Jurusan ilmu komunikasi merupakan salah satu program studi di perguruan tinggi yang cukup banyak peminatnya. Ini karena prospek kerjanya yang sangat luas dan terbuka lebar sampai sekarang ini. Lulusan prodi ini juga bisa bekerja dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan publik, media, dan pembangunan citra atau brand.

Tak sedikit perusahaan skala kecil, menengah hingga besar yang membutuhkan lulusan prodi komunikasi untuk dipekerjakan dalam berbagai posisi. Lulusan prodi ini juga terbuka untuk bekerja dalam berbaai profesi. Baik sebagai penulis, penyiar radio, sutradara film, editor dan kepala karyawan bagian periklanan.

Lulusan ilmu komunikasi tidak perlu pusing selepas lulus kuliah. Karena ada banyak lowongan kerja yang tersebar luas bagi lulusan ilmu komunikasi jenjang pendidikan S1. Bahkan bagi mereka yang bercita-cita menjadi seorang pegawai negeri sipil bisa mencoba mengikuti testing CPNS untuk bisa bekerja di Kementerian Komunikasi dan Informasi RI.

apa itu ilmu komunikasi

Namun ditengah persaingan dunia kerja yang sangat sengit saat ini tentu saja untuk memenangkan persaingan kerja bukan hanya diperlukan nilai IPK yang  tinggi. Akan tetapi diperlukan juga pengetahuan dan keterampilan mumpuni terhadap ilmu komunikasi dan juga dibutuhkan pengalaman dalam dunia komunikasi.

Untuk bisa memenangkan persaingan dalam dunia kerja dalam karir pekerjaan di dunia ilmu komunikasi tentu saja anda bisa belajar ilmu komunikasi yang baik dan benar dalam tingkat pendidikan tinggi di universitas terbaik. Ada beberapa universitas ilmu komunikasi terbaik di Indonesia yang lulusannya mudah mendapatkan kerja dengan gaji tertinggi. Ini merupakan universitas rekomendasi bagi anda yang berminat memilih kuliah ilmu komunikasi.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Salah satu yang sering membuat bingung para pelajar yang hendak meneruskan kuliah ke perguruan tinggi adalah soal pemilihan jurusan kuliah yang mau diambilnya. Hal tersebut mengingat sederet daftar jurusan kuliah yang bisa diambil oleh seseorang. Seperti jurusan perminyakan, jurusan kedokteran, jurusan planologi, jurusan teknik industri, jurusan farmasi, MIPA, managemen, hingga ilmu komunikasi.

Pengambilan jurusan kuliah harus berdasarkan banyak aspek. Seperti kemampuan keuangan, kemampuan otak, minat, bakat, kepribadian dan prospek kerja di masa depan. Ada banyak jurusan ilmu komunikasi terbaik yang bisa Anda pilih.

Bagi anda yang ingin mudah mendapatkan pekerjaan pasca lulus kuliah maka program studi ilmu komunikasi menjadi pilihan yang tepat. Karena jurusan kuliah ini relatif lebih banyak peluang kerjanya. Setiap harinya banyak perusahaan membuka lowongan kerja bagi lulusan ilmu komunikasi dengan gaji terbanyak.

ilmu komunikasi belajar apa

Ilmu komunikasi adalah jurusan kuliah yang sangat populer di kamupus. Anak-anak ilmu komunikasi mempunyai cirinya tersendiri . Khususnya dari style anak komunikasi yang trendi, dan juga tingkat kecerdasan yang dianggap  lebih tinggi dari mahasiswa jurusan lain. Fakta anak ilmu komunikasi harus pintar berbahasa inggris adalah kenyataan. Karena mata kuliah yang dipelajari program studi ini kebanyakan bersumber dari buku-buku referensi berbahasa inggris.

Ketimbang jurusan lain, lulusan ilmu komunikasi mempunyai masa depan yang cerah. Di saat lulusan jurusan lain kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan maka lulusan komunikasi dapat dengan mudah memperoleh pekerjaan. Karena banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan ilmu komunikasi dengan gaji tinggi.

Apa Itu Ilmu Komunikasi?

Sebenarnya apa itu ilmu komunikasi? Disiplin ilmu ini merupakan salah satu program studi yang terdapat di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Bahkan beberapa kampus swasta menjadikan ilmu komunikasi sebagai fakultas bukan hanya jurusan lagi. Untuk jurusannya bisa jurnalistik, periklanan,  desain komunikasi visual, hubungan masyarakat, penyiaran, komunikasi pemasaran dan lain-lain.

Pendek kata, pembelajaran Ilmu komunikasi di kampus sangatlah luas. Sehingga pihak kampus memberikan jurusan-jurusan pada ilmu komunikasi. Seperti jurusan komunikasi pemasaran, jurnalistik media cetak, hubungan masyarakat, periklanan, publik speaking, desain grafis, dan lain sebagainya. Selepas lulus dari ilmu komunikasi program studi S1 maka lulusan ilmu komunikasi berhak mendapatkan gelar S.I Kom atau sarjana ilmu komunikasi.

kerja jurusan ilmu komunikasi

Bagi sebagian orang mempelajari ilmu komunikasi di kampus teramat sulit. Tapi bagi sebagian lainnya tak mengalami kesulitan dalam belajar apa itu ilmu komunikasi di kampusnya. Oleh sebab itu, setiap tahun pihak universitas selalu mengadakan seleksi masuk yang sangat ketat terhadap calon mahasiswa mahasiswi  ilmu komunikasi di perguruan tinggi. Hal tersebut mengingat  agar mata kuliah di ilmu komunikasi  dapat dikuasai secara baik selama masa kuliah.

Ilmu Komunikasi Belajar Apa?

Ada banyak hal yang sering dipertanyakan orang tentang program studi komunikasi di kampus. Seperti program studi ilmu komunikasi belajar apa saja? Sebagian lagi bertanya,” Lulusan ilmu komunikasi kerja apa?” dan Berapa besar gaji lulusan ilmu komunikasi?” Hal tersebut tak terlepas dari banyak peminat lulusan SMA atau SMK untuk menempuh pendidikan di jurusan kuliah ilmu komunikasi.

Ada banyak penyebab atau alasan yang membuat setiap pelajar memilih dengan yakin melanjutkan kuliah komunikasi. Yang paling banyak adalah prospek kerja jurusan ini sangat menjanjikan. Apalagi ditengah menjamurnya berbagai perusahaan media di Indonesia milik swasta, pemerintah maupun asing.

Dari namanya, program studi ilmu komunikasi akan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ilmu  tata cara berkomunikasi yang baik dan benar secara lisan maupun non tulisan seperti gambar, visual, dan film. Hal tersebut bertujuan agar maksud pembuat karya bisa ditangkap baik oleh penonton atau pembaca.

jurusan ilmu komunikasi

Selain itu ilmu komunikasi belajar apa lagi? Prodi ini juga mempelajari tentang media-media komunikasi, macam-macam komunikasi dan lain sebagainya disesuaikan dengan perkembangan terbaru. Dikupas tuntas pula mengenai jenis-jenis media komunikasi terkini. Yang meliputi berkomunikasi di media sosial, komunikasi film, iklan, dan media massa cetak dan elektronik di dunia maya.

Banyaknya orang yang berminat masuk ke jurusan komunikasi tak terlepas dari peranan komunikasi sangat penting bagi setiap orang. Dengan kemampuan komunikasi yang baik akan memudahkan seseorang mendapatkan kesuksesan.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Prospek kerja jurusan ilmu komunikasi cukup banyak. Jika dirangkum terdapat sekurang-kurangnya 25 berbagai macam jenis pekerjaan untuk lulusan ilmu komunikasi. Hal ini terkait mulai tumbuh suburnya perusahaan media di berbagai daerah di tanah air.

Contohnya perusahaan majalah dan  koran digital. Ditambah lagi dengan kehadiran perusahaan radio dan televisi swasta lokal dan nasional. Berkut ini prospek peluang kerja bagi lulusan ilmu komunikasi yang perlu Anda tahu.

1.Presenter

Lulusan ilmu komunikasi juga bisa berprofesi sebagai presenter. Seperti menjadi pembawa acara pada sebuah acara seminar, diskusi, televisi, radio  dll. Anda mempunyai peluang menjadi terkenal  seperti Andy F Noya, Feni Rose, Najwa Shihab dan lain sebagainya.

prospek kerja jurusan ilmu komunikasi

Dari profesi presenter bisa mempermudah bagi anda untuk menjadi tokoh publik seperti anggota DPR. Seperti yang dilakukan oleh Anang Hermansyah, Eko Patrio, Miing, Komar, Krisdayanti dan Rieke Dyah Pitaloka.

2.Jurnalis

Prospek kerja jurusan ilmu komunikasi atau profesi berikutnya yang dapat dilakoni oleh lulusan program studi ini adalah sebagai jurnalis atau wartawan.

3.Blogger

Menjalani profesi sebagai travel blogger menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang bisa dijalani oleh lulusan kuliah ilmu komunikasi. Kemampuan menjalani profesi sebagai travel blogger sudah diajarkan sejak duduk di bangku kuliah. Sehingga lulusan ilmu komunikasi sangat pandai dalam menulis dan menyampaikan beritanya tentang perjalanan wisatanya ke khalayak umum secara menarik.

Pekerjaan sebagai travel blogger bisa bekerja secara fulltime maupun freelance di satu perusahaan yang mempekerjakan dirinya dengan gaji minimal Rp 6 juta perbulan. Namun bagi lulusan ilmu komunikasi yang ingin berwirausaha bisa bekerja sendiri secara mandiri sebagai travel blogger freelance. Dengan membuat blog sendiri dan mendatangkan banyak pengunjung. Kemudian memasang iklan dan membuat usaha paket wisata.

4.Profesi Lainnya

Untuk jenis pekerjaan dan prospek kerja jurusan ilmu komunikasi lainnya yang dapat ditekuni oleh lulusan ilmu komunikasi adalah public relation yang dinamakan PR atau hubungan masyarakat, MC, editor, fotografer, bagian periklanan, penyiar radio, sutradara, kameramen, desainer grafis, reporter, redaktur hingga youtuber.

Tes Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Namun dibandingkan dengan jurusan yang sebandingnya maka tes masuk jurusan ilmu komunikasi relatif lebih ketat. Hal tersebut sesuai dengan jumlah peminatnya yang sangat besar. Sehingga setiap calon mahasiswa ilmu komunikasi harus bersaing dengan ribuan pelamar untuk bisa mendapatkan kursi sebagai mahasiswa ilmu komunikasi di kampus favoritnya.

jurusan ilmu komunikasi terbaik

Syarat masuk program studi komunikasi akan lebih menunjang  kalau  pintar berbahasa inggris. Disamping itu, mengikuti tes masuk jurusan ilmu komunikasi. Seperti tes di PTN Ilmu Komunikasi dengan rata-rata nilai masuk program studi Ilmu Komunikasi  yang sudah ditentukan oleh pihak kampus.

Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik

Pada sebagian perguruan tinggi, ilmu komunikasi dimasukkan dalam fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Yang menggembirakan, ilmu komunikasi dapat dengan mudah ditemui di sejumlah universitas di tanah air. Dari mulai universitas negeri maupun universitas swasta sudah banyak yang membuka program studi ilmu komunikasi.

Berikut ini sejumlah kampus jurusan ilmu komunikasi terbaik di tanah air, antara lain UNPAD, UGM, UNDIP, Universitas Brawijaya, Binus University, Universitas Airlangga dan UI.

Program studi ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling banyak dimasuki mahasiswa dan mahasiswi di kampus. Ini karena tingkat peminat jurusan ini sangat tinggi. Sehingga dibuatlah fakultas ilmu komunikasi beserta jurusannya yang cukup bervariasi beserta tes masuk jurusan ilmu komunikasi. Ada banyak peluang kerja bagi lulusan ilmu komunikasi saat ini dan menjanjikan.

tes masuk jurusan ilmu komunikasi

Bukan berarti jurusan kuliah ilmu komunikasi memberikan jaminan pekerjaan bergaji tinggi bagi lulusannya.  Hal tersebut tergantung kepada  pribadinya masing-masing. Sebab ada juga lulusan ilmu komunikasi yang justru tidak bisa melakukan komunikasi yang baik dengan orang lain.

Adapula lulusan jurusan ilmu komunikasi yang masih menganggur sampai saat ini. Semua itu bisa disebabkan beberapa faktor. Seperti jumlah lulusan ilmu komunikasi di setiap kampus yang sangat besar. Sehingga mereka yang terbaik secara kecerdasan intelektual dan emosional yang bisa bekerja di perusahaan bonafide dengan gaji tinggi.