Macam-macam beasiswa kuliah menawarkan biaya bagi para mahasiswa berprestasi yang kurang mampu agar bisa menyelesaikan pendidikan tingginya. Bagi siapa saja yang memiliki prestasi dan berlatar belakang dari keluarga kurang mampu tetap bisa menuntut ilmu ke pendidikan tinggi menggunakan program beasiswa. Beasiswa adalah tunjangan bagi siswa dan mahasiswa dalam menuntut ilmu.

Pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia tidaklah gratis. Baik mulai sejak TK, SD hingga perguruan tinggi. Ada biaya yang harus dibayarkan oleh peserta didik setiap tahunnya. Baik berupa uang SPP, uang gedung, dan lainnya. Untuk perguruan tinggi terkenal dengan sebutan uang kuliah tahunan (UKT). Semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang maka semakin mahal biaya pendidikannya.

Inilah yang membuat tidak setiap lulusan SMA bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Persiapan keuangan perlu dilakukan sebelum memutuskan kuliah mengambil jurusan kuliah S1 atau D4 hingga S2 atau S3.

program beasiswa kuliah

Untuk membantu para pelajar dan mahasiswa, pemerintah maupun lembaga swasta menyediakan program bantuan keuangan untuk pendidikan berupa beasiswa. Bantuan keuangan ini umumnya diperuntukkan bagi siswa berprestasi tapi terkendala dana keuangan. Tujuannya agar kegiatan sekolah atau perkuliahan dapat terus berlangsung sampai lulus.

Macam-macam Beasiswa Kuliah

Setiap siswa atau mahasiswa pastinya merasa senang mendapatkan beasiswa. Seolah-olah mereka mendapatkan uang dan bisa kuliah secara gratis. Sebagian ahli mengatakan bahwa beasiswa bukan saja bantuan keuangan bagi seorang mahasiswa untuk bisa tetap kuliah tapi juga merupakan bentuk penghargaan dari universitas ataupun pemerintah atas kinerja yang dilakukan mahasiswa tersebut dengan prestasi akademiknya yang sangat bagus.

Karena itu jika anda sekolah atau kuliah dan ingin lebih dihargai oleh dosen dan murid yang lain maka anda harus berprestasi secara akademik. Nilai-nilai akademik yang baik itu akan membantu anda untuk mendapatkan beasiswa. Untuk di Indonesia, beasiswa yang paling umum adalah untuk SMA dan untuk kuliah.

Selama memiliki prestasi akademik yang bagus, maka seseorang bisa terus mendapatkan beasiswa kuliah. Baik dari tingkat S1, S2 sampai S3. Beasiswa yang dapat kita ambil bukan dari dalam negeri saja tapi bisa juga beasiswa dari luar negeri. Bahkan ada banyak macam-macam beasiswa kuliah dari luar negeri yang lebih menjanjikan dengan uang beasiswa yang tidak kecil.

Jenis Program Beasiswa Kuliah

Sekarang ini semakin mudah bagi siapapun untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi dengan beragamnya jenis kuliah yang ada. Secara garis besar beasiswa untuk kuliah terbagi menjadi dua yakni :

1.Beasiswa Kuliah Dalam Negeri

Beasiswa dalam negeri adalah beasiswa yang menjadi sumber pendanaan beasiswa dari dalam negeri atau dalam wilayah nasional. Misalkan beasiswa dari Djarum yang merupakan perusahaan di Indonesia atau pemerintah Indonesia seperti Bidik misi.

2.Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Beasiswa ini berasal dari lembaga luar negeri atau pemerintahan negara asing. Beberapa pemerintahan negara sahabat memberikan beasiswa kuliah bagi pemuda Indonesia untuk kuliah di universitas di negaranya. Seperti negara Amerika Serikat, Jepang dll.

beasiswa kuliah luar negeri

Dengan mengetahui beberapa macam beasiswa untuk kuliah di luar negeri akan memberikan lebih banyak pilihan kepada anda. Anda bisa mengambil beasiswa di dalam negeri atau luar negeri.

Setiap orang yang sedang kuliah pastinya sudah mengenal betul tentang beasiswa. Bahkan sejumlah mahasiswa berbondong-bondong untuk mendapatkan beasiswa. Namun tidak semua mahasiswa berhak sebagai penerima beasiswa. Karena pada umumnya beasiswa yang diberikan pada mahasiswa harus dapat memenuhi syarat sebagai calon penerima beasiswa.

Sementara itu, macam-macam beasiswa kuliah menurut obyek penerimanya terbagi ke dalam berbagai kategori yang meliputi:

  1. Beasiswa untuk mahasiswa miskin
  2. Beasiswa untuk mahasiswa berprestasi
  3. Beasiswa untuk mahasiswa aktifis
  4. Beasiswa untuk mahasiswa korban musibah
  5. Beasiswa untuk semua kalangan mahasiswa

Tujuan Program Beasiswa

Kehadiran program beasiswa membawa angin segar untuk siapapun agar bisa terus kuliah dan menuntut ilmu sampai jenjang pendidikan tertinggi. Berikut ini tujuan dan manfaat beasiswa kepada penuntut ilmu.

1.Membantu Taraf Hidup Masyarakat

Secara tak langsung beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa  membantu nasib mahasiswa tersebut untuk memperbaiki kondisi hidupnya. Mereka yang telah lulus kuliah dibantu oleh beasiswa kemudian mereka bisa bekerja di perusahaan atau lembaga swasta atau pemerintahan dengan penghasilan besar bisa mengangkat taraf hidup ekonominya dan keluarganya.

2.Menghilangkan Kendala Dana

Salah satu alasan klasik yang sering membuat orangtua tidak menyekolahkan anak mereka ke jenjang pendidikan tinggi adalah ketiadabiayaan keuangan. Dengan adanya beasiswa maka orang tak mampu atau orang miskin pun dapat tetap kuliah dan mengenyam pendidikan tinggi setara dengan mahasiswa yang kaya lainnya.

beasiswa kuliah s1

Manfaat Program Beasiswa

Selain itu ketersediaan macam-macam beasiswa kuliah juga memberikan banyak manfaat. Tak hanya untuk mahasiswa penerima namun juga berbagai pihak lainnya. Berikut ini sejumlah manfaat beasiswa, antara lain:

1.Kelancaran Menuntut Ilmu

Manfaat beasiswa sangat besar untuk membantu kelancaran siswa dan mahasiswa selama sekolah atau menuntut ilmu. Karena menuntut ilmu itu tak gratis dan murah.

Ada biaya seperti biaya membeli peralatan sekolah, biaya kuliah, biaya beli buku, transport, dll. Dengan adanya beasiswa maka segala biaya pendidikan dapat ditanggung dan mahasiswa dapat fokus untuk menuntut ilmu di universitas.

2.Keringanan Finansial

Manfaat beasiswa lainnya dapat meringankan beban keuangan mahasiswa. Misalkan mahasiswa yang mempunyai keuangan terbatas atau tak bisa melanjutkan kuliah maka dengan beasiswa ini, mahasiswa dapat membayar biaya pendidikan sampai lunas dan meneruskan kuliahnya hingga lulus.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Beasiswa yang diberikan pada mahasiswa bisa berupa beasiswa S1 luar negeri maupun dalam negeri. Diantara macam-macam beasiswa kuliah yang ada tersebut ada yang sifatnya sebagian maupun beasiswa penuh.

Beasiswa penuh adalah biaya pendidikan yang diberikan secara penuh kepada penerima beasiswa yang meliputi biaya pendidikan, UKT, tiket perjalanan, biaya riset, biaya pembelian buku, biaya hidup, asuransi, akomodasi hingga uang saku.

beasiswa kuliah

Untuk beasiswa penuh terdiri dari berbagai jenis dari lembaga sumber pendanaan, antara lain:

  • Beasiswa penuh yayasan
  • Beasiswa penuh internasional
  • Beasiswa penuh swasta
  • Beasiswa penuh pemerintah

Sedangkan dilihat dari sifatnya, beasiswa terdiri-dari beasiswa penelitian dan beasiswa bantuan mahasiswa. Kemudian ada lagi beasiswa  penghargaan dan beasiswa perguruan tinggi.

Sedangkan untuk cara mendapatkan beasiswa kuliah ada sejumlah persyaratan dan ketentuan yang sebaiknya Anda tahu berikut ini.

  1. Mempunyai prestasi akademik yang baik yang dibuktikan dengan nilai ipk atau transkip nilai
  2. Mendatangi langsung alamat kantor penyedia beasiswa sambil membawa surat rekomendasi
  3. Mempersiapkan tes wawancara  dalam meningkatkan persentase diterimanya permohonan pengajuan macam-macam beasiswa kuliah.

Daftar Program Beasiswa Kuliah Unggulan

Sekarang ini untuk menempuh pendidikan tinggi siapapun orangnya bisa. Ia bisa mengajukan terlebih dahulu beasiswa untuk membiayai kuliahnya. Namun sama seperti prosedur lainnya, diperlukan kriteria dan syarat tertentu untuk bisa mendapatkan beasiswa.

Daftar beasiswa kuliah di Indonesia untuk mahasiswa program studi S1 ada cukup beragam, seperti:

  1. Beasiswa Cargill Global Scholars
  2. Beasiswa Mizan
  3. Beasiswa Karya Salemba Empat
  4. Beasiswa YBM BRI
  5. Djarum Beasiswa Plus
  6. Beasiswa Bank Indonesia
  7. Sampoerna Foundation

Untuk anda yang sedang berburu beasiswa, maka anda perlu mengetahui macam-macam beasiswa kuliah yang bisa Anda ambil berikut ini.

1.Beasiswa Prestasi Akademik

Beasiswa ini dapat anda dapatkan ketika anda sedang kuliah di sebuah universitas. Beasiswa ini mensyaratkan bagi penerimanya untuk mempunyai prestasi akademik yang bagus. Dan nilai prestasi tersebut tidak boleh turun selama kuliah. Bahkan kalau bisa lebih meningkat prestasi akdemiknya.

macam-macam beasiswa kuliah

Beasiswa semacam ini dikhususkan untuk mahasiswa dan mahasiswi yang sedang aktif kuliah program studi D3,D4 sampai S1. Besaran beasiswa prestasi akademik sebesar Rp 400 ribu per bulan.

Berikut syarat-syarat mendapatkan beasiswa prestasi akademik, antara lain:

  1. Mahasiswa dan mahasiswi yang masih aktif kuliah sekurangnya pada semester dua.
  2. Besaran IPK sekurang-kurangnya 3,0
  3. Menyerahkan bukti fotocopy transkip nilai yang ditandatangani oleh pihak pejabat universitas
  4. Memberikan bukti fotocopy PBB, KTM dan KRS
  5. Menyerahkan bukti fotocopy penghasilan orangtua yang ditandatangani oleh pimpinannya
  6. Menyerahkan surat pernyataan bahwa anda tidak sedang menerima beasiswa dari beasiswa dari lembaga lain.

2.Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa dari pemerintah yang paling terkenal di kalangan mahasiswa adalah beasiswa bidik misi. Beasiswa Bidik Misi selalu diburu para mahasiswa yang mau kuliah atau sedang kuliah. Beasiswa bidikmisi adalah program pemerintah yang disalurkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi yang diperuntukan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi alademik yang bagus tapi minim dalam segi kemampuan finansial.

Yang menjadi kelebihan beasiswa bidikmisi adalah setiap mahasiswa akan diberikan tunjangan biaya pendidikan dari sejak kuliah hingga lulus. Namun dengan syarat nilai prestasi akademik tetap dipertahankan dan lulus sesuai waktunya.

4.Beasiswa KIP Kuliah

Macam-macam beasiswa kuliah berikutnya untuk kuliah S1 adalah beasiswa KIP kuliah. Beasiswa baru ini lahir dalam beberapa waktu terakhir untuk mengganti program beasiswa bidik misi. Beasiswa KIP Kuliah akan memberikan anggaran keuangan lebih besar lagi bagi mahasiswa agar bisa menempuh pendidikan tinggi. Sedangkan jenis dan pengertian serta target dan syaratnya hampir sama dengan beasiswa bidik misi.

macam-macam beasiswa kuliah

Waktu pengajuan beasiswa KIP Kuliah umumnya ketika musim menjelang SBMPTN. Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa KIP Kuliah maka anda akan memperoleh uang beasiswa mencapai Rp 700 ribu per semester. Ditambah lagi mendapatkan uang beasiswa pendidikan sebesar Rp 2,4 juta per satu semester. Beasiswa KIP Kuliah hanya berlaku sampai empat tahun.

5.Beasiswa Mahasiswa Dari Dirjek Dikti

Beasiswa berguna untuk meringankan keuangan mahasiswa. Beasiswa ini sangat populer dan diberikan oleh Dirjen Dikti kepada mahasiswa miskin tapi berprestasi.

6.Beasiswa BCA Finance dan Sampoerna Foundation

Pengalaman Mendapatkan Beasiswa

Untuk mendapatkan salah satu dari macam-macam beasiswa kuliah bukanlah hal yang mudah. Hanya orang yang mempunyai nilai akademik tinggi saja yang bisa mendapatkannya. Banyak orang yang merasa sangat beruntung dengan mendapatkan program beasiswa. Sebab mereka mendapatkan tunjangan dana untuk kuliah secara gratis untuk membeli buku, sepatu dan biaya pendidikan.

Berdasarkan sejumlah pengalaman, salah satu program beasiswa kuliah yang terkenal di kalangan mahssiswa adalah beasiswa Supersemar. Tak sedikit teman yang bisa mendapatkan tunjangan Rp 500 ribu perbulannya dari beasiswa Supersemar.

Pada setiap perguruan tinggi biasanya juga menyediakan program biaya kuliah gratis. Seperti program beasiswa Baitul mal waTamwil (BMT) dari sebuah kampus yang memberikan tunjangan hingga sekitar Rp 3 juta pertahun.

Salah satu hak setiap warga negara Indonesia adalah mendapatkan pendidikan setinggi mungkin. Mengecap pendidikan tinggi hingga universitas menjadi gengsi tersendiri. Namun tidak semua anak bisa menempuh pendidikan tinggi karena biaya kuliah yang tidak murah.

Apalagi sejumlah jurusan kuliah menerapkan biaya pendidikan mencapai ratusan juta rupiah. Contohnya jurusan pendidikan profesi dokter atau jurusan pertambangan dan perminyakan.

Demikianlah informasi jenis dan macam-macam beasiswa kuliah yang bisa Anda pilih untuk menggapai cita-cita Anda. Program beasiswa tidak hanya berasal dari pemerintah saja namun juga dari kalangan swasta. Bahkan tak sedikit yayasan dan lembaga luar negeri yang juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia.