Komodo terancam punah menjadi suatu hal pemberitaan yang sangat menarik di Indonesia. Komodo merupakan salah satu jenis binatang purba yang menjadi ciri khas dan kebanggaan orang Indonesia yang terletak di Pulau Komodo. Untuk mencegah kepunahan binatang unik ini pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya.

Ada sejumlah upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah kepunahan hewan langka ini. Seperti dengan cara menjadikan Komodo sebagai hewan yang dilindungi dan menempatkan habitat komodo adalah pada satu pulau khusus bernama Pulau Komodo.

Komodo Terancam Punah

Komodo terancam punah disebabkan jumlah populasinya yang terus mengalami penurunan. Dalam waktu beberapa tahun ke depan,  binatang ini dipastikan akan punah. Kalau hal ini terjadi tentu akan menjadi suatu berita yang kurang menggembirakan bagi masyarakat dunia khususnya Indonesia.

apa yang terjadi jika komodo punah

Bila Komodo benar-benar punah maka ini akan menjadi binatang purba selanjutnya yang akan menjadi sejarah dan hanya tinggal namanya saja. Kepunahan Komodo disebabkan oleh beberapa aspek.  Seperti halnya binatang purba yang telah punah sebelumnya, yang paling utama adalah faktor alam. Terutama pemanasan  global.

Yang namanya faktor alam tidak bisa dicegah oleh manusia. Sehingga cepat atau lambat, komodo terancam punah akan benar-benar lenyap.  Oleh karenanya binatang ini diperkirakan akan punah dalam waktu beberapa tahun ke depan. Pemerintah tak tinggal diam dan menjadikan Komodo sebagai binatang yang dilindungi dan wajib dilestarikan secara baik.

Komodo termasuk binatang endemik yang dikenal juga dengan nama latin Varanus Komodoensis. Komodo hanya dapat ditemukan di Indonesia tepatnya di propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebagai binatang langka dan hanya dapat ditemukan di Indonesia membuat nama Indonesia menjadi lebih dikenal di dunia sebagai negara tempat binatang purba Komodo dapat ditemukan.

Oleh sebab itu, tak aneh ribuan hingga jutaan orang setiap tahunnya dari berbagai negara pergi liburan ke NTT Indonesia untuk sekedar menyaksikan keajaiban dunia berupa binatang Komodo yang langka. Sebagai objek wisata tentu saja Komodo menjadi aset negara yang terus dilestarikan. Komodo beberapa kali sering dijadikan maskot dalam berbagai kegiatan atau event penting di tanah air. Seperti olahraga seAsia Tenggara.

Kenapa Komodo Terancam Punah?

Binatang Komodo adalah hewan yang sangat unik dalam segi bentuk tubuh, ukuran tubuh serta sifat dan habitatnya. Liputan berita dari berbagai media lokal dan internasional tentang komodo di Indonesia mampu menarik mata dunia internasional terhadap keberadaan binatang purba di masa modern saat ini.

jika komodo punah

Berikut ini beberapa alasan penyebab kenapa Komodo terancam punah yang penting kita ketahui.

1.Perubahan iklim dan cuaca

Seiring dengan perubahan iklim dan pemanasan global yang terjadi di dunia khususnya Indonesia membuat habitat asli Komodo terancam. Karena tidak sesuai lagi dengan habitat aslinya, hal tersebut membuat habitat asli Komodo semakin berkurang jumlahnya. Pada akhirnya berdampak pada jumlah populasi hewan Komodo yang ikut berkurang jumlahnya.

2.Ulah manusia

Ulah manusia yang melakukan kerusakan pada lingkungan alam terutama pada habitat asli Komodo membuat binatang Komodo terancam punah. Ulah manusia menjadikan binatang Komodo untuk diperdagangkan untuk  meraup ekonomi membuat manusia tidak memperdulikan habitat asli Komodo.

Seperti saat ini, pemerintah yang hendak melakukan proyek di Pulau Komodo dikhawatirkan dapat mengurangi habitat asli Komodo dan populasinya. Tak aneh jika para peneliti dari dunia internasional memperkirakan bahwa binatang komodo akan punah.

Sejumlah ahli menilai binatang langka berikutnya yang akan punah dalam jangka waktu  beberapa waktu tahun lagi adalah komodo. Hal tersebut berdasarkan analisanya yang mendalam dan akurat melihat situasi dan kondisi yang tengah terjadi dalam beberapa kurun terakhir yang mengancam keberadaan hewan komodo.

3.Tak mampu beradaptasi

Hal berikutnya kenapa komodo terancam punah adalah karena hewan ini sudah tak mampu lagi menyesuaikan dengan perubahan iklim yang terjadi. Seperti adanya pemanasan global.

komodo terancam punah

4.Objek ekonomi

Selama ini hewan komodo sering dijadikan objek wisata untuk mendapatkan keuntungan bagi sebagian pihak. Hal itu pula dilakukan oleh pemerintah yang hendak membangun proyek di sekitar habitat asli komodo.

Banyak pihak menentang kebijakan pemerintah tersebut dikhawatirkan mengancam kelangsungan habitat asli komodo. Jumlah komodo yang sudah berkurang drastis akan semakin berkurang dengan adanya proyek sarana dan prasarana tersebut yang digagas oleh pemerintah.

Selama ini pulau Komodo  dan Taman Nasional Komodo di NTT menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan asing dan dalam negeri.  Penghasilan devisa negara cukup besar dan pemerintah hendak memberdayakan ekonomi masyarakat sekitar dengan beberapa proyek yang terdapat di dalamnya. Hal tersebut dipercaya dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Taman Nasional Komodo.

Komodo yang sering disebut kadal paling besar di dunia mendapatkan perhatian istimewa dari dunia internasional. Hal tersebut terutama dari segi keberadaan komodo terancam punah saat ini. Hingga Taman Nasional Komodo di Flores NTT diiberikan penghargaan sebagai salah satu warisan dunia. Yang membuatnya tercancam punah yang paling nyata saat ini adalah efek perubahan iklim yang tengah terjadi secara ekstrim.

Ditambah lagi perdagangan dan tindakan manusia dalam merusak habitat asli komodo. Apalagi pemerintah dan dunia tidak memberikan perhatian yang baik pada hewan ini maka komodo terancam punah dan akan tinggal menjadi kenangan.

Habitat Komodo Adalah

Pengertian habitat adalah tempat tinggal makhluk hidup. Setiap makhluk hidup yang tinggal di dalam habitat mengalami penyesuaian dengan lingkungan hidupnya. Begitu juga dengan binatang komodo yang mempunyai habitatnya tersendiri yang berada di daratan bukan di air.

Habitat komodo dapat dijumpai di beberapa wilayah di Indonesia bagian tengah, antara lain : Pulau Padar, Pulau Komodo, Pulau Gili Motang, dan Pulau Rinca daerah Flores propinsi NTT. Adapun usia hidup binatang komodo sekitar 50 tahun. Umumnya panjang komodo sekitar 2,5 meter dengan berat tubuh mencapai 70 kilogram.

Pada dasarnya yang menjadi habitat komodo adalah bukan di air. Tapi habitat asli komodo di pesisir pantai, hutan belukar, dan sabana atau padang rumput yang terbuka. Habitat komodo atau sejenis kadal paling besar di dunia adalah tempat tinggal komodo yang sangat nyaman dan aman serta mengandung makanan yang dibutuhkan oleh komodo. Komodo adalah binatang pemangsa yang paling ditakuti di alam liar.

Sebagai binatang predator maka ada beberapa makanan yang sering dimakan oleh komodo antara lain babi, bangkai, rusa, kerbau besar hingga manusia sekalipun. Oleh sebab itu, selama manusia berada di daerah yang terdapat binatang komodo memerlukan kehati-hatian ekstra tinggi karena binatang ini dapat memangsa manusia. Apalagi jika komodo tersebut sedang kelaparan.

Kehadiran komodo terancam punah yang hanya ada di Indonesia menjadi sebuah misteri tersendiri. Menurut para pakar bahwa Komodo telah hadir di Indonesia sejak 30 juta tahun yang lalu. Hal tersebut berdasarkan bukti penemuan fosil kadal raksasa di Indonesia bagian tengah yang menyerupai komodo.

Apa Yang Terjadi Jika Komodo Punah

Adapun yang membuat Komodo betah tinggal di Indonesia adalah cuaca dan iklim yang sangat mendukung ditambah lagi binatang komodo adalah binatang pemalas. Walaupun bisa menjelajah ke daerah lain dengan kekuatannya yang besar tapi sifat malasnya membuat komodo tidak melakukannya apapun juga.

habitat komodo adalah

Apa yang terjadi jika komodo punah menjadi salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan orang. Berikut ini beberapa hal yang akan terjadi dimuka bumi apabila binatang komodo benar-benar punah, antara lain :

1.Hilangnya kekayaan alam  fauna

Jika komodo benar-benar punah maka manusia kehilangan salah satu kekayaan fauna yang sangat penting dan bersejarah yakni Komodo. Nama Komodo menjadi sebuah nama yang tidak bisa dilihat lagi bentuk aslinya dengan mata kepala sendiri.

2.Kehilangan sumber pemasukan negara

Apabila komodo terancam punah di bumi Indonesia maka kita akan kehilangan salah satu  sumber permasukan negara. Karena selama ini objek wisata Pulau Komodo dan Taman Nasional Komodo mampu menyumbangkan devisa dan pemasukan negara dari  sektor industri pariwisata Pulau komodo.

3.Kerusakan atau terjadinya ketidakstabilan ekosistem alam

Apa yang terjadi jika komodo punah? Jika ini benar-benar terjadi, maka beberapa binatang dapat lebih banyak populasinya ketimbang sebelum komodo punah. Beberapa binatang yang menjadi mangsa komodo selama ini dapat bertambah banyak dan bergerak lebih bebas di alam seperti rusa, kambing, dan lain sebagainya.

Yang tak kalah penting aktivitas manusia bisa lebih leluasa bergerak di alam tanpa perlu takut dimangsa oleh komodo terancam punah ini. Tidak ada cerita atau kisah lagi mengenai seseorang yang meninggal dunia atau luka-luka akibat korban keganasan binatang Komodo.

Apa Usaha Pemerintah Untuk Melestarikan Komodo?

Beberapa pakar dan ahli memprediksi binatang komodo akan mengalami kepunahan pada tahun 2050. Hal tersebut berdasarkan data dan fakta yang menunjukkan populasi jumlah komodo yang terus mengalami penurunan  tajam dari waktu ke waktu.  Dari tahun 1980 sampai tahun 1990an, populasi hewan komodo masih banyak. Namun setelah itu, populasi komodo mengalami pengurangan yang semakin berkurang drastis.

Untuk mencegah komodo terancam punah pada tahun 2050 maka pemerintah telah melakukan berbagai upaya. Berikut ini beberapa upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam mencegah kepunahan binatang komodo di Indonesia tengah, antara lain :

1.Menjadikan kawasan Taman Nasional Komodo NTT sebagai tempat yang dilindungi oleh negara

Kawasan Taman Nasional Komodo di Flores NTT mendapatkan pengawasan dan perlindungan dari pemerintah. Tidak bisa sembarangan orang memasuki wilayah tersebut yang dapat mengancam kelestarian Komodo.

2.Menjadikan binatang komodo sebagai hewan yang dilindungi oleh negara

Tidak diperbolehkan oleh pemerintah melakukan perburuan ataupun perdagangan binatang komodo. Karena binatang komodo merupakan satwa yang dilindungi.

kenapa komodo terancam punah

3.Melestarikan komodo

Upaya yang paling mudah telah dilakukan oleh pemerintah adalah menjaga habitat asli pulau komodo benar-benar utuh. Sehingga komodo dapat hidup dan berkembang biak dengan baik.

Perubahan iklim membawa dampak besar bagi sebagian besar hewan yang terdapat di muka bumi. Sejumlah binatang terancam punah efek dari perubahan iklim secara global. Salah satunya memberikan dampak negatif langsung yang bisa menyebabkan komodo terancam punah.

Jumlah populasi binatang komodo di Indonesia akan terus berkurang di Indonesia. Disebabkan permukaan air laut semakin tinggi dan peningkatan suhu secara global. Sehingga habitat asli komodo akan segera musnah perlahan-lahan sampai 30 persen lebih.

Banyaknya pengamat dan peneliti memperkirakan kepunahan binatang komodo memberikan peringatan kepada pemerintah Indonesia dan umumnya masyarakat luas untuk memperhatikan komodo. Komodo harus terus dilestarikan dan mencegah terjadinya kepunahan. Kalau terjadi kepunahan binatang komodo maka yang rugi bukan hanya pemerintah  Indonesia tapi juga segenap masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Kehilangan pendapatan dari sektor pariwisata dan nama baik Indonesia di hadapan Internasional menjadi akibat dari kepunahan binatang komodo di Indonesia. Sudah selayaknya dapat dihilangkan anggapan komodo terancam punah dengan berbagai upaya untuk melestarikan komodo.