Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar menjadi salah satu jurusan yang sangat tepat untuk dipilih para lulusan SLTA. Tentu dengan sedikit peminat berarti tingkat persaingan kerjanya sangat kecil. Karena itu sangat penting mengenal jurusan yang ada dan prospek masa depannya.

Di kampus atau perguruan tinggi negeri dan swasta terdapat berbagai jurusan kuliah yang banyak diminati. Namun adapula jurusan kuliah yang sepi peminat. Umumnya,  jurusan kuliah yang kurang diminati adalah tidak prospektif.

Namun dari sekian banyak jurusan sepi peminat, terkadang terdapat jurusan yang sedikit peminat yang mampu memberikan peluang kerja yang besar. Atas kenyataan itulah membuat setiap lulusan SLTA sederajat yang hendak kuliah mesti memperhatikan juga jurusan kuliah yang sedikit peminat.

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar umumnya adalah jenis jurusan kuliah yang tidak populer dan favorit. Namun dibalik kekurangan tersebut tersimpan sebuah kelebihan. Keunggulannya dari segi lulusannya mudah bekerja. Disebabkan kebutuhan tehadap lulusan jurusan tersebut sangat tinggi dan persaingan kerja sangat rendah.

jurusan sedikit peminat

Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini beberapa jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar yang bisa menjadi pilihan terbaik.

1.Jurusan Oseanografi

Pada peringkat pertama jurusan kuliah sepi peminat tapi peluang kerjanya besar adalah jurusan oseanografi. Disebut peluang kerjanya sangat besar karena jurusan oseanografi sesuai dengan kondisi alam di Indonesia.

Negara Indonesia adalah negara bahari yang kaya terhadap berbagai kekayaan di lautan. Luas lautan di Indonesia lebih luas ketimbang luas daratan. Sehingga berbagai eksplorasi terus dilakukan dalam kelautan. Ini semua menjadikan kebutuhan yang sangat tinggi dari instansi atau perusahaan terhadap pakar kelautan.

Jurusan oseanografi adalah jurusan yang membentuk para pakar kelautan yang handal. Kemudahannya dalam bekerja membuat jurusan ini dilirik sebagian orang.

2.Jurusan Antropologi Sosial

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar berikutnya adalah antropologi sosial. Jurusan antropologi sosial mempelajari  segala sesuatu hal yang berkaitan dengan interaksi  dan tindakan manusia.  Antropologi sosial sangat menantang untuk dikaji lebih dalam.

Berdasarkan trend yang ada, jurusan antropologi sosial tidak begitu banyak peminatnya.  Hal tersebut salah satu penyebabnya kurang tahunya lulusan SLTA sederajat terhadap jurusan antropologi sosial yang mempunyai prospek kerja yang cerah.

3 2 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar, Ini Tipsnya!

3.Fisioterapi

Fisioterapi merupakan jurusan kesehatan di perguruan tinggi yang kurang begitu diminati oleh lulusan SLTA. Padahal potensi dan prospek kerja yang sangat menjanjikan ketimbang jurusan yang kurang diminati lainnya. Jurusan Fiioterapi mampu memberikan kemudahan bgi lulusannya untuk mendapatkan kerja.

Lulusan Fisioterapi tidak akan lama menganggur dalam jangka waktu lama. Selepas lulus kuliah langsung dapat bekerja pada perusahaan yang dikehendakinya. Hal tersebut tak terlepas dari permintaan yang sangat tinggi dari berbagai instansi atau perusahaan terhadap lulusan fisioterapi. Apalagi jurusan ini dipilih pada perguruan tinggi negeri yang bonafide.

Tampak sangat sama antara jurusan fisioterapi  dengan jurusan oseanografi dan antropologi sosial dalam segi peluang kerja. Kesemuanya memberikan jaminan peluang kerja yang besar. Walaupun demikian jurusan Fisioterapi termasuk jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar  yang belum banyak diketahui orang.

4.Teknik Geodesi

Jurusan teknik geodesi merupakan jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar. Jurusan teknik geodesi  mempelajari berbagai hal mengenai survei dan pemetaan di lapangan. Disamping itu, teknik geodesi juga mempelajari mengenai prospek tanah yang terdapat di tanah air.

Adapun kantor atau institusi yang memerlukan lulusan teknik geodesi meliputi:

  • Bappeda
  • LAPAN
  • Badan Pertanahan Nasional (BPN).

5.Jurusan Ilmu Perpustakaan

Salah satu jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar adalah jurusan ilmu perpustakaan. Jurusan ini tidak ada matematika sehingga sangat cocok dipilih oleh lulusan SMA dengan tingkat kemudahan dalam mempelajarinya.

Peluang kerja bagi lulusan ilmu perpustakaan sangat luas. Ia bukan hanya bisa bekerja sebagai petugas atau penjaga perpustakaan. Tapi bisa juga berprofesi sebagai penulis buku, wartawan, sekertaris, dan lain-lain.

6.Jurusan Kehutanan

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar berikut adalah kehutanan. Jurusan kehutanan kurang diminati oleh banyak orang. Karena terkesan bekerja dalam bidang kehutanan yang terpencil dari wilayah perkotaan.

7.Teknik Perkapalan

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar lainnya adalah jurusan teknik perkapalan. Disebut jurusan dengan peluang kerja yang sangat menjanjikan disebabkan lulusannya sangat diperlukan oleh banyak perusahaan besar. Seperti perusahaan BUMN, Pertamina maupun perusahaan asing Petronas.

8.Manajemen Transportasi

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar selanjutnya adalah jurusan manajemen transportasi. Lulusan jurusan ini sangat mudah terserap kerja pada institusi Dinas Perhubugan. Penghasilan yang diterima setiap bulan lebih dari cukup.

jurusan kurang diminati

9.Pendidikan Guru SLB

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar berikutnya adalah jurusan pendidikan guru SLB. Lulusannya mudah bekerja sebagai guru SLB. Guru SLB yang dipilih dapat berupa guru SLB pemerintah ataupun swasta.  Penghasilan dari seorang guru SLB selain dari gaji pokok di sekolah, dapat juga dari uang sertifikasi dari pemerintah.

10.Jurusan Tarbiyah

Terakhir, jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar adalah jurusan tarbiyah. Jurusan tarbiyah adalah suatu jurusan kuliah bagian dari jurusan pendidikan agama Islam. Jurusan tarbiyah mendidik dan mengajarkan pada mahasiswa mahasiswinya untuk terampil mengajar dan menddik anak dengan baik.

Dosen-dosen tarbiyah akan mengajarkan pada mahasiswa mahasiswi untuk menjadi tenaga guru agama Islam yang handal, profesional dan bertanggungjawab. Walaupun jurusan tarbiyah sangat sedikit peminatnya. Tapi peluang kerja sangat besar. Lulusannya bisa bekerja sebagai ustadz, kiai ataupun tenaga pendidik atau  guru di sekolah negeri ataupun swasta dengan gaji tinggi.

3 2 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar, Ini Tipsnya!

Kenapa Jurusan Sedikit Peminat

Jurusan kuliah yang terdapat di bangku  pendidikan tinggi atau universitas terbagi  ke dalam beberapa kategori yang meliputi:

  • Jurusan kuliah yang sangat tinggi peminat
  • Jurusan kuliah yang sedang peminatnya
  • Jurusan kuliah yang sepi  atau sangat sedikit peminat

Untuk jurusan kuliah sepi peminat bisa berdasarkan beberapa sebab. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa alasan kenapa jurusan sedikit peminat yang meliputi:

jurusan yang sedikit peminat

1.Belum mengenal jurusan tersebut

Salah satu penyebab sebuah jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar adalah belum mengenalnya lulusan SMA terhadap jurusan tersebut. Sehingga timbul rasa kurang minat terhadap jurusan itu.  Apalagi jurusan kuliah tersebut termasuk jurusan baru yang belum diketahui banyak orang terutama lulusan SLTA sederajat.

2.Tidak mengetahui kelebihan dan keuntungan dari jurusan

Alasan lainnya yang bisa menyebabkan suatu jurusan kuliah sedikit peminat adalah kurang mengenal dan mengetahui lebih lengkapnya terhadap kelebihan dan keunggulan jurusan tersebut. Sehingga orangtua atau peserta didik lebih memilih jurusan kuliah lain yang lebih populer dan dikenalnya secara baik.

3.Tak mempunyai nilai tambah

Penyebab lainnya kenapa jurusan sedikit peminat adalah kurang daya tarik jurusan tersebut untuk dipilih. Hal tersebut dapat disebabkan tidak adanya keunggulan atau nilai tambah dari jurusan tersebut. Sehingga lulusan SLTA atau sederajat lebih memilih jurusan kuliah yang lebih memberikan nilai tambah.

4.Sukar akses informasi terhadap jurusan

Alasan lain yang membuat suatu jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar adalah kurang promosi. Dalam hal ini termasuknya kurang penerangan terhadap jurusan tersebut. Lulusan SLTA atau sederajat mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap terhadap jurusan tersebut.

5.Tidak sesuai tren

Alasan lainnya kenapa jurusan kuliah sepi peminat adalah sangat mungkin lulusan jurusan kuliah tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi oleh dunia kerja. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya faktor perkembangan teknologi canggih yang membuat sebagian pekerjaan dari suatu jurusan dapat digantikan oleh perangkat teknologi terbarukan.

Demikianlah beberapa alasan atau kenapa jurusan kuliah sedikit peminat. Penyebab lainnya sangat mungkin bisa karena jurusan tersebut memberikan tarif biaya perkuliahan sangat tinggi ketimbang jurusan lainnya.  Sehingga bagi mereka yang mempunyai keuangan yang sangat terbatas tidak bisa memilih jurusan tersebut.

jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar

Jurusan yang Kurang Diminati

Jurusan kuliah di kampus tidak selamanya banyak diminati orang. Ada sejumlah jurusan yang kurang diminati lulusan SMTA. Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang kurang diminati yang perlu kalian ketahui.

1.Teknik Pengairan

Salah satu jurusan kuliah yang kurang diminati orang  saat ini adalah jurusan teknik pengairan. Padahal peranan jurusan ini sangat penting untuk mempertahankan ketahanan pangan secara nasional.

2.Geofisika

Jurusan kurang diminati berikut adalah jurusan geofisika.

3.Teknik Nuklir

Jurusan yang kurang diminati lainnya adalah jurusan teknik nuklir. Salah satu penyebabnya mungkin mendengar teknik nuklir akan membuat setiap pendengarnya merasa ketakutan. Apalagi pernah terjadinya peristiwa kebocoran radiasi nuklir di dunia yang sangat membahayakan. Adapun kampus yang membuka jurusan teknik nuklir hanya satu di tanah air yakni UGM.

4.Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Setelah jurusan teknik pengairan yang kurang diminati orang maka bidang pertanian berikutnya yang kurang diminati adalah jurusan ilmu hama dan penyakit tumbuhan.

5.Obat-obatan Tradisional

Jurusan yang turut kurang diminati orang adalah jurusan obat-obatan tradisional. Padahal negara Indonesia adalah negara yang kaya terhadap berbagai obat tradisional.

6.Teknik Kelautan

Jurusan yang kurang diminati selanjutnya adalah jurusan yang berkaitan dengan laut yakni teknik kelautan.

7.Radiologi

Radiologi merupakan  salah satu jurusan yang kurang diminati oleh para pelajar saat ini.  Namun kalau mereka mengenal prospek jurusan ini sangat bagus tentu akan lebih banyak yang tetarrik untuk memasukinya.

8.Sastra Jawa

Jurusan sastra yang paling kurang diminati oleh siswa siswi adalah jurusan sastra jawa. Jurusan sastra Jawa akan mempelajari tentang budaya, adat istiadat, kesenian dan bahasa Jawa.

jurusan yang kurang diminati

9.Pengelasan

Jurusan yang kurang diminati lainnya adalah jurusan pengelasan.  Jurusan ini disebut juga jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar dan bagian dari bidang teknik permesinan.

10.Perpipaan

Jurusan yang kurang diminati selanjutnya adalah jurusan perpipaan.

11.Sastra Nusantara

Berikutnya jurusan yang  kurang diminati oleh orang-orang jaman sekarang adalah jurusan sastra nusantara.

12.Astronomi

Jurusan yang sedikit peminat akibat kurang diminati berikut adalah jurusan astronomi. Walaupun peluang kerjanya sangat menjanjikan. Jurusan Astronomi menuntut sebagian pelajar untuk menguasai dasar ilmu perbintangan dan juga matematika. Sehingga  sangat sulit untuk dipelajari dan dipahami bagi orang yang memiliki kecerdasan biasa saja. Ilmu astronomi  yang merupakan ilmu paling tua di dunia mempelajari bidang matematika dan benda langit.

13.Seni Peran

Jurusan yang kurang diminati oleh anak-anak jaman modern milenial saat ini selanjutnya adalah jurusan seni peran.  Jurusan ini sangat cocok dipilih oleh mereka yang menyukai akting atau seni peran. Kebanyakan lulusan dari jurusan seni peran adalah menjadi pemain seni peran, pemain film, atau artis. Penghasilan yang diperoleh sangat menjanjikan. Apalagi bagi seseorang yang melakukan seni peran sangat baik hingga melambungkan namanya.

Demikianlah berbagai jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar yang sangat direkomendasikan. Meskipun sepi peminat namun untuk bisa kuliah di perguruan tinggi bukanlah hal mudah. Nah, kalian sebaiknya mengikuti les privat SMA agar peluang kuliah di PTN favorit semakin besar.

3 2 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar, Ini Tipsnya!