Cara mengatasi anak SMP malas sekolah sebaiknya tidak dengan amarah. Kita sebagai orang tua juga perlu mengetahui faktor yang menjadi penyebabnya terlebih dahulu. Mendampingi anak usia remaja memang membutuhkan kesabaran untuk menemukan solusi terbaik.

Para pakar pendidikan anak menyatakan bahwa siswa SMP yang berusia remaja bisa menjadi malas untuk pergi ke sekolah umumnya karena dua hal atau dua faktor. Masing-masing yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal adalah faktor dalam diri siswa itu sendiri. Seperti misalnya timbulnya rasa kurang percaya diri. Bisa karena memiliki bentuk tubuh yang gendut, pendek, terlalu tinggi. Bisa juga karena mempunyai penyakit kulit tertentu.

anak SMP malas sekolah

Kemudian faktor eksternal yang menyebabkan anak SMP malas sekolah berkaitan dengan pengaruh dari luar diri anak. Misalkan lingkungan sekolah atau teman sekolah yang tidak akur atau tidak nyaman, lingkungan masyarakat yang tak kondusif, lingkungan sekolah yang kotor, teman yang suka mengoloknya, sampai keluarga yang tak mendukung.

Tak sedikit kasus murid SMP yang mengalami malas untuk bersekolah. Padahal pada waktu sekolah di SD sangat bersemangat untuk menuntut ilmu. Terutama ketika hadirnya guru baru yang lebih pandai dalam mengajarkan matematika dan mata pelajaran lain dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Faktor Penyebab Anak SMP Malas Sekolah

Dengan mengetahui faktor penyebabnya, maka akan memudahkan cara mengatasi anak SMP malas sekolah. Malas bersekolah merupakan sesuatu hal yang buruk dan perlu dicarikan solusinya sesegera mungkin. Sehingga anak bisa lebih semangat dan lebih rajin lagi dalam menuntut ilmu supaya tidak tertinggal pelajaran dengan teman lainnya.

Baca juga Cara Menghadapi Anak Remaja Putri, Ini Tipsnya!

Ada sejumlah hal yang bisa membuat seorang anak SMP malas sekolah. Berikut ini berbagai faktor yang menyebabkannya.

1.Tidak bisa fokus  dalam mempelajari mata pelajaran

Cara supaya anak bisa fokus dan konsentrasi dalam belajar adalah menjauhkan diri dari gangguan jika anak sedang belajar.

penyebab anak malas sekolah

2.Tak betah dengan lingkungan teman di sekolahnya

Inilah yang mungkin dialami oleh sebagian anak SMP yang membuatnya malas sekolah yakni ia merasakan lingkungan dengan teman-teman sekolahnya sangat tidak nyaman karena mereka suka menjahili atau mengoloknya.

3.Guru dan mata pelajaran yang tak diminatinya

Penyebab berikutnya anak SMP bisa malas sekolah adalah lingkungan guru di sekolahnya yang sangat tidak nyaman. Misalkan gurunya galak atau pemarah. Ditambah lagi dengan mata pelajaran yang akan diikutinya di sekolah sangat tidak diminatinya. Paling umum mata pelajaran yang paling tidak disukai anak SMP adalah matematika.

Cara Mengatasi Anak SMP Malas Sekolah

Setelah mengetahui beberapa faktor yang membuat anak SMP malas bersekolah maka berikutnya tentunya mencari solusi cara mengatasi anak SMP malas sekolah. Apalagi salah satu hal yang diharapkan para orang tua adalah anaknya bisa bersekolah dengan baik dan menyenangkan.

Lihat juga Menghadapi Anak Pra Remaja

Namun kadang kala dalam perjalanan menuntut ilmu di sekolah, seorang anak mengalami malas dan ogah-ogahan bersekolah. Hal itu ditandai dengan sikap anak yang tidak rajin lagi dalam belajar maupun sulit untuk berangkat ke sekolah. Kalau hal ini terjadi pastinya ada sesuatu sebab yang membuat anak tidak ingin bersekolah.

cara mengatasi anak SMP malas sekolah

Setiap orangtua tentu tidak ingin mempunyai anak yang malas bersekolah. Pastinya orangtua mengharapkan anaknya sangat bersemangat uuntuk pergi ke sekolah dan belajar dengan baik. Dengan demikian prestasi dalam bidang akademik di sekolah dapat dicapai dengan baik. Apalagi sang anak sangat antusias membaca buku, mengisi LKS dan belajar sendiri di rumah.

Beberapa pakar dan ahli pendidikan anak memberikan tips dan resep serta kiatnya dalam mengatasi anak SMP malas belajar. Lalu bagaimanakah cara mengatasi anak SMP malas belajar di sekolah?

Berikut ini cara mengatasi anak SMP malas sekolah, antara lain:

1.Mengikutsertakan Anak Pada Lembaga Bimbel atau Les Tambahan

Salah satu penyebab seorang anak SMP malas untuk bersekolah karena ia mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran yang diberikan guru di sekolah. Sehingga anak menjadi malas dan merasa percuma berangkat ke sekolah juga. Di sinilah peran penting orang tua untuk memastikan anak bisa mengikuti dan memahami setiap mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Jika anak tidak memahami mata pelajaran di sekolah maka sang anak bisa ikut serta pada les privat atau lembaga bimbel yang membuat materi mata pelajaran di sekolah dapat dipahaminya secara baik. Dengan demikian sang anak akan kembali bersemangat untuk pergi ke sekolah. Karena ia akan mendapatakan ilmu pengetahuan atas mata pelajaran yang kini dikuasainya.

2.Mencari Lingkungan Sekolah yang Menyenangkan

Anak SMP bisa malas pergi ke sekolah bisa juga disebabkan perilaku teman-teman sekolahnya  atau pun guru yang sering melakukan bullying atau mengolok-olok dirinya. Hal ini akan membuat sang anak tidak nyaman dan lebih memilih untuk tak berangkat ke sekolah. Kalaupun harus berangkat maka ia malas-malasan untuk pergi ke sekolah.

3.Membuat Badannya Tetap Segar Dan Sehat

Capek atau kelelahan adalah hal yang dapat membuat seorang anak malas pergi bersekolah. Karena itu cara mengatasi anak SMP malas sekolah adalah dengan memastikan kondisi anak selalu bugar ketika hendak berangkat ke sekolah.

cara mengatasi anak SMP malas sekolah

Caranya adalah dengan memberikan asupan makanan yang bergizi, kaya vitamin, mineral, khususnya yang mengandung zat besi. Jika perlu sediakan buah dan istirahat yang cukup. Sehingga anak akan selalu bugar dan sehat.

Nasehat Untuk Anak Yang Malas Belajar dan Sekolah

Setiap orang pastinya mempunyai tugas dan pekerjaannya masing-masing. Adapun tugas seorang pelajar adalah belajar. Namun ketika anak anda yang duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) malas sekali untuk sekolah dan belajar di sekolah maupun di rumah maka anda harus mengatasinya dengan baik.

Baca juga Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget dan Tandanya

Salah satu cara mengatasi anak SMP malas sekolah adalah memberikan nasehat dan motivasi untuk anak yang malas belajar di sekolah menjadi semangat belajar di sekolah.

Seorang anak yang rajin belajar sangat berbeda dengan anak yang malas belajar di sekolah. Seorang anak mesti belajar untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan hidup anda. Belajar juga akan membuat anda lebih pintar atau lebih ahli dalam melakukan sesuatu hal.

Belajar akan membuat seorang pelajar lebih siap dalam menghadapi tantangan di masa depan. Namun jika anda mendapatkan buah hati tanda-tanda malas sekolah dan malas belajar maka anda sebagai orangtua yang paling bertanggungjawab.

Oleh sebab itu, untuk cara mengatasi anak SMP malas belajar dan sekolah maka anda anda bisa memberi saran dan sugesti yang baik pada anak.

cara mengatasi anak SMP malas sekolah

Salah satu sugesti yang perlu diberikan pada seorang anak yang malas sekolah adalah sugesti nasehat agar anak rajin belajar.  Dengan pemberian sugesti ini, akan memberikan semangat dan dorongan kuat pada anak menjadi lebih semangat sekolah dan belajar. Sekolah dan belajar adalah akan jadi sebuah kegiatan yang menyenangkan.

Sejumlah pakar pengembangan diri dan motivator memberikan pengertian pentingnya cara mengatasi seorang anak SMP malas sekolah. Antara lain dengan melakukan sugesti-sugesti pikiran yang positif. Karena apa yang seseorang lakukan adalah buah dari pikiran-pikirannya.

Dengan menanamkan pikiran-pikiran yang positif maka akan bisa memacu dan merubah anak menjadi lebih giat dan semangat lagi sekolah dan belajar.  Memberikan sugesti positif pada anak agar rajin belajar merupakan salah satu cara mengatasi anak SMP malas sekolah.