Siapa tidak kenal dengan nama besar Sir Isaac Newton? Beliau adalah salah seorang ilmuwan terbaik dunia dalam bidang ilmu pengetahuan alam yang tersohor kecerdasan dan penemuannya. Tokoh ini lahir di Woolsthorpe Inggris. Namanya sering tercantum pada buku-buku panduan materi ilmu pengetahuan alam, dari jenjang sekolah dasar (SD) sampai perguruan tinggi.

Ilmuwan ini dilahirkan pada tanggal 4 Januari 1943. Sebagian biodata Isaac Newton ada yang menyebutkan tahun lahir ilmuwan ini adalah 1931.  Beliau telah berkiprah dan memberikan sumbangsih positif bagi dunia pengetahuan alam dengan berbagai penemuannya. Newton telah berjasa pada dunia pengetahuan ilmiah dunia. Tokoh besar ini meninggal dunia pada tanggal 31 Maret 1727 ketika sedang melakukan riset penemuannya sendiri.

Yang membuat Sir Isaac terkenal di dunia adalah dari segi kecerdasannya dalam bidang ilmu astronomi, matematika, fisika dan optik. Ia menemukan beberapa penemuan penting hingga merumuskannnya menjadi sebuah konsep, teori yang bermanfaat bagi umat manusia. Seperti rumusnya dalam soal hukum gaya gravitasi bumi, optik, kalkulus, dll.

Namun diantara banyak penemuannya, yang paling fenomenal adalah teorinya tentang gravitasi bumi beserta hukum gerak yang bersifat universal. Karena itu penting mengenal ilmuwan Isaac Newton.

Isaac Newton

Tokoh yang satu ini lahir dan dibesarkan di kalangan keluarga petani. Ayahnya hanyalah seorang petani desa pada umumnya. Ayahnya tak mempunyai latar belakang pendidikan yang tinggi. Begitu pula dengan ibunya. Bahkan ayahnya tak pernah mengecap dunia pendidikan formal.

biodata isaac newton

Pada usia tiga bulan, Newton harus menerima kenyataan pahit. Pada saat itu, ayahnya  meninggal dunia. Tak mau berlarut dalam kesedihan, ibundanya memilih mencari pendamping hidup yang baru hingga menikah.

Ibunya pun menikah lagi hingga terpaksa meninggalkan kampung halamannya. Newton yang saat itu masih kecil ditinggalkannya dan menyerahkan urusan pola pengasuhan Newton kecil kepada nenek yang terbiasa menemaninya.

Masa sekolah formalnya dimulai di sekolah Free Grammar. Ternyata ilmuwan ini termasuk siswa biasa dan tak ada prestasi yang menonjol darinya. Akan tetapi, ia bersungguh-sungguh ingin melanjutkan sekolah di jenjang perguruan tinggi di  Trinity College. Keberuntungan berpihak padanya. Ia memperoleh undangan untuk masuk ke Trinity  College Cambridge. Di kampus tersebut, Newton mengambil jurusan hukum.

Namun ternyata ibunya tak menyetujui pilihan jurusan kuliah yang diambil Isaac. Pada akhirnya sang ibu menolak membiayai semua biaya pendidikan kuliahnya.  Oleh sebab itu, Isaac terpaksa bekerja serabutan sebagai pembantu rumah tangga di sebuah keluarga sederhana. Penghasilan yang diperolehnya dipergunakan untuk membayar semua biaya kuliahnya di Trinity College Cambridge.

Mengenal Ilmuwan Isaac Newton

Sangat penting mengenal ilmuwan Isaac Newton. Waktu menjadi mahasiswa, Newton sangat aktif menulis beberapa karya tulis ilmiah. Ia secara rutin membuat jurnal atau catatan pribadi tentang berisi pandangan dan pemikirannya atas semua persoalan atau bidang keilmuan yang diminatinya.

Pada suatu hari catatan dan jurnal pemikirannya  itu terbakar. Namun ia bekerja keras untuk menyelamatkannya hingga hanya sebagian kecil dapat diselamatkan. Tanpa pikir panjang, pada saat itu ia sedang dalam kondisi membutuhkan banyak uang dalam waktu cepat. Sehingga akhirnya Newton melelang catatan dan jurnalnya itu. Catatan atau jurnal buatan  sendiri itu berhasil dilelangnya. Jurnal tersebut berisi teori dan ilmu pengetahuan tentang kiamat dunia dan piramida Giza.

Sebagaimana biasa Newton menjalani kehidupan seperti orang di jamannya. Suatu hari tokoh ini memutuskan membeli buku yang menarik baginya di sebuah toko buku. Ternyata setelah dibaca buku tersebut adalah buku yang menjelaskan tentang matematika. Walaupun tak mengerti isi buku tersebut tapi  Newton pun menjadi sangat tertarik dengan matematika.

isaac newton

Seiring berjalan waktu, sebuah wabah berbahaya dan menular merebak di lingkungan kampus Trinity  College. Pada akhirnya pihak kampus terpaksa menghentikan operasional belajar mengajarnya. Penghentian kegiatan belajar mengajar di Trinity College membuat para mahasiswanya terpaksa libur kuliah dan pulang ke rumah masing-masing. Begitu pula yang dialami oleh Newton yang terpaksa pulang ke rumahnya.

Selama di rumah menunggu proses perkuliahan normal, Newton terus belajar mandiri secara otodidak tentang astronomi, optik, fisika dan matematika.  Beberapa teori berhasil ia buat tentang bidang studi tersebut. Salah satunya berhasil membuat teori dan konsep hukum gerak.

Seiring berjalan waktu, masa wabah virus berbahaya dan menular di kampus berhenti. Dia pun sebagaimana bisa kembali kuliah. Hingga pada tahun 1665, Newton dinyatakan lulus kuliah dan berhak menyandang titel sarjana.

Selepas lulus kuliah S1, Newton kemudian memutuskan untuk mengambil kuliah lanjutan dengan program studi tertentu untuk mendapatkan gelar master lewat jalur beasiswa. Pada masa menjalani masa studi pasca sarjana tersebut ada beberapa karya ilmiah yang berhasil dibuatnya.

Salah satunya teori Isaac Newton tentang gravitasi bumi. Ini mencakup konsep variasi pasang surut sebab gravitasi, benda bergerak, hukum kuadrat terbalik, gaya sentripetal, gaya sentrifugal, difraksi cahaya dan gaya gravitasi universal.

Penelitian demi penelitian ilmiah terus dilakukan oleh Newton dalam skala besar secara tim yang ia pimpin. Semua  dilakukan dalam rangkà untuk mendapatkan konsep dan penemuan baru. Hal tersebut terasa menyenangkan baginya. Pada akhirnya dengan kemampuan fisik yang terbatas tapi selalu kerja keras membuat badannya semakin lemah.

Sehingga ilmuwan ini dinyatakan dokter terkena penyakit pada bagian syaraf yang terganggu. Tahun 1670, Newton memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai peneliti. Newton pun berobat ke dokter untuk kesembuhannya. Seiring berjalan waktu dia mendapatkan kesembuhan. Ia pun memilih kembali ke dunia penelitian akademik di kampus.

Namun berselang beberapa tahun kemudian Newton mengalami gangguan syaraf untuk kedua kalinya. Dinilai penyakitnya semakin parah, membuatnya  memilih mundur dan pensiun  dari dunia penelitian selamanya. Pada akhirnya tahun 1727, ia meninggal dunia.

Biodata Isaac Newton

Kalau dalam dunia selebritis dunia kita mengenal Michael Jackson maka dalam dunia ilmu pengetahuan alam yang menjadi selebritisnya adalah Newton. Tokoh ini telah menghasilkan beberapa penemuan penting yang berguna bagi umat manusia sampai saat ini.

sir isaac newton

Walaupun telah tiada penemuannya masih dipergunakan orang hingga kini. Berikut ini biodata Isaac Newton yang perlu Anda tahu.

  • Nama Lengkap : Sir Isaac Newton
  • Tempat Lahir :Woolsthorpe Manor House, Britania Raya
  • Tanggal Lahir : 4 Januari 1643
  • Status : : Belum menikah

Jenjang Pendidikan

  1. 1.The King’s School tahun 1655 sampai tahun 1660
  2. 2.Trinity College pada tahun 1661 sampai tahun 1665
  3. 3.Universitas Trinity College tahun 1667 sampai tahun 1668

Kemampuan Keilmuan Yang Dimiliki

Adapun bidang keilmuan yang dimilikinya, antara lain matematika, fisika, astronomi, optik dan kalkulus.

Karier Pekerjaan :

  • Ilmuwan yang meliputi ahli teologi, ahli matematika, filsuf alam, ahli astronomi, dan fisikawan.
  • Anggota Parlemen Inggris

Penemuan ilmiah Yang Berhasil Didapatkan

  • Gaya gravitasi bumi dan hukum gerak yang membuat terciptanya konsep Hukum Newton 1 dan Hukum Newton 3

Adapun orang yang paling mempengaruhi dalam kehidupan Isaac Newton di bidang penelitian akademik, antara lain :

  1. Johannes Kepler
  2. Galileo Galilei

Isaac Newton Meninggal Karena

Newton adalah penemu kalkulus dan gravitasi bumi. Telah banyak penemuan yang ditemukan dari hasil penelitiannya. Beliau sangat asyik dengan kegiatan penelitian yang mampu menghasilkan hukum-hukum baru terhadap ilmu pengetahuan alam.

isaac newton meninggal karena

Seperti hukum gravitasi, hukum newton 1, 2 dan 3. Selama berkarir dalam dunia penelitian ilmiah sebagai ilmuwan maka ia sangat sibuk. Yang membuat  ia tidak pernah diceritakan hidup berfoya-foya dan menikah.

Selama 293 tahun telah berlalu sejak kepergian tokoh ilmuwan terbaik dunia ini. Namun demikian masih banyak orang yang mempertanyakan penyebab kematiannya. Sir Isaac Newton meninggal karena apa? Karena pada saat itu situasi sedang genting dan ia sedang giat melakukan riset.

Penyebab kematiannya dianggap sebagian orang masih menjadi misterius sampai saat ini. Ada sebagian ahli menduga kemungkinan besar penyebab Isaac Newton meninggal karena terkena paparan bahan merkuri.

Pada saat itu, tepatnya tahun 1678 Newton sedang sibuk-sibuknya melakukan penelitian tentang alkimia dengan zat Merkuri yang menjadi fokus penelitiannya. Merkuri adalah zat yang berbahaya. Zat berbahaya tersebut termakan tanpa sepengetahuannya kalau zat itu beracun.

mengenal ilmuwan isaac newton

Karena pada berbagai penelitian sebelumnya, Newton sudah terbiasa makan logam seperti timah, emas dan arsenik hanya untuk tujuan risetnya. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana rasa dari zat logam tersebut termasuk merkuri.

Dampak memakan bahan logam tersebut yang kini dipercaya sangat beracun itu membuat gangguan psikologis dan mentalnya.  Seperti  delusi, amnesia, hilang nafsu makan, insomnia dan depresi. Yang pada akhirnya keracunan pada tubuhnya semakin berefek kuat hingga membuat kematian pada dirinya.

Adapun alasan atau dalil yang menguatkan pendapat bahwa Isaac Newton meninggal karena terpapar zat merkuri adalah ketika penelitian terhadap rambutnya terbukti mengandung zat merkuri berbahaya.

Teori Isaac Newton Tentang Gravitasi

Dunia peradaban manusia semakin berkembang maju dengan adanya teori yang dilontarkan Newton tentang konsep gravitasi bumi. Teori gravitasi mampu mencengangkan dunia dan mempengaruhi banyak orang.

Sebagai seorang ilmuwan tentu saja kehadiran teori Isaac Newton tentang gravitasi bumi tidak hadir dengan sendirinya. Namun semua itu melalui proses penyelidikan mendalam yang dilakukannya.

Pada waktu itu, Newton melihat satu buah apel yang jatuh dari pohon secara tiba-tiba. Peristiwa tersebut dianggap biasa saja bagi sebagian orang. Namun bagi ilmuwan ini kejadian itu menjadi suatu bahan penelitian. Ia terheran dengan buah apel yang bergerak jatuh ke bawah.

Newton lantas melakukan serangkaian riset tentang bagaimana gaya gerak setiap benda yang ada di muka bumi.  Setelah melalui proses riset mendalam akhirnya disimpulkan setiap benda bergerak di muka bumi akan bergerak jatuh ke bawah. Hal tersebut disebabkan adanya tarikan daya gravitasi bumi.

Gaya gravitasi bumi adalah hukum alam yang dibuat oleh Allah swt di muka bumi untuk kesejahteraan manusia. Setiap benda yang ada di bumi mempunyai gaya gravitasi bumi atau gaya tarik menarik. Gaya tarik bumi mengarah ke pusat bumi.

Salah satu ciri bumi adalah mempunyai gaya gravitasi bumi. Setiap benda yang ada di bumi bergerak ke pusat bumi yang ada di bawah. Sehingga pasti setiap benda di bumi yang bergerak akan jatuh ke bawah ke pusat bumi. Itulah konsep teori gravitasi bumi yang diungkapkan Newton sesuai analisis ilmiahnya.

teori isaac newton tentang gravitasi

Setiap benda yang berada di atas kalau bergerak akan jatuh ke bawah. Disebabkan gaya gravitasi bumi. Konsep teori ilmiah ini terus menyebar ke seluruh dunia. Sehingga menghasilkan rumus F=F1 +F2.

Penemuan teori gaya gravitasi bumi terjadi tepatnya pada tahun 1665. Latar belakang Isaac Newton berhasil menemukan hukum gravitasi adalah adanya peristiwa buah apel jatuh yang terjadi di hadapannya. Semua kejadian itu diselidiki secara ilmiah sampai didapatkan teori yang sangat terkenal ini.