Cerita pendek tentang liburan sekolah menjadi salah satu tugas yang sering diberikan oleh seorang guru Bahasa Indonesia kepada murid-muridnya di sekolah. Hal ini sangat berguna bagi setiap murid untuk mengasah dan meningkatkan keterampilan dalam menulis cerita secara baik dan benar berdasarkan pengalamannya.

Setiap siswa yang mengalami masa libur sekolah tentu mempunyai kegiatannya masing-masing. Yang paling umum adalah memilih berekreasi. Dari kegiatan liburan tersebut akan memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada setiap murid.

Apalagi saat memasuki masa liburan panjang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pelajar dalam mengisi masa liburan yang panjang tersebut. Seperti berwisata ke objek wisata yang unik dan menarik.

Disamping itu, dalam mengisi liburan siswa dapat memilih liburan di kampung . Ada banyak hal yang bisa diceritakan oleh seorang pelajar dalam mengisi waktu libur panjangnya di kampung. Misalkan bermain, belajar bersama, piknik dan lain-lain. Semua itu dapat diceritakan dalam bentuk cerita pendek (cerpen).

Ketika masa liburan sekolah telah berakhir maka setiap murid segera beraktifitas bersekolah kembali secara normal. Setiap pagi secara rutin berangkat ke sekolah untuk menuntut ilmu.

cerita pengalaman liburan singkat

Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, saat masa liburan panjang telah berakhir, biasanya guru memberikan tugas kepada para siswa. Seperti tugas menuliskan cerita pengalaman aktivitas liburan di rumah dalam bentuk cerpen.

Hal tersebut sudah menjadi tradisi turun temurun. Kegiatan menulis cerita pendek tentang liburan sekolah sangat bermanfaat bagi siswa siswi dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa secara tulisan dan lisan secara baik.

Cerpen topik liburan sekolah itu sendiri adalah suatu singkatan dari cerita pendek yang mengutarakan tentang sebuah cerita bertemakan liburan sekolah.  Sama seperti cerita pada umumnya pada cerpen terdapat unsur penokohan, tema cerita, konflik, ending cerita dan lain sebagainya.

Cerita Pendek Tentang Liburan Sekolah

Cerita pendek tentang liburan sekolah yang dijadikan tugas sekolah menjadi suatu tantangan bagi setiap pelajar untuk mengerjakannya.  Cara menulis cerpen dengan tema liburan sekolah sangat mudah dikerjakan. Kamu tinggal menulis apa saja yang kamu alami dan lakukan pada saat mengisi liburan sekolah tersebut.

Tentu dalam menulis cerita pendek tentang liburan sekolah menggunakan Bahasa Indonesia yang baku. Kamu juga mesti menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai kaidah Ejaan Yang Disempurnakan.

Liburan sekolah adalah saat yang paling menyenangkan bagi setiap murid. Karena pada masa ini setiap murid beristirahat sejenak  dari rutinitas bersekolah. Sekolah sementara waktu diliburkan dalam waktu yang telah ditentukan.

Adapun waktu liburan paling singkat yang secara berkala bagi pelajar  adalah hari Minggu. Namun disamping hari Minggu terdapat juga waktu liburan bagi anak atau pelajar. Misalkan liburan pada waktu sesudah kenaikan kelas, libur setelah ujian akhir semester dan lain-lain.

Berbeda dengan cerita fabel, dalam menuliskan cerita pendek tentang liburan sekolah secara mudah bisa melihat contohnya terlebih dahulu. Di media internet sangat banyak contoh cerpen yang berisi  berkaitan liburan sekolah anak. Kamu bisa melihat contohnya dan membuat cerita kamu sendiri yang jauh lebih unik dan menarik.

Namun dalam pembuatan cerita pendek tentang liburan sekolah, kamu mesti menguasai majas atau gaya bahasa pada bahasa Indonesia. Karena sebagian besar karya sastra seperti cerpen menggunakan majas. Seperti majas hiperbola, majas personifikasi, dan lain-lain.

Dengan penggunaan beberapa majas pada cerita pendek yang tepat akan membuat jalan cerita cerpen menjadi sangat berisi, seru dan penuh keindahan. Disamping itu, pembuatan cerita pendek tentang liburan sekolah mesti memperhatikan faktor penggunaan tanda baca yang baik dan benar. Seperti penggunaan tanda koma atau titik pada kalimat di tempat yang tepat.

Cerita Liburan Sekolah di Rumah

Dalam mengisi waktu liburan sekolah terdapat dua cara yang dapat dilakukan oleh para siswa. Misalkan mengisi kegiatan libur sekolah dengan berbagai kegiatan positif di dalam rumah. Seperti membantu ibu memasak di dapur, membantu ibu membersihkan rumah, maupun membantu ayah mencuci sepeda motornya.

contoh cerita tentang liburan sekolah

Sebagian siswa umumnya lebih menyenangi waktu liburan sekolah panjang dengan mengisinya berwisata ke objek wisata yang disukainya. Namun karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai ditambah biaya wisata yang tinggi membuat pilihan liburan sekolah dengan menghabiskan waktu di rumah adalah pilihan yang tepat. Karena ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh pelajar untuk mengisi waktu libur sekolahnya.

Salah satu hal yang  bisa dilakukan oleh seorang pelajar TK, SD, SMP maupun SMA dalam mengisi waktu liburan sekolah yang panjang adalah dengan membantu ibu di rumah. Pekerjaan seorang ibu  rumah tangga di rumah sangat banyak. Seperti mencuci piring, gelas, mencuci pakaian, menyapu lantai rumah, mengepel lantai dan memasak di dapur. Semua itu jenis pekerjaan rutin yang setiap hari dilakukannya.

Namun bagi seorang pelajar yang sedang libur sekolah dalam waktu yang panjang maka tak ada salahnnya memilih liburan sekolah di rumah dengan membantu ibu. Seperti membantu ibu memasak di dapur. Dengan cara ini seorang pelajar akan mempunyai hubungan yang lebih dekat dengan ibunya dan juga dapat meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan pelajar bersangkutan.

Untuk mengisi waktu liburan sekolah tidak perlu menghabiskan uang yang banyak. Seorang pelajar dapat memilih liburan di rumah dengan membantu ibu memasak di dapur. Ada banyak resep masakan yang dapat pelajar buat. Seperti resep makanan ringan, resep kue kering dan basah yang lezat dan murah.

Disamping itu, terdapat berbagai kegiatan yang seru dan menyenangkan lainnya yang dapat dikerjakan oleh seorang anak dalam mengisi waktu liburan di rumah. Seperti belajar bareng teman-teman sebaya, belajar berhitung, belajar membaca, belajar membuat aneka kerajinan dari limbah kayu, kertas, plastik dan lain-lain.

Kemudian pengalaman anak dalam mengisi waktu liburan sekolah tersebut dapat dituangkan oleh seorang anak dalam bentuk cerpen atau cerita pendek tentang liburan sekolah. Cerpen berupa cerita liburan sekolah di rumah tersebut tentu tidak dibuat secara sembarangan. Tapi berdasarkan fakta yang menarik sebagai bagian dari tugas sekolah ataupun menyalurkan  bakat dan kreativitas anak dalam hobi menulis.

Cerita Pengalaman Liburan Singkat

Setiap orang tentu memiliki pengalamannya masing-masing. Hal tersebut umumnya berdasarkan profesi dan aktifitas yang dijalaninya. Misalkan bagi seorang pelajar akan mempunyai banyak pengalaman terkait proses menuntut ilmu di sekolah. Dari mulai jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA sampai universitas. Semua pengalaman belajar tersebut dapat dituangkan dalam bentuk cerita pendek tentang liburan sekolah.

Pengalaman berkesan lainnya yang dimiliki oleh seorang pelajar adalah pengalamannya dalam mengisi waktu liburan sekolah dengan aneka kegiatan bermain yang seru dan mendidik. Untuk mengabadikan momen tersebut biasanya dengan merekam video atau memotret gambarnya pada ponsel pintar.

cerita pendek tentang liburan sekolah

Cerita pengalaman liburan singkat di rumah maupun luar rumah dapat diceritakan oleh seorang pelajar kepada teman-teman kelasnya maupun teman bermainnya. Hal tersebut tentu akan lebih seru dan menarik serta menginspirasi orang lain yang berada di sekelilingnya.

Contoh Cerita Tentang Liburan Sekolah

Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan seorang siswa siswi dalam menulis terkadang seorang guru Bahasa Indonesia memberikan tugas sekolah dalam bentuk mengarang cerita. Adapun tema yang diambilnya adalah kegiatan yang berhubungan dengan pelajar waktu itu. Semisal menceritakan pengalaman anak sekolah atau pelajar selama mengisi waktu liburan sekolah.

Ada banyak contoh cerita pendek tentang liburan sekolah. Berikut ini salah satu contoh cerita tentang liburan sekolah anak di rumah nenek di kampung yaitu :

Pada suatu hari, untuk mengisi liburan sekolah panjang maka saya dan orangtua memilih liburan di rumah nenek. Ada banyak kegiatan yang seru dan menyenangkan selama liburan di rumah nenek. Seperti bermain umpet di petak sawah yang berlumpur. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan memancing ikan di kolam.

cerita liburan sekolah di rumah

Selama liburan sekolah di kampung halaman itu, ada banyak kegiatan yang seru dan menyenangkan yang penulis rasakan. Salah satunya penulis berkenalan dengan teman-teman baru di kampung. Sebagian besar dari mereka berasal dari keluarga yang berada di kelas menengah ekonomi ke bawah. Orangtua mereka bermata pencaharian sebagai petani.

Beberapa saat kemudian, Ayah dan ibuku mengajak aku untuk pergi ke kebun di belakang rumah nenek. Tampak berbagai pohon buah-buahan di belakang rumah nenek yang sangat rimbun. Tampak pula buah nanas dan buah sirsak yang sudah matang. Dengan bantuan ayah, aku pun bisa memetik buah nanas dan buah sirsak.

Sehabis memetik buah-buahan tersebut, aku pun mandi. Tak lama kemudian, ayah dan ibuku menyuruh aku untuk pamit kepada nenek.  Nenek pun tersenyum bahagia ketika aku bersalaman dengan nenek dan meminta ijin pamit untuk pulang kembali ke kota. Tak lupa kemudian, nenek memberiku uang sebesar Rp 40.000. Aku pun sangat bahagia.

Tips Membuat Cerita Pendek

Berikut ini beberapa tips membuat cerita pendek tentang liburan sekolah yang bisa kalian coba lakukan.

1.Menentukan tema dan judul

Salah satu tips sukses dalam membuat cerita pendek tentang liburan sekolah adalah mengetahui terhadap tema yang akan ditulis. Kamu bisa mengetahuinya dari tema yakni liburan sekolah. Kemudian dipersempi lagi dengan membuat judul. Misalkan judul membantu ibu memasak di rumah saat liburan atau pergi liburan ke rumah nenek di desa.

2.Fokus

Setelah menentukan topik dan judul maka berikutnya kamu tinggal menulis cerpen tersebut berdasarkan pengalaman yang kamu alami. Kamu bisa menulis cerita seperti kamu sedang berbincang-bincang dengan seseorang.

tips membuat cerita pendek

Berbagai kegiatan yang tidak penting bisa kamu singkirkan sementara waktu. Hal tersebut perlu dilakuan agar kamu bisa fokus menulis sehingga kamu bisa fokus untuk menulis cerita pendek sampai selesai secepat dan sebanyak mungkin.

3.Cari referensi

Jika kamu kesulitan dalam menuliskan cerita pendek tentang liburan sekolah maka kamu bisa mencari referensi atau contoh artikel tulisan seperti itu terlebih dahulu. Sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran singkat mengenai judul yang akan dibahas serta poin apa saja yang akan disampaikan pada tulisan tersebut.

4.Tulislah cerita pendek yang baik dan benar

Berikutnya tips membuat cerpen adalah membuat cerita pendek sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan. Penggunaan tanda baca seperti titik dan koma harus dipakai dalam kalimat secara tepat.

5.Lakukan dengan santai dan menyenangkan

Terakhir, tips menulis atau membuat cerita pendek tentang liburan sekolah yang baik dan benar adalah menulis dengan santai dan menyenangkan. Sehingga kamu dapat menulis cerpen bukanlah menjadi sebuah beban dalam memenuhi tugas sekolah. Tapi menjadi  sebuah kegiatan dan kebutuhan untuk menghibur diri dan mengeluarkan unek-unek.

Demikian ulasan mengenai cerita pendek tentang liburan sekolah beserta tips mudah untuk membuatnya. Menulis cerpen bukanlah hal yang sulit jika sering kalian lakukan. Jika kalian membutuhkan layanan les privat untuk mata pelajaran sekolah, Edumaster Privat merupakan pilihan yang tepat.