Rangkuman matematika SMP berguna untuk mengetahui sejauhmana tingkat kesulitan mata pelajaran ini. Ringkasan materi matematika ini tersedia dalam format doc maupun pdf yang khusus untuk kelas 7,8 dan 9, baik semester 1 dan 2. Kurikulum yang dipergunakan umumnya adalah kurikulum tahun 2013.

Dengan adanya ringkasan diharapkan belajar matematika menjadi lebih mudah. Apalagi pelajaran matematika sering dianggap kebanyakan murid SMP sebagai mata pelajaran tersulit di sekolah.

Siapa sih yang tidak mengenal mata pelajaran matematika? Setiap siswa di berbagai tingkatan sekolah pastinya mengenal betul mata pelajaran ini. Berdasarkan pengalaman saat kita duduk di sekolah dasar, mata pelajaran matematika sangat mudah dipelajari dan sangat menarik untuk dipecahkan jawabannya. Dari belajar mengenal angka-angka dan diberikan cara melakukan penjumlahan.

Pada tingkat SD kelas 1 materi matematika hanyalah operasi hitung yang fokus pada pertambahan atau penjumlahan dan pengurangan. Kadang jika siswa mengalami kesulitan menggunakan bantuan alat hitung. Pada tahap ini mata pelajaran SD bukan menjadi momok yang menakutkan.

Setelah itu naik lagi ke jenjang kelas 2 SD, mata pelajaran matematika tetap ada dan siswa akan tetap belajar operasi hitung matematika yang mulai naik ke tahapan perkalian dan pembagian.

rangkuman matematika SMP

Materi matematika di sekolah akan terus berlanjut ke tingkat yang lebih sulit pada waktu kelas 3,4,5, dan 6 SD. Pada tahap inilah, seorang siswa harus fokus belajar matematika. Jika perlu siswa-siswi bisa mengikuti les bimbel matematika karena pada saat kelas 6 SD akan menghadapi yang namanya ujian tengah semester, UAS dan ujian nasional (UN).

Memasuki tingkat SMP, materi pelajaran matematika semakin sulit dengan rumus-rumus yang kian sulit dan tak mudah dimengerti.  Bagi anda yang ingin mengetahui materi matematika yang diajarkan SMP maka anda cukup membaca rangkuman materi matematika SMP lengkap.

Rangkuman Matematika SMP

Rangkuman matematika SMP merupakan panduan yang berguna bagi seorang guru matematika mengenai apa saja yang akan dijelaskan setap harinya kepada murid. Pada tingkat SMP, materi matematika yang dipelajari lebih sulit lagi dengan banyaknya rumus. Dalam hal ini dibutuhkan otak yang cerdas dan kerajinan dalam menguasai materi matematika tingkat SMP.

Selain itu, yang paling menentukan adalah cara guru yang mengajarkan matematika secara mudah dan praktis. Belajar matematika itu tidak sulit karena ada beberapa teknik dan metode belajar berhitung yang mudah.

Baca juga Cara Mengajarkan Anak SD Matematika

Soal matematika bisa berupa geometri, operasi hitung, aljabar, bangun ruang, bangun datar, persamaan, operasi deret, akar kuadrat dan lain sebagainya. Namun semua itu dapat dipelajari dengan mudah asalkan guru mampu mengajarkan materinya dengan jelas, logis dan mudah dipahami.

Ada siswa yang menjadikan matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dipelajari. Akibatnya, banyak murid yang tidak suka belajar matematika di sekolah. Kesan terhadap guru matematika juga bisa semakin parah dengan sikapnya yang galak dan jarang senyum. Kesan ini melekat kuat hingga menjadikan matematika kurang disukai kebanyakan siswa sekolah menengah pertama (SMP).

contoh rangkuman materi matematika smp

Bagi mereka yang beranggapan matematika adalah mata pelajaran tersulit itu berarti mereka kurang pandai dalam matematika. Kalau memang benar pelajaran matematika itu sulit sebaiknya jangan dijauhi tapi justru dekati.

Dengan semakin dekat dan mengenalnya serta memahami matematika akan membuat anda cinta terhadap matematika. Dengan cinta terhadap mata pelajaran matematika maka anda akan semakin mudah menguasai matematika yang umumnya berkaitan rumus dan logika.

Cara Pandai Belajar Matematika

Bagi kalian yang ingin pintar matematika caranya sebenarnya sangat gampang. Termasuk dengan membuat rangkuman matematika SMP. Berikut ini beberapa cara pandai belajar matematika dalam waktu singkat yang bias kalian coba.

  1. Mencintai pelajaran matematika dan melakukan sugesti diri bahwa matematika itu sangat mudah dan menyenangkan.
  2. Berlatih terus menerus terhadap materi matematika dan melatih diri dengan soal-soal dan penyelesaian jawabannya.
  3. Banyak bertanya pada mereka yang pandai matematika seperti guru matematika di sekolah maupun guru bimbel serta peserta didik yang pintar atau juara matematika.
  4. Belajar matematika secara berkelompok dengan siswa yang pintar matematika
  5. Pantang menyerah. Jika anda belum bisa menguasai materi matematika dengan baik maka jangan menyerah. Begitu juga ketika anda kesulitan dalam memecahkan soal matematika maka jangan pernah ada kata menyerah. Anda bisa mencari jawabannya dengan bertanya kepada ahlinya. Anda bisa mencari panduannya di internet atau bertanya kepada guru matematika langsung di sekolah atau via online.

Rangkuman Materi Matematika SMP Lengkap

Mempelajari matematika membutuhkan konsentrasi tinggi. Jika anda belum paham materinya alangkah baiknya mulai fokus untuk mempelajarainya dengan tekun. Untuk menguasai pelajaran matematika, maka anda bisa mempelajari rangkuman materi matematika SMP lengkap untuk kelas 7, 8 dan 9. Materi rangkuman matematika SMP ini sangat diperlukan khususnya bagi mereka dalam persiapan ujian nasional (UN).

Lihat juga Tempat Bimbel di Depok, Ini Kriteria Memilihnya 

Masa sekolah SMP bias menjadi masa yang paling berkesan selain SMA. Ini merupakan masa transisi bagi seorang anak menjadi remaja. Salah satu yang berkesan bersekolah di SMP adalah materi pelajaran matematika yang mulai lebih sulit. Materi matematika yang dipelajari lebih luas dan sulit lagi. Contoh materi matematika tentang bentuk ruang, geometri, rumus phitagoras, operasi hitung, rumus yang rumit, menghitung koordinat.

rangkuman materi matematika smp lengkap

Dalam mengajarkan matematika pada murid SMP, setiap guru matematika mempunyai gaya dan tekniknya tersendiri. Ada yang lambat da nada juga cara mengajarkan matematikanya yang sangat cepat sehingga sulit dipahami muridnya.

Terkadang pada akhir materi diberikan kuis yang harus diikuti semua siswa secara berkelompok. Salah satu kelompok yang kalah dalam kuis matematika itu diberikan hukuman. Seperti anggota kelompoknya yang harus bernyanyi di depan kelas.

Bagi anda yang sudah lulus sekolah dasar (SD) maka tak ada salahnya mempersiapkan diri dalam belajar rangkuman materi matematika SMP lengkap. Materi pelajaran matematika SD dan SMP sangat berbeda. Walaupun sebagian ada materi matematika SD yang dibahas lagi pada saat awal SMP.

Rangkuman Rumus Matematika SMP

Rangkuman matematika SMP akan memberikan gambaran terhadap pelajaran matematika yang harus dipelajari sejak awal kelas 7 sampai terakhir. Sehingga setiap siswa bisa mengetahui materi matematika mana saja yang belum dikuasai dan mana saja yang sudah dikuasai secara baik.

Matematika untuk SMP kelas 7, 8, dan 9 akan mempelajari rumus. Nah, berikut ini rangkuman rumus matematika SMP yang bias Anda manfaatkan.

  1. Rumus panjang yang dimulai dari km, hm,dam, m atau meter, dm,  cm, dan mm. Perpindahan dari satu bilangan panjang rumusan sebesar 10.
  2. Rumus luas bangun datar yang mencakup rumus bangun datar lingkaran, belah ketupat, trapesium, layang-layang, segitiga, jajaran genjang, persegi panjang,  dan luas persegi. Untuk rumus persegi panjang adalah panjang kali lebar yang disingkat p x l.
  3. Rumus Skala. Perhitungan rumus skala yang terdapat pada peta dan denah. Rangkuman rumus matematika SMP yang mudah dan diaplikasikan dalam soal cerita.

Contoh Rangkuman Materi Matematika SMP

Untuk memberikan contoh rangkuman materi matematika SMP adalah tentang bilangan pecahan. Sebelumnya dijelaskan pengertian bilangan cacah, bilangan desimal dan bilangan pecahan. Untuk menguasai bilangan pecahan maka dibagi lagi dalam beberapa pokok pembahasan.

Baca juga Les Privat Kimia dan Guru Online

Seperti cara melakukan ubah bilangan ke bilangan pecahan. Materi ini akan mudah dicerna dan kebanyakan siswa siswi dapat melakukan dengan baik yang memerlukan kemampuan operasi perkalian dan pembagian yang sudah diajarkan sejak SD.

rangkuman rumus matematika smp

Contoh rangkuman materi matematika SMP berikutnya adalah bilangan pecahan itu diubah menjadi bilangan desimal. Sebaliknya bilangan desimal menjadi bentuk bilangan pecahan. Juga diperkenalkan juga bilangan berpangkat. Dengan demikian banyaknya materi matematika SMP membuat siswa harus menguasai satu pokok bahasan materi sebelum berlanjut ke materi selanjutnya.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelajar  SMP adalah membiarkan dirinya tak menguasai satu materi matematika yang membuat materi matematika berikutnya semakin tak ia kuasai dengan baik.

Salah satu rangkuman matematika SMP yang juga penting dikuasai adalah KPK. KPK ini singkatan dari kelipatan persekutuan terkecil. Yang dilanjutkan dengan topik tentang faktor persekutuan terbesar atau FPB. Pokok materi ini akan semakin sulit dikuasai jika anda tak memahami betul jenis dan pengertian bilangan sebelumnya.

Salah satu ciri mata pelajaran matematika adalah mempelajari aljabar. Contoh materi aljabar adalah melakukan bentuk sederhana dari aljabar. Kemudian melakukan operasi hitung aljabar. Yang diakhiri dengan penjelasan apa itu suku, konstanta, variabel dan koefisien. Aljabar sendiri sebuah ilmu yang ditemukan oleh ilmuwan muslim yang bernama Al Jabar.

Materi matematika SMP yang paling sulit dan sukar dicerna adalah tentang persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Berikut ini contoh rangkuman materi matematika SMP kelas 7 semester 2 yang sebaiknya dikuasai dengan baik.

  1. Perbandingan besaran
  2. Sudut dan garis
  3. Aritmetika sosial
  4. Segitiga dan segiempat
  5. Penyajian data dalam bentuk batang diagram, dan lingkaran

Kesimpulan

Rangkuman matematika SMP pada dasarnya tidak banyak. Namun kalau dijabarkan satu persatu akan sangat luas. Bagi mereka yang akan menghadapi ujian nasional atau ujian di sekolah maka mata pelajaran matematika pastinya harus dikuasai semua materi matematika dari sejak kelas 7 sampai kelas 9 SMP.

Seorang guru dan siswa yang baik adalah mereka yang mempunyai pegangan rangkuman materi matematika SMP secara lengkap sehingga ketika ujian atau ulangan matematika dapat memiliki nilai baik. Berikut ini rangkuman materi matematika SMP kelas 7,8 dan 9, antara lain:

  1. Bilangan
  2. Aljabar
  3. Pengukuran dan geometri
  4. peluang dan statistika

Dengan bekal rangkuman materi matematika SMP ini maka anda mengetahui materi mana saja yang harus dikuasai dengan baik sebelum menghadapi ujian atau UN di SMP.

rangkuman matematika smp

Soal dan pertanyaan matematika dalam ujian  di sekolah atau UN yang sifatnya bisa berupa soal pilihan ganda atau esai. Pendek kata, soal dan pertanyaan matematika tidak akan lepas dari soal esai atau pilihan ganda atau soal cerita matematika yang seputar statistika, peluang, geometri,pengukuran, aljabar dan bilangan.

Lihat juga Lembaga Kursus Privat Bahasa Inggris di Jakarta

Dari rangkuman matematika SMP itu mungkin ada yang anda kuasai dan sukai dan ada juga yang tidak. Sebuah keharusan bagi kalian untuk mempelajari semua materi itu dengan baik supaya hasil ujian UAS dan ujian nasional bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.

Untuk materi bilangan pada matematika SMP maka cakupannya cukup luas yang mencakup bilangan pecahan dan bilangan bulat yang antara keduanya dibandingkan. Dilanjutkan dengan melakukan pengurutan bilangan pecahan dan bilangan bulat secara baik dan benar.

Materi tentang bilangan berikutnya mengenai operasi hitung pada bilangan pecahan dan bilangan bulat. Kemudian belajar melakukan pengubahan dari bilangan ke dalam bentuk bilangan pecahan. Itu semua adalah mempelajari dasar dan umum matematika bagi SMP.

Contoh materi matematika SMP juga mempelajari tentang himpunan.Yang mencakup operasi pada himpunan, hubungan antar himpunan, komplemen himpunan yang dimulai dari dasar mempelajari apa itu dan bagaimana himpunan kosong, himpunan bagian dan himpunan semesta.

Setelah membahas materi pokok bahasan tentang himpunan biasanya guru matematika mengadakan ujian kelas bulanan atau ulangan untuk mengukur sejauh mana kemampuan tingkat pemahaman siswa-siswi terhadap materi himpunan yang telah diberikan. Semua itu dapat dipelajari dalam rangkuman matematika SMP.