Matematika dasar untuk anak SD merupakan salah satu materi pelajaran yang sangat penting. Pelajaran berhitung ini bahkan menjadi ilmu yang mesti kita ajarkan kepada anak-anak sejak jaman kuno. Para filosof Yunani juga meletakkan ilmu berhitung bersama membaca dan menulis sebagai kemampuan dasar yang harus diajarkan sejak anak-anak.

Materi pelajaran matematika dasar SD akan menjadi bekal yang sangat berharga bagi anak dalam menjalani kehidupan selanjutnya. Ada banyak displin ilmu lainnya yang akan lebih mudah dipelajari jika menguasai matematika. Ilmu berhitung ini juga sangat penting bagi setiap orang karena ada banyak aspek kehidupan yang berhubungan dengan kemampuan berhitung.

Materi pembelajaran matematika di sekolah dasar akan diberikan secara bertahap sesuaikan tingkatan kelasnya. Dari kelas 1, 2 hingga kelas 6 ada banyak materi yang menjadi dasar dari ilmu berhitung. Semua materi matematika dasar ini perlu dipelajari dan dikuasai anak. Lantas apa saja matematika dasar untuk SD?

matematika dasar untuk anak SD

Untuk menyelesaikan soal matematika dasar relatif mudah. Ilmu penyelesaian materi ini perlu dikuasai secara baik sebagai dasar untuk menguasai materi matematika tingkat lanjut lainnya di kelas 6 sampai SMP dan SMA. Soal dan materi matematika  dasar dapat diketahui dari buku LKS kelas 1 SD sampai kelas 6 SD.

Matematika Dasar Untuk Anak SD

Materi matematika dasar untuk anak SD mencakup banyak hal. Ini yang perlu dipelajari oleh siswa kelas 6 SD yang akan mengikuti Ujian Nasional. Sehingga semua materi matematika dasar harus dikuasai supaya mendapatkan nilai UN yang baik. Termasuk nilai ujian SBMPTN bagi anda kelas 10 SMA.

Salah satu mata pelajaran yang dinilai sulit oleh kalangan pelajar adalah matematika. Namun untuk materi matematika dasar tingkat kesulitannya masih rendah sehingga lebih mudah mempelajarinya.

Baca juga Pentingnya Pembelajaran IPA di SD dan Manfaatnya

Bagi anda yang akan menghadapi ujian nasional perlu membekali diri dengan penguasaan terhadap materi matematika dasar. Matematika menjadi mata pelajaran pokok yang hampir ada dalam setiap ujian. Baik itu UAS, UTS,UN,SBMPTN maupun SNMPTN dan seleksi ujian jalur mandiri.

Salah satu materi ujian yang memegang peranan yang sangat penting dalam kelulusan ujian nasional maupun ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri adalah matematika. Materi soal matematika selalu ada dalam SBMPTN maupun UN.

apa saja matematika dasar untuk sd

Berdasarkan pengalaman saat bersekolah dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat perguruan tinggi adalah matematika dasar di tingkat SD sangat mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan.

Untuk mengetahui matematika dasar di SD maka anda bisa mempelajari silabus atau kurikulum matematika sekolah dasar. Yang paling pokok dari matematika dasar SD adalah penjumlahan yang diteruskan dengan pengurangan, perkalian dan pembagian yang tergabung ke dalam materi operasi hitung.

Apa Saja Matematika Dasar Untuk SD?

Yang namanya materi matematika dasar meliputi semua materi matematika yang diajarkan pada SD hingga SMA. Jadi kalau anda hanya mempelajari materi matematika kelas 12 atau kelas enam SD maka itu berarti anda hanya belajar setitik soal dan materi dari sekian banyak materi matematika yang ada.

Lihat juga Rangkuman Matematika SMP, Rumus, dan Contohnya

Dalam hal ini resikonya pada waktu ujian SBMPTN maka hanya sebagian kecil soal matematika yang bisa kalian jawab. Sebagian besar pertanyaan matematika tak bisa dijawab. Dengan banyaknya materi matematika dasar membuat anda mesti meluangkan banyak waktu untuk mempelajari semua materi matematika dasar lengkap.

materi pelajaran matematika dasar sd

Adapun apa saja matematika dasar untuk anak SD antara lain meliputi materi berikut:

  1. Pokok pembahasan apa itu satuan pengukuran. Dalam hal ini akan dijelaskan macam-macam satuan pengukuran dan cara menghitung serta rumusnya.
  2. Tema apa itu bangun datar dan penjelasannya. Dijelaskan secara lengkap dari mulai macam-macam bangun datar seperti trapesium, kerucut, persegi panjang, jajaran genjang, segitiga dan bangun datar lainnya serta rumus cara menghitung luas, panjang, keliling dan lebar bangun datar dengan pengenalan istilah panjang dan lebar.
  3. Apa itu bangun ruang menjadi materi matematika dasar untuk SD lainnya. Dijelaskan jenis-jenis bangun ruang yang terdiri dari tabung, bola, kotak balok dll yang mempunyai tinggi, lebar, panjang, dan volume. Disertai pula penjelasan rumus cara menghitung volumenya.
  4. Materi apa itu pencerminan, perputaran (rotasi) dan kesebangunan.
  5. Sistem koordinat
  6. Bilangan cacah. Pengertian bilangan cacah dan contoh-contoh bilangan cacah.
  7. Pengertian jarak, waktu dan kecepatan. Dijelaskan pengertian jarak dan waktu serta diberikan materi rumus kecepatan.
  8. Bilangan bulat dan pengertian statistika

Itulah apa saja matematika dasar untuk SD yang masih sangat mudah untuk dikerjakan dalam penyelesaian soal-soalnya. Matematika dasar ini perlu dikuasai dengan baik dalam rangka menghadapi ujian nasional.

Materi Matematika Dasar untuk Kelas 2 SD

Untuk mengetahui materi matematika dasar untuk anak SD kelas 2, penulis mengambil sumber referensi dari  Buku Pengayaan Tema 2 Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI semester ganjil kelas 2 SD. Diuraikan bahwasanya materi matematika dasar untuk kelas 2 SD semester ganjil, antara lain:

1.Operasi Hitung Penjumlahan

Dalam hal ini materi matematika masih sangat dasar dan gampang diselesaikan seperti soal dan materi untuk kelas 1 SD. Untuk contoh soalnya adalah lima orang anak memiliki 1 kelereng. Adapun kelereng yang dibawa oleh setiap anak berjumlah satu kelereng.  Pertanyaannya adalah berapakah jumlah kelereng semuanya? Jawabannya adalah lima kelereng atau 5×1.

matematika dasar untuk anak SD

2.Operasi Hitung Perkalian

Untuk soal diberikan berupa gambar sejumlah boneka atau kursi maupun meja sesuai selera. Setiap kotak mempunyai tiga boneka. Sedangkan jumlah kotak ada empat buah. Jadi pertanyaannya adalah berapa jumlah boneka seluruhnya?

Baca juga Cara Mengajarkan Anak SD Matematika

Untuk menjawabnya secara cepat dan mudah maka siswa tinggal mengalikan jumlah boneka pada setiap kotak yakni 3 dengan jumlah kotak yakni 4. Berarti jumlah boneka semuanya adalah 12 boneka hasil pengalian 3x 4.

3.Menghitung Perkalian Dengan Bilangan 2,1 dan 0

Yang dimulai dengan operasi hitung dengan bilangan dua. Hal ini sangat mudah dikuasai jika siswa menghafal perkalian dengan bilangan dua. Kemudian dilanjutkan dengan materi matematika operasi bilangan perkalian dengan bilangan 1 dan 0. Untuk nol, setiap perkalian bilangan dengan angka nol maka akan menjadi nol.

Demikianlah sebagian materi matematika dasar untuk anak SD kelas 2. Dengan mengetahuinya maka akan memudahkan orangtua murid maupun guru dalam mengajarkan matematika kepada murid sesuai kurikulum. Pemahaman akan lebih mudah dan bertahap sesuai kurikulum tahun 2013.

Matematika Dasar SD Kelas 4

Pada waktu seorang siswa-siswi duduk di bangku sekolah dasar kelas 4 maka pelajaran soal matematika dan materinya dirasakan lebih sulit dari matematika sebelumnya. Materi matematika dasar semakin menantang untuk dipelajari secara fokus dan serius.

matematika dasar untuk anak SD

Tentang apa saja matematika dasar untuk SD kelas 4 bisa dilihat dari ringkasan materi matematika dasar untuk siswa SD dan MI kelas 4 yang meliputi:

  1. Kelipatan dan faktor
  2. Sifat operasi hitung bilangan
  3. Operasi pengukuran
  4. Segitiga dan jajaran genjang
  5. Operasi hitung bilangan bulat
  6. Bilangan pecahan
  7. Bilangan romawi
  8. Bangun ruang

Dari sinilah sangat jelas materi-materi pokok pembahasan dalam matematika dasar kelas 4 SD yang terfokus kepada sistem bilangan. Dari bilangan bulat, pecahan sampai romawi. Setiap peserta didik akan terasa menyenangkan mempelajari semua materi matematika di kelas 4 SD yang masih dalam tahapan mudah dipelajari secara baik.

Rumus Matematika Dasar Lengkap Untuk Anak SD

Bagi sebagian orang, matematika menjadi mata pelajaran yang sangat dihindari. Padahal mata pelajaran matematika dasar untuk anak SD harus dikuasai secara baik karena mudah diipelajari dan dipahami. Setiap soal akan mudah untuk dijawab. Salah satu cara termudah dan tercepat menguasai mata pelajaran matematika adalah dengan menghafalkan rumus matematika.

Seringkali dalam ujian soal matematika terkadang seorang siswa kesulitan untuk menjawab soal matematika secara pilihan ganda atau esai disebabkan tidak mengetahui rumus matematika.

Adapun rumus untuk mata pelajaran matematika sangat banyak. Seperti rumus bangun datar, rumus bangun ruang, rumus algoritma, dan rumus matematika lainnya. Semua rumus itu harus dihafal setiap murid untuk membantu menyelesaikan dan menjawab soal matematika secara benar dalam ujian sekolah maupun UN dan SBMPTN.

Baca juga Bimbel Online Terbaik, Ini Daftarnya

Berikut ini sejumlah rumus matematika dasar lengkap untuk anak SD dari awal sampai akhir untuk dihafal setiap murid.

materi pelajaran matematika dasar sd

1.operasi kumulatif bilangan bulat yang terdiri-dari penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Untuk rumus kumulatif penjumlahannya adalah e+t=t+e

Contoh soal : 1+5=5+1

2.Operasi hitung asosiatif penjumlahan yang patokan rumusnya : (d+h)+s= s+(h+d)

Contoh soal dan jawabannya :  (5+3)+7=5+(3+7)

Materi Pelajaran Matematika Dasar SD

Bagi anda yang membutuhkan ringkasan materi lengkap matematika dasar, berikut ini kumpulan materi pelajaran matematika dasar untuk anak SD dari kelas 1 sampai kelas 6 yang perlu kalian tahu.

1.Matematika SD kelas 1 – Ini mempelajari materi tentang:

  • Bilangan cacah. Dari mulai pengertian bilangan cacah, perbedaan bilangan asli dan bilangan cacah, bilangan cacah adalah dan contohnya. Namun dalam matematika SD tentang bilangan cacah dibatasi sampai bilangan 20 yang dimulai dari nol.
  • Mengenal satuan panjang dan waktu
  • Mempelajari bangun ruang dan bangun datar beserta rumusnya
  • Mengenal satuan berat dan perhitungannya

2.Materi Matematika SD Kelas 2 – Ini mempelajari beberapa poin berikut, antara lain:

  • Operasi hitung penjumlahan dan pengurangan
  • Pengenalan ukuran waktu, berat dan panjang
  • Operasi hitung pembagian dan perkalian
  • Mengenal bangun datar sederhana dan rumusnya

3.Untuk materi pelajaran matematika dasar SD Kelas 3 yang meliputi materi berikut::

  • Garis bilangan
  • Penjumlahan dan operasi hitung pengurangan
  • Perkalian dan operasi hitung pembagian
  • Matematika yang berkaitan dengan uang
  • Mengenal satuan berat, panjang dan waktu serta hubungan antara satuan tersebut
  • Bilangan pecahan
  • Bangun datar
  • Perhitungan besaran sudut
  • Menghitung luas persegi panjang dan kelilingnya

4.Materi matematika dasar untuk anak SD kelas 4 yang mencakup antara lain :

  • Operasi hitung pada bilangan yang meliputi faktor bilangan dan kelipatan
  • Mengenal Pengukuran
  • Mengenal jajaran genjang dan segitiga
  • Bilangan pecahan, bilangan bulat, dan bilangan romawi
  • Mengenal bangun datar dan bangun ruang beserta rumus untuk menghitung luas dan isi atau keliling

apa saja matematika dasar untuk sd

5.Materi pelajaran matematika dasar SD kelas 5 yang meliputi:

  • Bilangan bulat dan operasi perhitungannya
  • Mengukur kecepatan, jarak, sudut, dan waktu
  • Perhitungan luas bangun datar yang sifatnya masih sederhana sampai yang rumit
  • Menghitung isi balok atau luas kubus
  • Bilangan pecahan
  • Karakterisitik bangunan dan hubungannya

Tampaklah materi matematika dasar kelas 5 SD sudah mulai rumit dan memerlukan konsentrasi tinggi untuk menghitungnya. Sedangkan materi matematika dasar untuk kelas 6 SD akan lebih sulit lagi yang mencakup bilangan bulat dan operasi hitungnya, mengukur, menghitung volume dan luas. Juga pengolahan data dan penyajian data, dan materi koordinat bilangan sebagai bagian dari materi pelajaran matematika dasar untuk anak SD.