Jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan merupakan informasi yang sangat penting. Khususnya bagi lulusan IPS yang ingin meneruskan pendidikannya ke perguruan tinggi. Mereka tidak ingin selepas lulus kuliah menjadi pengangguran baru dan kesulitan mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, mereka merencanakan untuk kuliah di jurusan IPS yang benar-benar menjamin masa depan mereka dan gajinya besar.

Lalu apakah ada jurusan ips yang mudah mendapatkan pekerjaan dengan peluang kerja yang besar dengan potensi gaji besar pula? Tentu banyak. Inilah yang membuat setiap anak IPS yang akan kuliah harus berpikir matang-matang dalam mengambil jurusan. Sebab ada beberapa jurusan IPS yang tidak menjanjikan masa depan sehingga jarang peminatnya.

Dalam menentukan jurusan kuliah yang hendak Anda masuki tidak boleh sembarangan. Anda harus melihat faktor internal dan eksternal. Untuk faktor internalnya adalah apakah Anda menyukai jurusan kuliah itu. Jika Anda  lulusan IPS yang tidak menyukai mata pelajaran matematika maka Anda bisa memilih jurusan kuliah IPS yang tidak ada matematika.

Tak sedikit orang yang mengambil jurusan kuliah IPS selepas lulus SMA atau SMK secara sembarangan. Akibatnya bisa berdampak buruk pada nasibnya di masa mendatang. Ia tidak memikirkan prospek jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan atau tidak. Sehingga ketika lulus, ia menjadi pengangguran. Karena tidak adanya lowongan pekerjaan yang luas dan bagus bagi lulusan jurusan kuliah tersebut. Biasanya ini termasuk ke dalam kategori jurusan kuliah IPS yang jarang diminati.

Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati

Sebuah petuah bijak mengatakan bahwa “Rencanakan hidup kamu. Tentukan tujuan kamu dan capailah tujuan kamu itu dengan sungguh-sungguh dan kerja keras.” Salah satu bentuk merencanakan hidup bagi generasi muda adalah memilih jurusan kuliah yang tepat baginya. Bagi anak IPS maka ada banyak jurusan kuliah IPS di UI yang menjanjikan masa depan yang cerah. Bagi Anda  yang anak IPA maka Anda bisa mengambil jurusan kuliah IPA yang menjanjikan masa depan.

jurusan ips yang mudah mendapatkan pekerjaan

Pada waktu penulis sedang kuliah di UNISBA tiba-tiba didatangi oleh salah seorang siswa SMA yang hendak mendaftarkan diri ke kampus itu. Ia bertanya kepada penulis mengenai jurusan kuliah yang mempunyai prospek cerah dan menjanjikan masa depan. Ia melontarkan salah satu jurusan kuliah yang hendak diikutinya yakni jurusan ekonomi.

Memang bagi seorang siswa SMA atau SMK yang telah lulus sekolah dan merencanakan untuk kuliah terkadang bingung untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat. Apalagi ia dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, orangtua dan dirinya sendiri. Sangat mungkin, ia salah dalam mengambil jurusan kuliah IPS di universitas. Beberapa mahasiswa yang telah mengambil suatu jurusan kuliah di tingkat pertama terkadang berpindah ke jurusan lain.

Pada saat ini, kita segera akan menghadapi SBMPTN dan SNMPTN 2021. Tentu ini merupakan momen yang tepat bagi murid IPS kelas 12 untuk melanjutkan kuliah di universitas. Namun terkadang mereka kebingungan dalam memilih jurusan IPS yang tepat bagi dirinya. Mereka tidak ingin mengambil jurusan kuliah yang salah. Yang bisa menyia-nyiakan waktu dan biaya.

Mengambil jurusan kuliah IPS yang tepat bagi seseorang tidak gampang. Ada banyak hal yang perlu dipikirkan secara matang. Beberapa orang mengambil jurusan IPS yang menjanjikan masa depan. Sebagian lagi ada yang mengambil jurusan kuliah IPS yang kurang diminati orang tapi menjanjikan di masa depan.

Jurusan Kuliah Jarang Peminat Yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Dengan pendidikan yang baik akan menghantarkan orang pada kemandirian dan kehidupan yang lebih baik. Namun umumnya orang mengikuti tren yang sedang berkembang di masyarakat. Misalkan saja, kebanyakan lulusan SMA IPS memilih mendaftarkan diri pada  jurusan Psikologi maka banyak orang lain pun melakukan hal sama.

Bagi mereka yang cerdik, ia bisa melihat perkembangan ke depan atas suatu jurusan kuliah. Apalagi sekarang ini dunia mengalami perubahan yang sangat cepat. Beberapa pekerjaan dan jurusan kuliah menjadi tak menjanjikan lagi. Justru sekarang mulai timbul jurusan kuliah yang dulu dianggap sepele tapi kini menjadi jurusan kuliah yang sangat menjanjikan.

les privat sma

Berikut ini salah satu jurusan kuliah IPS yang jarang peminatnya tapi sangat menjanjikan di masa depan yaitu jurusan kuliah Bisnis Digital. Untuk anak IPS SMA yang baru lulus dan mau melanjutkan ke universitas maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan kuliah ini yang benar-benar menjanjikan dengan lapangan pekerjaan yang luas dan bergaji besar. Misalkan Anda bisa bekerja di perusahaan raksasa Google.

Jurusan kuliah ini sangat menjanjikan di masa depan. Banyak perusahaan asing dan lokal membutuhkan orang yang pandai dalam bisnis digital. Karena sekarang ini sebuah usaha tak bisa dilepaskan dari bisnis online yang dijalankan secara digital.

Jurusan Kuliah IPS Yang Menjamin Masa Depan

Bagi anak IPS yang merasa kebingungan dalam memilih jurusan kuliah IPS yang menjanjikan dan berprospek cerah di masa mendatang, berikut ini beberapa jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan yang sebaiknya Anda tahu.

1.Ilmu Komunikasi

Salah stau jurusan IPS yang mudah mendapatkan pekerjaan adalah ilmu komunikasi. Ilmu komunikasi menjadi sebuah jurusan kuliah tersendiri sekaligus fakultas yakni Fakultas Ilmu Komunikasi yang disingkat FIKOM. Dari namanya sangat jelas, mahasiswa dan mahasiswi yang mengambil jurusan kuliah ilmu komunikasi mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan komunikasi. Yang mencakup komunikasi gambar, komunikasi lisan maupun tulisan.

jurusan kuliah ips yang menjamin masa depan

Berikut ini beberapa ilmu yang diajarkan pada jurusan ilmu komunikasi, antara lain:

  • Keterampilan cara komunikasi secara langsung kepada manusia. Seperti cara berbicara di depan orang banyak
  • Cara membuat film yang pesannya sampai ke penonton
  • Cara membuat iklan yang menarik
  • Cara membuat animasi dan desain
  • Cara seni fotografi
  • Cara nulis artikel dan berita

Pendek kata, dari jurusan atau fakultas ilmu komunikasi, Anda akan mempelajari cara berkomunikasi yang baik dan benar kepada manusia. Materi kuliah diberikan bukan hanya teori tapi juga praktek secara langsung. Fakultas Ilmu Komunikasi umumnya terbagi ke dalam beberapa jurusan. Seperti : ilmu komunikasi, ilmu jurnalistik, jurusan komunikasi desain grafis, dan lain sebagainya.

2.Hubungan Internasional

Jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan lainnya adalah hubungan internasional. Jurusan kuliah ini sangat prestisius dan bergengsi di kalangan para mahasiswi dan mahasiswa. Umumnya mereka yang mengambil jurusan yang berprospek cerah ini menguasai bahasa asing. Minimal bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa pergaulan internasional.

Mahasiswa dan mahasiswi yang mengambil jurusan hubungan internasional maka ia akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan kegiatan hubungan lintas negara . Misalkan globalisasi, hukum internasional, perdagangan internasional, ekonomi internasional, politik luar negeri, cara negosiasi dan diplomasi, dll.

Jika Anda ingin mengambil jurusan Hubungan Internasional pastikan Anda menyukai mata pelajaran bahasa asing, bahasa inggris dan PPKN. Karena jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan ini sehari-harinya di kampus mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan bahasa inggris, bahasa asing dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Adapun prospek kerja lulusannya cukup menjanjikan. Mereka bisa bekerja di konsultan imigrasi, wartawan internasional, diplomat ulung dan konsultan politik.

3.Psikologi

Jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan berikutnya adalah Psikologi. Jurusan ini sangat populer di setiap universitas. Namun ada beberapa universitas yang jurusan psikologinya bagus dan ada yang biasa. Namun umumnya, jurusan psikologi sangat elit dan bergengsi. Hanya orang-orang yang berduit saja yang mampu kuliah di jurusan ini. Karena biaya kuliah jurusan Psikologi lebih mahal ketimbang jurusan kuliah IPS lainnya. Hal ini disebabkan dengan peluang kerja yang sangat luas. Apalagi melanjutkan ke pendidikan profesi psikolog.

Adapun para peserta didik yang mengambil jurusan kuliah Psikologi akan diberikan beberapa pelajaran penting mengenai bagaimana perilaku manusia, hubungan interpersonal, kognitif manusia, pikiran manusia, dan mental manusia. Dengan pengetahuan ini, mereka bisa mengambil solusi atau jalan keluar dari setiap permasalahan yang dialami oleh manusia. Untuk mereka yang menyukai mata bidang studi sosiologi maka sangat tepat untuk mengambil jurusan Psikologi.

Lalu bagaimana prospek kerjanya bagi mereka yang mengambil jurusan psikologi? Mereka yang lulus kuliah jurusan Psikologi di universitas terkemuka maka jangan khawatir terhadap prospek dunia kerja. Karena jurusan ini memberikan jaminan masa depan yang cerah. Ada banyak perusahaan dan lembaga yang membutuhkan jasa seorang psikolog. Mereka yang lulusan kuliah jurusan Psikologi dapat bekerja di sebuah perusahaan atau lembaga sebagai HRD, Psikolog Klinis, Psikolog, Konseling, psikolog organisasi industri, dan juga bisa bekerja sebagai terapis anak, keluarga dan terapis pernikahan.

4.Administrasi Bisnis

Salah satu jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan adalah administrasi bisnis atau administrasi niaga. Setiap mahasiswa dan mahasiswi yang mengambil jurusan ini akan belajar mengenai segala sesuatu tentang administrasi umum dan khusus dari awal sampai akhir. Misalkan cara manajemen perusahaan yang baik dan benar, cara manajemen peralatan usaha dan cara manajemen prosedur kerja.

Mereka yang terjun ke jurusan kuliah ini umumnya berharap dapat bekerja di sebuah perusahaan dan instansi sebagai manajer produksi industri, sekertaris eksekutif, administrasi dan agen pembelian dengan gaji yang lumayan besar.

5.Ekonomi Pembangunan

Jurusan kuliah IPS yang mampu memberikan jaminan masa depan yang lebih baik lainnya adalah jurusan ekonomi pembangunan.  Ilmu ini merupakan ilmu yang lebih spesifik lagi dari ilmu umum yakni Ilmu Ekonomi. Jurusan Ekonomi Pembangunan akan mengajarkan pada setiap peserta didik untuk belajar mengenai pembangunan yang sedang berlangsung di negara Indonesia dan tengah berkembang.

Selepas lulus dari jurusan Ekonomi Pembangunan, setiap mahasiswa atau mahasisiwi bisa bekerja sebagai analis pembuat kebijakan pembangunan, pengajar ilmu ekonomi, ekonom nasional dan luar negeri, dan perencana keuangan. Anda yang menyukai mata studi ekonomi dan matematika bisa mengambil jurusan ini yang cocok bagi karakter Anda tersebut.

6.Administrasi Fiskal

Jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan yang cerah dengan mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi adalah Administrasi Fiskal. Setiap mahasiswa dan mahasiswi yang mengambil jurusan ini maka ia akan berpeluang besar mendapatkan pekerjaan bergaji besar dalam sektor lembaga keuangan negara, lembaga pajak, dan pengelolaan kekayaan negara.

Setiap orang tahu bahwa bekerja di instansi pajak sangat menjanjikan terutama gaji yang sangat besar ditambah dengan tunjangan-tunjangan lainnya. Hal ini berdasarkan kebijakan pemerintah untuk menaikkan gaji pegawai pajak untuk mengurangi tingkat korupsi sektor pajak di Indonesia. Salah satu caranya bekerja di lembaga pajak adalah kamu mengambil jurusan kuliah Administrasi Fiskal.

les privat sma

Selain bisa bekerja di Lembaga Perpajakan sebagai petugas pajak, lulusan Administrasi Fiskal dapat bekerja sebagai ahli perencanaan pajak, pengawas bea cukai dan pengawas imigrasi.

Pada jurusan kuliah IPS ini Anda akan mempelajari banyak hal seputar ilmu keuangan negara, ilmu pajak pertambahan nilai, perhitungan pajak penghasilan, kebijakan fiskal dan dasar-dasar ilmu perpajakan dari pemula sampai mahir. Jurusan ini sangat cocok diambil oleh mereka yang menyenangi bidang studi ekonomi.

7.Akuntansi

Setiap orang pastinya mengenal dengan jurusan kuliah ini. Akuntansi merupakan salah satu jurusan kuliah IPS yang sangat populer. Apalagi di tengah jaman modernisasi dan canggih ini. Yang tentu saja memerlukan sebuah perhitungan-perhitungan yang terangkum dalam ilmu akuntansi.

Lulusan kuliah ilmu akuntansi mempunyai masa depan yang bagus. Karena jumlah perusahaan dan lembaga yang membutuhkan jasa seorang akunting sangat banyak. Dan sangat jarang orang yang ahli dalam bidang akuntansi atau perhitungan keuangan secara cermat dan akurat.

Jurusan IPS yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan dan Gaji Tinggi

Salah satu pertimbangan bagi anak IPS SMA yang mau melanjutkan kuliah ke pendidikan tinggi adalah memilih jurusan kuliah IPS yang tepat baginya. Yang meliputi jurusan IPS yang mudah mendapatkan pekerjaan dan menawarkan gaji tinggi. Ia tidak terlalu lama menganggur selepas lulus kuliah nanti.

Untuk menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih Anda bisa memilihnya secara matang dan tepat dengan beberapa pertimbangan. Sebaiknya pilih jurusan kuliah IPS yang menjanjikan pekerjaan yang layak di masa depan. Tujuan Anda kuliah bukan hanya untuk mendapatkan ilmu. Tapi Anda juga bisa berharap bisa menghasilkan uang dari ilmu yang Anda pelajari dibangku kuliah.

Saat ini ada beberapa jurusan kuliah yang sudah tak menjanjikan lagi dan masih banyak jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan. Selain melihat prospek ke depannya, mengambil jurusan kuliah harus didasarkan atas minat dan bakat serta kemampuan Anda. Dengan mengambil jurusan kuliah yang kita sukai maka akan memudahkan bagimu untuk mendapatkan prestasi yang baik selama kuliah.

Untuk kuliah di perguruan tinggi saat ini membutuhkan biaya yang sangat besar. Sehingga sebisa mungkin menghindari dari kesalahan mengambil jurusan kuliah. Kalau salah dalam mengambil jurusan kuliah maka Anda akan menghambur-hamburkan waktu dan biaya yang besar. Anda bisa  memilih jurusan kuliah yang tepat.

Berikut ini jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan dan memberikan pekerjaan yang layak di masa depannya setelah lulus.

1.Hubungan Internasional

Salah satu jurusan IPS yang mudah mendapatkan pekerjaan bagus di masa depan adalah jurusan hubungan internasional. Walaupun jurusan ini tidak sepopuler jurusan psikologi namun mampu memberikan penghidupan yang layak bagi lulusannya. Mereka bisa bekerja pada sejumlah bidang dan profesi sebagai berikut.

  • Sebagai diplomat di Departemen Kementerian Luar Negeri
  • Bekerja di konsulat jenderal di KBRI
  • Bagian Tata Usaha di Kemenlu
  • Konsultan pendidikan
  • Eksportir
  • Politisi

Gaji yang mereka dapatkan lumayan tinggi dengan beban kerja yang tak begitu berat. Setiap mahasiswa yang mengambil jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan ini akan belajar tentang politik luar negeri Indonesia, hukum perdagangan internasional, perjanjian ekstradisi, hukum internasional, dll. Anda akan dilatih untuk melakukan diplomasi dengan bangsa lain secara elegan dan keren.

2.Jurusan Hukum

Salah satu fakultas dan jurusan kuliah di perguruan tinggi yang banyak peminatnya adalah jurusan ilmu hukum atau fakultas hukum. Jurusan ini akan melahirkan para advokat, penasihat hukum dan pengacara. Anda bisa menyaksikan beberapa pengacara kondang bisa kaya raya dari profesi ini. Seperti Hotman Paris Hutapea.

jurusan ips yang mudah mendapatkan pekerjaan

Di jurusan hukum ini, mahasiswa akan belajar mengenai perundangan-undangan di Indonesia dan mempelajari hukum KUHPidana dan KUHPerdata yang merupakan hukum positif di Indonesia. Selain itu juga mahasiswa akan mempelajari hukum tata negara, hukum dagang dan konstitusi. Jika Anda ingin menjadi pengacara atau penasihat hukum nasional dan internasional maka sangat tepat untuk mengambil jurusan ini.

Prospek pekerjaan dari mengambil jurusan hukum sangat menjanjikan. Karena interaksi manusia yang setiap hari terjadi dan terkadang menimbulkan masalah dan persoalan hukum. Di sinilah peran pengacara atau penasihat hukum dibutuhkan.

Jika mengambil jurusan hukum maka Anda akan terbiasa dengan menghafal beberapa perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Dibutuhkan hafalan yang sangat kuat untuk menempuh jurusan ini serta kepandaian dalam berbicara dan berargumen dengan bukti-bukti pasal hukum di Indonesia.

Pada dasarnya, setiap jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan dan menjanjikan banyak sekali. Semua jurusan kuliah IPS memberikan kesempatan bagi setiap penuntut ilmu untuk dapat berkembang dan bekerja sesuai disiplin ilmu masing-masing. Sehingga bagi mereka yang mau kuliah mesti berpikir dan meneliti jurusan kuliah yang ada.

les privat sma