Berapa jurusan yang bisa dipilih di SBMPTN? Pertanyaan semacam ini ternyata masih sering dilontarkan para lulusan SMA dan sederajat lainnya yang ingin mengikuti tes SBMPTN. Pertanyaan ini berlanjut ke banyak pertanyaan lainnya, seperti berapa prodi dan pilihan universitas yang bisa dipilih di SBMPTN?

Bagi anda yang ingin mengikuti ujian SBMPTN maka harus menentukan dulu jurusan yang hendak diambil. Hal ini untuk memudahkan dalam proses pendaftaran UTBK SBMPTN. Pemilihan jurusan yang akan diambil ini terkadang membuat bingung calon mahasiswa.

Jangan sampai anda mengambil jurusan yang salah dan tidak sesuai dengan bakat dan minat. Mungkin dalam kepala anda banyak pilihan jurusan yang anda minati. Dari sekian banyak itu maka pilih salah satu yang paling anda sukai.

Setiap orang pastinya mempunyai minat pada suatu bidang tertentu. Seperti halnya lulusan SMA yang memiliki minat pada suatu program studi atau jurusan yang terdapat di perguruan tinggi. Penentuan jurusan sangat penting sebelum seseorang mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN. Untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, pemerintah telah menerapkan aturan dengan tiga cara yakni mengikuti SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri.

berapa jurusan yang bisa dipilih di sbmptn

Salah satu jalur yang paling umum dan mudah bagi anda yang mau kuliah di perguruan tinggi negeri adalah dengan mengikuti UTBK SBMPTN. Lalu yang menjadi bahan pertanyaan adalah berapa jurusan yang bisa dipilih di SBMPTN untuk tahun 2021? Untuk lebih detailnya silahkan simak ulasan selengkapnya pada artikel ini.

Berapa Jurusan Yang Bisa Dipilih di SBMPTN

Siswa siswi lulusan SMA, SMK, MA dan sederajat lainnya yang sudah mempunyai akun LTMPT maka dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti SBMPTN tahun 2021. Wajib melakukan pendaftaran pada saat pembukaan dan jangan sampai terlambat. Mengingat pembukaan pendaftaran UTBK SBMPTN ditentukan waktu pembukaan dan penutupannya.

Bagi mereka yang mau mengikuti SBMPTN maka dianjurkan untuk memastikan dulu lulus tidaknya dalam SNMPTN sebelum mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN.  Pengumuman hasil seleksi SNMPTN akan berlangsung tidak terlalu lama. Kemudian jika pengumuman hasil seleksi SNMPTN sudah ada maka anda bisa mengecek nama anda sendiri.

Baca juga Daftar Jurusan Baru SBMPTN, Pilih yang Terbaik!

Apabila anda telah lulus hasil seleksi SNMPTN maka itu berarti anda tak dapat melakukan pendaftaran diri untuk mengikuti UTBK SBMPTN. Anda sudah lulus masuk perguruan tinggi negeri yang anda citakan secara otomatis.

Namun jika anda tidak menghiraukan hal ini dengan mendaftarkan diri mengikuti UTBK SBMPTN sebelum pengumuman hasil SNMPTN ada risikonya. Jika anda lulus pada seleksi SNMPTN, maka biaya pendaftaran SBMPTN tak bisa diambil lagi. Anda juga tidak akan diproses dalam proses seleksi ujian SBMPTN.

Pada tahun ini telah ditetapkan bagi siswa siswi yang mau daftar SBMPTN maka bisa mendaftarkan diri di tanggal 15 Maret 2021 sampai 1 April 2021. Pendaftaran UTBK SBMPTN diluar tanggal tersebut tak dilayani. Pendaftaran SBMPTN bagi lulusan SMA/SMK/MA dilanjutkan dengan menentukan perguruan tinggi negeri yang dipilih. Dilanjutkan dengan menentukan program studi yang akan dipilih. Pastikan anda memilih jurusan atau program studi yang benar sesuai bakat dan minat serta hati nurani.

Untuk mengetahui berapa jurusan yang dapat dipilih pada SBMPTN maka semua itu kembali pada kebijakan LTMPT sebagai lembaga yang mengurus penyelenggaraan tes masuk perguruan tinggi negeri. Dalam keterangan resminya, jurusan yang dapat dipilih di SBMPTN maksimal dua jurusan kuliah pada satu atau dua perguruan tinggi negeri.

jumlah jurusan pilihan sbmptn

Adapun jurusan kuliah yang bisa dipilih adalah dua jurusan. Pertama, anda mengisi biodata. Kemudian menyimpannya. Lalu anda mengisi perguruan tinggi negeri yang dipilih beserta program studi yang diambil. Kemudian anda mengisi perguruan tinggi negeri yang anda pilih pada pilihan kedua beserta jurusan yang anda pilih. Dari sini sudah sangat jelas jawaban dari pertanyaan berapa jurusan yang bisa dipilih di SBMPTN adalah dua.

Kemudian timbul lagi pertanyaan berapa program studi (prodi), jurusan, dan universitas yang bisa dipilih di SBMPTN? Untuk mengetahuinya secara lengkap maka anda bisa membaca di portal LTMPT sebagai resmi penyelenggara Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).  Adapun prodi yang dipilih bisa dari kelompok Soshum atau Saintek. Ketentuannya pemilihan jurusan dan program studi (prodi) dibatasi yakni paling banyak adalah 2 program studi.

Jumlah Jurusan Pilihan SBMPTN

SBMPTN mesti dilalui setiap lulusan SMA/SMK/MA yang mau menempuh ke pendidikan tinggi negeri seperti PTN atau universitas negeri. Namun untuk mengikuti SBMPTN diperlukan prosedur dan alur yang harus diikuti sebagai syarat, cara dan prosedur SBMPTN. Prosedur yang pertama adalah memilih jurusan yang hendak dipilih.

Berikut ini jumlah jurusan pilihan SBMPTN yang bisa Anda pilih dalam proses pendaftarannya.

  1. Fakultas Pertanian jurusan Agribisnis, Agroekoteknologi, dan kehutanan.
  2. Fakultas Peternakan
  3. Fakultas Teknik yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Pengairan, Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Industri, dan Teknik Kimia
  4. Fakultas Kedokteran jurusan Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Ilmu Gizi, Ilmu Kesehatan, Farmasi, dan Kebidanan.

Pada waktu seseorang akan mendaftar UTBK maka ia harus menentukan dulu jurusan dan program studi yang dipilihnya. Pemilihan program studi atau jurusan kuliah haruslah sangat tepat berdasarkan keinginan sendiri, bakat, kemampuan dan minat. Asal pilih jurusan akan membuat kerugian pada diri anda. Misalkan kuliah terbengkalai disebabkan anda kurang minat dan terampil terhadap jurusan tersebut.

Baca juga Materi TPS yang Sering Keluar di SBMPTN

Lantas apa saja dan berapa jurusan yang bisa dipilih di SBMPTN? Berikut ini panduan dalam memilih jurusan kuliah pada SBMPTN yang sebaiknya diketahui para calon peserta.

1.Mengetahui ketentuannya

Pada SBMPTN telah ditetapkan aturannya mengenai berapa jurusan yang dapat dipilih di SBMPTN dan berapa jumlah jurusan pilihan SBMPTN. LBMPT telah menetapkan aturan bahwa setiap peserta hanya diperbolehkan untuk mengambil 2 jurusan kuliah.

jumlah jurusan pilihan sbmptn

Begini peraturannya : Anda diperbolehkan memilih 2 jurusan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri yang sama. Contohnya anda mengambil perguruan tinggi ITS dengan pilihan jurusan Kimia dan Teknik Industri. Kemudian anda bisa memilih Perguruan Tinggi Negeri yang sangat beda. Misalkan UGM dan UNPAD tapi anda mengambil jurusan sama. Seperti Ilmu Komunikasi.

2.Menentukan jurusan kuliah

Dalam SBMPTN setiap peserta tentu ingin mendapatkan hasil seleksi yang terbaik. Seperti mendapatkan kelulusan dalam SBMPTN. Untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan suatu strategi yang tepat. Pada dasarnya, anda bebas menentukan berapa jurusan yang bisa dipilih di SBMPTN.

Namun sesuai ketentuan, Anda hanya diberikan paling banyak memilih dua jurusan kuliah saat mendaftar SBMPTN. Bagi pilihan pertama untuk program studi maka anda bisa memilih yang tingkat kompetisinya lumayan berat. Untuk pilihan jurusan kedua, anda bisa mengambil prodi yang tingkat persaingannya sangat rendah. Sementara itu, kemunculan jurusan baru di sebuah universitas negeri pada umumnya mempunyai tingkat persaingan sangat ketat.

Jurusan Kuliah di SBMPTN Yang Cocok Untuk SMK

Sekolah Menengah Kejuruan adalah salah satu jenjang sekolah yang setara dengan SMA. Dari mulai namanya STM berubah namanya menjadi SMK. Begitupula SMEA yang menjadi SMK.

Sekolah pada jenjang ini akan mempersiapkan setiap siswa-siswi untuk siap kerja di dunia kerja. Sehingga program studi yang dipilih umumnya spesialisasi. Misalkan SMK jurusan otomotif, jurusan bangunan atau arsitek, elektronika komunikasi, jurusan listrik, jurusan mesin dan lain sebagainya.

Selepas lulus SMK, seseorang bisa memilih bekerja dan juga berwirausaha. Namun bagi lulusan SMK juga bisa memilih melanjutkan kuliah ke pendidikan tinggi seperti perguruan tinggi negeri dengan memilih jurusan yang sudah dipelajarinya di SMK maupun jurusan baru. Seperti jurusan agama Islam.

berapa jurusan yang bisa dipilih di sbmptn

Jurusan yang terdapat pada SBMPTN banyak sekali. Tak mungkin disebutkan satu persatu. Dari sebagian jurusan kuliah yang terdapat di SBMPTN tersebut ada yang cocok diambil oleh siswa SMK, SMA atau MA. Berikut ini beberapa jurusan yang bisa dipilih di SBMPTN yang sangat tepat dipilih oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sebaiknya Anda tahu.

1.Jurusan Arsitektur

Bagi lulusan SMK sangat bagus untuk memilih jurusan kuliah arsitektur. Khususnya bagi lulusan SMK Teknik Bangunan atau Arsitektur. Sehingga ia kuliah di universitas negeri akan memperdalam lagi ilmu arsitek.

Lihat juga Cara Daftar Bidikmisi Mandiri SNMPTN atau Tanpa KIP

Jurusan arsitektur terdapat di beberapa universitas negeri dan swasta di Bandung, Jakarta, Surabaya, Semarang, Bali, dan di universitas daerah lainnya. Seperti Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, ITB, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dll.

2.Jurusan Teknik Mesin

Jurusan kuliah yang cocok bagi lulusan SMK berikutnya di SBMPTN adalah jurusan teknik mesin. Jurusan ini sangat nyambung diambil oleh lulusan SMK mesin. Sehingga ia tidak akan kesulitan lagi belajar tentang mesin secara lebih dalam lagi di pendidikan tinggi. Ia bisa mengambil program studi teknik mesin S1 dengan gelar sarjana teknik mesin.

3.Jurusan Teknik Informatika

Jurusan lain yang cocok diambil oleh lulusan SMK lainnya adalah jurusan Teknik Informatika.

Itulah beberapa jurusan yang sangat cocok dipilih oleh lulusan SMK dalam menghadapi SBMPTN. Anda bisa memilih jumlah jurusan pilihan SBMPTN berdasarkan minat dan bakat.  Yang namanya perguruan tinggi negeri maka ilmu yang dipelajari akan lebih spesifik dan lebih detail lagi.

Pilihan Jurusan Terfavorit di UNPAD Pada SBMPTN

Universitas Padjajaran (UNPAD) merupakan salah satu universitas negeri yang menjadi buruan para peserta SBMPTN. Puluhan ribu peserta memilih UNPAD sebagai perguruan tinggi negeri di pilihan pertama. Ada beberapa jurusan yang bisa dipilih di SBMPTN pada UNPAD ini. Namun secara garis besar, ada beberapa prodi atau jurusan di Universitas Padjajaran yang memiliki banyak peminat dari Soshum maupun Saintek.

Persaingan masuk perguruan tinggi negeri UNPAD ini sangat tinggi. Sebagai perbandingan 1 kuota di PTN ini diperebutkan oleh 22 orang peserta. Jumlah yang berminat di universitas ini melebihi puluhan ribu peserta tapi yang diterima berdasarkan kuota yang dimilikinya di SBMPTN hanya 2.382.

berapa jurusan yang bisa dipilih di sbmptn

Berikut ini beberapa pilihan jurusan kuliah di Universitas Padjajaran pada SBMPTN yang paling diminati para peserta pada tahun sekarang secara berurutan, antara lain:

1.Ilmu Hukum

Program Studi Soshum yang paling diminati oleh para peserta SBMPTN yang mengambil perguruan tinggi negeri UNPAD adalah Ilmu Hukum. Universitas negeri ini banyak menelurkan para pengacara dan ahli hukum yang hebat skala nasional dan internasional. Peminat jurusan Ilmu Hukum di UNPAD pada SBMPTN 2021 sebesar 3.408 peserta.

2.Psikologi

Untuk peserta yang mengambil program studi Saintek maka yang terbanyak dipilih pada Universitas Padjajaran adalah jurusan Psikologi. Peminatnya sampai 3.189 peserta. Kualitas pendidikan ilmu Psikologi di UNPAD dinilai sangat baik hingga diminati para pelamar pada SBMPTN tahun ini.

3.Pendidikan Dokter

Untuk selanjutnya jurusan kuliah yang paling diminati oleh para peserta SBMPTN lainnya untuk Saintek adalah Ilmu Keperawatan, Farmasi, Teknik Informatika, Pendidikan Dokter. Sedangkan untuk program studi Soshum yang paling digemari adalah Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Akuntansi, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi tentang berapa jurusan yang bisa dipilih di SBMPTN. Para lulusan SMA, MA, dan SMK yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi wajib mengetahui informasi ini. Mudah-mudahan informasi ini dapat memberikan tambahan wawasan berharga bagi Anda semuanya.