Contoh dialog bahasa Inggris tentang Covid-19 menjadi sesuatu hal yang bisa ditemui dan dipelajari oleh para pemula untuk melatih obrolan dalam bahasa internasional mengenai situasi terbaru. Di tengah kondisi pandemic Covid-19 di Indonesia yang terus berlangsung sampai sekarang ini. Apalagi tren kenaikan kasus Covid-19 semakin tinggi.

Perkembangan pandemi Covid-19 membuat percakapan sehari-hari tidak lepas tentang virus corona. Mulai dari jumlah penderitanya, upaya pemerintah menanggulangi, pembatasan aktivits sosial, hingga jumlah korban terinfeksi dan meninggal dunia.

Percakapan bahasa Inggris tentang pandemi Covid-19 menjadi tema yang sangat aktual. Karena ini pokok bahasan keseharian manusia yang dapat mudah anda dengar di berbagai tayangan TV, radio, surat kabar, media sosial, dan percakapan dalam lingkup keluarga dan tetangga terdekat. Ada banyak tema yang biasanya mereka obrolkan tentang wabah penyakit baru ini.

contoh dialog bahasa inggris tentang covid-19

Berbagai berita tentang covid-19 menjadi terbanyak yang dicari orang. Seperti perkembangan jumlah penderita di berbagai wilayah di Indonesia, pelaksanaan PPKM darurat, penyebaran penyakit Covid-19 di sejumlah daerah, vaksinasi, sampai penanganan virus corona yang dilakukan pemerintah sampai saat ini.

Contoh Dialog Bahasa Inggris Tentang Covid-19

Bagi anda yang sedang berlatih berbincang-bincang dalam bahasa Inggris dan hendak mengambil tema percakapan tentang pandemi Covid-19, berikut ini contoh dialog Bahasa Inggris tentang Covid-19.

Lihat juga SOP PTM Sekolah Tatap Muka Saat Pandemi Covid-19

-Hanifan : Hi, my brother. Are you doing your assignment? (Hai Kakakku. Apakah Kakak tengah melakukan tugas Kakak?)

-Rita : Yes. This is so boring. I want to go to school again (Benar, ini tugas Kakak yang harus diselesaikan membosankan sekali. Padahal Kakak maunya berangkat ke sekolah bertemu dengan teman-teman)

-Hanifan : Let’s pray  that this pandemic will end soon (Semoga saja wabah Covid-19 ini lekas beres Kak. Marilah kita berdoa bersama –sama Kak)

-Rita : Is the virus really dangerous? (Apakah virus corona ini sangat berbahaya, Dik?”

-Hanifan : Yes, Rita. WHO even declares Covid-19 a pandemic (Iya betul Rita, Badan kesehatan dunia WHO telah mengikrarkan bahwa virus Covid-19 sebagai virus yang sangat berbahaya dan sebagai pandemik).

contoh dialog bahasa inggris tentang covid-19

-Rita : Really? That’s why we have to stay at home? (Benarkah demikian apa yang kau katakan itu? kalau begitu pantas saja kita diharuskan untuk berdiam diri di rumah. Bekerja, belajar dan beribadah di rumah)

-Hanifan : Yes. Because we can easily get infected if we make contact with other people outside. Who knows that someone get infected? ( Ya itu betul. Sebab dengan berkontak langsung dengan orang asing di luar maka sangat gampang bagi kita tertular oleh virus Covid-19. Mungkin saja orang itu telah mengidap Covid-19)

-Hanifan : That’s why we must stay at home and avoid direct contact with people, except our family at home (Itulah yang membuat kita mesti berdiam diri di rumah dan tidak keluar rumah dan menjauhi kontak fisik secara langsung dengan seseorang dan juga menjauhi  tempat keramaian orang. Kecuali dengan anggota keluarga di dalam rumah yang pastinya terjamin kesehatannya)

Itulah contoh dialog bahasa Inggris tentang covid-19 yang sangat mudah anda pelajari. Cara ini bisa membuat anda pandai berbahasa Inggris secara singkat secara conversation maupun terjemahan satu kata demi kata.

Percakapan Bahasa Inggris Tentang Pandemi

Dialog atau percakapan bahasa Inggris tentang pandemi Covid-19 sangat mudah kita temukan di  beberapa blog atau situs di internet. Tema ini menjadi pokok bahasan yang sangat menarik dan dicari banyak orang terutama bagi mereka yang masih dalam tahap belajar bahasa inggris secara percakapan (conversation) maupun tulisan.

Baca juga Contoh Percakapan Bahasa Inggris Dalam Pekerjaan

Wabah covid-19 yang melanda di Indonesia sejak tahun 2019 terus meluas sampai ke beberapa wilayah di Indonesia. Pada tahun 2021 ini, Indonesia mengalami lonjakan jumlah pengidap virus corona. Virus corona yang masuk dari negara China Wuhan ini terus menular ke sejumlah orang di Indonesia dari mulai perkotaan sampai pedesaan.

percakapan bahasa inggris tentang pandemi

Peningkatan jumah pengidap Covid-19 di Indonesia membuat sebagian pihak merasa khawatir terhadap kelangsungan ekonomi. Beberapa perusahaan mengalami penurunan penjualan dan gulung tikar. Hal ini ditandai dengan penerapan PPKM oleh pemerintah. Sehingga dunia usaha dibatasi dalam segi operasional jam bukanya.

Perbincangan mengenai covid-19 sering kita dengarkan di warung-warung kopi maupun percakapan sehari-hari baik menggunakan bahasa sunda, Indonesia maupun bahasa Inggris. Berikut ini contoh dialog bahasa Inggris tentang Covid-19 lainnya yang juga menarik.

– Riki : Mom, I’m heading to Dad’s office to deliver his bag he left at home !(Bu, saya akan berangkat sekarang untuk antar tas ayah yang tertinggal di rumah!)

– Sri : Wait a minute, Riki! Are you going outside looking like that? (Riki tunggulah sebentar dalam beberapa menit! Apakah Riki mau keluar rumah dalam kondisi sekarang ini?

-Riki : Yes ( Iya Bu)

-Sri : No, you cannot go outside like that! You know we are currently fighting the virus corona. So, you need to use face mask before going outside (Tidak boleh, Riki pergi sekarang ini dalam kondisi sekarang ini ! Riki harus memakai masker. Apakah Riki tidak tahu sekarang ini masa pandemik Covid-19. Kita sedang berperang dengan virus corona. Sekarang Riki mesti pakai masker kalau mau ke luar rumah untuk melawan virus corona)

-Riki : I wonnot be taking too long. Besides, it’s hard for me to breath with the mask attached to my face (Saya tidak lama di luar rumah Bu. Saya juga sukar sekali bernapas jika harus memakai masker).

contoh dialog bahasa inggris tentang covid-19

-Sri : Use your face mask, please, Sweetheart! We have no idea what we will encounter outside. I just want you to not being affected by the virus corona (Tidak, kamu harus tetap menggunakan masker. Siapa tahu kamu di luar berkontak dengan pengidap Covid-19 dan memasuki udara yang terkena virus corona. Ibu tidak mau kamu terjangkiti Covid-19)

-Riki : Alright, then! I will go grab my face mask (Baiklah Ibu, kalau begitu saya akan menggunakan masker)

-Sri : And, donot forget your hand sanitizer, also! (Riki jangsan sampai lupa juga untuk bawa selalu hand sanitizer untuk membersihkan tanganmu sewaktu-waktu!)

-Riki : Yes. (Iya bu)

Manfaat Menguasai Percakapan Bahasa Inggris Tentang Covid-19

Dengan menguasai percakapan bahasa Inggris tentang Covid-19, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Apalagi jika kita belajarnya dengan menggunakan contoh dialog bahasa Inggris tentang Covid-19.

Baca juga Contoh Interview Bahasa Inggris untuk Kerja dan Kuliah

Berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan bagi anda menguasai percakapan bahasa Inggris tentang virus corona.

1.Anda akan Tampil Lebih Keren

Dengan menguasai percakapan bahasa Inggris maka anda akan tampil lebih keren dan pintar.

percakapan bahasa inggris tentang pandemi

2.Mempermudah Komunikasi

Teman-teman dan orang yang berinteraksi dengan anda mungkin bukan hanya berasal dari satu negara. Bisa saja dari negara lainnya. Seperti Amerika Serikat, Jepang, Filipina, Thailand dan negara lainnya. Dengan menguasai percakapan dalam bahasa inggris tentang Covid-19 atau hal lainnya akan memudahkan anda dalam berkomunikasi secara lisan dan tulisan dengan mereka.

Percakapan bahasa Inggris tentang pandemi Covid-19 ini sangat berguna bagi mereka yang berprofesi sebagai guru privat bahasa Inggris untuk mengajarkan percakapan bahasa Inggris kepada muridnya. Utamanya agar bisa dengan cepat berbincang-bincang dalam menguasai bahasa Inggris. Anda bisa berlatih percakapan bahasa inggris tentang covid-19 bersama dengan adik atau kakak di dalam rumah. Anda bisa memanfaatkan berbagai contoh dialog bahasa Inggris tentang Covid-19.