Cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPA? Itulah salah satu pertanyaan yang sering terlontar dari mereka yang mengambil jurusan IPA di SMA. Banyak yang masih bingung dan ragu dalam menentukan cita-citanya. Terutama dalam memilih jurusan atau program studi di perguruan tinggi.

Padahal mereka sebenarnya tidak perlu bingung mengenai cita-cita yang tepat untuk jurusan IPA. Karena ada banyak jenis pekerjaan dan profesi yang cocok bagi lulusan SMA IPA. Profesi ini juga sangat menjanjikan dengan prospek kerjanya bagus baik untuk wanita maupun pria.

Alasan Memilih Jurusan IPA

Minat mereka yang menempuh sekolah di SMA dalam memilih jurusan IPA sangat besar. Bahkan mayoritas murid SMA umumnya cenderung alan lebih memilih jurusan IPA. Meskipun alasan memilih jurusan IPA bervariasi, namun dibandingkan jurusan IPS, IPA memberikan lebih banyak pilihan. Semua program studi yang tersedia di peguaun tinggi bisa dipilih anak luluan IPA. Tidak demikian dengan anak IPS.

jurusan IPA

Secara garis besar berikut ini beberapa alasan seseorang yang duduk di bangku SMA memilih jurusan IPA atau ilmu pengetahuan alam.

  1. Gampang dalam menentukan jurusan pada saat akan kuliah di perguruan tinggi negeri atau swasta
  2. Suka melaksanakan kegiatan praktikum
  3. Mempunyai kemampuan dalam berhitung dan melakukan eksperimen
  4. Akan dikenal sebagai pribadi yang menjaga dan mencintai alam sekitar
  5. Akan lebih dikenal sebagai orang pintar
  6. Mempunyai prospek pekerjaan yang menjanjikan dengan gaji besar

Tips Memilih Jurusan Yang Tepat di SMA

Pada saat menempuh pendidikan di SMA maka mereka akan diberikan beberapa pilihan untuk mengambil jurusan. Apakah mereka mau mengambil jurusan bahasa, IPA atau IPS?

Baca juga Sekolah Kedinasan Sepi Peminat Agar Mudah Jadi PNS

Dalam menentukan jurusan yang hendak dipilihnya terkadang membuat para siswa menjadi bingung. Tidak sedikit yang belum memiliki bayangan cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPA. Padahal sangat mudah untuk mengambil jurusan yang tepat baginya. Berikut ini sejumlah tips memilih jurusan yang tepat di SMA, antara lain :

1.Memilih Sesuai Bakat dan Minat

Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan anda dalam memilih jurusan yang tepat di SMA antara jurusan bahasa, IPA atau IPS adalah dengan memahami diri anda sendiri. Anda mempunyai passion, bakat dan minat pada jurusan apa?

memilih jurusan IPA

Jika anda sangat minat dan suka mempelajari bahasa maka anda bisa mengambil jurusan bahasa. Namun jika anda lebih tertarik pada jurusan IPA maka anda bisa memilih jurusan IPA. Pendek kata, pertimbangan utama dalam menentukan jurusan di SMA di sesuaikan dengan bakat, minat dan passion anda.

2.Mengumpulkan Informasi Sebelum Menentukan Jurusan

Untuk memiliki gambaran yang lebih jelas tentang cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPA sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan. Kumpulkan informasi mengenai jurusan yang hendak anda pilih. Lihatlah bagaimana prospek kerja lulusan jurusan tersebut. Apakah lulusan jurusan tersebut memiliki prospek bagus dalam bekerja dengan gaji tinggi? Apakah mudah terserap lapangan kerja atau tidak?

Setelah itu pelajari juga mata pelajaran-pelajaran apa saja yang akan diajarkannya dan apakah sesuai dengan bakat dan minat anda? Jika anda kesulitan melakukan belajar mandiri, anda bisa mencoba les privat agar proses belajar memahami materi menjadi lebih baik dengan dibantu guru yang ahli di bidangnya

Cita-cita Apa Yang Cocok Untuk Jurusan IPA

Penentuan jurusan pada saat seseorang duduk memasuki bangku sekolah SMA merupakan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah yang dibuat untuk membuat siswa fokus pada bidang studi yang dipelajarinya. Supaya siswa dapat benar benar menguasai bidang studi. Hal ini telah dilakukan oleh sekolah sekolah di negara barat.

Dalam memilih jurusan pada waktu SMA,seseorang dibebaskan memilih jurusan yang diminatinya yang mencakup jurusan bahasa, IPS atau IPA. Memilih jurusan di SMA tak boleh salah. Jika salah maka akan mengakibatkan kerugian pada siswa itu sendiri. Salah satu yang menjadi cara memilih jurusan yang tepat adalah memilih jurusan yang disukai atau passion terhadap jurusan itu.

Salah satu pertimbangan berikutnya adalah pemilihan jurusan yang menjanjikan. Karena sekarang ini banyak siswa siswi SMA yang memilih jurusan asal-asalan sehingga ketika lulus SMA tidak mengetahui pekerjaan apa yang bisa dilakukannya.

Setiap orang mempunyài minat dan passion yang berbeda- beda. Bagi mereka yang hobi menulis maka ia bisa memilih jurusan bahasa. Sedangkan bagi mereka yang hobi terhadap mempelajari lingkungan alam atau saintek maka ia bisa mengambil jurusan IPA.

Mereka yang merupakan lulusan jurusan IPA di SMA pastinya lebih menguasai beberapa mata pelajaran tertentu seperti biologi, fisika, matematika, dan kimia. Karena mata pelajaran itulah yang identik dan dipelajari oleh para pelajar yang mengambil jurusan IPA di SMA.

Lihat Persiapan Masuk STAN, Materi Tes, dan Persyaratannya

Berikut ini beberapa profesi dan pekerjaan bergaji besar yang cocok sebagai cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPA.

1.Dokter dan Tenaga Kesehatan

Salah satu profesi dan pekerjaan yang cocok bagi lulusan IPA adalah dokter. Profesi sebagai seorang dokter adalah profesi terpandang di masyarakat Indonesia dan menjanjikan gaji besar. Sejak duduk sekolah di SMA, ia bisa mengambil jurusan IPA.

Pada saat kuliah memilih jurusan kedokteran di perguruan tinggi negeri dan selanjutnya mengambil profesi dokter. Penghasilan dokter bisa dari buka praktek dokter maupun bekerja di rumah sakit atau membuka klinik kesehatan. Bisa juga dengan mengambil profesi dokter status PNS.

Kuliah jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan di kampus yang paling banyak peminatnya dan menjanjikan pekerjaan bergaji tinggi.  Untuk kuliah di jurusan kedokteran atau dokter gigi diperlukan biaya keuangan yang sangat besar.

kerja untuk jurusan IPA

Namun dengan adanya program beasiswa bidikmisi maka anda bisa mengajukan beasiswa bidik misi untuk kuliah gratis di kedokteran.  Biaya kuliah di jurusan kedokteran sangat mahal. Yang dimulai dari buku-buku rujukan yang tebal dan mahal, belum lagi biaya membeli peralatan dan biaya praktikum serta biaya UKT.

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa banyak sekali cita-cita yang cocok untuk jurusan IPA. Untuk bidang kesehatan terdiri dari dokter hewan, dokter gigi, dokter umum, dokter anak, maupun dokter spesialis

Untuk mewujudkan cita-cita sebagai dokter maka seseorang harus mengambil jurusan IPA di SMA. Selanjutnya melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan mengambil jurusan kedokteran selama empat tahun. Hingga mengambil pendidikan profesi dokter selama dua tahun sampai lulus meraih gelar dokter.

Selain dokter, ada banyak profesi dalam bidang kesehatan launnya. Bidang ini pun bisa menjadi cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPA, seperti kesehatan masyarakat (Kesmas), perawat, laboran, ahli gizi, -atau radiografer.

2.Arsitek

Jenis pekerjaan maupun profesi  yang sangat cocok berikutnya bagi lulusan jurusan IPA wanita maupun pria adalah arsitek. Tugas seorang arsitek adalah merancang sebuah bangunan yang sangat indah dan elegan beserta estimasi biaya yang harus dikeluarkan.

Baca juga Tips Memilih Jurusan SBMPTN Agar Lolos

Gaji seorang arsitek lumayan besar. Apalagi arsitek yang sudah cukup terkenal, profesional dan berpengalaman. Gaji seorang arsitek bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.  Untuk arsitek yang masih tahap pemula, gaji yang bisa didapatkan mulai dari Rp 5 juta.

3.Ahli Perminyakan

Info dan jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh jurusan IPA lainnya adalah sebagai ahli perminyakan.  Untuk menjadi ahli perminyakan maka setelah lulus SMA dengan memilih jurusan IPA maka mengambil jurusan kuliah Teknik Perminyakan dan pertambangan.  Teknik perminyakan merupakan salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan pekerjaan dengan gaji tinggi.

4.Bidang Teknik

Sedangkan untuk bidang teknik, cita-cita yang bagus  untuk jurusan IPA antara lain ahli pertambangan, teknik mesin, teknik listrik, ahli computer, dan lainnya. Profesi sebagai ahli teknk ini juga merupakan cita-cita bagi sebagian lulusan IPA yang sangat prospektif. Mengingat gaji seorang ahli pertambangan besar sekali.

5.Profesi Lainnya

Adapun cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPA dan yang berminat dalam bidang pendidikan juga banyak, seperti:

  • Guru IPA yang meliputi Kimia, fisika dan biologi
  • Guru matematika secara honor maupun PNS
  • Peneliti
  • Guru SD, SMP dan SMA

Info Jenis Pekerjaan untuk Jurusan IPA

Dalam memilih jurusan di SMA seperti memilih jurusan di SMK atau STM. Seorang siswa harus memilih jurusan yang tepat. Salah dalam memilih jurusan akan berdampak pada masa depan lulusan sekolah tersebut. Begitu juga halnya anda dalam menentukan jurusan kuliah di perguruan tinggi.

cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPA

Setiap jurusan yang diambil akan memberikan pekerjaan yang bisa dilakukannya. Hal ini sesuai dengan kaidah bahwa seseorang ditempatkan sesuai kemampuannya. Apabila seseorang mengambil jurusan kedokteran maka lapangan pekerjaan yang bisa diambilnya adalah sebagai dokter.

Begitu juga bagi mereka yang memilih kuliah jurusan pertambangan maka lowongan pekerjaan yang tersedia baginya sebagai analisis atau konsultan pertambangan.

Namun yang paling didambakan oleh setiap siswa siswi yang telah lulus dari sekolah berdasarkan jurusan yang dipilihnya adalah dapat segera bekerja dengan gaji tinggi. Untuk mencapai semua itu. seseorang mesti merintisnya dari nol. Seperti sejak sekolah di SMA sudah mengambil jurusan yang tepat baginya, antara jurusan IPA, IPS atau bahasa.

Jika seorang siswa pintar dan sangat menyukai ilmu yang berhubungan dengan saintek maka siswa itu bisa mengambil jurusan IPA. Jurusan IPA jangan dianggap sepele. Lulusan jurusan ini telah banyak berkontribusi di masyarakat dan perusahaan besar.

Lulusan IPA termasuk lulusan yang paling banyak dicari oleh berbagai perusahaan besar. Kita bisa bekerja di perusahaan tersebut dengan tawaran gaji yang selangit. Berikut ini info jenis pekerjaan dan cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPA.

  1. Dokter
  2. Insinyur
  3. Arsitek
  4. Apoteker
  5. Bidan
  6. Perawat
  7. Dosen
  8. Peneliti
  9. Ahli pertanian
  10. Ahli Peternakan
  11. Programmer
  12. Teknisi
  13. Insinyur
  14. Staf Agrikultur
  15. Asisten Dokter Gigi
  16. Asisten Dosen
  17. Guru les privat mata pelajaran IPA
  18. Anak buah kapal
  19. Asisten pilot
  20. AKMIL atau AKPOL
  21. Polisi
  22. Operator Produksi

Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dan siswi SMA adalah tidak mempunyai tujuan hidup atau cita-citanya. Sehingga ketika dihadapkan pada jurusan sekolah maka mereka memilih jurusan secara sembarangan. Hal ini akan berdampak pada masa depan yang tidak jelas.

Baca juga Kuliah Sambil Kerja? Ternyata Begini Strateginya!

Pada saat seseorang duduk di bangku SMA maka sejak itulah seorang siswa harus sudah mempunyai bayangan cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPA. Misalkan menjadi seorang dokter, ahli pertambangan, apoteker maupun teknisi.

cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPA

Dengan mengetahui cita-citanya sejak SMA maka akan mudah bagi seseorang membuat peta jalan menuju cita-cita tersebut. Yang dimulai dari SMA yang memiilih jurusan yang tepat bagi dirinya. Seperti jurusan bahasa, IPA atau IPS.

Bagi anda yang terlanjur memilih jurusan IPA di sekolah maka anda jangan bersedih hati. Karena anda telah mengambil jurusan yang tepat. Mengingat ada banyak kelebihan memilih jurusan IPA kuliah dan SMA. Apabila anda mengambil jurusan IPA di SMA maka berikut ini salah satu jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tapi menjanjikan yaitu Jurusan kuliah MIPA.

Jurusan MIPA( Matematika dan IPA) merupakan salah satu jurusan kuliah IPA yang jarang diminati. Pada waktu penulis kuliah di UnIversitas Islam Bandung (UNISBA), jumlah mahasiswa jurusan MIPA yang paling sedikit dibandingkan jurusan kuliah lainnya.

Jumlah mahasiswi dan mahasiswa jurusan ini bisa dihitung jari sekitar paling banyak 10 orang.  Untuk masuk jurusan ini, anda dituntut untuk pintar memakai logika dan berhitung. Walaupun jurusan kuliah ini sangat jarang peminat tapi prospek kerja bagi lulusannya sangat menjanjikan.

Gaji lulusan jurusan ini bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan dengan bekerja sebagai ahli atau peneliti yang merupakan salah satu cita-cita apa yang cocok untuk jurusan IPA.