Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk merangsang kemampuan anak, terutama saat sudah usia untuk masuk taman kanak-kanak (TK). Selain sebagai persiapannya untuk belajar di sekolah, kegiatan menarik untuk anak tk yang tepat akan membantunya tumbuh dan berkembang lebih baik sesuai usia. Mau tahu apa saja kegiatan menarik untuk anak TK? Ini Informasi lengkapnya.

Kegiatan Menarik Untuk Anak TK dan Usia Dini

Usia dini antara tiga hingga lima tahun memang masa terbaik, untuk membentuk karakter dan memaksimalkan kondisi fisik dan mental anak. Anda bisa membimbingnya dengan aktivitas menarik, yang senang untuk dilakukan dan punya nilai pelajaran yang tinggi.

  1. Bangun Menara

Anda bisa mengajaknya membangun menara setinggi mungkin, menggunakan balok atau mainan penunjang lainnya. Bisa dimulai dengan membuat dasar menara dengan sejumlah balok, kemudian disusun dengan jumlah makin sedikit hingga posisi puncak menara. Aktivitas ini untuk menunjang kemampuan anak, agar bisa fokus pada suatu kegiatan dan solutif dalam bertindak.

  1. Memegang Pensil

kegiatan menarik untuk anak tk memgang pensil

Sebagai persiapan belajar di dunia sekolah TK dan SD, Anda sudah bisa mengajaknya memegang pensil dengan cara yang benar. Yaitu meletakkan pensil di antara jari jempol dan telunjuk, tangan kanan. Ini sangat bagus untuk mengajarkan gerak motorik tangannya, agar lebih kuat dalam menggenggam benda-benda kecil.

  1. Makan Sendiri

Pada rentang usia dini tiga hingga enam tahun anak bisa diajak melakukan aktivitas makan bersama, dimana dia diajarkan makan sendiri menggunakan tangan kanan. Jika sudah mahir, maka dilanjutkan dengan menggunakan sendok dan menyuap makanan ke mulut. Anda bisa melakukan aktivitas ini, sebagai permainan menyenangkan bagi anak.

  1. Buat Gambar Berbagai Bentuk

Aktivitas yang tak kalah menarik adalah meminta anak menggambar berbagai bentuk simetris, seperti persegi, bulat, segitiga, dan persegi panjang. Gunanya untuk menambah wawasan anak, tentang bentuk benda dan memperkuat kemampuan motorik tangannya.

  1. Memotong Gambar

Biasanya kegiatan menarik untuk anak TK  ini bisa dilakukan saat anak berusia empat tahun ke atas, Anda bisa membeli gunting kertas khusus untuk anak yang terbuat dari plastik dan aman digunakan. Mintalah anak untuk memotong sebuah gambar dengan rapi, kemudian beri pujian jika dia berhasil melakukannya dengan baik.

  1. Menulis Nama

Jika anak sudah diajarkan mengenal huruf, saatnya untuk mulai mengajarkannya menulis. Bisa diawali dengan menulis namanya sendiri, dengan tulisan tegak bersambung atau tulisan biasa. Mungkin awalnya akan sulit tapi jika dilakukan secara rutin, dengan cara menyenangkan maka anak akan cepat pandai.

  1. Puzzle

Bermain puzzle bisa jadi aktivitas yang menyenangkan saat dilakukan si kecil, berikan tantangan dengan tingkatan jumlah potongan puzzle yang berbeda sesuai kemampuan anak. Bisa dimulai dari yang potongannya sangat sedikit yaitu empat atau enam, kemudian meningkat pada 10 potongan puzzle dan seterusnya. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan usia anak.

  1. Menulis Dengan Benar

Di usia lima tahun ke atas, aktivitas menyenangkan bagi anak salah satunya adalah menulis. Anda bisa memintanya menulis nama sendiri, dengan benar. Tapi tentunya setelah mengajarkannya bentuk dari setiap huruf dan memintanya menghafal setiap huruf, beserta bentuknya masing-masing. Kalau butuh bantuan profesional dalam belajar menulis, Anda dapat menggunakan jasa les calistung dari edumaster.

Kegiatan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun

Adalah kegiatan untuk merangsang saraf motorik halus anak di usia lima hingga enam tahun, yang berhubungan dengan ketelitian pada benda-benda berukuran kecil. Fungsi jangka panjangnya berkaitan dengan kemampuan melakukan sesuatu secara detail, fokus, dan tuntas.

  1. Pasang Kancing Baju

Kegiatan ini dimulai dengan membeli pakaian kemeja berkancing, kemudian mintalah dia memasang baju sendiri dan memasukkan kancing ke dalam lubangnya dengan rapi. Untuk awal Anda bisa membantunya, namun sebagai challenge bagi si kecil maka Anda selanjutnya bisa adu cepat memasang kancing. Sehingga anak termotivasi untuk segera bisa melakukannya sendiri.

  1. Ronce

Ini adalah aktivitas yang biasa dilakukan pengrajin manik-manik, yaitu memasukkan manik-manik ke dalam benang. Anda juga bisa mengajarkannya pada si kecil, agar dia antusias untuk membuat barang dan benda yang disukainya. Mulailah dengan manik-manik ukuran besar, kemudian beralih ke ukuran kecil jika anak sudah mahir melakukannya.

  1. Mewarnai Tanpa Keluar Batas

Jika pada usia dua hingga empat tahun anak sudah mulai bisa mewarnai, namun belum rapi. Ketika menginjak usia lima hingga enam tahun Anda bisa mengajarkannya mewarnai, tanpa keluar dari garis dari gambar tersebut. Fungsi dari kegiatan menarik untuk anak TK ini adalah, agar anak suka hal-hal yang berbau kerapian.

  1. Memasukkan Benang Dalam Jarum

Hampir sama dengan ronce namun sedikit lebih sulit karena anak harus memastikan benang masuk ke dalam jarum jahit, sebelum dipakai untuk menjahit pakaian yang sobek. Anda bisa mengajarkannya. dengan menggunakan jarum jahit ukuran besar terlebih dahulu. Jika si kecil sudah bisa melakukannya, baru beralih pada jarum jahit dengan lubang lebih kecil.

  1. Mengambil beras Dengan Pinset

Mungkin terdengar aneh, tapi aktivitas ini sangat bagus untuk mengasah saraf motorik halus anak Anda. Dia akan belajar ketelitian saat harus mengambil butiran beras tersebut, apalagi jika kemudian dihitung dan dimasukkan ke wadah kecil. Anak akan tertantang untuk melakukannya berulang kali, hingga berhasil.

Contoh Kegiatan Anak 3 Tahun Di Rumah

aktivitas anak usia dini

Usia tiga tahun anak masih akan menghabiskan waktu di rumah bersama Anda, jangan lewatkan kesempatan itu. Gunakan sebaik mungkin dengan memberikannya kegiatan-kegiatan menyenangkan, yang kaya manfaat.

  1. Menghitung Mainan

Belajar berhitung tidak harus dilakukan dengan alat khusus, Anda bisa mengajak si kecil belajar dengan menyenangkan. Caranya dengan menghitung jumlah mainan yang dimilikinya, lalu memisahkan berdasarkan jenis dan mencoba penjumlahan dan pengurangan dasar yang mudah dipahami anak.

  1. Magnet Kulkas Kenalkan Huruf

Jika di rumah tidak ada papan tulis magnet, maka Anda bisa memanfaatkan kulkas untuk menjadi media kegiatan menarik untuk anak TK yaitu belajar mengenal huruf. Tinggal tempel huruf yang ingin diajarkan pada anak, lalu mintalah dia menirukan pelafalan huruf hingga berhasil.

  1. Menggambar dan Mewarnai

Ketika si kecil bosan dengan aktivitas monotonnya, Anda bisa mengajaknya melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai pakai tangan. Medianya bisa dinding atau kertas karton besar, sehingga anak termotivasi untuk menyalurkan imajinasinya lewat gambar dari tangannya sendiri. Tapi pastikan menggunakan krayon yang aman dipakai anak-anak!

  1. Buka Tutup Botol

Untuk merangsang motorik tangan si kecil Anda bisa main buka tutup botol minumannya, lakukan secara perlahan hingga dia mampu membuka tutup tersebut. Kemudian buat lomba membuka tutup botol terbanyak, lalu lihat sejauh mana si kecil mampu membuka tutup botol dari berbagai bentuk dan ukuran.

  1. Membersihkan Rumah Sambil Bernyanyi

Dua hal ini bisa dilakukan bersamaan, gunanya untuk mengasah saraf sensorik anak dan kemampuannya melakukan banyak hal sekaligus. Cobalah minta dia membersihkan meja tamu sambil menyanyi balonku atau menyapu lantai kamarnya, sambil bernyanyi bintang kecil.

Setelah paham apa saja kegiatan menarik untuk anak TK di atas, maka saatnya Anda melakukannya bersama si kecil. Fungsinya sangat banyak, mulai dari persiapan diri masuk dunia sekolah, hingga mengasah kemampuan otak dan fisik si kecil. Lakukannya secara rutin dan variatif, agar anak selalu bersemangat untuk menyelesaikannya.