Penyanyi jazz Indonesia sangat banyak jumlahnya. Yang terdiri-dari penyanyi jazz tahun 90-an, penyanyi muda, lelaki, dan penyanyi jazz perempuan Indonesia. Jazz merupakan salah satu jenis musik yang mahal dan favorit bagi sebagian orang. Namun tahukah anda siapa saja musisi jazz yang terkenal di tanah air?

Sejarah musik jazz lahir pada masa marak terjadinya rasisme yang makin meluas di Amerika Serikat, yaitu pada permulaan abad 20. Pada saat itu, orang berkulit hitam yang merupakan warga keturunan Afrika Amerika banyak dilecehkan dan mendapatkan perlakuan rasisme dari warga kulit putih Amerika.

Karena itulah penduduk keturunan Afrika Amerika yang berkulit hitam itu melakukan perlawanan dengan memainkan musik jazz. Kehadiran musik jazz dunia awalnya merupakan bentuk perlawanan terhadap diskriminasi dan rasisme terhadap orang kulit hitam.

Jazz adalah musik yang unik atau berbeda dengan aliran musik lainnya. Musik jazz sangat khas dan memiliki karakteristik tersendiri. Terutama musik ini mempunyai susunan chord yang berbeda dari musik lain dengan alunan musik yang sangat dinamis. Kelebihan inilah yang menjadikan banyak orang lebih menggemari musik jazz.

penyanyi jazz indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak penggemar musik jazz. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lahir musisi dan penyanyi jazz asal Indonesia dari masa ke masa. Generasi awal musisi jazz Indonesia sangat banyak. Contohnya yang paling tersohor adalah Ismail Marzuki. Kemudian dilanjutkan dengan musisi dan penyanyi jazz tahun 1980-an hingga sekarang.

Daftar Penyanyi Jazz Indonesia

Pada tahun 1980-an merupakan masa keemasan musik jazz di Indonesia. Pada masa ini banyak lahir group band yang mengambil warna musik jazz fusion. Beberapa band beraliran jazz yang terkenal pada masa ini adalah Bhaskara, Karimata, dan Krakatau. Grup band, musisi dan penyanyi jazz terus bertambah banyak seiring dengan banyak orang yang menyukai musik jazz di tanah air.

Baca juga Fungsi Musik Bagi Otak dan Kehidupan Manusia

Berikut ini beberapa nama penyanyi jazz Indonesia yang sangat terkenal saat ini.

Les Privat Musik

1.Raisa

Nama artis cantik Raisa masuk ke dalam daftar penyanyi jazz yang sangat terkenal d tanah air. Selain mempunyai wajah yang cantik, ternyata Raisa mampu memainkan musik jazz dengan baik. Hal itu membuat Raisa disebut penyanyi jazz muda perempuan yang terpopuler di Indonesia.

penyanyi jazz perempuan indonesia

Raisa

Penyanyi yang dilahirkan pada tanggal 6 Juni 1990 di Jakarta ini sudah menelurkan beberapa album lagu single yang terkenal. Seperti Serba Salah, Teka Teki dan Could It Be. Aliran musik jazz yang diusungnya sangat sederhana dan enak didengar.

2.Tompi

Penyanyi jazz Indonesia yang sangat terkenal berikutnya adalah Tompi. Siapa sih yang tidak mengenal Tompi? Beliau adalah penyanyi sekaligus musisi jazz nasional yang banyak diidolakan orang. Pria yang juga bekerja sebagai seorang dokter ini sangat berbakat dalam dunia musik jazz hingga melahirkan banyak album yang keren.

Lihat juga Les Privat Vokal, Materi dan Biayanya

Berikut ini nama album yang telah dikeluarkan oleh musisi jazz Tompi yang paling fenomenal yakni Menghunjam Jantungku  dan Sedari Dulu. Semua lagunya enak didengar dan bercirikan musik jazz. Tak ayal, pria yang memiliki nama asili Teuku Adi Fitrian ini disebut sebagai penyanyi jazz terbaik Indonesia.

3.Indra Lesmana

Indonesia tidak pernah kehabisan musisi dan penyanyi jazz Indonesia. Dari tahun ke tahun selalu muncul penyanyi jazz yang terkenal. Salah satunya adalah Indra Lesmana. Indra Lesmana menjadi salah satu penyanyi jazz top Indonesia.

penyanyi jazz indonesia

Indra Lesmana

Lelaki berkulit putih ini lahir pada tanggal 28 Maret 1966 di Jakarta dan pernah menikah dengan aktris cantik Sophia Latjuba. Sejak muda, ia sudah menimba ilmu musik dari para musisi jazz terkenal di negara Australia. Seperti Paul Mc Namara, Roger Frampton, dan Don Burrows.

4.Tulus

Lelaki muda yang memiliki nama lengkap Muhammad Tulus adalah salah seorang penyanyi jazz Indonesia yang terpopuler dan menyita perhatian publik Indonesia. Suaranya yang khas dan enak didengar membuat ia dalam waktu cepat dikenal sebagai penyanyi jazz terbaik dan pendatang baru terbaik.

penyanyi jazz indonesia

Tulus

Beberapa karya musiknya langsung hits dan mampu berada di perangkat pertama lagu terbaik Indonesia. Seperti Jangan Cintai Aku Apa Adanya, Gajah, Sepatu dan Teman Hidup.

Penyanyi Jazz Perempuan Indonesia Terpopuler

Selain mempunyai banyak penyanyi jazz dari kalangan lelaki, Indonesia juga banyak melahirkan para musisi jazz wanita. Berikut ini beberapa penyanyi jazz perempuan Indonesia yang terbaik, antara lain:

1.Ermy Kulit

Para wanita Indonesia mempunyai banyak prestasi dalam bidang musik. Salah satunya adalah Ermy Kulit. Wanita yang dijuluki sebagai Salena Jones dari Indonesia ini sukses membawa lagu-lagu jazz pada era tahun 1980an. Biografi Ermy Kulit dimulai pada tahun 1980an.

Pada mulanya untuk mendapatkan penghidupan yang layak di Jakarta, ia melakoni pekerjaan sebagai penyanyi profesional di berbagai hotel. Albumnya yang membuatnya terkenal adalah Kasih yang dirilis tahun 1986. Pada tahun ini pula, wanita yang cantik ini diberikan penghargaan sebagai penyanyi jazz wanita terbaik Indonesia.

2.January Christy

Negara Indonesia adalah negara yang kaya raya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Beberapa wanita Indonesia mampu tampil dan berkontribusi positif dalam dunia tarik suara secara nasional dan internasional. Untuk seni musik jazz, salah satu wanita yang berkontribusi besar dalam perkembangan muzik jazz di tanah air adalah January Christy.

musik jazz

January Christy mempunyai suara yang khas agak berat. Kekhasan inilah yang menjadi keunikan dan kelebihan bagi dirinya sendiri. Pada tahun 1980 merupakan masa keemasan wanita yang murah senyum ini. Pada tahun ini, ia membawakan lagu yang beraliran musik jazz. Lagu dan musik jazz tersebut dikombinasikan dengan musik pop. Langsung saja menjadi hits dan best seller lagu yang dibawakan oleh January Christy.

Baca juga Belajar Bernyanyi dengan Cara yang Baik dan Benar

Berikut ini beberapa album lagu yang melambungkan nama January Christy pada era 1980an, yaitu Ada dan Tiada dan Melayang. Kedua album lagu tersebut langsung menempatkan diri sebagai album lagu terbaik diperingkat satu deretan lagu terbaik Indonesia. Pada akhirnya, wanita cantik ini memperoleh anugerah sebagai penyanyi jazz wanita terbaik versi AMI Award pada tahun 1987.

3.Iga Mawarni

Penyanyi jazz wanita Indonesia berikutnya adalah Iga Mawarni. Wanita Indonesia ini bukan hanya mempunyai wajah yang cantik tapi juga ia sangat piawai dalam bermain musik jazz. Namanya mulai dikenal orang pada tahun 1990an.

penyanyi jazz perempuan indonesia

Iga-Mawarni

Dua album yang dirilisnya di tahun 1991 dan 1999 disambut positif oleh masyarakat luas yakni Kasmaran dan Iga Lagi yang membuat karirnya semakin melejit dan meraih banyak penghargaan seperti juara AMI Award kategori penyanyi jazz wanita terbaik.

4.Syaharani

Terakhir, penyanyi jazz wanita Indonesia yang terkenal dan masih aktif saat ini adalah Syaharani. Wanita yang dilahirkan di Batu Malang ini dikenal sebagai penyanyi jazz wanita yang populer dan banyak tampil di festival musik jazz di tanah air dan internasional. Seperti pada tahun 2001, ia pernah tampil di North Sea Jazz Festival mewakili sebagai penyanyi jazz Indonesia.

Les Privat Musik

5.Kemala Ayu

Musik jazz adalah sebuah aliran musik yang berasal dari negeri Paman Sam. Popularitas musik jazz di Indonesia mulai berkembang pesat pada tahun 1980 sampai 1990an. Para penyanyi musik jazz sangat bervariasi, tidak seperti aliran musik Metal yang umumnya penyanyi dari kalangan pria. Namun untuk musik jazz, para penyanyinya bisa dari kalangan pria maupun wanita. Salah satunya penyanyi jazz perempuan indonesia adalah Kemala Ayu.

Nama Kemala Ayu tidak asing lagi bagi penggemar musik jazz Indonesia. Karier Kemala Ayu sudah dimulai pada umur 15 tahun. Pada waktu itu, ia sudah berkecimpung dalam dunia tarik suara. Beberapa penghargaan dalam dunia musik sudah pernah diraihnya. Misalkan Juara Lomba Cipta Lagu Remaja tahun 1980. Nama Kemala Ayu semakin populer pada waktu ia bergabung dalam band Black Fantasy sebagai vokalis.

Demikianlah deretan penyanyi jazz Indonesia yang sangat terkenal secara nasional dan internasional. Termasuk penyanyi perempuan yang telah menjadi catatan sejarah musik di tanah air,