Cara menghilangkan rasa malas sekolah merupakan hal yang penting dilakukan oleh seorang pelajar saat bersekolah. Hal tersebut bertujuan agar proses pembelajaran di sekolah formal dapat tetap dan terus berlangsung secara baik dan konsisten.  Namun ada beberapa faktor secara internal maupun eksternal yang seringkali timbul dan membuat seorang pelajar malas untuk bersekolah.

Pengertian rasa malas sekolah adalah rasa enggan untuk menuntut ilmu di lingkungan sekolah formal. Hal tersebut tentu sangat wajar jika rasa malas tersebut hanya muncul sesaat karena faktor keadaan tertentu.

Akan tetapi sebagai seorang murid yang baik, rasa malas sekolah harus dihilangkan. Cara menghilangkan rasa malas sangat mudah yaitu  diawali dengan anda mesti bertekad kuat dan berkomitmen untuk menghilangkan rasa malas.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Sekolah

Rasa malas adalah sebuah  perbuatan dan sikap yang tidak terpuji. Sikap buruk tersebut sangat tercela yang akan menghambat seseorang untuk maju dan sukses. Lantas bagaimana cara menghilangkan rasa malas sekolah?

apa yang membuat kita malas belajar

Pada sebuah hadis Rasulullah SAW senantiasa berdoa: “Ya Allah jauhkanlah aku dari rasa malas”. Dalam doanya tersebut secara tak langsung  intinya mengajak kepada seluruh umat Islam agar dapat menjauhi sikap dan rasa malas termasuk rasa malas dalam belajar atau sekolah.

Apa yang anda dapatkan dari bersikap malas? Tentu saja tidak ada manfaat dan setitik pun dari manfaat bersikap malas. Yang ada hanyalah penyesalan dan kemunduran. Di saat orang lain telah melaju dan berkembang maka orang yang malas sekolah tidak berkembang apapun dalam karir dan pendidikan serta kehidupannnya secara umum.

Malas pergi ke  sekolah sangat berbahaya jika dialami oleh seorang pelajar. Rasa malas tersebut akan membuat pelajar tidak belajar lagi sama sekali di sekolah. Padahal belajar di sekolah sangat penting bagi perkembangan dan nasib anda anak sendiri di masa mendatang.

Sebuah survey menunjukkan bahwa tingkat pendidikan anak sebanding dengan kesejahteraan anak di masa depan. Semakin tinggi pendidikan anak akan semakin sejahtera anak. Oleh sebab itu, bagi seorang anak yang menginginkan kehidupan yang lebih baik mesti  menghilangkan rasa malas untuk belajar dan sekolah.

Cara menghilangkan rasa malas sekolah dapat dilakukan dengan beberapa cara yang benar-benar efektif. Cara ini akan menjadikan anda yang asalnya malas pergi berangkat ke sekolah menjadi rajin sekolah dan rajin belajar.

Apa Yang Membuat Kita Malas Belajar?

Tahukah kalian apa yang membuat kita malas belajar? Belajar merupakan kewajiban dan  tugas pelajar sehari-hari. Tidak ada tugas dan pekerjaan seorang pelajar kecuali belajar setiap hari. Waktu belajar harus dimanfaatkan oleh seorang pelajar secara baik.

Akan tetapi, seringkali sebagian besar pelajar memilih belajar secara sungguh sungguh manakala menjelang ulangan atau ujian sekolah. Hal tersebut dikenal dengan sistem kebut semalam atau sistem yang dikenal sebagai SKS.

Apakah efektif belajar dengan sistem kebut semalam?  Tentunya berdasarkan pengalaman dan fakta yang ada,  belajar dengan sistem kebut semalam atau SKS sangat tak efektif. Karena pembelajaran hanya waktu sesaat atau pada hari itu saja. Padahal proses pembelajaran adalah hal yang dilakukan sepanjang hidup manusia atau selamanya secara berkepanjangan.

Belajar dengan cara kebut semalam tidak akan membuat pemahaman yang baik atas mata pelajaran yang dipelajari dengan baik. Cara  belajar yang efektif adalah belajar setiap hari atas apa yang diajarkan di sekolah.

Kenapa Orang Malas Sekolah?

Sebenarnya kenapa orang malas sekolah? Setiap orang yang malas sekolah umumnya mempunyai alasan masing-masing yang membuatnya enggan untuk bersekolah.  Adapun alasannya yang tahu adalah dari orang tersebut. Namun berdasarkan pengalaman, rasa malas sekolah umumnya disebabkan faktor internal dan eksternal.

Untuk faktor internal adalah dari perasaan dari diri sendiri.  Misalkan mengalami kebosanan dan kejenuhan dalam belajar di sekolah atau karena libur sekolah yang terlalu lama. Sedangkan faktor dari luar adalah faktor bisikan buruk dari orang jahat yang kasat mata maupun tak kasat mata.

ngilangin rasa malas gimana

Sebelum membahas cara menghilangkan rasa malas sekolah, berikut ini beberapa alasan kenapa orang malas sekolah yang sebaiknya kalian ketahui.

1.Jauh letak sekolah

Dengan seorang pelajar yang harus menempuh jarak perjalanan jauh untuk sampai tiba di sekolah terkadang membuat timbul rasa malas sekolah. Disebabkan rasa capek langsung dirasakan saat tiba di sekolah.

2.Guru yang tidak disukai dan banyak aturan di sekolah

Faktor berikutnya yang sering membuat seseorang malas bersekolah adalah adanya guru yang tidak disukainya. Disamping itu, aturan sekolah seringkali dianggap merenggut kebebasan seorang pelajar yang membuatnya tak nyaman sehingga malas untuk berangkat ke sekolah dengan banyak peraturan yang diterapkan.

3.Mata pelajaran yang sulit

Hal berikutnya yang menjadikan orang malas sekolah adalah mata pelajaran yang diajarkan di bangku sekolah mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Sehingga membutuhkan ekstra kerja keras dan fokus dalam memahaminya secara baik.

4.Tidak mengetahui manfaat bersekolah

Terakhir, yang menjadi penyebab seseorang malas sekolah adalah tidak mengetahui manfaat bersekolah. Dengan tidak mengetahui manfaat yang kuat dalam bersekolah maka ketika ada rasa malas sekolah maka rasa itu akan tetap ada dalam jangka waktu panjang.  Untuk cara menghilangkan rasa malas sekolah seperti ini adalah dengan cara mengetahui manfaat-manfaat  dari bersekolah.

5.Tidak sesuai minat

Faktor  selanjutnya yang membuat orang malas sekolah adalah faktor apa yang dipelajarinya di sekolah tidak sesuai dengan bakat dan minatnya. Apa yang dipelajari di bangku sekolah seperti tidak ada manfaat baginya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga rasa malas timbul bukan hanya malas pergi berangkat  ke sekolah. Tapi juga  rasa malas belajar mempelajari apa yang diajarkan pada bangku sekolah.

6.Monoton

Alasan kenapa orang malas pergi ke sekolah lainnya adalah kegiatan bersekolah adalah kegiatan yang monoton dan tak menyenangkan. Rutinitas setiap hari berangkat pagi ke sekolah dan pulang siang hari ke rumah merupakan aktifitas yang sangat membosankan yang membuat rasa malas bersekolah.

Oleh sebab itu, untuk menghilangkan kebosanan dalam bersekolah maka seorang pelajar harus mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk menciptaklan kondisi belajar di sekolah menjadi sangat menyenangkan dan tak menjenuhkan.

Bagaimana Agar Tidak Malas Sekolah?

Lantas bagaimana agar tidak malas sekolah? Setiap pelajar pastinya pernah merasakan yang namanya malas sekolah pada berbagai tingkatan. Seperti TK, SD, SMP, SMA, SMK, maupun pada perguruan tinggi.

cara menghilangkan rasa malas sekolah

Rasa malas sekolah tersebut tak penting. Namun yang lebih penting adalah bagaimana anda menyikapi rasa malas sekolah. Salah satunya fokus dalam upaya dan cara menghilangkan rasa malas sekolah.

Untuk mengatasi  bagaimana cara agar anda tidak malas sekolah adalah dengan mengetahui beberapa penyebab yang membuat anda malas sekolah. Salah satunya adalah anggapan yang keliru bahwa bersekolah adalah kegiatan rutin yang membosankan. Berangkat pergi ke sekolah pada pagi hari dan pulang ke rumah pada waktu siang hari. Kegiatan tersebut terasa sangat monoton hingga mengakibatkan kejenuhan dan rasa malas untuk bersekolah.

Adanya rasa malas untuk bersekolah diakibatkan oleh perspektif keliru  anda bahwa bersekolah adalah kegiatan yang membosankan. Semua itu harus disingkirkan dengan menjadikan kegiatan bersekolah menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menantang serta mengasyikkan.

Rasa malas sekolah yang dialami oleh seorang pelajar tidak boleh berlarut-larut hingga memakan waktu yang sangat lama. Karena dampaknya akan sangat buruk bagi kehidupan pelajar tersebut dari segi prestasi akademik dan masa depan pelajar serta sosialisasi dengan teman-teman dalam lingkungan sekolah.

Rasa malas sekolah ataupun belajar yang terlalu lama dialami oleh pelajar akan membuat kita menjadi sangat nyaman untuk tidak pergi ke sekolah. Hal tersebut akan membuat kita bisa tidak sekolah lagi selamanya. Padahal sudah menjadi kewajiban pelajar untuk terus belajar sepanjang hidupnya.

Dalam ajaran agama Islam pun belajar menjadi kewaijban setiap orang muslim dan muslimat yang sudah dewasa. Hukum meninggalkan kegiatan belajar atau sekolah adalah berdosa. Kewajiban tersebut berlaku bagi setiap orang.

Sehingga ayat Al Qur’an pertama yang turun dari langit adalah Iqra yang artinya bacalah. Dalam arti, agama Islam menyuruh penganutnya untuk bisa pandai dan cerdas dalam segi keilmuan. Salah satu jalannnya dengan cara belajar di sekolah.

Bagaimana cara agar tidak malas sekolah adalah dengan melihat sesuatu hal yang menarik dari bersekolah. Seperti mendapatkan banyak teman yang seru dan menyenangkan dengan berbagai karakter.

Disamping itu,untuk cara agar tidak malas bersekolah adalah dengan cara menghilangkan rasa malas sekolah. Salah satunya menghilangkan perspektif buruk tentang sekolah. Lalu menggantinya dengan perspektif baru tentang bersekolah dengan yang jauh  lebih baik dan  menarik.

Ngilangin Rasa Malas Gimana?

Hal yang paling umum banyak ditanyakan oleh setiap orang adalah ngilangin rasa malas gimana? Perlu diketahui dulu, adanya rasa malas berasal dari faktor internal dari dalam sikap dan pikiran diri sendiri.

Selain itu juga dipengaruhi oleh faktor eksternal atau lingkungan luar sekolah. Misalkan ajakan atau pengaruh teman yang buruk atau malas. Berikut ini beberapa cara ngilangin asa malas maupun cara menghilangkan rasa malas sekolah yang bisa kalian lakukan.

1.Mengetahui dampak buruk mempunyai rasa malas

Salah satu cara menghilangkan rasa malas sekolah adalah dengan mengetahui beberapa dampak atau efek buruk dari rasa malas yang diderita orang. Anda bisa membayangkan kondisi terburuk jika anda membiarkan rasa malas berlarut-larut dalam sikap dan pikiran anda. Misalkan saja tidak naik kelas. Hal tersebut akan  memicu anda untuk bersikap tidak malas lagi.

kenapa orang malas sekolah

2.Nilai ulangan dan ujian sekolah yang jelek

Rasa malas pun akan berdampak pada nilai ulangan dan nilai ujian yang akan anda dapatkan menjadi buruk. Hal itu disebabkan anda tidak bisa menjawab semua soal ujian dan ulangan dengan tepat.

Anda tidak mempersiapkan sebelumnya dengan baik menghadapi ujian dan ulangan sekolah disebabkan rasa malas. Pada akhirnya nilai ujian dan ulangan yang rendah akibat rasa malas yang diderita berkepanjangan. Karena itu pentingnya resolusi anak sekolah untuk selalu bersemangat mengejar ilmu.

3.Tidak berkembang dan maju

Dampak buruk lainnya dari malas sekolah adalah anda tidak akan mengalami kemajuan dalam berpikir dan bertindak.  Anda hanya mempunyai pemikiran yang terbatas.

Itulah dampak negatif dari rasa malas sekolah. Dengan mengetahui dampak paling buruk adanya rasa malas akan membuat kita terpicu  untuk melakukan cara menghilangkan rasa malas sekolah secara lebih efektif.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Sekolah

Dengan mengetahui apa-apa yang membuat anda  malas dalam sekolah dan belajar maka anda akan terpacu untuk berusaha menghilangkan rasa malas tersebut yang tak berguna.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan rasa malas sekolah yang dapat kalian lakukan.

1.Belajar atas suatu hal yang anda sukai

Untuk mengatasi dan cara menghilangkan rasa malas sekolah, anda bisa memulainya dari hal kecil. Seperti dengan belajar atas apa yang anda sukai. Rasa suka atas apa yang anda pelajari akan membuat rasa malas dalam belajar atau sekolah akan hilang dengan sendirinya dan berganti dengan rasa semangat belajar atau sekolah.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa seseorang yang belajar dengan menyukai apa yang dipelajarinya di sekolah akan jauh lebih pandai.

2.Belajar di tempat yang nyaman

Tips berikutnya cara menghilangkan rasa malas sekolah adalah dengan mencari lingkungan sekolah yang sangat nyaman dalam belajar. Sesekali anda diperbolehkan untuk melakukan jeda istirahat saat mengalami kelelahan dalam belajar. Karena setiap pelajar membutuhkan waktu jeda istirahat walau hanya sebentar agar badan kembali fit.

bagaimana agar tidak malas sekolah

3.Konsentrasi pada tujuan dan target

Yang tak kalah penting dalam cara menghilangkan rasa malas sekolah adalah bersikap fokus pada kegiatan sekolah dan mengetahui target-target apa saja yang harus dicapai dari kegiatan bersekolah tersebut. Kalau hal tersebut dilakukan niscaya anda akan semangat dalam belajar dan pergi berangkat ke sekolah.

Demikianlah beberapa tips dan cara menghilangkan rasa malas sekolah yang bisa dilakukan pelajar. Dengan mengenal faktor penyebab maupun dampak sikap buruk ini semoga kita selalu bersemangat dalam menuntut ilmu untuk masa depan yang lebih baik. Untuk itu kalian bisa mengikuti les privat untuk meraih prestasi yang terbaik.