Cara daftar Bidikmisi menjadi informasi yang banyak diburu para mahasiswa yang ingin kuliah dengan bantuan beasiswa. Namun Bidikmisi bukanlah program beasiswa biasa. Tak setiap orang bisa mendaftar atau bisa mendapatkannya. Hanya mereka yang memiliki prestasi akademik namun tidak memiliki kemampuan ekonomi yang bisa mendapatkan bantuan ini.

Seperti kita maklum, pendidikan merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan masyarakat dan pintu gerbang untuk mencerdaskan manusia. Adapun tujuan berdirinya negara Indonesia seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu caranya melalui penyelenggaraan pendidikan dari TK, SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi.

Wujud perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan di Indonesia adalah membentuk lembaga dan kementerian khusus yang membidanginya yakni Kementerian Pendidikan Nasional. Saat ini kementerian itu dipimpin oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan pada era pemerintahan Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin.

Untuk menapaki pendidikan dari mulai tingkat TK sampai universitas, seseorang membutuhkan biaya atau keuangan yang tidak kecil. Baik untuk biaya SPP, biaya transportasi sekolah, biaya membeli buku, LKS, dan perlengkapan sekolah. Bagi mereka yang berada dalam keluarga kaya maka itu semua dapat terpenuhi tanpa kendala. Tapi bagi mereka yang tergolong keluarga miskin, maka bisa terancam tidak bisa menuntut ilmu dengan baik.

cara daftar bidikmisi jalur mandiri

Sebagai bentuk upaya pemerintah dalam membantu meringankan biaya sekolah bagi mereka yang ingin menuntut ilmu di perguruan tinggi maka pemerintah melalui Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemeristek Dikti) mengadakan program beasiswa Bidikmisi. Beasiswa pemerintah ini hasil kerjasama antara Kementerian Pendidikan Nasional dengan Kementerian Riset dan Teknologi.

Para penerima Bidikmisi dari hari ke hari terus bertambah banyak. Bahkan tak sedikit pendaftar mengakui tidak kebagian beasiswa Bidikmisi. Untuk itulah pada tahun 2019, Kemenristek dan Kemendikbud menambah banyak kuota penerima beasiswa program Bidikmisi. Diharapkan program beasiswa sekolah ini bisa dirasakan manfaatnya oleh yang membutuhkannya.

Apa Itu Bidikmisi

Biaya hidup yang mengalami peningkatan sangat pesat setiap tahunnya adalah biaya kesehatan dan biaya pendidikan. Apalagi biaya pendidikan tinggi di perguruan tinggi. Kenaikannya bisa sampai dua kali lipat lebih per tahun. Mengingat biaya pendidikan sangat mahal membuat sebagian saja orang tua yang bisa menyekolahkan putra puterinya di perguruan tinggi negeri atau swasta.

Namun tidak selamanya biaya pendidikan itu mahal. Bagi mereka yang mempunyai niat yang bulat untuk kuliah walaupun memiliki keterbatasan dalam finansial maka ia tetap bisa kuliah dengan memanfaatkan beasiswa yang diadakan oleh pihak swasta maupun pemerintah. Salah satunya program beasiswa Bidikmisi yang sangat terkenal di kalangan mahasiswa dan mahasiswi.

Baca juga Bimbel Masuk Kuliah Kedokteran, Wajib Anda Tahu

Dengan adanya program beasiswa Bidikmisi maka setiap orang bisa menempuh pendidikan tinggi di universitas ataupun PTS dan PTN yang diinginkannya. Karena semua biaya ditanggung oleh beasiswa Bidikmisi dari awal kuliah sampai lulus. Program pemerintah ini diberikan secara gratis dan cara daftar Bidikmisi dapat diikuti oleh semua orang yang memenuhi syarat.

cara daftar bidikmisi

Seorang mahasiswa dan mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari Bidikmisi maka ia akan  dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang meliputi:

  1. Biaya kuliah gratis yang dibayarkan oleh beasiswa Bidikmisi
  2. Memperoleh uang jajan bulanan

Untuk besaran uang jajan dan uang saku bulanan berbeda-beda di setiap perguruan tinggi.

Contohnya misalnya seorang mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi di daerah Depok yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi maka ia akan memperoleh uang saku atau uang jajan bulanan sekitar Rp 650 ribu. Lumayan bukan? Tentu hal ini bukan lumayan lagi. Tapi sebuah kenyamanan dalam menuntut ilmu plus mendapatkan uang saku. Uang saku akan diperoleh tiga bulan satu kali. Sehingga dalam waktu tiga bulan, ia memperoleh uang saku sebesar Rp 1.950 ribu.

Dengan kehadiran beasiswa Bidikmisi ini, mereka yang sangat kekurangan keuangan tetap dapat kuliah. Adapun cara pendaftarannya relatif mudah. Siapa pun yang berminat bisa mengajukan diri untuk ikut program beasiswa Bidikmisi.

Pengertian Beasiswa Bidikmisi

Pengertian beasiswa Bidikmisi dapat dilihat dari segi bahasa dan istilah. Dari segi bahasa, Bidikmisi adalah suatu singkatan dari Bi : biaya, Dik : pendidikan, Mi : Miskin dan Si adalah berprestasi. Jadi Bidikmisi adalah biaya pendidikan gratis bagi mahasiswa mahasiswi yang miskin tapi berprestasi dalam bidang akademik.

Secara istilah, Bidikmisi adalah program bantuan yang disediakan oleh pemerintah bagi keperluan pendidikan untuk pelajar lulusan SMA dan sederajat. Untuk menempuh pendidikan memerlukan biaya yang tak sedikit. Misalkan membutuhkan biaya untuk bayar uang kuliah, beli buku dll. Semua itu dibayarkan oleh pemerintah plus dapat uang saku bulanan lewat Bidikmisi.

Lalu untuk siapa beasiswa Bidikmisi? Beasiswa Bidikmisi diperuntukkan bagi mereka yang telah lulus menempuh pendidikan SMA/SMK/MA yang mau melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi negeri dan swasta. Beasiswa ini diberikan dengan syarat adalah ia harus mempunyai potensi akademik. Untuk mendapatkan Bidikmisi terus menerus maka prestasi akademik dipastikan tidak pernah turun. Misalkan nilai ipk tidak pernah turun.

Cara Daftar Bidikmisi

Di Indonesia terdapat berbagai macam beasiswa. Bagi mereka yang sedang menuntut ilmu pastinya membutuhkan sokongan dana untuk membiayai kuliahnya. Seperti untuk membeli buku referensi, buku pedoman, membeli alat tulis, beli tas, membayar ongkos perjalanan ke sekolah, membayar iuran kuliah, membayar uang kos dan lain sebagainya.

Lihat juga Beasiswa Kuliah Jalur Mandiri, Tahfidz, dan Khusus

Salah satu cara untuk membiayai sekolah adalah memanfaatkan layanan beasiswa. Beasiswa ini terdapat beberapa jenis. Ada beasiswa yang berasal dari kalangan perorangan, beasiswa dari kalangan perusahaan komersial, dan beasiswa dari pemerintah. Progam beasiswa Bidikmisi diperuntukkan bagi mahasiswa miskin yang berprestasi.

cara daftar bidikmisi jalur mandiri

Popularitas beasiswa Bidikmisi membuat setiap orang yang mau kuliah berbondong-bondong mencari informasi cara daftar Bidikmisi. Namun mengutip dari laman resmi Ristekdikti.go.id, Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat yang mempunyai potensi akademik yang baik namun mengalami keterbatasan secara ekonomi.

Program Bidikmisi atau Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi mempunyai kriteria tertentu untuk seseorang agar bisa mendaftar dan menjadi peserta program beasiswa ini. Pihak penyelenggara tidak sembarangan dalam memilih lulusan SMA dan sederajat yang berhak mendapatkan beasiswa.

Pemerintah melakukan proses seleksi administrasi dan survey lapangan secara ketat. Beasiswa Bidikmisi mempunyai banyak kelebihan. Terutama dari besaran nominal beasiswa yang besar beserta uang saku bulanan.

Bagi anda yang memenuhi syarat untuk mengikuti program Bidikmisi maka tak ada salahnya anda mencoba untuk mengikutinya. Karena semuanya gratis bahkan anda bisa mendapatkan uang. Keuntungan yang anda dapatkan dari Bidikmisi lumayan banyak terutama mendapatkan biaya kuliah gratis, UKT gratis dan uang saku yang sangat besar secara bulanan.

Setiap orang yang mengajukan diri sebagai peserta Bidikmisi belum tentu diterima seratus persen. Bahkan ada diantaranya yang ditolak. Inilah yang membuat anda mesti tahu penyebabnya. Penyebabnya bisa saja karena anda berada dari kalangan orang mampu atau kaya raya. Sebab program Bidikmisi lebih mengutamakan bagi pelajar yang miskin tapi berprestasi.

Di tengah jaman sekarang ini tidak ada istilah seseorang berprestasi secara akademik tidak bisa menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri atau swasta. Setiap lulusan SMA sederajat bisa kuliah tanpa perlu memikirkan biayanya. Karena sekarang sudah ada program Bidikmisi. Orang yang memiliki keterbatasan ekonomi bisa kuliah di universitas yang diimpikannya.

Mengenyam pendidikan tinggi adalah kunci kesuksesan seseorang. Pendidikan merupakan pintu gerbang bagi seseorang untuk berkarier dan meningkatkan taraf hidup ekonomi seseorang. Menurut survey terbaru ada hubungan antara tingkat pendidikan seseorang dengan kemiskinan. Orang yang memiliki tingkat pendidikan sangat rendah cenderung menjadi orang miskin. Sebaliknya, orang yang mempunyai tingkat pendidikan tinggi maka ia cenderung untuk menjadi orang lebih makmur.

Beberapa perusahaan memperlakukan karyawan secara berbeda. Bagi mereka yang berpendidikan tinggi akan mendapatkan gaji yang lebih besar ketimbang mereka berpendidikan rendah. Orang tak mampu secara ekonomi sekarang mempunyai kesempatan yang sama dengan orang kaya untuk kuliah. Hal ini dengan adanya program beasiswa Bidikmisi.

cara daftar bidikmisi

Salah satu yang menjadi impian banyak orang adalah bisa menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri atau swasta. Hal tersebut dapat terwujud dengan kehadiran beasiswa Bidikmisi. Beasiswa Bidikmisi adalah tunjangan keuangan yang diberikan kepada para pelajar yang memiliki keterbatasan keuangan namun berprestasi secara akademik.

Bidikmisi adalah beasiswa sekolah yang disediakan oleh pemerintah. Besaran beasiswa lumayan lebih besar ketimbang beasiswa lain dan bersifat jangka panjang. Bagi mereka yang ingin ikut beasiswa Bidikmisi maka ia harus melalui seleksi terlebih dahulu.

Persyaratan Bidikmisi

Ada perbedaan yang sedikit antara Bidikmisi dengan program beasiswa lainnya. Biasanya beasiswa diberikan bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi. Tapi pada Bidikmisi, setiap mahasiswa dapat mengajukan Bidikmisi walaupun tak berprestasi yang tinggi.

Baca juga Kuliah Jurusan Perminyakan dan Prospek Kerjanya

Sebelum membahas tentang cara daftar Bidikmisi sebaiknya ketahui terlebih dahulu persyaratannya. Syarat bagi mereka yang ingin mendapatkan beasiswa Bidikmisi adalah ia berasal dari kalangan kelas ekonomi menengah ke bawah. Hal ini dibuktikan dengan slip gaji orang tua. Dari penjelasan dapat kita ketahui bahwa syarat untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi ada tiga persyaratan, antara lain:

  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat lainnya
  • Mempunyai prestasi akademik atau berpotensial prestasi akademik
  • Berasal dari kalangan miskin. Hal ini sesuai namanya Bidikmisi sebagai biaya pendidikan bagi orang miskin yang berprestasi.

Untuk lebih lengkap, bagi anda yang mau mengikuti program beasiswa Bidikmisi maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Lulusan SMA atau sederajat. Syarat pertama untuk mendapatkan program Bidikmisi adalah lulusan SMA sederajat pada tahun 2020 dan seterusnya. Jadi tidak sembarangan lulusan SMA dapat Bidikmisi. Sebab hanya lulusan SMA terbaru yang berhak mendapatkan Bidikmisi.
  2. Mempunyai identitas NISN dan NPSN
  3. Paling tinggi umur 21 tahun
  4. Berasal dari keluarga miskin yang dibuktikan dengan slip gaji orang tua paling besar Rp 3 juta per bulan
  5. Tingkat pendidikan orang tua paling tinggi D4 atau S1
  6. Memperoleh rekomendasi dari pihak sekolah
  7. Menentukan perguruan tinggi negeri atau swasta yang menyediakan layanan Bidikmisi.

Cara Daftar Bidikmisi Sendiri

Ada sejumlah jalur yang bisa ditempuh bagi siapapun yang tertarik untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Salah satunya yang perlu anda lakkan sendiri.

cara daftar bidikmisi tanpa kip

Apabila anda tertarik untuk mengikuti Program Bidikmisi maka anda harus mengikuti tata cara daftar Bidikmisi sendiri sebagai berikut.

  1. Persiapkan smartphone atau komputer yang terkoneksi internet
  2. Silahkan kunjungi website resmi Bidikmisi di Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa
  3. Sillahkan jika sudah mempunyai nomor pendaftaran langsung login. Jika belum maka anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu
  4. Lakukan login memakai kode akses dan nomor pendaftaran
  5. Kemudian masukkan identitas diri secara akurat dan lengkap
  6. Lakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta
  7. Silahkan lakukan cara daftar Bidikmisi sendiri ini dengan mendaftarkan diri untuk ikut serta melakukan beberapa ujian tes. Seperti tes jalur mandiri perguruan tinggi negeri atau swasta, PMDK, SBMPTN, SNMPTN.

Cara Daftar Bidikmisi Tanpa KIP

Selain itu juga ada pilihan bagi yang tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Untuk cara daftar Bidikmisi tanpa KIP terutama bagi mereka yang tidak mempunyai KIP namun tetap bisa mendaftarkan diri pada program beasiswa Bidikmisi.

Caranya adalah dengan menyertakan surat  keterangan tidak mampu ditambah dengan syarat rekomendasi dari pihak sekolah sebagai pengganti KIP. Kemudian Anda perlu berkunjung ke situs resmi Bidikmisi. Selanjutnya lakukan cara daftar Bidikmisi tanpa KIP ini dengan melakukan pendaftaran secara online.

Cara Daftar Bidikmisi Jalur Mandiri

Sedangkan tentang cara daftar Bidikmisi jalur mandiri juga tidak sulit. Namun anda mesti terlebih dahulu dinyatakan lulus seleksi pada ISI, UT, SNMPN, SBMPTN, dan SNMPTN. Kemudian melakukan pendaftaran via online dengan mengunjungi website resmi Bidikmisi.

Nah, melalui portal website online itu, anda memilih cara daftar Bidikmisi jalur mandiri. Selanjutnya jika sekolah anda telah terdaftar pada program Bidikmisi maka klik tombol Sudah Terdaftar. Jika belum terdaftar maka anda tinggal klik fitur Belum Terdaftar.

Cara Ikut Daftar Bidikmisi SNMPTN

Untuk mengikuti beasiswa Bidikmisi dapat juga ditempuh melalui jalur SNMPTN. Syarat untuk jalur ini adalah pelajar tersebut termasuk dari kalangan yang tak mampu secara finansial. Kemudian ia berprestasi di sekolahnya. Kedua syarat itu sudah memenuhi baginya mengikuti seleksi ujian penerima beasiswa Bidikmisi untuk tingkat perguruan tinggi negeri.

cara ikut daftar bidikmisi snmptn

Berikut ini persyaratan dan panduan bagi anda cara ikut daftar Bidikmisi SNMPTN secara lengkap, antara lain:

  1. Pastikan  anda lulusan SMA atau sederajat tahun 2020
  2. Berumur tak lebih dari 21 tahun
  3. Berasal dari keluarga yang miskin
  4. Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah
  5. Melakukan pendaftaran Bidikmisi di website resmi Bidikmisi
  6. Melakukan login. Lalu mengisi data diri secara lengkap dan benar
  7. Mencetak kartu peserta SNMPTN

Itulah tahapan cara ikut daftar Bidikmisi SNMPTN dan pendaftaran sudah selesai dilakukan secara online. Sedangkan untuk yang menentukan diterima tidaknya anda sebagai penerima Bidikmisi jalur SNMPTN adalah pihak panitia. Pengumuman peserta yang berhak mendapatkan beasiswa Bidikmisi jalur SNMPTN dilakukan lewat online melalui situs resminya atau melalui pengumuman di kampus bersangkutan.

Cara Lolos Seleksi Bidikmisi

Setelah mengikuti berbagai tahapan dan pilihan cara daftar Bidikmisi selanjutnya anda hanya perlu menunggu hasilnya. Untuk bisa lolos dalam seleksi Bidikmisi, ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan yang meliputi:

1.Giat Menggali Informasi Seputar Beasiswa Bidikmisi

Dengan bekal informasi ini maka anda akan mudah mengetahui kapan dibukanya dan kapan seleksi serta bagaimana cara pendaftarannya. Anda tidak bisa bersifat pasif. Tapi anda harus proaktif mencari informasi Bidikmisi di media internet ataupun dari orang lain.

2.Giat Belajar

Program beasiswa Bidikmisi diperuntukkan bagi mereka yang berprestasi. Anda bisa mengukur diri apa saja prestasi yang anda raih bisa memenuhi kriteria Bidikmisi. Salah satunya adalah nilai IPK di atas 2,75 dan tidak pernah turun. Oleh sebab itu, untuk menunjukkan kelayakan anda dalam mendapatkan beasiswa Bidikmisi maka rajin-rajinlah belajar. Dengan nilai IPK dan raport serta nilai yang bagus akan membuat anda diperhitungkan dapat Bidikmisi.

3.Memenuhi Persyaratan

Yang paling mudah bagi anda untuk mendapatkan program Bidikmisi adalah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Untuk mengetahui syarat-syarat penerima Bidikmisi, anda dapat mencari informasinya di internet atau berkunjung ke situs resmi Bidikmisi.

4.Mengetahui Waktu Ujian Seleksi

Mengingat calon peserta Bidikmisi sangat banyak sedangkan kuota terbatas maka pemerintah mengadakan seleksi melalui ujian seleksi. Anda mesti mengetahui kapan ujian seleksi dan tempatnya. Dengan cara bertanya atau mencari informasinya di website resmi lembaga Bidikmisi. Sehingga anda bisa mengikuti ujian seleksi sebagai syarat dapat beasiswa Bidikmisi.

5.Jangan Telat

Hal yang selanjutnya supaya lolos sebagai penerima beasiswa Bidikmisi adalah memastikan anda tidak terlambat dalam pengajuan beasiswa Bidikmisi. Program beasiswa ini tak selalu ada dan dibuka. Hanya dibuka pada waktu tertentu dengan batasan waktu tertentu. Oleh karena itu, anda mesti mengetahui waktu pembukaan penerimaan peserta Bidikmisi dan mengajukannya sebelum waktu berakhir. Jangan terlambat dalam menyerahkan dokumen yang diminta.

6.Mengambil Jurusan Kuliah Sesuai Bakat Dan Kemampuan

Jangan pernah anda sekali-kali mengambil jurusan kuliah yang anda tidak menyukainya atau anda kurang paham. Hal itu akan membuat nilai prestasi akademik anda jeblok. Hingga anda tidak pantas mendaftarkan diri di Bidikmisi. Sebaliknya dengan anda mengambil jurusan kuliah yang anda sukai akan membantu anda mendapatkan ipk tinggi. Hal itu akan membuat anda lebih berpeluang besar mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

7.Mengisi Formulir

Setelah memenuhi syarat secara administrasi dan tes ujian selanjutnya anda akan disuguhkan oleh formulir yang harus diisi secara lengkap dan benar. Hal ini akan memudahkan anda dalam mendapatkan status sebagai penerima Bidikmisi. Pihak panitia akan mengenal anda lalu menghubungi anda.

8.Berkonsultasi Dengan Pihak Sekolah

Salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi bagi kalangan pelajar SMA dan sederajat adalah mendapatkan rekomendasi dari sekolah. Inilah yang membuat anda perlu berkomunikasi secara baik dengan pihak sekolah.

Baca juga Kenapa Harus Kuliah? Ini Alasan Pentingnya!

Anda bisa berkonsultasi atau mengutarakan niat baik untuk melanjutkan kuliah dengan ikut serta sebagai penerima beasiswa Bidikmisi. Pihak sekolah akan melihat kamu dari segi nilai prestasi akademik hingga merekomendasikan kamu untuk mendapatkan Bidikmisi lewat surat rekomendasi.

9.Rajin Berdoa

Setiap segala sesuatu sudah ditakdirkan oleh Tuhan. Setelah anda bekerja keras memenuhi persyaratan Bidikmisi dan mengajukan beasiswa Bidikmisi selanjutnya tugas anda hanyalah berdoa. Supaya dapat diterima sebagai penerima beasiswa Bidikmisi.

Demikianlah beberapa cara atau trik supaya lolos dalam pengajuan program Bidikmisi mandiri. Anda sekarang bisa mengajukan sebagai penerima beasiswa Bidikmisi.

Penyebab Beasiswa Bidikmisi Dicabut

Tidak sedikit orang yang telah mengikuti cara daftar Bidikmisi dan berhasil mendapatkannya namun tidak berlangsung lama. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah beasiswa Bidikmisi bisa dicabut dari seseorang?

syarat daftar bidikmisi

Sesuai ketentuan dari pemerintah dan pemberi beasiswa Bidikmisi bahwa Bidikmisi bisa dicabut dari peserta jika peserta itu melakukan hal-hal berikut ini.

1.Menikah

Dengan menikah praktis bantuan Bidikmisi akan dicabut selamanya. Sehingga ketika anda menuntut ilmu di perguruan tinggi pastikan adan fokus untuk belajar.

2.Melakukan Tindak Pidana

Sebab lain yang bisa membuat beasiswa Bidikmisi dicabut adalah pesertanya melakukan tindakan kriminal atau kejahatan yang mengakibatkan dirinya di penjara dan dinyatakan bersalah di depan majelis hakim.

3.Cuti Kuliah

Penyebab berikutnya yang bisa membuat program beasiswa Bidikmisi dicabut dari seseorang adalah ia melakukan cuti kuliah. Selama kuliah dan menjadi peserta Bidikmisi pastikan anda tidak mengajukan cuti kuliah.

4.Melebihi 8 Semester

Jika anda kuliah sudah lewat dari 8 semester berarti anda tidak berhak lagi mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

5.IPK Kurang 2,75 Berturut Sebanyak Dua Kali

Hal berikutnya yang membuat penyebab beasiswa Bidikmisi dicabut adalah peserta mendapatkan nilai ipk dibawah 2,75 secara berurutan sebanyak 2 kali. Inilah yang membuat peserta Bidikmisi harus mempertahankan ipknya tetap stabil di atas 2,75

Demikianlah informasi tentang cara daftar Bidikmisi melalui berbagai pilihan yang ada. Penting juga mengetahui apa saja persyaratan maupun penyebab bantuan Bidikmisi dicabut. Nah, bagi Anda yang ingin tetap mendapatkan bantuan beasiswa Bidikmisi maka harus tidak pernah cuti kuliah, nilai IPK stabil 2,75 ke atas, tak melakukan perbuatan melanggar hukum dan tidak menikah selama kuliah.