Sekolah kedinasan sepi peminat mungkin tidak menarik perhatian banyak orang. Namun ini justru bisa menjadi salah satu kesempatan emas untuk mendapatkan karier sebagai PNS dengan gaji tinggi. Kalau anda selama ini melamar pada sekolah ikatan dinas yang memiliki banyak peminat dan tak lulus maka hal itu sangat wajar. Karena anda harus bersaing dengan pelamar lainnya.

Jika selama ini anda tak pernah lulus dalam ujian seleksi masuk sekolah kedinasan, maka anda mesti mengubah strategi. Anda bisa melihat sekolah-sekolah ikatan dinas yang peminatnya masih sangat sedikit dengan jumlah kuota besar.

Pendek kata, untuk mewujudkan cita-cita anda masuk sekolah ikatan dinas yang memberikan jaminan pekerjaan sebagai PNS maka anda bisa mencoba untuk melamar pada sekolah yang justru rendah peminatnya atau sekolah kedinasan sepi peminat.

Sekarang ini negara kita sedang mengalami wabah Covid-19 sehingga beberapa sektor usaha mengalami keterpurukan. Beberapa usaha gulung tikar dan tak sedikit karyawan yang terpaksa dirumahkan. Semakin sulit untuk mendapatkan lapangan pekerjaan saat ini. Kalau pun ada maka diperebutkan oleh ribuan pelamar kerja. Apalagi lowongan pekerjaan sebagai PNS sangat diminati masyarakat Indonesia.

Namun untuk menjadi seorang PNS ada beberapa cara yang bisa anda tempuh. Seperti mengikuti tes seleksi CPNS yang diadakan waktu dan tempatnya oleh BKN. Kemudian anda bisa juga menjadi seorang PNS dengan cara yang lebih mudah yakni mendaftarkan diri pada sekolah kedinasan gratis yang memberikan jaminan lulusannya sebagai PNS.

sekolah kedinasan yang jarang diminati

Salah satu contoh sekolah kedinasan yang memberikan jaminan lulusannya dapat bekerja sebagai PNS di lingkungan Kementerian Keuangan adalah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Kemudian ada lagi sekolah dinas gratis lainnya yang sangat menjanjikan masa depan dengan bekerja sebagai PNS gaji tinggi yakni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang terletak di Jatinangor Sumedang.

Namun kedua lembaga pendidikan tersebut dinilai sebagai sekolah kedinasan terbaik dan paling favorit yang banyak sekali peminatnya. Sehingga peluang diterima belajar di STAN atau IPDN sangat kecil. Yang menjadi pilihan yang terbaik adalah memilih sekolah kedinasan yang jarang diminati. Sehingga peluang diterimanya akan jauh lebih besar.

Sekolah Kedinasan Sepi Peminat

Pekerjaan sebagai PNS masih menjadi profesi favorit di tengah masyarakat. Apalagi mengingat tidak mudah saat ini untuk menjadi aparatur sipil negara. Kalau melalui jalur testing maka anda harus menunggu pengumuman tes CPNS. Yang dilanjutkan dengan pembuatan berkas-berkas pendaftaran. Kemudian mengikuti tes tertulis. Dengan sekolah di sekolah kedinasan akan membuat anda menjadi PNS secara otomatis selepas lulus sekolah.

Seiring berjalan waktu, beberapa sekolah kedinasan menutup batas waktu pendaftarannya. Satu minggu berlalu selepas dicek satu persatu ternyata sejumlah sekolah kedinasan sangat sedikit peminat padahal kuota sekolah kedinasan tersebut sangat besar.

Baca juga Sekolah Kedinasan di Bandung dan Pendaftarannya

Inilah yang membuat anda mesti jeli dalam memilih sekolah ikatan dinas. Sebaiknya untuk meningkatkan peluang diterima sekolah di sekolah ikatan dinas yang memberikan jenjang karir sebagai PNS maka anda bisa memilih sekolah kedinasan yang jarang diminati.

sekolah kedinasan sepi peminat

Berikut ini beberapa sekolah kedinasan sepi peminat yang memberikan peluang masuk lebih besar bagi para pendaftarnya, antara lain:

  1. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar)
  2. Politeknik Penerbangan Makassar (Poltekbang Makasar)
  3. Politeknik Ilmu Pelayaran Makasar (PIP Makasar)
  4. Politeknik Pelayaran Medan (Poltekpel Medan)
  5. Politeknik Pelayaran Jayapura (Poltekpel Jayapura)
  6. Politeknik Pelayaran Banten (Poltekpel Banten)
  7. Politeknik Pelayaran Malahayati (Poltekpel Malahayati)
  8. Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara (Poltekpel Sulut)
  9. Politeknik Pelayaran Sorong (Poltekpel Sorong)
  10. Politeknik Pelayaran Barombong (Poltekpel Barombong)
  11. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatlogi dan Geofisika (STMKG)
  12. Akademi Teknik Dan Keselamatan Penerbangan Medan
  13. Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi
  14. Politeknik Pelayaran Surabaya
  15. Balai Pendidikan Dan Pelatihan Transportasi Darat Bali

Dapatlah kita lihat kebanyakan sekolah kedinasan sepi peminat adalah sekolah dinas yang bergerak dalam bidang pelayaran. Kedua sekolah kedinasan penerbangan. Dan ketiga, sekolah dinas bidang transportasi dan meteorologi.

Sekolah Kedinasan Yang Jarang Diminati

Kebanyakan orang dalam memilih sekolah ikatan dinas adalah melihat sekolah kedinasan yang banyak peminatnya. Jika sekolah tersebut banyak lulusan SMA yang mendaftarkan diri maka kebanyakan orang akan ikut melamar dan mendaftar. Mereka tidak melirik sekolah kedinasan yang jarang diminati. Padahal itu adalah tambang emas bagi anda.

Secara logika kalau anda mengambil daftar kuliah di lembaga sekolah kedinasan yang masih jarang peminatnya maka peluang anda diterima sekolah di sekolah kedinasan tersebut lebih besar ketimbang anda mendaftarkan diri di sekolah dinas yang mempunyai banyak peminat.

Anda mesti bersaing dengan ribuan pelamar lainnya. Dalam hal ini, penulis mengajak anda untuk berpikir cerdas dan jangan pernah lagi menyepelekan sekolah dinas yang masih jarang peminat.

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2021/2022

Pemerintah telah membuka pendaftaran bagi siapa saja yang mau kuliah di sekolah ikatan dinas pada tahun 2021. Ini merupakan kesempatan emas yang tidak akan terulang lagi. Mengingat pembukaan pendaftaran bagi calon mahasiswa dan mahasiswi baru di sekolah ikatan dinas dibatasi jumlah kuota dan batas waktu pendaftarannya.

sekolah kedinasan besar peminat

Pada tahun 2021, pembukaan pendaftaran sekolah ikatan dinas dimulai pada tanggal 9 April 2021. Untuk mendaftarkan diri di sekolah kedinasan sepi peminat maka anda bisa berkunjung ke website resmi sekolah dinas tersebut.

Anda juga bisa mengunjungi ke situs resmi BKN di sscasn.bkn.go.id. Pendaftaran di sekolah kedinasan harus memilih salah satu dan tidak diperbolehkan memilih dua sekolah kedinasan secara sekaligus.

Baca juga Jurusan Poltekim, Cara Pendaftaran dan Gajinya

Sekolah kedinasan yang terdapat di Indonesia tersebar luas di beberapa kota besar di Indonesia. Seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Sulawesi, dan kota-kota besar lainnya di tanah air. Jumlah peminat lulusan SMA dan sederajat terhadap sekolah kedinasan sangat tinggi.

Hal ini membuat beberapa sekolah kedinasan kebanjiran pelamar hingga ribuan dalam satu hari. Minat lulusan SMA dan sederajat untuk sekolah di Perguruan tinggi negeri dan swasta sangat tinggi. Namun itu semua bisa dikalahkan dengan minat terhadap sekolah kedinasan.

Jumlah peminat lulusan SMA dan sederajat terhadap sekolah di sekolah kedinasan lebih tinggi ketimbang minat mereka kuliah di PTN atau PTS. Hal ini bisa dimengerti karena selepas lulus dari PTN dan PTS maka mereka masih akan mencari pekerjaan baru.

sekolah kedinasan yang jarang diminati

Sedangkan bagi mereka yang kuliah di sekolah kedinasan maka mereka sudah tidak perlu mencari pekerjaan lagi. Karena mereka sudah diberikan lapangan pekerjaan dan langsung diangkat sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Lihat juga Beasiswa Kuliah Jalur Mandiri, Tahfidz, dan Khusus

Contohnya sekolah kedinasan STAN yang membuka pendaftaran mahasiswa dan mahasiswi baru langsung diserbu para pelamar yang terdiri-dari beberapa lulusan SMA terbaru. Mereka berharap dapat lulus dan sekolah di sekolah ini yang bisa memberikan masa depan yang menjanjikan.

Cara Pendaftaran di Sekolah Dinas Sepi Peminat

Salah satu impian banyak lulusan SMA atau yang sederajat adalah sekolah ke tempat yang memberikan jaminan pekerjaan sebagai PNS. Salah satu tempat kuliah tersebut adalah sekolah kedinasan atau ikatan dinas yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

sekolah kedinasan sepi peminat

Sekolah semacam ini yang peluang masuknya besar adalah sekolah kedinasan yang jarang diminati. Mengapa bisa dikatakan demikian? Karena jumlah pesaingnya sangat sedikit. Berikut ini alur pendaftaran bagi mereka yang mau daftar di sekolah kedinasan sepi peminat.

  1. Silahkan kunjungi situs sscasn.bkn.go.id. tunggu beberapa menit sampai situs terbuka seluruhnya. Akan tampil beberapa fitur seperti pendaftaran akun sscasn, login, alur sistem seleksi calon PNS, jadwal ujian, helpdesk, dan periode pendaftaran.
  2. Silahkan anda membuat akun SSCASN.  Sebagai situs resmi Badan Kepegawaian Negara, situs ini dipenuhi berita tentang lowongan PPPK guru, CPNS dan P3K Non Guru.
  3. Lakukan login di situs SSCASN dan pilih sekolah dinas yang hendak anda tuju. Kemudian masukkan kata sandi dan NIK
  4. Upload foto. Lalu mengisikan kolom kosong dan unggah dokumen yang diminta. Setelah semua dilakukan maka anda tinggal menunggu informasi selanjutnya mengenai status lulus tidaknya dalam proses administrasi.
  5. Sesudah anda cek status dan anda dinyatakan lulus seleksi administrasi maka anda akan memperoleh sebuah kode cek pembayaran yang harus anda bayarkan pada sekolah dinas tersebut untuk biaya tes masuk sekolah dinas tersebut. Selepas membayar maka anda akan mendapatkan nomor ujian.
  6. Setelah mengikuti tes maka anda tinggal menunggu pengumuman kelulusan di situs resmi SSCASN pada bagian sekolah kedinasan yang jarang diminati yang telah anda daftar sebelumnya.

Demikianlah beberapa sekolah dinas yang memiliki jumlah pelamar atau peminat yang sangat sedikit. Sehingga merupakan peluang emas bagi anda yang bercita-cita untuk menjadi PNS untuk bersekolah di sekolah kedinasan sepi peminat tersebut.