Cara mengatasi kenakalan remaja  tidak bisa kita lakukan hanya dengan satu cara. Kita mesti fleksibel dan dengan melalui berbagai cara yang komprehensif. Masalah kenakalan pada anak usia remaja bukanlah hal sepele namun cukup rumit dan kompleks. Tak sedikit orang tua yang kewalahan dalam menghadapi dan mengatasi persoalan yang satu ini.

Begitu dalam menemukan solusi yang tepat tidak bisa dilakukan satu pihak saja, yaitu orang tua. Namun persoalan ini memerlukan penanganan dari berbagai pihak, dari masyarakat, sekolah, komunitas, maupun pemerintah. Masalah kenakalan pada anak usia remaja bisa diatasi dengan melalui pendekatan yang tepat dan menyeluruh. Baik dengan pendekatan  budaya, agama, dan wilayah sesuai kondisi lingkungan setempat.

Setiap orang pastinya mengalami fase remaja sebelum memasuki masa dewasa. Pada fase ini terjadi proses pembentukan karakter yang akan semakin kuat pada usia dewasa. Jika pada tahap remaja timbul kenakalan atau sifat pemberontakan karena pada fase ini seorang sedang dalam proses mencari jati dirinya agar bisa diakui oleh masyarakatnya.

Namun dalam proses pencarian jati diri ini seseorang bisa saja mengarah ke hal negatif maupun positif. Contoh hal negatif adalah yang disebut kenakalan remaja. Ini merupakan sebuah perilaku atau perbuatan yang terlarang, baik secara norma, agama, maupun hokum yang berlaku dalam masyarakat.

penyebab kenakalan remaja

Namun secara umum kenakalan remaja biasanya mereka lakukan secara berkelompok. Seperti dengan mengajak teman sebaya atau kelompoknya. Contoh paling konkret adalah dalam bentuk tawuran antar pelajar, perusakan lingkungan sekitar, sampai perbuatan yang menjurus pada tindakan kejahatan.

Untuk menghadapi maupun cara mengatasi kenakalan remaja tentunya harus dimulai dari lingkungan keluarga. Sebuah riset menujukkan adanya korelasi yang sangat kuat antara kehidupan keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang dengan tingkat kenakalan remaja.

Seorang remaja yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang harmonis dan penuh kasih sayang sangat jarang anaknya terlibat dalam suatu kenakalan remaja. Sebaliknya, kebanyakan remaja yang sering melakukan perbuatan buruk  umumnya berasal dai keluarga broken home atau tidak harmonis dan kurang kasih sayang.

Seorang remaja yang melakukan bentuk kenakalan sangat mungkin sebagai bentuk kekecewaannya terhadap orang-orang yang berada di sekitarnya, seperti keluarganya. Mungkin juga orang tuanya seperti ayahnya pernah atau melakukan suatu bentuk kejahatan yang membuat anak mengikuti jejak ayahnya.

Baca juga Menghadapi Anak Membantah dan Cara Mendidiknya

Dalam hal ini orang tua harus memberikan contoh teladan yang baik. Jangan sampai melakukan perbuatan yang melanggar norma agama dan hukum. Karena perilaku buruk orang tua bisa membuat anak melakukan hal sama atau bahkan lebih buruk lagi. Karena orang tua akan menjadi cermin anak berperilaku.

Pendek kata, cara mengatasi kenakalan remaja tidak dapat dilakukan dengan hanya satu cara. Namun mesti dilakukan dengan berbagai macam cara. Disebabkan begitu kompleks penyebab timbulnya kenakalan remaja.  Dengan satu cara belum tentu efektif hingga harus dilakukan dengan berbagai cara yang terbukti dapat mengurangi atau mencegah terjadinya kenakalan pada remaja.

Faktor Penyebab Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja menjadi topik yang sering diperbincangkan banyak orang. Baik masyarakat biasa sampai kalangan akademisi. Dalam berbagai forum, diskusi, seminar maupun workshop sering diadakan pertemuan untuk membahas solusi terhadap masalah kenakalan remaja.

Di Indonesia sendiri tingkat kenakalan remajanya cukup tinggi dibandingkan dengan negara lain di dunia. Contoh kenakalan remaja yang sering kita saksikan adalah tawuran antar remaja dan pelajar, perbuatan asusila, sampai melakukan tindakan kriminil seperti pembunuhan, pencurian, dan perampokan.

kenakalan remaja

Di tengah angka kenakalan remaja yang sangat tinggi tersebut tentunya menimbulkan sebuah pertanyaan bagaimana cara mengatasi kenakalan remaja tersebut?

Untuk mengatasi kenakalan remaja bukan hal mudah. Kita perlu mengetahui terlebih dahulu factor penyebab kenakalan remaja. Berdasarkan sejumlah penelitian, fenomena kenakalan remaja disebabkan oleh tiga hal berikut ini.

1.Faktor Lingkungan Yang Salah

Seorang anak yang hidup dalam lingkungan keluarga yang penuh dengan kekerasàn akan menciptakan remaja yang penuh kekerasan misalkan suka tawuran dan berkelahi.

Di sinilah peran penting rumah tangga sekaligus ibu sebagai madrasah pertama bagi seorang anak. Anak yang dididik penuh kasih sayang dan religius akan menciptakan generasi muda yang penuh ketakwaan dan sikap mulia dan jauh dari kenakalan remaja.

2.Faktor Hubungan Teman

Faktor teman atau lingkungan turut serta menjadi penyebab pencetus kenakalan remaja. Pada masa remaja merupakan fase penting bagi seorang anak yang tengah mencari jati dirinya. Pada saat ini seorang remaja suka berkumpul dengan teman-temannya dalam mencari jati dirinya. Jika ia berteman dengan orang baik maka ia akan jadi orang baik dan jauh dari kenakalan remaja.

Sebaliknya jika ia bergaul dengan teman-temannya yang suka melakukan kenakalan remaja maka ia akan ikut membentuk diri terbawa sebagai remaja yang nakal seperti temannya. Hal tersebut diingatkan oleh sebuah petuah  bijak jika seseorang bergaul dengan pedagang parfum maka ia akan ikut harum. Jika ia bergaul dengan orang jahat maka ia akan ikut terbawa jahat.

penyebab kenakalan remaja 2

Dalam arti, setiap orang tua harus mengawasi teman-teman anaknya. Jangan sampai anaknya bergaul dengan remaja yang jahat dan nakal yang bisa menyeret anaknya melakukan hal yang sama. Di sinilah peran penting keluarga untuk memberikan bimbingan pada anaknya untuk memilih teman dari kalangan orang yang baik-baik saja.

3.Faktor Keluarga

Salah satu ayat dalam kitab suci Al Quran berbunyi : “Jagalah kamu dan keluarga kamu dari api neraka. “ Ayat ini menegaskan agar setiap orang tua mesti membimbing anaknya agar berada di jalan kebaikan dan ketakwaaan. Seorang anggota keluarga tak boleh baik atau soleh  sendiri tapi ia harus mengajak anggota keluarga nya untuk soleh pula.

Cara Mengatasi Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja merupakan bagian dari permasalahan yang sering dihadapi oleh bangsa Indonesia. Selain dikenal sebagai negara yang mempunyai banyak remaja yang berprestasi, Indonesia juga memiliki kasus kenakalan remaja yang tidak sedikit. Budaya tawuran masih melekat kuat pada  kalangan remaja dan pelajar di Indonesia. Permasalahan kenakalan remaja tersebut belum bisa kita atasi secara baik hingga saat ini.

Baca juga Cara Mengatasi Anak Yang Suka Berbohong

Perilaku kenakalan remaja telah menimbulkan banyak korban, baik yang luka-luka sampai meninggal dunia. Yang menjadi resah akibat kenakalan remaja itu adalah orang tua, pihak sekolah, dan masyarakat.

Cara mengatasi kenakalan remaja tentunya tidak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak saja. Persoalan ini mesti menjadi keprihatinan bersama dan melibatkan banyak pihak untuk mengatasinya. Baik dari kalangan orang tua, pihak sekolah, masyarakat, maupun aparat pemerintah.

cara mengatasi kenakalan remaja

Kenakalan remaja akan membuat orang tua marah dan kecewa. Anak remaja pada umumnya melakukan berbagai hal yang bisa bersifat negatif dan positif. Namun yang paling banyak menjadi keprihatinan tentunya adalah perilaku menyimpang yang destruktif, seperti remaja yang suka melawan orang tua sampai melakukan pelanggaran hukum.

Jika anda mendapatkan buah hati anda yang sedang dalam usia remaja melakukan perilaku menyimpang, maka sebagai orang tua Anda harus memperingatkannya. Jangan sampai anak dibiarkan berlarut-larut melakukan perbuatan buruk atau kenakalan skala berat yang mengarah pada perbuatan kriminal.

Pada masa remaja umumnya merupakan tahap usia seseorang ingin meraih kebebasan. Ada banyak hal yang membuat seorang remaja penasaran. Hal itu kalau tidak dibimbing dengan baik oleh orang tua bisa berakibat pada merugikan remaja tersebut.

Hal yang paling umum dilakukan olah aparat penegak hukum yang mendapatkan seorang remaja melakukan kenakalan remaja adalah menangkapnya dan memperingatkannya. Kemudian untuk membuat jera maka mereka memanggil orang tua dari anak remaja tersebut.

Maka yang paling malu dari tindakan kenakalan remaja tersebut adalah orang tua dan keluarga dari remaja tersebut. Apalagi jika sang anak melakukan kenakalan remaja sampai ke soal pidana maka ia bisa saja dihukum penjara dengan kelas sel anak-anak.

Ha yang perlu dirisaukan adalah seorang remaja yang melakukan tindakan kenakalan remaja kalau dibiarkan terus menerus maka saat ketika ia dewasa bisa melakukan kenakalan yang lebih berat lagi. Misalkan pencurian atau perusakan atau tawuran. Berikut ini cara mengatasi kenakalan remaja, antara lain:

1.Pendekatan Agama

Semua kenakalan remaja itu bisa diatasi dengan baik melalui pendekatan keagamaan. Misalkan memberikan pelajaran agama Islam tentang kasih sayang. Barangsiapa yang tidak mengasihi manusia di muka bumi  maka ia tidak akan dikasihi oleh penghuni langit.

Kenakalan remaja akan terus berlanjut jika orang tua membiarkan tindakan anaknya tersebut yang disebut nakal.

2.Bimbingan yang Baik

Untuk mengatasi kenakalan pada anak remaja maka orang tua tidak boleh membiarkannya. Orang tua harus tegas dan memberikan peringatan pada anak remajanya itu. Tanamkanlah sikap-sikap baik dan mulia. Misalkan anak anda terindikasi melakukan pergaulan bebas maka anda bisa memperingatkan dan memberi pengarahan. Hal itu lebih baik ketimbang anda sebagai orang tua membiarkannya.

Lihat juga Mengapa Anak Melawan Orang Tua? Ini Alasannya!

Pengarahan dan bimbingan orang tua pada anaknya yang melakukan kenakalan remaja bisa berupa memberikan pengertian terhadap bahaya-bahaya melakukan perbuatan kenakalan anak remaja. Misalkan bahaya pergaulan bebas, bimbingan pengarahan bahaya rokok, minuman keras, narkoba dan lain-lain.

cara mengatasi kenakalan remaja

Yang menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja ada dua segi yakni segi internal yakni berupa rasa ingin tahu seorang remaja yang alami. Kemudian faktor lingkungan. Rasa ingin tahu anak remaja ini kalau tidak dikelola secara baik membuat terjadinya kenakalan remaja.

Dalam hal ini yang cukup membantu mengatasi kenakalan remaja adalah penjelasan dari orang tua dan pihak aparat pemerintah tentang bahaya melakukan perbuatan kenakalan remaja. Misalkan aparat kepolisian yang memberikan sosialisasi bahaya narkoba kepada setiap murid sekolah di setiap lembaga pendidikan dari jenjang SMP sampai SMA.

Cara Mencegah Kenakalan Remaja

Kenakalan yang terjadi pada anak remaja adalah suatu hal yang miris. Kalau hal itu terjadi maka kita bisa mengatasinya dengan cara di atas. Namun alangkah lebih baiknya sebelum itu terjadi maka kita mencegahnya. Mencegah terjadinya kenakalan remaja lebih baik ketimbang mengatasi kenakalan remaja yang sudah terjadi.

Lihat juga Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget dan Tandanya

Selain dengan cara mengatasi kenakalan remaja, berikut ini beberapa langkah pencegahan terjadinya kenakalan remaja yang sebaiknya orang tua pahami.

1.Memberikan Suri Teladan yang Baik

Sebagai orang tua mesti memberikan suri teladan yang baik bagi buah hatinya. Apalagi anak yang sedang menginjak remaja. Pada masa remaja seorang anak membutuhkan figur teladan yang baik. Dengan orang tuanya bersikap baik dan jauh dari perbuatan tercela dan jahat maka sang anak akan mengikuti jejak orang tuanya. Misalkan orang tua tidak merokok, tak minum minuman keras dll. Contoh baik akan membuat anak remaja mengikuti perbuatan baik orang tuanya itu.

2.Bergaul Dengan Teman yang Baik

Teman memegang peranan penting bagi kehidupan seseorang. Seorang ahli hikmah berkata jika kalian ingin mengetahui seseorang maka lihatlah siapa teman-temannya. Jika seorang anak remaja bergaul dengan orang-orang baik dan soleh maka ia akan terbawa menjadi pribadi yang baik dan soleh.

masalah kenakalan remaja

Sebaliknya jika seorang anak remaja bergaul dengan teman-temannya yang suka nakal maka ia akan ikut nakal. Orang tua harus memberikan bimbingan pada anaknya demikian supaya dapat memilih teman yang baik baginya dan menjauhi teman yang buruk dan jahat baginya.

3.Lakukan Pemantauan Kegiatan Anak Sehari-hari

Untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja pada anak anda maka anda mesti melakukan pengawasan terhadap kegiatan anak sehari-hari di sekolah maupun selepas sekolah. Anda bisa melakukan penyadapan aplikasi whatsapp anak dengan whatsapp web untuk mengetahui siapa teman-temannya dan apa saja yang dibicarakannya di aplikasi whatsapp atau sms maupun telepon.

Jika sang anak terindikasi hendak melakukan kenakalan remaja maka anda bisa mencegahnya dan memberikan pengarahan yang baik. Semua itu merupakan bagian dari pencegahan sekaligus cara mengatasi kenakalan remaja yang bisa kita lakukan.