Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan merupakan satu jurusan kuliah yang dipilih oleh kalangan perempuan untuk dimasukinya. Hal itu bertujuan untuk menjamin masa depannya yang lebih baik pada segala bidang kehidupan manusia. Salah satu  yang utama adalah bidang ekonomi.

Pada dasarnya, bukan hanya jurusan kuliah IPA yang dapat memberikan jaminan masa depan untuk kalangan perempuan. Jurusan kuliah IPS dan bahasa pun dapat memberikan jaminan masa depan yang lebih baik bagi wanita. Namun semua kembali kepada pribadi masing-masing mau tidaknya memaksimalkan dan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki.

Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan Untuk Perempuan

Berikut ini beberapa jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan, antara lain:

1.Teknologi Pangan

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan adalah jurusan teknologi pangan. Hal ini terkait prospek  kerja dari lulusan teknologi pangan yang sangat prospekif. Lulusan jurusan Teknologi Pangan dapat bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan ataupun minuman. Disamping itu juga dapat memilih profesi sebagai research and development atau quality control.

2.Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Berikutnya, jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan adalah jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Jurusan Kesehatan dan Keselamatan Kerja memang tidak sepopuler jurusan favorit lainnya di masyarakat. Walaupun bukan jurusan yang banyak peminatnya, tapi jurusan K3 ini mampu memberikan jaminan masa depan yang menjanjikan bagi perempuan.

tips memilih jurusan kuliah ipa untuk perempuan

Hal tersebut disebabkan prospek kerjanya yang sangat luas. Berbagai profesi dan pekerjaan bergaji tinggi dapat dipilih oleh lulusan jurusan  Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Seperti menjadi auditor K3 maupun staf karyawan di perusahaan gas dan minyak.

Selain itu, lulusan K3 dapat pula memilih bekerja sebagai karyawan pada perusahaan manufaktur. Sedangkan untuk di badan pemerintah bisa memilih bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara.  Jurusan K3 benar-benar  menjamin dan menjanjikan masa depan yang baik bagi wanita.

3.Teknik Informatika

Selanjutnya, jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan adalah Teknik Informatika. Hal tersebut berdasarkan fakta bahwa lulusannya mudah diserap oleh dunia industri. Berbagai profesi berpenghasilan tinggi dapat dipilih oleh lulusan jurusan Teknik informatika. Misalkan profesi sebagai pakar jaringan, analis jaringan, web developer, programmer, konsultan jaringan dan teknik informatika, dosen dan software engineer.

Jurusan Teknik Informatika saat ini tidak hanya didominasi oleh kalangan pria. Namun kalangan wanita pun sudah banyak memilih jurusan Teknik Informatika.  Prospek kerja yang sangat luas dan cerah serta bergaji tinggi menjadi alasan utama bagi seorang perempuan memilih kuliah pada jurusan Teknik Informatika.

4.Psikologi

Psikologi bukan hanya merupakan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita.  Tapi juga jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Psikologi pada berbagai universitas negeri terkemuka di Indonesia selalu mendapatkan peminat terbanyak ketimbang jurusan lainnya di universitas.

Jurusan psikologi sangat banyak dipilih oleh kalangan wanita. Disebabkan kemudahan lulusannya dalam mendapatkan kerja, prospek kerjanya yang luas dan menjanjikan bergaji besar. Seperti menjadi pakar psikometri, konsultan psikolog, penguji tes psikologi, HRD perusahaan, dan profesi  yang menjanjikan lain-lain.

5.Arsitektur

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan lainnya yang tak bisa diremehkan adalah jurusan arsitektur. Lulusan arsitektur umumnya berprofesi sebagai seorang arsitek. Adapun gaji seorang arsitek di Indonesia sangat besar setiap bulan. Hal ini menjadikan jurusan arsitektur termasuk jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk wanita.

6.Kedokteran Gigi

Profesi sebagai dokter gigi merupakan jenis profesi bergengsi dan menjanjikan dengan gaji besar. Untuk menjadi seorang dokter gigi, seorang perempuan dapat mengambil kuliah jurusan kedokteran. Kemudian dilanjutkan dengan kuliah pada program studi profesi pendidikan kedokteran gigi. Beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta tersohor di Indonesia membuka jurusan pendidikan kedokteran Gigi dengan akreditasi A.

7.Kebidanan

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan selanjutnya adalah jurusan kebidanan.  Disebut menjanjikan masa depan disebabkan prospek kerja dari lulusan jurusan kuliah bidang kesehatan ini sangat luas. Misalkan bekerja sebagai pengusaha klinik persalinan, konsultan kebidanan pada rumah sakit, atau bisa juga berprofesi sebagai bidan desa yang digaji oleh pemerintah.

8.Ilmu Gizi

Selanjutnya, jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan adalah jurusan ilmu gizi. Seorang wanita yang mengambil jurusan ilmu gizi akan mempelajari tentang apa saja zat gizi yang diperlukan tubuh manusia dan mempelajari kadar yang dibutuhkan secara normal. Adapun prospek kerjanya sangat cerah. Dimana dapat bekerja sebagai ahli dan konsultan gizi di rumah sakit atau di klinik kesehatan dan kecantikan yang didirikannya.

9.Jurusan Kedokteran

Jurusan kuliah IPA yang mejamin masa depan untuk perempuan adalah jurusan pendidikan kedokteran. Untuk jenis profesi yang bisa dipilihnya. Seperti spesialis dokter mata, dokter anak, dokter mulut, dokter gigi, dokter telinga, dokter bedah, dan lain sebagainya.

Profesi yang bisa dijalankan adalah sebagai dokter di rumah sakit maupun membuka praktek dokter sendiri di masyarakat.

10.Jurusan Farmasi

Terakhir, jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan adalah jurusan farmasi. Lulusan jurusan farmasi bagi seorang wanita bisa bekerja di kantor Kementerian Kesehatan, pegawai di perusahaan farmasi atau pegawai di BPPOM ataupun karyawan pada laboratorium obat maupun menjadi seorang apoteker profesional dengan gaji yang sangat fantastis.

Demikianlah sejumlah jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan. Mudah-mudahan setiap wanita Indonesia terpacu semangatnya dalam meningkatkan penghasilannya dengan memilih kuliah pada jurusan tersebut.

Keutamaan Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan

Berikut ini manfaat  bagi seorang wanita memilih jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan, antara lain :

1.Menjamin masa depan

Manfaat yang pertama dari seorang perempuan memilih jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk wanita adalah menjamin kehidupannya sejahtera. Hal ini terkait penghasilan yang tinggi dari pekerjaan  lulusan jurusan kuliah tersebut.

tips memilih jurusan kuliah ipa

2.Mengamalkan ilmu

Manfaat berikutnya dari seorang perempuan memilih jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk wanita adalah bisa mengamalkan ilmunya di bangku kuliah. Termasuk jurusan kuliah IPS/

3.Berdampak positif

Dengan seorang wanita memanfaatkan ilmu tersebut yang diperoleh dari jurusan kuliah di kampus maka dampak positifnya bisa dirasakan oleh wanita itu sendiri berupa gaji yang tinggi. Disamping itu, dampak positif juga dirasakan  oleh orang -orang di sekitarnya.

Tips Memilih Jurusan Kuliah IPA Untuk Perempuan

Berikut ini beberapa tips memilih jurusan kuliah ipa untuk perempuan yang penting untuk diperhatikan.

1.Jurusan IPA yang diminati dan sesuai jurusan pada SMA atau sederajat

Jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan yang bisa dipilih berdasarkan kesesuaian minat dan bakat serta jurusan yang pernah ditempuh pada bangku SMA. Misalkan pada waktu SMA mengambil jurusan IPA  maka selepas lulus SMA bisa melanjutkan dengan kuliah pada jurusan IPA . Seperti jurusan fisika murni.

2.Melakukan analisa jurusan dari segi positif dan negatif

Setelah menentukan jurusan kuliah IPA untuk wanita yang hendak dipilih berikutnya adalah melakukan riset atau analisa terhadap jurusan tersebut. Termasuk menghindari jurusan kuliah yang sulit. Hal ini untuk melihat sejauhmana tingkat kesulitan dalam mempelajari jurusan tersebut dan berapa biaya pendidikan yang harus dipersiapkan sampai diwisuda.

3.Peluang kerja yang luas dan bergaji tinggi

Tips memilih jurusan kuliah ipa untuk perempuan berikutnya adalah memilih jurusan kuliah IPA yang memiliki prospek kerja yang cerah dan luas. Sehingga selepas lulus kuliah, seorang wanita dapat bekerja secara cepat, baik dan nyaman dengan gaji yang besar.

4.Berkonsultasi pada orang berpengalaman

Terakhir, tips menentukan jurusan kuliah IPA untuk perempuan  yang terbaik lainnya adalah dengan berkonsultasi kepada orang berpengalaman kepada jurusan tersebut. Misalkan alumni. Seorang wanita juga dalam memilih jurusan kuliah IPA untuk perempuan bisa berjalan lancar dengan meminta bantuan dukungan orang terdekat. Seperti suami, orangtua, sanak kerabat dan lain sebagainya.

jurusan kuliah ipa yang menjamin masa depan untuk perempuan

Demikianlah beberapa tips memilih jurusan kuliah IPA untuk perempuan. Dengan demikian, bagi seorang wanita bisa lebih yakin untuk mengambil jurusan kuliah IPA yang terbaik bagi dirinya. Salah satu ukurannya dilihat dari prospek kerja yang luas dan cerah serta tawaran gaji terbanyak.

Kiat Sukses Kuliah di Jurusan Kuliah IPA Untuk Perempuan

Berikut ini beberapa kiat sukses menempuh pendidikan tinggi pada jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan, antara lain :

1.Fokus

Kiat sukses yang pertama dari seorang wanita yang kuliah pada program studi IPA yang menjamin masa depan untuk wanita adalah bersikap fokus dan konsentrasi terhadap pembelajaran selama di kampus.

2.Rajin mencari referensi tambahan

Berikutnya, kiat sukses kuliah pada jurusan IPA adalah rajin mencari referensi tambahan terhadap mata kuliah yang diajarkan dosen. Sehingga pengetahuan mahasiswi bisa lebih luas hingga dapat mengikuti berbagai ujian. Seperti UTS dan UAS dengan nilai terbaik.

3.Aktif di kampus

Selanjutnya, tips sukses menimba ilmu pada jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan adalah aktif di kampus. Seorang mahasiswi tidak bisa mengandalkan pembelajaran di kampus lewat pengajaran dosen atas suatu mata kuliah. Tapi mahasiswi tersebut harus bersikap aktif di kampus. Misalkan pada satu materi perkuliahan yang kurang dimengertinya dapat langsung ditanyakan pada dosen bersangkutan.

jurusan kuliah yang menjamin masa depan untuk perempuan

Selain aktif dalam perkuliahan di kampus, seorang mahasiswi dituntut untuk aktif dalam organisasi di kampus. Seperti aktif pada komunitas mahasiswi jurusan IPA tertentu yang sesuai dengan jurusan yang dipilihnya. Dengan aktif di kampus dalam perkuliahan dan organisasi kampus membuat seorang mahasiswi akan lebih luas dalam segi pergaulan atau relasinya.

4.Mengikut berbagai lomba atau kompetisi karya tulis ilmiah

Pada setiap kampus negeri dan swasta umumnya sering diadakan lomba karya tulis ilmiah dalam lingkup internal kampus sampai nasional. Ini merupakan momen yang tepat bagi mahasiswi bersangkutan untuk menunjukkan kemampuan atau kepintarannya terhadap jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan.

Lomba karya tulis ilmiah diselenggarakan untuk menunjukkan tingkat penguasaan mahasiswi tehadap jurusan kuliah yang diambilnya. Sehingga jika penguasaannya berlangsung baik disertai presentasi yang mantap maka tak mustahil akan membuat dirinya menjadi pemenang lomba karya tulis ilmiah tersebut.

Atas prestasi tersebut menjadikan mahasiswi tersebut akan mendapatkan apresiasi yang baik. Disamping itu, kalian akan memperoleh nilai positif dari dosen dan fakultas tempat jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan untuk perempuan bernaung. Untuk itu penting bagi kalian untuk mengikuti les privat SMA terbaik agar lebih mudah mencapai cita-cita.