Metode penelitian sosial cukup populer sebagai teknik social research yang dilakukan para akademisi. Penelitian ini dilakukan secara terencana dan sistematis dalam rangka mempelajari kejadian sosial yang ada dalam masyarakat.

Fenomena sosial ini tidak berdiri sendiri. Ada berbagai sebab dan faktor yang bisa memunculkannya. Dengan metode penelitian ilmiah ini fenomena sosial bisa kita pelajari secara lebih mendalam.

Metode Penelitian Sosial

Sebelum kita membahas apa itu yang dimaksud dengan metode atau teknik penelitian sosial, maka kita pelajari dulu pengertian metode penelitian. Secara bahasa, metode adalah suatu cara terstruktur yang dilakukan secara ilmiah dan terencana. Sedangkan penelitian adalah sebuah riset yang dilakukan terhadap objek tertentu sehingga bisa menguraikan permasalahan dan fakta terhadap objek tersebut.

definisi metode penelitian sosial

Pengertian Metode Penelitian

Dengan penjelasan inilah, dapat dikatakan pengertian metode penelitian sangat luas. Beberapa pakar mencoba memberikan definisinya. Berikut ini pandangan para pakar mengenai definisi metode penelitian yang sebaiknya anda tahu.

1.Kamus Webster

Metode penelitian merupakan bagian dari proses untuk menyelidiki suatu objek tertentu untuk mendapatkan pengetahuan darinya secara terencana dan ilmiah.

2.Carter Good

Metode penelitian adalah upaya yang dilakukan untuk mendapatkan solusi atas permasalahan yang terjadi.  Sehingga bisa didapatkan kesimpulan atas fakta-fakta yang telah terjadi secara terstruktur dan sistematis.

3.Sanafiah Anwar

Metode penelitian adalah suatu kegiatan untuk menemukan masalah dan memecahkan masalah tersebut secara ilmiah.

contoh metode penelitian sosial

Dari pendapat dan pandangan para ahli inilah kita dapat mengetahui definisi dan pengertian metode riset sosial yang sangat luas. Beberapa unsur yang berkaitan dengan teknik penelitian sosial meliputi:

  • Sistematis
  • Terencana
  • Objektif atau ilmiah
  • Fakta dan upaya riset penyelidikan

Objek yang diteliti pun bisa mencakup banyak hal. Seperti objek sosial. Sehingga terdapatlah suatu teknik penelitian sosial yang membahas objek-objek fenomena sosial.

Definisi Metode Penelitian Sosial

Definisi teknik penelitian sosial adalah sebuah teknik penelitian yang dipergunakan oleh para peneliti untuk mendapatkan informasi atau fakta dalam rangka menemukan solusi atas setiap permasalahan yang telah terjadi berdasarkan metoda sistematis dan ilmiah.

Baca juga Metode Pembelajaran Progresif Lebih Baik?

Metode penelitian dimulai dari menentukan objek yang akan diriset. Untuk teknik riset sosial maka yang diteliti adalah objek sosial. Kemudian mencari data-data terhadap objek sosial tersebut. Dilanjutkan dengan mengolah data sampai didapatkan sebuah kesimpulan.

Metode riset sosial bukan hal asing lagi bagi mereka yang menempuh pendidikan tinggi dalam bidang kuliah ilmu sosial atau mahasiswa jurusan sosial. Seperti fakultas sosiologi atau budaya. Para mahasiswa akan terbiasa melakukan penelitian sosial yang dibukukan dalam bentuk makalah, skripsi maupun laporan.

Teknik penelitian ini merupakan hal wajib yang digunakan untuk meneliti sebuah fenomena sosial. Banyak permasalahan sosial yang bisa diselesaikan dengan baik setelah menggunakan teknik penelitian sosial. Dari mulai kenakalan kalangan pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa sudah dibiasakan dalam melakukan penelitian.

jenis metode penelitian sosial

Beberapa karya ilmiah seperti makalah, skripsi, disertasi sudah terbiasa menggunakan metoda penelitian sosial untuk menguraikan masalah dan menyelesaikannya. Lalu apa saja manfaat dengan adanya penelitian sosial? Metode penelitian bidang sosial bermanfaat bagi manusia dalam mendapatkan jawaban dan solusi atas setiap permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Manfaat Penelitian Sosial

Teknik penelitian sosial adalah sebuah riset yang dilakukan secara sistematis dan tersusun dengan baik. Penelitian ini sangat populer dengan beragam manfaat. Lalu apa saja manfaat penelitian sosial? Berikut ini kumpulan manfaat metode penelitian sosial bagi masyarakat secara umum, antara lain:

  1. Media untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih sempurna. Kemudian ilmu itu bisa dikembangkan lebih lanjut lagi
  2. Menjelaskan secara sistematis atau sebuah kejadian yang terdapat di sosial masyarakat beserta pemecahan solusinya
  3. Memberikan penjelasan lengkap tentang peristiwa yang berlangsung di masyarakat. Dari mulai penyebab, dan cara mengatasinya.

Syarat-Syarat Penelitian Sosial

Penelitian sosial tak dapat dilakukan secara terburu-buru. Semua harus dilakukan secara sistematis dan terdapat beberapa persyaratan sebagai berikut, antara lain :

  1. Mengikuti kaidah ilmiah yang logis atau masuk akal
  2. Terencana
  3. Terstruktur
  4. Sistematis
  5. Empiris

Metode riset sosial mesti mengikuti pola-pola atau langkah-langkah yang baku tertentu supaya penelitian dapat efisien dan efektif. Sehingga bisa memberikan kesimpulan yang bermanfaaat bagi banyak orang.

Macam-Macam Metode Penelitian Sosial

Setiap ilmu bisa diteliti dan melahirkan ilmu baru lainnya. Dengan adanya penelitian maka ilmu-ilmu akan berkembang lebih bagus lagi. Inilah salah satu manfaat dari adanya metode riset sosial. Yang melakukan penelitian disebut peneliti. Sedangkan yang diteliti adalah objek masalah.

Lihat juga Kesenjangan Sosial, Faktor Penyebab dan Dampaknya

Berikut ini macam-macam metode penelitian sosial yang umum berlaku dan banyak digunakan.

1.Metode Penelitian Kuantitatif

Metode kuantitatif adalah sebuah sistem riset untuk mendapatkan jawaban atas setiap masalah yang dihadapi dengan cara elegan, sistematis, dan ilmiah. Metode ini berlawanan dengan metode riset dan pengalaman. Untuk mengumpulkan data bagi penelitian menggunakan sistem gabungan. Untuk hipotesa yang dihasilkan cenderung pada arti khusus ketimbang umum.

macam-macam metode penelitian sosial

Yang membedakan antara metode penelitian kuantitatif dengan kualitatif adalah dari segi pendekatannya. Pengumpulan bahan atau data dari metode penelitian kuantitatif bersifat terukur. Contoh metode riset sosial jenis ini seperti frekuensi tindakan, besaran gaji, teknik korelasi, gambaran statistik, dan lain-lain.

2.Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif adalah riset yang dilakukan berdasarkan fakta di lapangan yang meliputi banyak hal. Seperti dalam mengumpulkan bahan menggunakan teknik visual, interaksional atau wawancara, historis, mengamati, teks sumber referensi, perjalanan hidup, introspeksi, pengalaman, dan studi kasus empiris.

Demikianlah macam-macam metode penelitian sosial maupun pengertian teknik penelitian kuantitatif dan kualitatif. Persamaannya sangat jelas dan juga perbedaannya. Namun yang membedakannya sangat mudah karena metode penelitian kuantitatif mendasarkan pada penelitian yang bersifat keluasan data.

metode penelitian sosial

Contoh penelitian yang pas bagi metode ini adalah populasi. Hal ini berbeda dengan metode penelitian kualitatif yang lebih memfokuskan pada kualitas penelitian dan data. Para peneliti fenomena sosial akan membiasakan diri pada penggunaan metode riset sosial yang tepat bagi suatu masalah. Ia bisa menggunakan metode penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Contoh Metode Penelitian Sosial

Contoh metode penelitian sosial ada berbagai macam. Model penelitian yang kerap dilakukan adalah metoda longitudinal, studi kasus, etnografi, pengamatan, wawancara, eksperimental, survey dan metoda deskriptif. Dengan banyaknya pilihan contoh metode penelitian akan memudahkan para peneliti untuk memilih jenis metode yang tepat bagi riset yang tengah dilakukannya.

Baca juga Jurusan Kuliah IPS Yang Menjamin Masa Depan

Metode riset sosial adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial. Penelitian dimulai dengan mengumpulkan bahan dan data. Kemudian data diolah secara sistematis dan ilmiah. Hingga dapat ditarik sebuah kesimpulan tentang fakta di sosial dan pemecahannya.

Berikut ini contoh-contoh metode penelitian sosial yang bisa anda terapkan pada penelitian yang tengah anda laksanakan.

1.Metode Penelitian Deskriptif

Metode ini hanya bersifat menggambarkan sesuatu yang tengah terjadi di masyarakat. Para pakar sering menyebutnya sebagai metode naratif. Hal utama yang didapatkan tulisan atau wawancara deskriptif yang menguraikan objek yang tengah diriset secara mendalam.

contoh metode penelitian sosial

Penelitian ini akan memberikan gambaran apa yang menjadi fenomena di masyarakat , apa saja pemicunya dan bagaimana cara mengatasinya. Selain menggunakan metode narasi seringkali diperkuat dengan observasi secara langsung.

2.Metode Penelitian Survey

Metode riset sosial yang tak kalah populer adalah metode survey. Beberapa permasalahan sosial di tengah masyarakat dapat diselesaikan dengan baik menggunakan metode survey.

Namun sama seperti metode penelitian yang lainnya, tingkat keakuratan data tidak seratus persen. Tingkat kesalahan masih ada tapi sangat kecil prosentasenya. Contoh metode penelitian survey dapat dilakukan dengan menggunakan teknik angket maupun kuisioner.

Pada waktu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sebelumnya maka sejumlah lembaga survey sering menggunakan teknik riset sosial untuk mengetahui siapa pemenang dari kontes pemilihan presiden dan wakil Presiden RI. Itu merupakan salah satu contoh metode penelitian sosial.