Tempat penitipan anak menjadi solusi bagi para orangtua yang sibuk dengan pekerjaannya dan tidak ada alternatif yang cocok untuk menitipkan buah hati. Karena bagaimanapun pikiran tidak akan tenang jika anak diasuh oleh orang-orang tidak terpercaya, sehingga sangat mengganggu konsentrasi.

Menjawab permasalahan tersebut, di beberapa kota untuk saat ini sudah menyediakan TPA yang layak dan menjadi sarana bermain efektif bagi anak. Sebut saja tempat penitipan anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya berdiri satu lokasi saja, melainkan beberapa. Namun sebagai orangtua yang teliti, Anda tidak boleh memilih sembarang tempat dan wajib memperhatikan tips-tips berikut ini.

Tips Memilih Tempat Penitipan Anak

  • Mempunyai ruangan bayi dan balita yang terpisah

Tips dalam memilih tempat penitipan anak yang paling utama adalah mempunyai ruang bayi dan balita yang terpisah. Sebab di masa balita anak akan bergerak aktif kesana kemari sehingga akan mengganggu istirahat dari bayi yang berumur di bawahnya. Perlu dicatat juga bahwa kualitas tidur akan berpengaruh terhadap tumbu kembang anak, sehingga perlu dijaga.

Oleh sebab itu kondisi tempat tidur beserta ruangannya menjadi faktor penting yang harus disesuaikan dengan umur anak. Alangkah baiknya, jika tempat penitipan anak di Jakarta Selatan tidak ada benda-benda berat yang bergerak. Misalnya saja almari yang berkemungkinan besar dapat menimpa si kecil ketika bermain. Pastinya Anda tidak ingin bukan apabila anak terluka karena hal itu.

  • Mengetahui tentang kredibilitas tempat

Kredibilitas tempat menjadi ciri akan kualitas dari lokasi yang Anda pilih. Misalnya saja tenaga-tenaga yang bekerja disana tidak hanya meliputi pengasuh saja, melainkan ada guru, dokter, psikologi, dan ahli nutrisi. Biasanya keberadaan dari suatu TPA sendiri berdasarkan pada hukum, dan diatur oleh perundang-undangan. 

Oleh karenanya sangat memungkinkan juga bahwa di setiap sudut ruangan pasti terdapat CCTV untuk memantau pergerakan orang-orang di dalamnya. Ini juga berguna untuk mengawasi anak dari sesuatu yang membahayakan. Bahkan Anda dapat melihatnya lewat ponsel guna memperbesar rasa kepercayaan dan ketenangan karena anak tetap aman disana.

Tak hanya tempat-tempat khusus penitipan anak saja, melainkan Les Privat Edumaster juga menyediakannya. Maka dari itu tak heran jika banyak orangtua yang mempercayakan keberadaan anaknya disana, karena memang pelayanannya sangat terjamin.

  • Memastikan jumlah pengasuhnya

Pengasuh merupakan seseorang yang bertugas mendampingi anak ketika berada di tempat penitipan anak. Untuk mendapatkan yang terbaik, Anda sebaiknya memastikan jumlah pengasuhnya cukup ideal dengan jumlah anak yang ada disana. Pada dasarnya jika anak Anda baru berusia 1 tahun, maka umumnya akan memperoleh satu pengasuh atau bisa juga ditambah bayi lain jadi ada 2 anak yang dijaganya.

Sebelum meninggalkannya, Anda harus mengenal orang tersebut dan telusuri rekam jejak seperti sertifikat, cara berkomunikasi, pengalaman, respon, dan ketrampilan dalam bermain dengan anak. Semua ini Anda lakukan untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati supaya mendapatkan manfaat yang baik bagi hidupnya dan tidak hanya sekedar bermain saja.

Tidak hanya itu saja, Anda juga wajib tahu kepiawaiannya dalam menakar susu untuk anak supaya tidak salah ukuran. Beri tahu juga pada pengasuh, akan alergi yang diderita anak jika memang ada. Sebab kesalahan kecil saja akan membuat dampak yang buruk bagi anak.

  • Fasilitas dan lokasi

tempat penitipan anak jakarta

Agar Anda tenang ketika meninggalkan anak bekerja akan lebih baik jika memilih TPA yang dekat dari rumah atau kantor. Sesuaikan pula jamnya dengan waktu Anda bekerja supaya bisa tepat serta efisien ketika mengantar dan menjemput anak di tempat tersebut. Contohnya seperti Les Privat Edumaster yang keberadaannya menyebar di seluruh wilayah sehingga cocok untuk dipilih.

Sementara itu untuk fasilitasnya sendiri juga harus memadai, seperti adanya tempat menyimpan asi, makanan bayi, dapur, sampai kamar mandi yang bersih dan cocok bagi anak. Biasanya faktor ini akan menentukan jumlah biaya tempat penitipan anak di Jakarta yang harus Anda keluarkan, sehingga perlu dipertimbangkan baik-baik.

Manfaat Positif dari Taman Penitipan Anak

  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri

Membiasakan si kecil berada di lingkungan Taman Penitipan Anak, secara tidak langsung akan meningkatkan rasa kepercayaan dirinya. Karena bagaimanapun mental ini haruslah dibangun sejak dini supaya ketika dewasa nanti tidak menjadi orang yang pemalu. Selain itu anak juga akan pandai dalam bersosialisasi karena sering bertemu dengan anak-anak lain.

Biasanya ketika masih jam penitipan anak tidak hanya belajar ilmu wawasan atau bermain dengan pengasuhnya saja. Melainkan juga mengikuti program permainan kelompok, dimana anak-anak harus saling bekerjasama dalam menyelesaikan tantangan dan meminjamkan mainan yang dimilikinya. Sekalipun biaya tempat penitipan anak di Jakarta cukup mahal, namun manfaatnya sangatlah besar.

  • Belajar disiplin dan mandiri

Sekalipun anak diasuh oleh staf yang bekerja Taman Penitipan Anak namun tetap saja akan dilatih untuk bersikap mandiri. Seperti halnya ketika makan harus berusaha sendiri, memakai sepatu, dan lain sebagainya. Tidak sampai situ saja anak juga belajar disiplin waktu karena pegawainya akan menetapkan jadwal untuk kegiatannya.

  • Mendorong kemampuan berkomunikasi dan bahasa

Kemampuan berkomunikasi dan bahasa yang melekat pada diri buah hati Anda jika sering ada di tempat penitipan anak. Hal ini memang secara alamiah muncul karena kebiasaan, dimana pengasuhnya akan senantiasa mendorong supaya anak lebih lancar dalam menggunakan bahasa yang sopan dan baik. Oleh sebab itu, Anda tidak akan rugi untuk membayarnya jika melihat dampak positif yang dirasakan.

Pengertian Tempat Penitipan Anak Beserta Prinsip-Prinsipnya

  • Pengertian Tempat Penitipan Anak

interaksi di tempat penitipan anak

Tempat untuk menitipkan anak sering diartikan sebagai salah satu jenis PAUD yang berada di jalur pendidikan non formal dimana program-program yang diselenggarakan meliputi ilmu pengetahuan, pengasuhan, dan kesejahteraan sosial anak dari usia 0-6 tahun. Dalam hal ini anak tidak hanya sekedar dijaga saja melainkan juga belajar hal-hal positif baru untuk merangsang otaknya supaya lebih cermat lagi, terutama dalam hal soft skills.

  • Prinsip-Prinsip TPA

Dari pengertian tempat penitipan anak diperoleh sejumlah prinsip yang penting untuk Anda ketahui. Dimana yang paling pokok adalah berorientasi terhadap keperluan anak seperti rasa aman, fisik, dihargai, bersosialisasi, dan lain sebagainya. 

Kemudian ada pula menyesuaikan terhadap perkembangan usia anak serta keunikan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Dengan penerapan prinsip tersebut diharapkan anak bisa menjadi pribadi yang bisa diandalkan di tengah kehidupan masyarakat.

Itulah informasi-informasi menarik yang dapat Anda pahami tentang tempat penitipan anak secara lengkap. Mungkin saja Anda tertarik untuk mendaftarkan anak ke salah satu lokasi, dengan catatan sudah memperhatikan hal-hal penting supaya anak tidak merasakan ketidaknyamanan saat berada disana. Perlu Anda catat bahwa mental anak kecil lebih mudah dipengaruhi daripada orang-orang dewasa.