Jurusan Poltekim mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Mendengar nama Poltekim  mungkin banyak yang belum tahu. Poltekim merupakan singkatan dari Politeknik Imigrasi, sebuah lembaga pendidikan kedinasan yang berada dibawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Politeknik ini sebenarnya telah berdiri lama, yaitu sejak tahun 1962. Namun kemudian terhenti dan aktif lagi tahun 2000. Kampus Poltekim berstatus negeri dan sudah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Pendidikan tinggi ini lokasi kampusnya di Jalan Raya Gandul Cinere Depok Propinsi Jabar.

Jurusan Poltekim

Sekolah kedinasan memang menjadi favorit banyak orang dengan sistim ikatan dinas. Salah satunya Poltekim yang menyelenggarakan jurusan Poltekim dengan kesempatan dan peluang karir lebih besar untuk menjadi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan jajaran departemen Kemkumham RI. Jika anda berminat untuk masuk ke POLTEKIM, ada baiknya anda banyak mempelajari materi ujiannya sejak awal masuk sma melalui Les Privat sehingga materi dapat dipelajari secara fokus dengan pendamping yang ahli.

kuliah jurusan poltekim

Foto: Poltekim Bandung

Politeknik Imigrasi memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi putera bangsa terbaik untuk menuntut ilmu di lembaga pendidikan tinggi dinas milik Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemhumham) RI.

Baca juga Jenjang Karir Polisi, Tugas, Pangkat, dan Gajinya

Setiap tahunnya pendaftaran Poltekim selalu dibuka untuk memberikan kesempatan lulusan SMTA yang akan dicetak menjadi Calon Taruna handal. Untuk tahun 2020, sekolah kedinasan ini mempunyai kuota 300 calon taruna atau taruni. Kuota itu sangat terbatas  dan dibatasi sehingga para pelamar harus melalui proses seleksi yang sangat ketat, baik lisan maupun tulisan.

Sejarah Poltekim

Politeknik Imigrasi berdiri sejak lama dari tahun 1962. Tujuannya untuk mencetak sumber daya manusia yang handal dalam bidang keimigrasian yang kelak diorientasikan menjadi kader pimpinan di Kementerian Hukum & Hak Asasi Manusia maupun Direktorat Imigrasi Republik Indonesia. Sekolah kedinasan yang menggunakan sistem ikatan dinas ini pernah berhenti beroperasi sementara. Yang selanjutnya pada tahun 2000 dibuka kembali.

poltekim bandung

Poltekim menjadi jurusan favorit dan incaran banyak orang dengan sejumlah keunggulan dan kelebihannya. Tak kalah dengan jurusan terbaik di kampus yang menjanjikan, Jurusan Poltekim akan memberikan masa depan yang cerah bagi para lulusannya. Mereka akan diberikan program ikatan dinas dengan langsung bekerja di kantor perwakilan imigrasi di manca negara atau beberapa Kantor Imigrasi yang terdapat di tanah air.

Metode Pendidikan

Yang menjadi dasar berdirinya kampus Poltekim adalah Keputusan Menkumham RI No 8 tahun 2000. Untuk metode pendidikan yang diterapkannya meliputi:

  1. Pengajaran
  2. Pelatihan
  3. Pengasuhan

Kelebihan dan Keuntungan Kuliah di Politeknik Imigrasi

Sekolah kedinasan yang ada di Indonesia mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitupula sekolah kedinasan Poltekim. Berikut ini beberapa keuntungan atau kelebihan kuliah di kampus Politeknik Imigrasi yang meliputi:

1.Gratis

Biaya pendidikan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Hal ini memberatkan sebagian orang. Apalagi biaya pendidikan tinggi dengan jurusan tertentu. Misalkan kuliah jurusan perminyakan, jurusan kedokteran dan lain-lain membutuhkan biaya yang tak sedikit. Namun demikian, ada beberapa perguruan tinggi yang memberikan layanan pendidikan secara gratis. Salah satunya sekolah kedinasan Poltekim.

prospek kerja lulusan poltekim

Foto: Poltekim Bandung

Sekolah dinas di Poltekim gratis. Para mahasiswa dan mahasiswi tak akan ditagih biaya pendidikan selama menuntut ilmu di kampus ini. Inilah yang menjadi keuntungan bagi anda yang mau kuliah di Politeknik Imigrasi.

Lihat juga Kuliah Jurusan Perminyakan dan Prospek Kerjanya

Mahasiswa yang kuliah di Poltekim disebut juga Taruna Politeknik Imigrasi yang semua dana pendidikan setiap mahasiswanya menjadi tanggung jawab Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Namun selepas lulus, taruna tersebut tidak perlu bingung mencari kerja karena mereka akan ditempatkan pada kantor imigrasi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

2.Banyak pilihan jurusan

Kuliah di Politeknik Imigrasi juga banyak pilihan jurusannya. Berikut ini beberapa jurusan Poltekim yang bisa dipilih, eperti:

  • Jurusan Keimigrasian D3
  • Manajemen Teknologi Keimigrasian D4
  • Administrasi Keimigrasian D4
  • Hukum Keimigrasian D4

Untuk gelar yang didapatkan selepas kuliah Poltekim adalah Sarjana Terapan Imigrasi.

3.Perlengkapan gratis

Selain gratis biaya pendidikan atau kuliah di Poltekim perguruan tinggi ini memberikan layanan gratis kepada taruna atau taruni dalam soal atribut, pakaian seragam dan peralatan lain sebagainya. Mahasiswa dan mahasiswinya tidak perlu membeli baju seragam. Semua sudah diberikan secara gratis oleh pemerintah dari ujung kaki hingga kepala.

4.Biaya makan gratis

Salah satu aspek yang sangat perlu diperhatikan dan membebankan biaya besar adalah biaya makan taruna atau taruni selama kuliah. Namun Poltekim berbeda dengan perguruan tinggi lainnya. Politeknik Imigrasi ini memberikan layanan makan gratis kepada para taruna dan taruninya. Makanan yang diberikan pun bukan makanan sembarangan. Tapi makanan yang benar-benar bergizi yang membuat badan yang kuat dan sehat.

pendaftaran poltekim

Foto: Poltekim Bandung

5.Layanan komplit

Lembaga pendidikan Poltekim menyediakan fasilitas yang cukup komplit bagi mahasiswa dan mahasiswinya selama menuntut ilmu di Poltekim. Contohnya ruangan atau tempat beribadah yang nyaman seperti masjid, laboratorium praktik yang modern dan lengkap tentang keimigrasian, lab komputer, perpustakaan, ruangan seni budaya, lapangan olahraga dan fasilitas lain sebagainya.

6.Ikatan dinas

Poltekim adalah kampus negeri yang berada di bawah Kementerian Hukum dan HAM RI. Perguruan tinggi negeri ini menjadi favorit banyak lulusan SLTA karena adanya program ikatan dinas. Sehingga kuliah di kampus ini maka selepas lulus akan mudah mendapatkan pekerjaan sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Adapun posisi yang akan ditempati oleh lulusan Poltekim bisa di unit kantor keimigrasian di seluruh Indonesia atau pun ditempatkan sebagai Analis Keimigrasian.

Cara dan Syarat Pendaftaran Poltekim

Untuk melakukan pendaftaran Poltekim harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh pihak perguruan tinggi negeri kedinasan tersebut. Berikut ini beberapa syarat secara umum bagi pelamar jurusan Poltekim yang harus dipenuhi, antara lain :

  1. Warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP
  2. Lulusan SMA baik laki-laki maupun perempuan

Untuk keterangan lebih lengkap tentang cara pendaftaran Poltekim maka anda dapat berkunjung ke situs resminya di catar.kemenkumham.go.id.

cara pendaftaran poltekim

Foto: Poltekim Bandung

Berikut ini persyaratan secara khusus kuliah di Poltekim, antara lain:

  1. Mengetahui jadwal penerimaan pendaftaran taruna Poltekim
  2. Melaksanakan daftar via daring di website resmi yang sudah ditentukan di : dikdin.bkn.go.id
  3. Diwajibkan melakukan pengunggahan dokumen persyaratan yang diminta oleh pihak Lembaga Poltekim
  4. Setelah melakukan pendaftaran maka anda bisa mencetak bukti daftarnya langsung lewat printer. Kemudian diunggah di situs : catar.kemenkumham.go.id
  5. Setiap pelamar diijinkan menentukan hanya satu pilihan sekolah dinas. Apabila pelamar memilih lebih dari satu pilihan sekolah dinas maka dikenakan sanksi gugur.

Gaji Lulusan Poltekim

Salah satu yang menjadi tujuan mereka yang masuk menjadi taruna atau taruni di Poltekim adalah gajinya. Karena lulusan poltekim akan ditempatkan bekerja di lingkungan pemerintah Kementerian Hukum dan HAM RI. Kemudian diberikan gaji. Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah berapa gaji lulusan Poltekim dan berapa besaran tunjangannya.

Baca juga Kuliah Jurusan Logistik dan Prospek Kerjanya

Dengan adanya gaji di Poltekim pastinya akan memberikan semangat kepada para taruna dan taruni untuk menuntut ilmu dengan lebih baik dan lebih rajin lagi hingga menjadi lulusan terbaik. Politeknik imigrasi sama seperti sekolah kedinasan lainnya milik pemerintah. Seperti IPDN di Jatinangor, NHI, STAN, STTD, STSN, STIN, AKPOL, STMKG, dan sekolah kedinasan lainnya.

Yang membedakannya adalah besaran gaji dan dibawah naungan lembaga apa. Untuk sekolah kedinasan Poltekim yang kepanjangannya Politeknik Imigrasi berada di bawah naungan Departemen Hukum dan HAM RI. Siapa sih yang tidak mau sekolah di sekolah ikatan dinas? Pastinya setiap orang mendambakannya. Apalagi di tengah kondisi ekonomi bangsa Indonesia yang sedang melesu sekarang ini.

Dengan anda mengambil kuliah di jurusan Poltekim maka anda selepas lulus akan ditempatkan sebagai pegawai negeri di Kementerian Hukum dan HAM serta Imigrasi di seluruh wilayah di Indonesia. Menyenangkan bukan? Dengan bekerja sebagai PNS di lingkungan imigrasi maka bisa dibayangkan berapa penghasilan yang diterimanya. Penghasilan sangat besar sesuai standar gaji PNS berdasarkan golongan dan masa kerja serta jabatan.

jurusan poltekim

Foto: Poltekim Bandung

Bagi anda yang tertarik kuliah di jurusan Poltekim maka sangat bijak mengetahui berapa gaji lulusan Poltekim. Karena hal ini akan memicu semangat anda dalam menempuh pendidikan di Politeknik Imigrasi. Lulusan Poltekim akan mendapatkan gaji karena statusnya sebagai pegawai negara yang digaji oleh negara. Adapun besarannya berbeda-beda atau variatif sekali.

Untuk gaji terkecil ditempati oleh golongan 1a sebesar Rp 1.323.000,00. Sedangkan untuk gaji lulusan Poltekim paling besar sebesar Rp. 5.002.000,00. Gaji sebesar itu belum termasuk tunjangan. Hal ini pastinya penghasilan lulusan Poltekim lebih dari itu.

Penghasilan lulusan Poltekim yang otomatis langsung masuk golongan PNS III a ini tidak seutuhnya sebesar itu. Itu semua belum ditambah tunjangan yang besarannya berbeda-beda. Pada umumnya tunjangan kinerja lulusan Poltekim sekitar Rp 1,93 juta hingga Rp 27,57 juta. Sehingga bisa dikalkulasikan betapa lumayan besarnya gaji total seorang lulusan Politeknik Imigrasi.

Demikianlah seputar jurusan Poltekim, sejarah, keuntungan, kelebihan, cara pendaftaran dan gajinya. Jika anda mempunyai anak lulusan SLTA maka tak ada salahnya untuk mencoba mendaftarkan diri ke sekolah kedinasan ini dengan segala fasilitas dan kelebihan yang ada. Semoga bisa membantu bagi mereka yang ingin berkuliah di kampus Politeknik ini.