Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum perlu sekali diketahui terutama bagi kamu yang hendak memilih kuliah pada jurusan ini. Hal ini akan menjadi bahan pertimbangan apakah kamu cocok memilih jurusan kuliah ini ataukah tidak. Jangan sampai kita keliru dalam mengambil jurusan kuliah di perguruan tinggi.

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum sebenarnya dapat dilihat secara kasat mata secara langsung dari penampilan luar maupun penampilan di dalam diri seseorang. Ada beragam pilihan jurusan yang bisa dipilih oleh seseorang. Salah satunya jurusan hukum.

Secara umum dalam menentukan jurusan kuliah adalah memilih jurusan berdasarkan hobi dan minat yang dimiliki. Disamping itu juga, dalam memilih jurusan kuliah juga mesti melihat prospek kerja dari jurusan kuliah tersebut.

Cara memilih jurusan kuliah tidak bisa sembarangan. Namun kamu tidak perlu pusing dalam urusan memilih jurusan kuliah yang tepat. Diantara banyak jurusan kuliah tersebut yang mungkin anda minati adalah jurusan hukum. Lalu apa itu jurusan hukum dan bagaimana ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum? Semuanya akan dijelaskan pada artikel kali ini.

Apa Itu Jurusan Hukum?

Tahukah kamu apa itu jurusan hukum? Fakultas hukum adalah salah satu jurusan yang terdapat pada perguruan tinggi. Jurusan hukum termasuk jurusan kuliah yang sangat tinggi peminatnya. Berdasarkan kategorinya jurusan hukum termasuk ke dalam rumpun soshum.

apa itu jurusan hukum

Ada banyak hal yang menarik dari jurusan hukum untuk dipilih oleh lulusan SLTA dan sederajat terbaru. Selain peluang kerjanya yang sangat banyak dengan gaji tertinggi, jurusan hukum juga menjanjikan suatu kemudahan dalam mempelajari setiap materi pada mata kuliahnya.

Materi yang terdapat pada jurusan hukum umumnya bersifat hafalan. Misalkan menghafalkan perundang-undangan. Materi perkuliahan jurusan hukum sangat sedikit atau jarang mengandung perhitungan matematika yang komplek dan rumit.

Jurusan hukum akan mengajarkan pada mahasiswa dan mahasiswinya bagaimana cara menjalankan proses persidangan secara baik sebagai advokat. Mata kuliah yang terdapat pada jurusan hukum, secara umum, antara lain :

  1. Hukum Perdata
  2. Hukum Pidana
  3. Simulasi Persidangan
  4. Hukum Acara
  5. Dan lain-lain

Masih banyaknya orang yang belum mengenal lebih jauh tentang jurusan hukum membuat perlu dikaji lebih dalam apa itu jurusan hukum.  Dari namanya saja yang dipelajari oleh mahasiswa dan mahasiswi jurusan hukum adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan hukum. Seperti hukum pidana, hukum perdata, hukum Islam, hukum acara dan hukum lainnya sesuai konsentrasi yang dipilih.

Mata Kuliah Jurusan Hukum

Mata kuliah yang terdapat pada jurusan hukum menggambarkan hal-hal apa saja yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan ini. Kamu juga bisa bercermin apakah kamu memiliki ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum. Nah, berikut ini beberapa mata kuliah jurusan hukum yang perlu diketahui secara lengkap oleh anda, antara lain :

  1. Kriminologi dan Viktimonologi
  2. Masalah Kewarganegaraan
  3. Bank, Asuransi Hukum Islam
  4. Wakaf dan zakat serta pajak
  5. Teori perundang-undangan
  6. Ilmu perundang-undangan
  7. Ilmu negara
  8. Tanggung jawab profesi
  9. Hubungan Perburuhan
  10. Arbitrase
  11. Hukum pajak
  12. Hukum Udara dan angkasa
  13. Hukum dagang atau perniagaan
  14. Hukum berorganisasi
  15. Hukum laut dan hukum agraria
  16. Hukum perjanjian internasional
  17. Hukum waris dan hukum adat
  18. Hukum administrasi kepegawaian
  19. Hukum Administrasi Negara
  20. Hukum Pidana dan Acara pidana
  21. Hukum Perdata dan acara perdata

Masih banyak mata kuliah lainnya yang dipelajari oleh mahasiswa mahasiswi fakultas hukum.

Kampus dengan Jurusan Hukum Terbaik

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum juga mengetahui kampus mana saja yang tepat untuk dirinya. Berikut ini beberapa kampus yang membuka jurusan hukum terbaik di Indonesia yang juga penting kamu tahu.

  1. Universitas Padjajaran Bandung
  2. Universitas Airlangga
  3. Universitas Diponegoro
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Gadjah Mada
  6. Universitas Brawijaya
  7. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  8. Universitas Atmaja
  9. Universitas Tarumanegara

Pentingnya Jurusan Hukum Dalam Kehidupan

Berbagai sendi kehidupan dalam masyarakat berjalan setiap hari. Hal itu perlu diatur. Salah satunya melalui aturan hukum negara atau hukum agama dan hukum masyarakat. Sangat sulit bagi seseorang tidak menemukan hukum pada suatu bidang kehidupan manusia. Karena hampir seluruhnya dari sendi kehidupan manusia diatur oleh hukum.

keuntungan masuk jurusan hukum

Dari mulai akan belajar di rumah diharuskan membaca doa. Mau bekerja di kantor sudah ditentukan hukum tata cara berpakaian dan jam kerja kantor. Ketika pada masa pandemik covid 19, seseorang yang hendak berbelanja di minimarket yang ramai pengunjung diatur hukumnya.

Semua hukum yang terdapat pada seluruh sendi kehidupan manusia tak lain dan tak bukan untuk menjaga ketertiban dan keteraturan. Sehingga istilah yang sangat populer di masyarakat sejak lama adalah di dalam suatu masyarakat pasti terdapat hukum di dalamnya.  Seluruh sendi kehidupan masyarakat diatur oleh hukum. Seperti hukum negara.  Begitu juga pada segi kehidupan manusia di dalam segi personal atau privat.

Begitu luas dan pentingnya hukum membuat pada perguruan tinggi negeri dan swasta  dibuka jurusan hukum. Jurusan hukum pada perguruan tinggi mempelajari tentang hukum dan aturan hukum itu sendiri yang berkaitan langsung dengan ilmu kemanusiaan dan sosial.

Salah satu ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum adalah orang tersebut tidak menyukai mata pelajaran matematika. Bagi mereka yang tidak suka matematika, jurusan hukum sangat tepat untuk dipilih. Karena hukum adalah jurusan yang tidak ada matematika atau proses pembelajaran hitung menghitung matematika yang rumit. Kalaupun ada matematika yang sederhana atau dasar.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Hukum

Mengenai prospek kerja lulusan jurusan hukum tidak perlu ditanya lagi. Karena lulusan jurusan hukum mempunyai prospek kerja yang sangat luas dan menjanjikan. Lulusan jurusan hukum bisa memilih profesi sebagai seorang pengacara, tenaga advokat, notaris dan lain-lain.

Namun untuk menjadi seorang dengan profesi sebagai advokat atau pengacara tersebut dibutuhkan suatu pendidikan lanjutan bernama pendidikan profesi. Hal itu dilakukan setelah menamatkan kuliah jurusan hukum S1.

prospek kerja lulusan jurusan hukum

Profesi lainnya yang bisa dipilih oleh lulusan sarjana hukum adalah profesi sebagai seorang jaksa atau hakim. Tak cukup hanya sampai disitu, profesi lainnya yang bisa diambil oleh lulusan jurusan hukum adalah sebagai konsultan hukum ataupun sebagai  legal officer. Pekerjaan terakhir yang bisa dipilih oleh lulusan jurusan hukum adalah profesi sebagai notaris.

Itulah beberapa pekerjaan atau profesi yang bisa dipilih oleh lulusan jurusan hukum. Sehingga anda menyadari betapa prospek kerja lulusan jurusan hukum yang sangat menjanjikan dengan banyak peluang kerja yang bergaji tinggi.  Oleh sebab itu, dengan kelebihan yang dimiliki oleh jurusan hukum, anda dapat memilih kuliah pada jurusan hukum di kampus terbaik.

Keuntungan Masuk Jurusan Hukum

Sebelum membahas tentang ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum, apa saja keuntungan masuk jurusan hukum? Berikut ini beberapa keuntungan kuliah hukum dibandingkan jurusan kuliah lainnya.

1.Gaji besar

Salah satu keuntungan mengambil jurusan hukum adalah lebih berpeluang besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji terbesar. Misalkan menjadi seorang pengacara kondang dengan penghasilan sampai miliaran rupiah.

2.Prospek pekerjaan yang luas

Keuntungan masuk jurusan hukum berikutnya adalah memiliki peluang kerja yang sangat luas. Lulusan sarjana hukum atau jurusan hukum bukan hanya bisa bekerja sebagai seorang advokat, pengacara, jaksa  maupun hakim. Tapi dapat juga berprofesi sebagai wartawan maupun penulis seputar bidang hukum.

3.Materi perkuliahan termudah

Keuntungan kuliah jurusan hukum selanjutnya adalah materi kuliah yang terdapat pada jurusan hukum sangat mudah dipahami. Karena sifat materi yang bersifat hafalan tanpa mesti melalui proses berpikir yang rumit dan panjang atau tanpa adanya matematika.

Ciri-Ciri Orang yang Cocok Masuk Jurusan Hukum

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum merupakan sesuatu hal yang menarik untuk dikaji. Karena jurusan hukum termasuk salah satu jurusan kuliah yang paling banyak peminatnya. Setiap universitas negeri ataupun swasta bisa menentukan seseorang cocok tidaknya masuk jurusan hukum ataukah tidak. Hal ini berdasarkan hasil ujian seleksi masuk perguruan tinggi bersangkutan.

Jurusan hukum sangat mudah dimasuki oleh lulusan SMA atau sederajat. Lulusan IPA SMA juga bisa mengambil jurusan hukum atau lintas jurusan. Karena materi perkuliahan pada jurusan hukum relatif lebih mudah. Hal inilah yang membuat tingkat peminat jurusan hukum sangat besar di beberapa kampus di Indonesia. Bahkan seringkali pada kampus negeri dan swasta terbaik, jumlah mahasiswa terbanyak berasal dari mahasiswa jurusan hukum.

ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum

Berikut ini ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum, antara lain:

1.Kritis dan cerdas

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum yaitu memiliki otak yang cerdas dan sangat kritis. Mereka mampu melihat segala sesuatu hal dengan perspektif berbeda. Sehingga setiap masalah hukum dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang.

Pikiran cerdas dan kritis yang dimiliki oleh seseorang dalam jurusan hukum sangat berguna baginya ketika lulus dan menjadi advokat dalam memenangkan persidangan kliennya.

2.Memiliki wawasan luas

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum selanjutnya adalah mereka yang memiliki wawasan luas. Sehingga dalam melihat permasalahan bisa dilihat dari berbagai aspek kehidupan bukan hanya dari segi hukum saja.

Untuk bisa memiliki pengetahuan dan wawasan luas dapat dilakukan dengan cara banyak membaca buku dan berita terbaru.

3.Terampil dalam melaksanakan analisis

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum berikutnya adalah orang tersebut sangat pandai dan terampil dalam melakukan analisa terhadap suatu masalah secara tajam. Sehingga ketika ada suatu klien yang meminta masalah hukumnya ditangani maka dapat langsung ditangani secara cepat dan komprehensif berkat analisisnya yang tajam.

Dengan kemampuan analisanya yang tajam membuat banyak kasus hukum dimenangkannya. Hal tersebut akan menambah kepercayaan publik kepadanya.

4.Mempunyai daya ingat atau daya hafal yang sangat tinggi

Ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum adalah orang tersebut memiliki daya ingat yang tinggi. Setiap jurusan kuliah mempunyai kriteria kepribadian tersendiri atau kemampuan tertentu yang dibutuhkan.  Untuk jurusan hukum yang dipelajari adalah kebanyakan soal perundang-undangan dan aturan hukum. Sehingga orang yang cocok masuk jurusan hukum adalah orang yang memiliki daya ingat atau daya hafal yang sangat kuat. Sehingga terbiasa dengan mudah menghafal setiap aturan hukum.

Itulah sejumlah ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum. Dengan penjelasan ini, kamu bisa melakukan refleksi atau intropeksi diri. Apakah kamu sudah termasuk orang yang cocok masuk jurusan kuliah hukum atau tidak berdasarkan indikator yang diberikan.

Cara Menentukan Jurusan Kuliah

Pemilihan suatu jurusan kuliah tidaklah semudah kita pikirkan. Ada yang lebih penting dari itu semua yakni pemilihan jurusan kuliah harus beradasarkan kepribadian yang dimiliki masing-masing. Ada sejumlah jurusan kuliah yang membutuhkan kepribadian khusus atau tertentu.

Bagi seseorang yang baru lulus SLTA atau sederajat dan hendak melanjutkan kuliah tentu menentukan jurusan kuliah sangat penting. Namun banyak orang yang kesulitan dalam menentukan jurusan. Apalagi bagi orang yang bimbang dan tak merasa mempunyai ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum.

Ada banyak metode yang bisa dipergunakan oleh seseorang dalam menentukan jurusan kuliah. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa cara menentukan jurusan kuliah yang penting diperhatikan.

1.Minat

Salah satu cara menentukan jurusan kuliah adalah memilih jurusan kuliah yang paling diminati. Anda dapat mengambil jurusan tersebut yang diminati atas dasar banyak hal. Misalkan jurusan tersebut tidak mengandung materi mata pelajaran matematika ataupun sangat populer dan banyak peminat di kampus.

2.Bakat

Cara selanjutnya dalam memilih jurusan kuliah di kampus adalah dengan memilih berdasarkan bakat yang dimiliki. Sehingga kitab isa tahu ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum. Misalkan bakat anda dalam menulis buku atau artikel maka anda bisa mengambil jurusan kuliah ilmu komunikasi jurusan jurnalistik.

mata kuliah jurusan hukum

3.Biaya kuliah yang rendah

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan dalam memilih jurusan kuliah adalah memilih jurusan kuliah dengan biaya pendidikan perkuliahan yang termurah. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang berasal dari kelas menengah ke bawah.

Kesimpulan

Dalam menentukan seseorang bisa menjalani perkuliahan dengan baik atau tidaknya, pihak universitas melakukan ujian seleksi masuk ke perguruan tinggi. Hal itu berlaku pada perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Dengan seleksi yang diadakan oleh pihak kampus maka dapat diketahui seseorang lebih cocok masuk jurusan kuliah yang mana saja. Baik yang diminatinya atau tidak. Hal itu semua dilakukan  agar selama proses perkuliahan berjalan sukses.

Salah satunya yang baik dan sangat menjanjikan adalah memilih jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dengan gaji tertinggi. Seperti jurusan hukum. Namun untuk memasuki jurusan hukum diperlukan persyaratan ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan hukum. Untuk itu penting kamu mengikuti les privat SMA agar peluang kuliah di PTN favorit semakin besar.