Jurusan aktuaria termasuk program studi yang relatif baru dan banyak yang belum mengenalnya. Program studi ini belakangan sedang ‘naik daun’ dan menjadi favorit bagi para ulusan SMA. Untuk lebih mengenal lebih jauh tentang program studi baru ini artikel kali ini akan mengulas syarat masuk kuliah program studi aktuaria, daftar universitas yang membuka prodi aktuaria, hingga prospek kerjanya.

Jurusan Aktuaria

Program studi Aktuaria belakangan memang tengah menjadi perbincangan di kalangan mahasiswa. Mungkin anda masih asing mendengar istilah jurusan kuliah yang tergolong masih baru ini. Pogram studi ini baru muncul dalam beberapa tahun terakhir karena permintaan yang besar terhadap lulusannya yang banyak dibutuhkan perusahaan dan industri.

Untuk mengetahui apa itu ilmu aktuaria kita telaah dulu pengertiannya secara bahasa. Aktuaria adalah sebuah disiplin ilmu yang melakukan pengukuran terhadap manajemen resiko dalam bidang asuransi, finansial dan bidang lain. Adapun orang yang menguasai ilmu aktuaria disebut aktuaris yang bekerja melakukan manajemen risiko beserta pengukuran untuk kepentingan perusahaan.

fakultas untuk jurusan aktuaria

Aktuaria adalah jurusan kuliah yang mempelajari ilmu yang merancang solusi dari setiap masalah yang timbul dalam dunia perbankan, investasi, jaminan sosial, dana pensiun, asuransi,lembaga keuangan yang disebut actuarial science. Seorang aktuaris akan merancang sebuah upaya untuk mengelola dana secara baik agar dapat mengatasi semua permasalahan yang terdapat pada bidang tersebut.

Fakultas Untuk Jurusan Aktuaria

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mahasiswa adalah jurusan aktuaria itu masuk fakultas apa? Umumnya fakultas untuk program studi (prodi) aktuaria adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Hal ini karena kuliahnya setiap hari berkutat dengan materi IPA dan matematika.

Berdasarkan data dari Kemendikbud, prodi Aktuaria Fakultas MIPA yang pertama kali dibuka di Indonesia diikuti oleh 80 mahasiswa melalui jalur seleksi SBMPTN, SNMPTN, dan mandiri.

Pengelolaan risiko keuangan bagi setiap perusahaan sangat penting. Sehingga banyak perusahaan yang membutuhkan jasa aktuaris yang merupakan lulusan aktuaria. Bagi mereka yang tidak menyukai mata pelajaran yang bergelut dengan hitungan dan matematika maka dianjurkan tidak mengambil jurusan kuliah ini karena banyaknya kegiatan berhitung dan matematika.

Daftar Universitas Dengan Jurusan Aktuaria

Bagi anda yang mau memilih prodi aktuaria tidak perlu kuliah di luar negeri. Saat ini tak sedikit perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air sudah membuka program studi (prodi) ini. Mungkin sebagian mahasiswa masih ada yang belum mengetahui atau menganggap sepele jurusan ini. Padahal aktuaria merupakan salah satu jurusan kuliah terbaik yang bisa anda pilih.

jurusan aktuaria

Sebelum mengulas daftar universitas dengan jurusan aktuaria, ada beberapa pertimbangan bagi seseorang dalam memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi negeri atau swasta. Pertimbangan itu meliputi:

1.Memilih jurusan sesuai bakat, minat dan kepribadian serta kemampuan

Setelah memilih jurusan kuliah berdasarkan minat dan bakat serta kepribadian dan kemampuan anda maka berikutnya anda mesti memilih jurusan kuliah berdasarkan prospek kerja setelah lulus kuliah.

Anda harus memilih jurusan kuliah yang memiliki prospek bagus seperti kemudahan dalam mendapatkan kerja dengan gaji besar. Tentu anda tidak inginkan selepas lulus kuliah, anda kesulitan mendapatkan kerja.

2.Prospek kerja yang bagus

Jika tujuan anda kuliah untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar dengan pekerjaan yang masih langka dilakukan oleh orang Indonesia maka anda harus memilih jurusan kuliah yang memiliki prospek yang bagus di masa mendatang seperti lapangan kerja yang sangat luas dengan gaji besar.

Memilih jurusan yang tepat harus anda lakukan. Karena kesalahan memilih jurusan kuliah akan berdampak pada masa depan anda. Jika anda memilih jurusan kuliah yang prospek kerjanya kurang bagus maka anda nantinya selepas lulus kuliah akan kesulitan mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi.

Seiring dengan perkembangan jaman yang terus berubah, sebuah jurusan kuliah yang asalnya menjanjikan bisa menjadi tidak menjanjikan lagi. Anda harus mengetahui hal ini. Sehingga anda bisa memastikan jurusan kuliah yang anda pilih masih menjanjikan saat sekarang sampai beberapa tahun di masa datang.

daftar universitas dengan jurusan aktuaria

Diantara jurusan kuliah tersebut, anda bisa mengecek satu persatu jurusan kuliah yang sekiranya cocok dengan anda dan menjanjikan. Kemudian memilih salah satu jurusan kuliah yang cocok dan tepat bagi anda. Beberapa masukan dan pertimbangan dari keluarga dan guru pun harus anda perhatikan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat.

Adapun yang menjadi alasan utama memilih prodi aktuaria adalah karena tenaga ahli aktuaria yang masih sangat langka di Indonesia. Padahal kebutuhan dunia kerja atau perusahaan terhadap ahli jurusan aktuaria sangat besar. Beberapa perusahaan finansial dan asuransi siap membayar gaji tinggi untuk lulusan aktuaria yang bekerja di perusahaannya.

Setiap perusahaan asuransi atau keuangan terkadang membutuhkan banyak tenaga ahli aktuaria. Dengan demikian selepas lulus, sarjana aktuaris tidak sulit untuk mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi. Bahkan banyak perusahaan berebut mendapatkan sarjana Aktuaria dengan tawaran gaji dan fasilitas dan tunjangan yang menggiurkan.

Untuk tenaga ahli aktuaria yang masih pemula saja gajinya sudah bisa mencapai Rp 7 jutaan perbulan. Sedangkan kalau sudah mencapai level manager aktuary, gajinya sekitar 10 juta sampai 38 jutaan perbulan.

syarat masuk kuliah program studi aktuaria

Berikut ini daftar universitas dengan jurusan aktuaria yang bisa menjadi pilihan Anda.

1.Institut Pertanian Bogor

IPB menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang menjadi pelopor yang membuka prodi aktuaria di Indonesia. Angkatan pertama mahasiswa aktuaria dimulai pada tahun 2017 yang berlanjut sampai tahun saat sekarang.

2.Universitas Indonesia

Universitas terbaik lainnya di Indonesia yang juga membuka program studi Aktuaria adalah Universitas Indonesia (UI) yang berada di Depok.

3.Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) bukan hanya membuka prodi aktuaria untuk program S1 tapi juga membuka jurusan ini untuk S2 atau program pascasarjana aktuaria.

4.Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Universitas terbaik di Surabaya ini juga membuka dan memiliki jurusan aktuaria terbaik di Indonesia.

5.Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Untuk dapat masuk kuliah aktuaria di perguruan tinggi negeri seperti ITB, UNPAD, ITS, UI, dan IPB maka anda harus mengikuti jalur seleksi  SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri dan prestasi.

Jurusan Aktuaria Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui seluk beluk prodi aktuaria dan prospek kerjanya, apakah anda berminat mengambil prodi ini? Jika anda berminat maka kuliah di jurusan ini maka itu pilihan yang tepat. Mengingat lulusan Aktuaria masih sangat langka di tanah air.

Sedangkan permintaan terhadap lulusan ini sangat tinggi. Gaji lulusan Aktuaria cukup tinggi dikisaran Rp 7 jutaan perbulan. Bagi anda yang berminat daftar dan kuliah Aktuaria maka anda bisa mendaftarkan kuliah Aktuaria di berbagai perguruan tinggi yang menyediakannya.

jurusan aktuaria terbaik di indonesia

Mereka yang mengambil jurusan Aktuaria akan mempelajari ilmu matematika, asuransi,pemrograman komputer, finansial, ekonomi, statistika dll. Jika anda berminat terhadap mata pelajaran tersebut dan memiliki nilai yang baik atas mata pelajaran tersebut maka anda bisa memilih Aktuaria.

Kehadiran prodi Aktuaria pada perguruan tinggi negeri dimulai sejak tahun  2017. Tak aneh jika jumlah lulusannya sampai sekarang masih sangat sedikit dan tak sebanding dengan permintaan terhadap lulusan jurusan kuliah ini yang sangat besar. Aktuaria merupakan bagian jurusan IPA atau rumpun Saintek.

Banyak pendapat para pakar dan ahli mengenai pengertian ilmu Aktuaria. Salah satunya yang berpendapat bahwa Aktuaria adalah ilmu mengenai asuransi. Sebagiannya lagi berpendapat bahwa Aktuaria adalah ilmu tentang bagaimana cara membuat manajemen risiko keuangan yang baik dari sebuah perusahaan asuransi maupun perusahaan finansial.

Nah, berikut ini daftar jurusan aktuaria terbaik di Indonesia yang sebaiknya Anda tahu.

  1. IPB
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Universitas Indonesia (UI) Depok
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
  5. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
  6. Universitas Brawijaya Malang
  7. Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung

Syarat Masuk Kuliah Program Studi Aktuaria

Pada dasarnya masih sedikit perguruan tinggi yang membuka prodi Aktuaria di Indonesia. Salah satunya adalah Institut Pertanian Bogor (IPB). Prodi yang dibuka tahun 2017 ini masuk FMIPA IPB sebagai fakultas untuk jurusan aktuaria cocok untuk lulusan SMA IPA..

Syarat masuk kuliah program studi aktuaria terdiri dari 2 kelompok, yakni syarat sikap yang harus dimiliki dan syarat administrasi. Untuk syarat sikap, Anda harus mempunyai kepandaian dalam matematika dan ekonomi. Hal ini karena mereka yang masuk kuliah aktuaria akan sering mempelajari matematika, ekonomi, pemrograman komputer, dan asuransi yang berkaitan dengan mengelola resiko keuangan.

jurusan aktuaria

Mereka  yang memilih aktuaria fakultas MIPA disyaratkan teliti dan berpikir kritis serta kreatif. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa kepribadian orang yang cocok dan memenuhi syarat masuk kuliah program studi aktuaria.

  1. Mempunyai sikap senang untuk menyelesaikan masalah
  2. Senang berhitung
  3. Berpikir rasional dan kritis
  4. Senang dengan kegiatan penelitian
  5. Suka menganalisa dan rajin

Jika anda mempunyai sikap dan tabiat di atas berarti anda sudah memenuhi syarat secara kepribadian untuk kuliah aktuaria. Selanjutnya  anda tinggal mendaftarkan diri ke universitas yang membuka prodi aktuaria pilihan anda. Kemudian memenuhi persyaratan administrasi.

Sedangkan untuk anda yang mau mendaftarkan diri kuliah aktuaria di univeritas, maka syarat masuk kuliah program studi aktuaria di perguruan tinggi meliputi:

  1. Melampirkan bukti tes nilai bahasa inggris yang ditentukan serendah-rendahnya harus dicapai dalam nilai tertentu
  2. Lulusan SMA terbaru dengan skor ujian matematika dan nilai matematika di raport yang bagus

Tampaklah bagi anda yang akan memilih jurusan aktuaria pastikan dulu anda mempunyai nilai yang baik dalam mata pelajaran bahasa Inggris dan matematika. Karena mahasiswa aktuaria  akan sering belajar di kampusnya di dominasi dengan pelajaran-pelajaran matematika menghitung  dan bahasa inggris.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Aktuaria

Bagi anda yang ingin mengambil jurusan kuliah pasti banyak pertimbangan matang untuk memilihnya. Hal tersebut wajar saja. Anda tentu tidak ingin mengambil jurusan kuliah yang salah yang tidak sesuai bakat dan minat serta tak memiliki prospek bagus. Salah satu jurusan yang layak untuk anda pertimbangkan adalah program studi aktuaria.

syarat masuk kuliah program studi aktuaria

Sebelum memilih program studi aktuaria maka anda perlu melihat dulu prospek kerja lulusan jurusan aktuaria. Supaya anda bisa memilih masa depan yang baik bagi anda. Dengan mengambil prodi aktuaria maka anda dapat merancang masa depan anda dengan baik dan mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai yang anda cita-citakan. Karena jurusan terbaru ini sedang booming dan paling dicari oleh berbagai industri keuangan dan asuransi.

Prodi aktuaria adalah jurusan baru di sejumlah universitas negeri dan swasta di Indonesia sehingga mendengar jurusan ini belum banyak orang mengenalnya. Program studi aktuaria belum familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Namun suatu saat nanti seiring berjalan waktu, jurusan ini akan dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu jurusan kuliah yang sangat menjanjikan masa depan.

Walaupun hanya baru beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang membuka program studi aktuaria. Namun mulai banyak kalangan pelajar SMA, SMK dan sederajat yang tertarik memilih prodi aktuaria melihat permintaan dunia kerja terhadap lulusan aktuaria sangat tinggi. Gaji yang ditawarkan pun bagi lulusan aktuaria relatif lebih besar.  Gaji sebagai seorang Actuarial Analyst sebesar Rp 4 juta sampai Rp 7 juta perbulan.

Kehadiran program studi Aktuaria pada segelintir kampus di Indonesia tidak lepas dari anjuran dari Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi yang melihat prospek kerja lulusan jurusan Aktuaria di luar negeri sangat menjanjikan dan banyak dibutuhkan di dunia kerja Indonesia dan dunia. Oleh sebab itu, mulailah beberapa perguruan tinggi di Indonesia membuka program studi Aktuaria yang semakin hari jumlah peminatnya semakin bertambah besar.

Bagi mahasiswa dan mahasiswi aktuaria di kampusnya akan sehari-hari mempelajari tentang cara mengelola risiko finansial yang semua bersandar pada ilmu komputer, manajemen keuangan, matematika dan ilmu statistika. Setelah lulus kuliah aktuaria maka seorang mahasiswa bisa mengambil profesi sebagai aktuaris dengan gaji sekitar Rp 7 jutaan.

Popularitas aktuaris di Indonesia masih belum  tinggi. Bahkan masih banyak orang di Indonesia masih belum mengetahui adanya profesi sebagai aktuaris. Tidak seperti di dalam negeri, profesi  aktuaris di luar negeri sangat familiar.

Namun kini di tanah air banyak anak muda yang mulai melirik profesi sebagai aktuaris sehingga seiring bertambahnya waktu mulai banyak para pelajar yang mulai melirik dan memilih jurusan kuliah aktuaria di universitas negeri dan swasta melihat prospek kerjanya yang cukup bagus dan menjanjikan.

Berikut ini sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang membuka jurusan aktuaria, antara lain :

  • Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti
  • Universitas Pelita Harapan
  • Universitas Surya
  • ITS
  • Unpad
  • UGM
  • ITB
  • IPB
  • Universitas Indonesia (UI) Depok

Anda yang mau mengambil program studi aktuaria maka anda bisa kuliah di kampus-kampus di atas berdasarkan kelebihan jurusan ini.

Lantas bagaimanakah prospek kerja lulusan jurusan aktuaria? Berikut ini beberapa kelebihan program studi aktuaria yang wajib Anda tahu.

1.Lapangan Kerja Yang Luas

Yang membuat lapangan kerja bagi lulusan Aktuaria sangat luas adalah adanya kebijakan pemerintah yang mengharuskan setiap perusahaan berjangka dan perusahaan asuransi untuk mempunyai minimal seorang tenaga aktuaris.

prospek kerja lulusan jurusan aktuaria

Sedangkan tenaga aktuaris berasal dari lulusan aktuaria. Sedangkan jumlah lulusan aktuaria di Indonesia jumlahnya masih sangat terbatas. Itulah yang membuat peluang kerja bagi lulusan aktuaria sangat besar dan menjanjikan di tanah air.

2.Kebutuhan Pasar Kerja Yang Tinggi

Perusahaan skala kecil dan skala besar memerlukan tenaga terampil aktuaris untuk mengelola manajemen resiko perusahaan. Mengingat langkanya lulusan aktuaria di Indonesia membuat beberapa perusahaan merekrut aktuaris asing.

Hal tersebut tidak sesuainya dengan jumlah lulusan prodi aktuaria secara nasional yang sangat sedikit ketimbang permintaan jumlah tenaga aktuaris profesional yang lebih banyak di Indonesia.

Namun untuk menjadi seorang aktuaris profesional, seorang lulusan aktuaria mesti mengambil sertifikasi aktuaris dengan melanjutkan sekolah kembali. Setelah itu menjalani ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Persatuan Aktuaria Indonesia. Bagaimana apakah anda tertarik memilih jurusan aktuaria?