Tips memilih jurusan SBMPTN ini penting bagi para lulusan SMA dan yang sedarajat. Agar lolos dan bisa kuliah di perguruan tinggi negeri perlu strategi yang tepat. Bukan hanya karena materi soal ujian SBMPTN yang tidak mudah namun juga tingkat persaingannya yang sangat ketat.

Salah satu yang menjadi harapan para lulusan SMA atau yang sederajat lainnya adalah bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Selain membanggakan, bisa kuliah ke PTN idaman juga mampu meningkatkan harkat dan martabat keluarganya.

Mereka tentunya mengharapkan agar lulus pada ujian bersama secara nasional ini. Selain itu, mereka berharap dapat menjalani masa pendidikan tinggi di universitas negeri dengan baik dan lancar. Karena itu penting melakukan persiapan yang matang jika ingin lulus pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Untuk kuliah di perguruan tinggi negeri itu bisa dilakukan dengan biaya sendiri maupun melalui bantuan beasiswa. Seperti beasiswa mandiri Bidikmisi, beasiswa Djarum, Beasiswa BMT, beasiswa internal kampus, beasiswa perorangan, dan beasiswa dari pemerintah dan lembaga swasta yang lainnya.

Adapun untuk memasuki universitas negeri sudah ditetapkan oleh pemerintah bagi lulusan SMA dan sederajat dengan batasan usia tertentu untuk dapat mengikuti SNMPTN. Kalau tidak lulus maka ia bisa mengikuti SBMPTN. Kemudian ia bisa juga mengambil jalur mandiri dengan biaya tertentu.

tips memilih jurusan sbmptn agar lolos diterima

Namun tidak setiap orang bisa menapaki jenjang pendidikan tinggi karena beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah ketiadaan modal keuangan. Alasan ini menjadi alasan klasik. Sebab sekarang ini sudah tersedia berbagai macam beasiswa kuliah seperti Bidikimisi yang memberikan jaminan biaya kuliah gratis dan justeru memberikan uang saku tambahan bulanan.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak lembaga pendidikan tinggi baik universitas negeri maupun swasta dan Politeknik serta sekolah tinggi ikatan dinas. Semua perguruan tinggi tersebut setiap tahunnya membuka kesempatan kepada para generasi muda untuk menjadi calon mahasiswa baru dengan syarat tertentu.

Setiap orang mempunyai pilihan terhadap program studi dan universitas yang akan dijadikan tempat menuntut ilmu. Ada sebagian orang yang lebih memilih menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri (PTN). Tentunya ini adalah harapan kebanyakan orang. Sedangkan sebagian lagi memilih untuk kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) yang tak kalah bagus kualitasnya dengan universitas negeri.

Pada umumnya, setiap lulusan SMA, SMK, atau MA mempunyai keinginan yang sering berbeda-beda. Kadang kala ada yang memilih bekerja selepas sekolah di SMA, SMK dan MA untuk meringankan beban keuangan orang tua. Sebagian lagi ada yang memilih untuk membuka usaha. Berikutnya ada yang memilih sebagai pengangguran. Yang terakhir adalah mereka yang memilih melanjutkan kuliah ke pendidikan tinggi favorit.

Saat ini negara kita tidak kekurangan lembaga pendidikan tinggi. Di beberapa daerah telah berdiri banyak universitas negeri dan swasta, sekolah ikatan kedinasan, Politeknik dan sekolah tinggi lainnya. Yang paling terkenal mungkin beberapa gelintir kampus seperti di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Mercu Buana dan universitas lainnya.

Untuk kuliah di lembaga pendidikan tinggi terfavorit maka seseorang harus mengikuti prosedurnya. Bagi lulusan SMA, MA, dan SMK mesti menempuh SNMPTN dan SBMPTN serta jalur khusus untuk bisa kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik. Tanpa semua itu mustahil seseorang bisa kuliah di PTN yang menjadi pilihannya. Namun bagaimana sih tips memilih jurusan SBMPTN?

Tips Memilih Jurusan SBMPTN

Banyak orang yang bercita-cita untuk bisa menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri yang menjadi favorit mereka. Dengan harapan selepas lulus mereka bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi dan menjanjikan masa depan yang lebih baik.

tips memilih jurusan sbmptn agar lolos diterima

Untuk itu mereka belajar secara rajin dalam mempersiapkan menghadapi UTBK SBMPTN. Mereka mempelajari soal-soal materi yang biasanya keluar dari ujian masuk perguruan tinggi negeri. Baik yang mencakup materi ujian potensi skolastik maupun materi kemampuan akademik.

Baca juga Perbedaan SBMPTN dan SNMPTN yang Wajib Anda Tahu

Belajar dengan rajin mempelajari pertanyaan dan soal yang diprediksi akan keluar dalam SBMPTN perlu didukung oleh kegiatan bimbingan belajar. Lembaga kegiatan bimbel offline dan online ini akan memberikan pengarahan kepada calon peserta mengenai soal-soal yang mesti dipelajari yang keluar dari beberapa tahun terakhir.

Selain mempersiapkan diri secara matang untuk mempelajari soal-soal yang akan keluar di SBMPTN maka yang tak kalah penting adalah menentukan jurusan kuliah yang diambil pada SBMPTN. Sebab ini juga menentukan terhadap peluang kelulusan seseorang pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri tersebut.

Tips Memilih Jurusan SBMPTN Agar Lolos Diterima

Harapan bagi mereka yang mengikuti UTBK SBMPTN adalah bisa lulus. Dengan demikian, mereka bisa masuk ke perguruan tinggi negeri terfavorit sesuai dicita-citakan dan sesuai program studi dan jurusan yang mereka kehendaki. Kalau sudah lulus SBMPTN maka diantara mereka atau para peserta ada yang mengadakan syukuran.

Pada dasarnya untuk lulus pada UTBK SBMPTN tidaklah mudah. Hal tersebut tergantung beberapa faktor. Apalagi anda mengambil PTN dan jurusan kuliah yang memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Dibutuhkan strategi yang tepat supaya anda lolos SBMPTN.

Berikut ini beberapa tips memilih jurusan sbmptn agar lolos diterima dengan mudah ke perguruan tinggi negeri yang anda cita-citakan.

1.Mengenali Kemampuan Diri Sendiri

Jurusan kuliah yang terdapat pada SBMPTN sangat banyak jumlahnya. Anda akan dibuat pusing jika harus memilih salah satu jurusan kuliah. Oleh karena itu, jauh-jauh hari sebelum melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN maka anda perlu memilih jurusan kuliah. Langkah pertama tentu saja memilih perguruan tinggi negeri yang anda kehendaki. Kemudian memilih jurusan dan program studi pada pilihan pertama dan kedua.

tips memilih jurusan sbmptn

Dari itu semua yang perlu dilakukan sebelumnya adalah mengetahui kemampuan diri sendiri. Jurusan kuliah yang diambil hendaknya berdasarkan kemampuan diri sendiri. Jangan pernah mengambil program studi karena ikut-ikutan orang. Setelah mengetahui kemampuan dan sifat diri sendiri maka akan sangat mudah bagi anda untuk menemukan prodi atau jurusan yang tepat bagi anda.

2.Memilih Perguruan Tinggi Negeri dan Jurusan

Untuk mengetahui kemampuan diri sendiri dapat dilakukan dengan melakukan berbagai cara. Salah satunya anda mengikuti try out.  Sebelum melakukan UTBK SBMPTN maka anda bisa mengikuti tryout untuk mengukur sejauhmana kemampuan anda sendiri.

3.Melihat Tingkat Persaingan

Tips memilih jurusan sbmptn agar lolos diterima lainnya adalah dengan melihat tingkat persaingan yang ada. Persaingan pastinya akan ada. Apalagi persaingan dalam mendapatkan kursi di PTN. Anda mesti bersaing dengan puluhan ribu calon mahasiswa yang lain. Anda mesti mengetahui siapa saja yang menjadi pesaing anda dalam  memasuki universitas negeri yang anda tuju dan bagaimana kemampuan mereka.

4.Jurusan yang Sama

Pada waktu anda memilih jurusan pada pilihan pertama maka pada pilihan kedua anda hendaknya memilih jurusan yang sama pada perguruan tinggi negeri yang sama atau berlainan. Hal ini sebagai upaya memperbesar peluang bagi anda bisa lulus pada SBMPTN. Itu semua menunjukkan tingkat yang sangat serius bagi anda untuk mempelajari program studi tersebut.

Lihat juga Daftar Jurusan Baru SBMPTN, Pilih yang Terbaik!

Strategi atau tips memilih jurusan SBMPTN agar lolos diterima ini bisa anda terapkan dengan mudah. Caranya dengan melakukan teknik penggabungan pilihan perguruan tinggi negeri. Anda bisa menggunakan strategi dengan menggabungkan pilihan perguruan tinggi negeri (PTN). Contohnya anda dapat mengambil tiga program studi yang sama pada tiga perguruan tinggi negeri berbeda.

Misalkan pada pilihan kesatu, anda memilih Universitas Indonesia, ITB, IPB  atau universitas terbaik lain di tanah air. Pada pilihan kedua, anda dapat mengambil perguruan tinggi dibawah tingkat universitas terkemuka di atas. Begitu juga pada pilihan ketiga, anda pilih perguruan tinggi yang levelnya di bawah pilihan kedua.

Cara Menentukan Pilihan Pertama dan Kedua SBMPTN

SBMPTN telah kita melewati untuk tahun 2021. Ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur seleksi bersama secara nasional akan bergulir pada tahun mendatang. Setiap tahunnya peserta SBMPTN ada yang lulus dan ada juga yang tidak lulus. Semua ini dilakukan oleh pemerintah untuk benar-benar menyaring calon peserta didik yang mampu menjalani pendidikan tinggi di PTN kelak.

SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri disamping jalur mandiri dan SNMPTN. Banyak siswa siswi lulusan SMA,MA dan SMK serta sederajat yang mengikuti proses seleksi ini dengan harapan bisa lulus dan masuk perguruan tinggi negeri yang mereka pilih.

tips memilih jurusan sbmptn

Bagi anda yang telah lulus SMA, SMK, MA dan sederajat lainnya dan mau melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri maka anda harus mengikuti prosedur yang ditetapkan yakni mengikuti SBMPTN. Proses seleksi dilakukan menggunakan ujian tulis berbasis komputer dengan materi Tes Potensi Skolastik dan Tes Kemampuan Akademik.

Jika anda lulusan SMA, SMK, dan MA yang hendak melanjutkan kuliah di PTN, ada beberapa tips memilih jurusan SBMPTN yang perlu dipikirkan. Anda bisa memilih jurusan atau program studi teknik mesin, teknik sipil, pertambangan, agama Islam, Ilmu Komunikasi, Fakultas Pertanian, Kehutanan, Peternakan, Eknomi Kreatif, Pelayaran, Transportasi Darat, Psikologi, MIPA dan jurusan lain sebagainya.

Sebagai panduan, berikut ini salah satu cara menentukan pilihan pertama dan kedua SBMPTN. Caranya adalah dengan mengetahui dan mengerti peraturan SBMPTN yang berlaku pada tahun sekarang dalam pemilihan jurusan.

Baca juga Berapa Jurusan Yang Bisa Dipilih di SBMPTN?

Untuk menentukan pilihan pertama dan kedua dalam program studi di SBMPTN maka anda harus mengerti teknis tata caranya. Pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri sudah ditentukan bahwa setiap peserta mesti menentukan 2 jurusan kuliah yang mau diambilnya di 1 universitas negeri. Bisa juga peserta memilih satu program studi pada 2 universitas negeri yang berbeda.

Setelah menentukan jurusan kuliah yang akan diambil dan ternyata apabila semuanya termasuk jurusan dari kategori Saintek maka peserta tersebut akan ikut dalam ujian kelompok Saintek dengan materi-materi soal Saintek.

tips memilih jurusan sbmptn 2021

Sementara itu, jika ia mengambil dua program studi yang semuanya masuk ke dalam kategori Soshum maka soal materi SBMPTN akan masuk kategori soal Soshum. Selanjutnya bagi mereka yang memilih jurusan dari Soshum dan Saintek maka ia mesti ikut serta dalam kategori ujian materi campuran.

Tips Menentukan Jurusan SBMPTN Berdasarkan Nilai Raport dan Ijazah

Peraturan berikutnya dalam pemilihan perguruan tinggi negeri di SBMPTN pada dasarnya bebas sesuai kehendak hati peserta. Ia bisa mengambil universitas negeri yang berada di luar wilayah sekolah SMA-nya maupun yang satu wilayah. Dalam hal ini, tidak ada batasan wilayah dalam pemilihan PTN bagi setiap peserta UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Hal yang mesti diperhatikan berikutnya sebagai tips memilih jurusan SBMPTN adalah menentukan pilihan pertama dan kedua dalam SBMPTN dengan skala prioritas. Pilihan pertama jurusan yang dipilih adalah jurusan yang anda sangat sukai, minati dan mampu menguasainya kelak sesuai bakat dan keterampilan yang anda miliki saat ini. Anda bisa memilih program studi di pilihan pertama adalah jurusan yang memiliki tingkat persaingan sangat ketat.

Sedangkan untuk pilihan program studi kedua maka anda bisa mengambil sama seperti pilihan pertama yakni jurusan kuliah yang paling anda minati, sukai dan passion anda berada di dalamnya. Sehingga pada waktu perkuliahan berlangsung anda tidak mendapatkan kesulitan yang berarti. Pada pilihan kedua ini, anda bisa menentukan jurusan yang tingkat persaingannya masih rendah dan tidak seketat pilihan pertama.

Penentuan jurusan kuliah yang kamu akan ambil di SBMPTN harus dicermati secara baik. Jangan sampai salah mengambil jurusan yang anda pilih. Karena akan membuat proses belajar di kampus kelak tidak berjalan lancar. Mungkin beberapa mereka yang salah mengambil jurusan kuliah bisa berganti jurusan atau fakultas pada saat perkuliahan. Atau mereka bisa melakukan cuti kuliah.

Setelah menentukan jurusan kuliah yang anda minati, anda melakukan penelitian terhadap jurusan kuliah yang akan diambil pada SBMPTN nantinya. Riset dilakukan mengenai mata kuliah apa saja yang akan anda pelajari dengan memilih program sudi tersebut.

Selanjutnya anda juga mesti mengetahui universitas negeri mana saja yang membuka program studi atau jurusan kuliah yang anda minati tersebut. Kemudian meneliti prospek kerja lulusan jurusan tersebut, apakah sangat menjanjikan pekerjaan dengan gaji besar atau tidak? apakah lulusan prodi tersebut banyak bekerja di perusahaan besar atau tidak dengan gaji tinggi?

Baca Materi TPS yang Sering Keluar di SBMPTN

Terkadang seseorang merasa kesulitan dalam menentukan program studi yang akan dipilihnya pada pilihan pertama dan kedua pada SBMPTN. Jika anda merasakan kesulitan maka anda dapat mengajak diskusi dan meminta pertimbangan pada guru BP atau keluarga tercinta. Mereka bisa membantu anda dalam memilihkan jurusan kuliah yang terbaik bagi anda pada pilihan kesatu dan kedua.

Cara menentukan pilihan pertama dan kedua SBMPTN berikutnya adalah dengan tidak berpatokan kepada teman atau yang sedang banyak diminati. Setiap orang mempunyai hobi, keahlian dan minat terhadap segala sesuatu yang berbeda. Anda bisa mengambil jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Jangan pernah ikut-ikutan memilih program studi yang sedang booming dan anda tidak menguasainya sama sekali.

tips memilih jurusan sbmptn agar lolos diterima

Ada cara menentukan pilihan pertama dan kedua SBMPTN yang paling mudah Anda lakukan. Strategi dan tips memilih jurusan SBMPTN ini adalah dengan melihat raport atau ijazah yang anda miliki dari SD sampai SMA. Lihatlah mata pelajaran apa yang memiliki nilai paling tinggi.

Misalkan anda memiliki nilai raport mata pelajaran agama Islam sangat tinggi dari SD sampai SMA. Ini bisa menjadi pertanda bagi anda bisa memilih jurusan Agama Islam pada pilihan pertama dan kedua pada SBMPTN. Kemudian jika nilai raport anda yang paling tinggi nilainya adalah mata pelajaran ekonomi maka jurusan kuliah yang bisa dipilih adalah Fakultas Ekonomi.

Penilaian terhadap nilai raport tersebut sedikit membantu bagi para peserta SBMPTN dalam memilih jurusan di pilihan pertama dan kedua. Kalau nilai raport dan ijazah pada mata pelajaran Kimia anda sangat rendah maka jangan coba memilih jurusan kimia pada SBMPTN. Anda kelak akan kesulitan dalam menjalani pendidikan tinggi di jurusan tersebut.

Demikian tips dan strategi yang bisa anda lakukan supaya dapat lulus SBMPTN. Strategi-strategi yang dijelaskan di atas dapat anda laksanakan untuk menggapai cita-cita dan mimpi anda untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi negeri yang anda inginkan. Semoga tips memilih jurusan SBMPTN ini dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.