Sekolah alam Jakarta mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang. Selama ini kita lebih mengenal sekolah negeri, swasta, sekolah dasar atau SD, SMP dan SMA. Ada juga sekolah Islam atau pesantren, sekolah terpadu, sekolah boarding school, atau sekolah internasional. Kalaupun ada pendidikan non formal istilahnya bukan sekolah melainkan lembaga kursus atau pelatihan. Lalu apa itu sekolah alam?

Mengutip dari Wikipedia Indonesia, dijelaskan bahwa sekolah alam adalah suatu sistem pembelajaran yang awalnya dibuat oleh seorang pria bernama Lendo Novo. Ia melihat kenyataan bahwa pendidikan saat ini hanya dapat dinikmati oleh orang-orang kaya. Apalagi biaya pendidikan yang semakin mahal baik di sekolah negeri maupun swasta.

Pendidikan adalah hak setiap orang untuk mengubah nasibnya dan meningkatkan derajat dan kualitas kehidupannya. Tercetuslah ide dari pria bernama Lendo Novo untuk membuat sekolah yang biayanya relatif sangat murah. Hingga Lendo Novo mendirikan sekolah alam. Itulah sejarah cikal bakal lahirnya model sekolah alam Jakarta.

Biaya pendidikan terus merangsek dan semakin mahal. Apalagi untuk sekolah terbaik dan favorit biayanya terlalu mahal bahkan ada yang sampai ratusan juta rupiah. Baik untuk biaya SPP, biaya kegiatan, uang bangunan, seragam sekolah, membeli paket buku, dan biaya lainnya.

sekolah alam jakarta

Dengan biaya yang semakin mahal itulah membuat lembaga persekolahan menjadi makin sulit terjangkau semua anak. Biaya pendidikan ini akan tidak terjangkau kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah atau masyarakat miskin. Dari keprihatinan itulah membuat hadirnya sekolah alam sebagai solusi atas semua itu. Lantas berapa biaya sekolah alam?

Hadirnya sekolah alam juga dilatarbelakangi oleh sistem pendidikan sekarang yang dinilai lebih fokus pada aspek kecerdasan intelektual. Padahal fungsi sekolah yang sebenarnya sangat luas. Sekolah harus mampu mencerdaskan manusia dari segi kecerdasan intelektual, pengetahuan, emosional, sikap yang baik, serta meningkatkan kecerdasan spiritual.

Sekolah Alam Jakarta

Sekolah alam mungkin masih asing terdengar bagi kalangan awam. Namun bagi mereka yang peduli dengan dunia pendidikan, sekolah alam ini sudah sangat familiar. Di tengah perkembangan teknologi yang semakin maju, sekolah alam menjadi lembaga pendidikan yang semakin populer.

Baca juga Cara Membuat Siswa Aktif Dalam Pembelajaran Online

Tak sedikit orang tua yang memilih menyekolahkan anaknya ke sekolah alam Jakarta yang mempunyai ciri khas dalam metode dan teknik pembelajarannya. Bagi anda yang ingin menyekolahkan anak ke sekolah alam maka perlu mengenal lebih lanjut tentang apa itu sekolah alam.

Sejarah Sekolah Alam

Asal mula berdirinya sekolah alam di Indonesia diawali dari sebuah ide alumni ITB bernama Ir Lendo Novo. Ia merasakan lingkungan belajar di sekolah saat ini sangat menyiksa setiap murid. Karena setiap hari seorang murid diharuskan untuk duduk di kursi dan mendengarkan setiap materi yang diajarkan oleh guru.  Seorang murid diharuskan tunduk patuh terhadap perintah guru.

daftar sekolah alam

Atas fakta itulah Lendo berencana dan langsung mendirikan dan membangun sekolah alam yang memberikan kebebasan pada peserta didik untuk berdekatan dengan alam sambil belajar, memberikan kesempatan banyak bertanya pada setiap murid, dan bebas melakukan aneka ekspresi tanpa aturan mengekang.

Sekolah alam yang didirikan pertama kali oleh Lendo Novo adalah sekolah alam yang berada di Bandung. Tepatnya di sekitar area Masjid Salman ITB yang bernama TK Salman Al Farisi. Setelah itu menambah jaringannya hingga berdiri sekolah alam di Ciganjur Jakarta Selatan.

Adapun setiap anak yang bersekolah di sekolah alam Jakarta akan dididik untuk menjadi manusia yang seutuhnya sesuai ajaran Islam, yakni manusia sebagai rahmat bagi alam dan manusia. Setiap anak adalah calon pemimpin masa depan sehingga materi yang  diajarkan lebih banyak materi kepemimpinan yang kuat dalam keimanan dan ketakwaan.

Selain itu, sekolah alam akan menjadikan pribadi anak memiliki karakter yang jujur, lebih dewasa, bertanggung jawab dan mandiri dalam lingkungan alam yang nyata. Sekolah alam akan mengajarkan siswa langsung dari alam.

Fasilitas Sekolah Alam

Sekolah alam adalah sekolah yang membebaskan peserta didik dari bangunan megah yang membatasi. Jadi sekolah alam tidak menyediakan bangunan megah bertingkat dengan perangkat yang canggih. Sekolah alam adalah suatu proses pendidikan yang sangat sederhana secara langsung belajar dari alam. Bangunan dari kayu.

sekolah alam jakarta

Untuk lebih lengkap, berikut ini sejumlah hal yang menjadi ciri khas sekaligus fasilitas sekolah alam yang Anda perlu tahu.

  1. Ruang kelas dari bahan kayu
  2. Kualitas guru yang sangat profesional
  3. Metode dan teknik pembelajaran yang tepat bagi anak.
  4. Setiap siswa-siswi belajarnya di alam. Ia tidak belajar di dalam kelas. Tapi kelasnya adalah alam atau luar ruangan.
  5. Pembelajaran dilakukan secara fisik dan berguru kepada alam.

Daftar Sekolah Alam di Jakarta

Yang menjadi kelebihan dan keunggulan sekolah alam paling utama adalah kualitas pendidikan yang sangat baik dengan berbiaya serendah mungkin. Sekolah menjadi tidak penting untuk sarana fisiknya. Yang penting adalah kualitas pendidikan dan gurunya.

Sekolah alam tidak memperhatikan gedung bangunan fisik sekolah yang mahal. Namun lebih menekankan pada fungsi sekolah yang tepat. Sekolah akan memberikan metode pengajaran dan pendidikan yang tepat pada siswa. Bukan hanya pengetahuan yang diberikan tapi juga pendidikan budi pekerti dan akhlak. Yang menjadi landasan sekolah alam adalah fungsi manusia sebagai khalifah di bumi. Yang mengemban amanah untuk menjadi pemimpin dan mempunyai akhlak yang baik.

Baca juga Tips Anak Rajin Menulis dan Cara Mengajarinya

Berikut ini daftar sekolah alam Jakarta yang sebaiknya Anda tahu.

  1. Sekolah Alam Indonesia Cipendak yang terdapat di Jakarta Selatan
  2. Sekolah Alam Cinta Indonesia (SACI) yang berlokasi di Jakarta Pusat
  3. Sekolah Citra Alam yang berada di Jakarta Selatan

Sedangkan di dekat Jakarta terdapat beberapa sekolah alam seperti Sekolah Alam Bekasi.

sekolah alam jakarta

Di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Tangerang, Bekasi, Depok, Medan, Surabaya, Semarang, Bali, dan kota besar lainnya sudah banyak berdiri sejumlah sekolah alam beserta kelebihan dan keunggulannya. Salah satunya sekolah alam Jakarta.

Sekolah yang terdapat di ibukota Jakarta yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Sekolah alam merupakan pilihan terbaik menuntut ilmu yang bisa menjadi pilihan.

Daftar Sekolah Alam di Jawa Barat

Berikut ini daftar sekolah alam yang terdapat di Propinsi Jawa Barat, antara lain:

  1. Sekolah Alam yang terdapat di kampung Tanggulan Dago Pojok kota Bandung
  2. SD Sekolah Alam Jatinangor yang terletak di kabupaten Sumedang Kecamatan Jatinangor
  3. Natural School BRC
  4. School Nature Chess Cendikia
  5. SMP SMA Sekolah Alam Bandung
  6. Sekolah Alam Karawang Saka
  7. Sekolah Alam Pelopor
  8. Bogor Nature School
  9. Sekolah Alam Manglayang
  10. Sekolah Alam Indonesia-Studio Alam Depok
  11. Sekolah Alam Gaharu
  12. Sekolah Alam Bintaro
  13. Sekolah Alam Islam Talasia
  14. SD Alam Insan Cemerlang
  15. Sekolah KB Alam Sindangjaya
  16. Sekolah Alam Bekasi dan Sekolah Alam Purwakarta

Biaya Sekolah Alam

Setelah mengetahui daftar sekolah alam di Jakarta dan Jawa Barat maka selanjutnya akan dibahas mengenai biaya sekolah alam di Indonesia. Banyaknya jenis sekolah di Indonesia membuat orang tua memiliki lebih banyak pilihan dalam menyekolahkan anak mereka ke lembaga pendidikan yang terbaik dan sesuai dengan anak.

biaya sekolah alam

Macam-macam sekolah formal terbagi ke dalam sekolah konvensional, sekolah terpadu, sekolah berbasis agama, sekolah internasional, sekolah boarding school, hingga sekolah alam. Rasanya sekolah alam inilah yang paling belum dikenal banyak orang.

Salah satu jenis sekolah yang sedang tren dan patut diperhitungkan di Indonesia adalah sekolah alam. Sekolah alam yang pertama kali berdiri di tanah air adalah sekolah alam Indonesia yang mempunyai beberapa cabang di Jakarta, Bogor, Bekasi,  Depok, Tangerang, Bandung, dan sejumlah kota besar lain di Indonesia.

Sekolah formal yang umum adalah TK, SD, SMP dan SMA hingga universitas. Semuanya terbagi dalam sekolah negeri dan swasta. Namun semua sekolah itu membutuhkan biaya yang tak murah dalam proses pembelajaran belajar dan mengajar. Mengingat ada berberapa biaya yang harus dikeluarkan seperti gaji guru, sewa bangunan, dan pembelian teknologi media pembelajaran.

Lihat juga Tempat Bimbel di Depok, Ini Kriteria Memilihnya 

Biaya pendaftaran sekolah alam berbeda-beda tergantung kebijakan sekolah. Namun yang standar uang daftar hanya Rp 300 ribu. Sedangkan uang SPP sebesar Rp 400 ribu. Itu standar biaya sekolah alam yang paling murah.

Sekolah Alam Jakarta Terbaik

Sekolah alam banyak tersebar di beberapa daerah di ibukota. Namun sekolah alam Jakarta terbaik hanya ada beberapa saja yang masih bisa dihitung jari. Semua orang sudah mengetahui bahwasanya popularitas sekolah alam saat ini sedang menanjak. Sekolah ini menjadi sebuah sekolah alternatif bagi orang tua untuk menyekolahkan putra putrinya ke lembaga pendidikan terbaik.

Dari namanya saja sekolah alam mencerminkan suatu sekolah yang berkaitan dengan alam. Dalam proses pembelajaran dan tempat belajar di area alam atau outdoor. Tidak seperti sekolah pada umumnya yang belajar mengajar hanya di dalam kelas.

Sangat berbeda sekali rasanya untuk belajar di dalam kelas dengan belajar di dekat alam. Belajar di alam akan sangat menyenangkan. Inilah yang difasilitasi oleh sekolah alam yang menyediakan proses pembelajaran dengan dekat alam. Belajar bukan hanya teori di ruang kelas. Tapi belajar melalui praktek langsung dengan lingkungan alam dan masyarakat sekitar secara fisik.

Salah satu sekolah alam Jakarta terbaik adalah Sekolah Alam Indonesia yang dibangun pada tahun 1988. Sekolah ini beralamat di Jalan Damai Ciganjur Jakarta Selatan. Pada mulanya, jumlah muridnya hanya 3 orang untuk jenjang sekolah dasar. Sedangkan 5 orang murid di playgroup.

daftar sekolah alam

Sedangkan jumlah guru yang ada sebanyak 6 guru playgroup, SD, dan guru mengaji. Sambutan masyarkaat yang positif membuat perkembangan sekolah alam Indonesia ini terus berkembang makin pesat. Bahkan sekolah ini juga membuka sekolah lanjutan setaraf SMP yang menyelenggarakan kelas reguler dan kelas khusus.

Sekolah alam memfokuskan pada penciptaan generasi muda yang dipersiapkan untuk menjadi calon pemimpin yang baik dan berkarakter. Di saat sekolah-sekolah formal pada umumnya yang gagal dalam menghasilkan lulusan sekolah yang berkualitas baik dan berkarakter, sekolah alam memberikan solusinya. Lulusannya bukan hanya membekali diri dengan ilmu pengetahuan tapi juga dengan akhlak yang baik dan pribadi yang luhur.

Sekolah formal sekarang ini yang dinilai sangat pasif menjadikan sekolah alam menjadi sekolah alternatif yang bisa membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran.  Sekolah yang menjenuhkan bisa dihilangkan dengan memilih sekolah alam.

Sekolah alam mengajarkan pada peserta didik untuk belajar secara menyenangkan berdasarkan gaya belajarnya. Sekolah alam akan memberikan pengetahuan dan keterampilan serta penanaman nilai positif dan kararakter baik.

Baca juga Soft Skill Untuk Anak SD, Orang Tua Wajib Tahu!

Sekolah alam membutuhkan sarana dan lahan tanah yang sangat luas sebagai tempat belajar di alam. Sehingga di Jakarta hanya bisa ditemui beberapa lembaga pendidikan yang menerapkan sekolah alam. Namun patut disyukuri di Jakarta terdapat beberapa sekolah alam yang kualitasnya bagus. Salah satu sekolah alam Jakarta terbaik yaitu Sekolah Alam Cinta Indonesia (SACI).

Sekolah alam yang berada di jalan Rawasari Barat Blok E nomor 271 B Cempaka Putih Timur daerah Jakarta Pusat ini menghadirkan sekolah alam yang semuanya basis alam. Setiap peserta didik akan jadi antusias untuk belajar di tengah alam yang sangat nyaman. Sekolah alam Jakarta ini menjadi pilihan terbaik bagi orangtua untuk menyekolahkan buah hati tercinta.