dokter sekaligus ilmuwan bidang kesehatan dan seorang penggagas konsep dasar bahwa pada waktu momen sedang mengadakan tindakan operasi maka sangat penting dan perlu diperhatikan supaya setiap dokter, asisten dokter dan perawat mesti melakukan sterilisasi pada bagian tangannya.  Dengan tujuan tidak terjadinya gangguan buruk oleh mikroorganisme buruk yang terdapat di udara dan sekitar manusia.

5.Alexander Fleming

Pada tanggal 28 September 1928 merupakan momen penting bagi dunia kedokteran. Karena pada tanggal tersebut, Alexander Fleming adalah orang yang pertama  kali di dunia yang sukses melakukan eksprerimen hinngga  mendapatkan penemuan bersejarah dalam dunia medis yaitu penemuan obat antibiotik yang dipakai dan bermanfaat sampai sekarang ini.

Alexander Fleming

Tokoh Kedokteran Wanita di Dunia

Para tokoh kedokteran ini sangat besar jasanya dalam membantu meningkatkan kesehatan masyarakat luas. Temuan mereka juga penting  dalam memerangi berbagai penyakit melalui teknik pengobatan, perangkat medis atau temuan obat yang berhasil diciptakannya. Termasuk para tokoh wanitanya.

Lantas siapa tokoh kedokteran dunia dari kalangan perempuan? Berikut ini tokoh kedokteran wanita yang penting kita ketahui.

1.Elizabeth Blackwell

Jika ditanya siapakah wanita pertama di dunia yang menjadi seorang dokter maka berdasarkan referensi dan sejarah jawabannya adalah Elizabeth Blackwell. Seluruh hidupnya didedikasikan untuk  meningkatkan pelayanan kedokteran dan kesadaran masyarakat luas tentang kesehatan.

2.Virginia Apgar

Virginia Apgar adalah seorang pakar teratologi dan anastesi. Beliau salah seorang perempuan pertama di Amerika Serikat yang menjadi seorang dokter. Penemuannya dalam bidang kedokteran yang sangat penting adalah Stop Apgar atau metode dalam menentukan kesehatan bayi. Hal tersebut bermanfaat bagi dunia medis di dunia untuk memperkecil  tingkat kematian bayi.

3.Jewel Plummer Cobb

Jewel Plummer Cobb adalah seorang ilmuwan tersohor dalam bidang medis yang melakukan banyak penelitian tentang sel kanker. Berkat hasil penelitiannya, beliau berhasil membuat sebuah obat mujarab dalam mengobati penyakit kanker jenis kanker kulit.

4.Florence Nightingale

Florence Nightingale yang mempunyai julukan The Lady with Lamps merupakan salah seorang wanita pertama yang mendedikasikan hidupnya untuk merawat orang-orang korban perang.  Hal itu menjadi cikal bakal kehadiran tenaga perawat di dunia medan perang.

5.Damayanti Rusli Sjarif

Terakhir, yang menjadi tokoh kedokteran dunia adalah Damayanti Rusli Sjarif yang berkewarganegaraan Indonesia. Tokoh perempuan inspiratif ini adalah seorang dokter spesialis anak dan ahli nutrisi.

Damayanti Rusli Sjarif

Tokoh Kedokteran dari Eropa

Dunia kedokteran mengalami perubahan dinamis sangat tinggi yang melahirkan banyak perangkat baru dalam dunia teknologi medis terbaru yang lebih canggih.  Hal tersebut tentu bermula dari jasa beberapa tokoh  kedokteran dunia yang berasal dari segala agama dan negara.

Untuk tokoh kedokteran dunia di Eropa antara lain :

1.Metrodora

Metrodora merupakan wanita yang giat dalam segi pengobatan hingga melahirkan banyak karya tulis tentang kebidanan dan ginekologi yang menjadi rujukan dokter lainnya di seluruh dunia eropa.

2.Elizabeth Blackwell

Pada tahun 1821 adalah tahun lahir Elizabeth Blackwell. Ia lahir di sebuah keluarga yang berjiwa sosial yang tinggi dan aktif dalam kegiatan masyarakat.  Begitupula yang dilakukan oleh Elizabeth Blackwell yang aktif dalam bidang sosial kemasyarakatan dan memperjuangkan hak-hak kaum wanita di dunia untuk bekerja di bidang kesehatan. Pada tahun 1910, Elizabeth Blackwell meninggal dunia.

Tokoh Dokter Terkenal di Indonesia

Seseorang bisa berjuang dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satunya bidang kesehatan yang dilakoni oleh seorang dokter. Siapa tokoh kedokteran dunia dari Indonesia? Berikut ini tokoh dokter terkenal di Indonesia yang tak kalah dengan tokoh dokter di dunia, antara lain:

1.Cipto Mangunkusumo

Cipto Mangunkusumo bersekolah di Batavia pada sekolah tinggi kedokteran Belanda selepas sekolah STOVIA. Pada akhirnya ia pun mendapatkan gelar dokter. Dengan gelar dokter yang dimilikinya, ia bertekad untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sekaligus berjuang meningkatkan kesehatan bagi bangsa Indonesia.

RS Cipto Mangunkusumo

Pada waktu terjadi wabah pandemik pes di Malang, dr Cipto Mangunkusumo turun tangan dan sukses melenyapkan wabah pes tersebut. Beliau pun gigih sekali bersama Tiga Serangkai yakni Ernest Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hingga beliau menjadi salah satu tokoh besar dari Tiga Serangkai tersebut.

Atas jasanya beliau diberi penghargaan namanya dijadikan nama rumah sakit terkenal di Jakarta yakni RS Cipto Mangunkusumo dan juga dinobatkan sebagai pahlawan Indonesia bergelar dokter.

2.Prof Dr Sardjito

Orang yang pertama kali menjabat Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) dan mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) adalah Prof Dr Sardjito.

RS Dr Sardjito Yogyakarta

Berbagai penemuan medis yang sangat penting berhasil ditemukan oleh Dr Sardjito yang bermanfaat bagi dunia kedokteran Indonesia dan dunia. Salah satunya temuan tentang calcusol atau obat yang ampuh untuk menghancurkan batu ginjal pada tubuh manusia.

3.Abdulrachman Saleh

Tokoh dokter terkenal di Indonesia yang terakhir adalah Abdulrachman Saleh. Ia merupakan tokoh dokter yang sukses membuat ilmu fisiologi atau ilmu faal di tanah air semakin berkembang dan modern hingga dijuluki Bapak Fisiologi kedokteran nasional.

Tokoh Ilmuwan Muslim Bidang Kedokteran Dunia

Tokoh kedokteran terdapat di semua ajaran agama. Salah satunya agama Islam. Agama Islam sudah mengenal ilmu kedokteran sejak lama. Bahkan beberapa penemuan kedokteran penting dan konsep medis modern sekarang sering berasal dari konsep tokoh-tokoh kedokteran muslim pendahulunya.

Ilmu kedokteran sudah tak asing lagi bagi dunia Islam khususnya dunia arab pada masa jahiliyah. Beberapa dokter terkemuka telah hadir membantu meningkatkan kesehatan masyarakat. Namun pada waktu itu, dunia kedokteran masih dilakukan secara konvensional. Akan tetapi seiring dengan banyak penemuan dalam dunia medis maka semakin berkembang maju dunia kedokteran hingga menghasilkan pengobatan modern.

Agama Islam mendukung pengobatan dan pengembangan ilmu kedokteran. Hal tersebut sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW agar setiap orang yang sakit agar berikhtiar dalam mengobati penyakitnya.

Salah seorang dokter yang tersohor di jaman nabi yang berasal dari non muslim adalah Kaladah. Sedangkan dokter pertama yang beragama islam di dunia adalah Ali At Tabari yang merupakan dokter berkebangsaan Suriah.

Sementara itu, tokoh kedokteran dunia muslim yang diakui berikutnya adalah Abu Bakar Muhammad bin Zakaria ar Razi yang sering dipanggil Rhazes. Beliau seorang dokter yang pandai menangani penyakit campak  dan cacar pada masanya. Selanjutnya Abul Qasim Az Zahraei Al Qurtubi, Ibnu Rusyd atau Averoes, dan Zainab pada jaman dinasti bani Umayyah.

Berikut ini beberapa tokoh ilmuwan muslim bidang kedokteran dunia yang paling berpengaruh pada  ilmu kedokteran di dunia yang wajib kita tahu.

1.Ibnu Sina

Negara Barat menamakan diri Ibnu Sina sebagai Avicena. Ibnu Sina banyak menulis karya tentang dunia kedokteran hingga 450 buku telah ditulisnya.

Ibnu Sina

Buku-bukunya tentang kedokteran sekarang menjadi rujukan beberapa universitas tersohor di dunia. Selain pandai ilmu kedokteran, Ibnu Sina pandai ilmu filsafat hingga menjadi juga seorang filsuf terkenal.

2.Muhammad bin Zakariya Ar-Razi

Penelitian menjadi keseharian hidup Muhammad bin Zakariya Ar-Razi. Namun ketertarikannya terhadap penelitian alkemi mulai berhenti setelah ia mengalami kecacatan pada organ matanya. Ia pun berupaya untuk mengobati cacat pada matanya.

Setelah berobat ke beberapa dokter dan tak kunjung sembuh membuat ia tertarik sendiri untuk terjun ke dunia kedokteran. Ia pun mulai tekun mempelajari ilmu kedokteran disamping ilmu kimia. Dengan harapan bisa mengobati  penyakitnya sendiri.

Namun keasyikan mempelajari ilmu kedokteran membuat ia menemukan banyak hal dalam dunia kedokteran. Seperti mampu melakukan pembedahan mata dan melakukan tindakan operasi bedah syaraf di dunia.

3.Abul Qasim Az-Zahrawi

Tokoh ilmuwan muslim bidang kedokteran dunia berikutnya adalah Abul Qasim Az- Zahrawi yang merupakan seorang dokter di jamannya. Julukan baginya adalah “Bapak operasi modern”.

Abul Qasim Az-Zahrawi

Karena kepandaian beliau dalam melakukan tindakan bedah secara modern. Beliau menulis buku yang menjadi referensi mahasiswa kedokteran di seluruh negara eropa tentang teknik kedokteran sampai 30 jilid berjudul Al Tasrif.

4.Ibnu Al-Nafis

Tokoh kedokteran yang beragama Islam lainnya adalah Ibnu Al Nafis yang sukses menjelaskan tentang mekanismeparu-paru dan mekanisme peredaran darah yang terdapat pada badan manusia.

Itulah beberapa tokoh kedokteran dunia dari masa ke masa. Orang-orang yang berjasa dalam ilmu kesehatan ini mempunyai kedudukan terhormat di masyarakat. Nama-nama mereka terus dikenang sepanjang masa. Seperti dijadikan salah satu nama jalan maupun nama rumah sakit di berbagai belahan dunia.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

10 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago