Sekolah kedinasan di Bandung termasuk favorit dan banyak menjadi buruan lulusan SMA. Sekolah semacam ini biasanya memberikan jaminan kepada para lulusannya untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Untuk mendaftarkan diri ke lembaga pendidikan kedinasan tentu anda harus bersiap-siap bersaing dengan jutaan peserta lainnya. Seleksi yang dilaksanakan juga sangat ketat.

Pada tahun ajaran terbaru 2021/2022, Badan Kepegawaian Negara telah merilis beberapa kembaga pendidikan ikatan dinas di Bandung yang menerima pendaftaran calon mahasiswa baru. Pendaftaran sekolah ikatan dinas terbaik di Indonesia dapat dilakukan secara online melalui website atau situs resminya masing-masing. Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi untuk pendaftaran sekolah kedinasan tersebut.

Menurut Badan Kepegawaian Negara, sekolah kedinasan adalah lembaga institusi pendidikan yang meliputi SMA kedinasan atau perguruan tinggi kedinasan dengan status negeri yang mempunyai sistem ikatan dinas dengan sejumlah instansi milik pemerintah. Sehingga para lulusannya tidak perlu bingung terhadap karir dan pekerjaannya di masa depan karena adanya peluang menjadi CPNS.

sekolah kedinasan di bandung

Bagi anda yang ingin masuk ke sekolah kedinasan di Bandung maka bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu di website atau situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan alamat sscasb.bkn.go.id. Silahkan memahami tahapan cara masuk kedinasan dari SMA Bandung dengan memilih sekolah ikatan dinas yang diminati. Namun untuk meningkatkan peluang diterima maka anda bisa memilih daftar di sekolah ikatan dinas yang sepi peminat.

Daftar Sekolah Kedinasan di Bandung

Lembaga pendidikan kedinasan terbuka bagi semua jurusan, baik lulusan IPS maupun IPA dari sekolah SMA manapun. Siapapun yang tertarik bisa mendaftarkan diri ke sekolah ikatan dinas terbaik Indonesia ini. Para lulusan SMA yang berminat bersekolah di lembaga pendidikan ini sangat besar meski kuotanya terbatas. Untuk itulah, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan proses seleksi secara ketat.

Baca juga Jurusan Kuliah IPS Yang Menjamin Masa Depan

Ada banyak kelebihan lembaga pendidikan ikatan dinas yang membuat banyak orang tertarik untuk ikut menuntut ilmu di sini. Apalagi setelah lulus mereka bisa langsung ditempatkan bekerja sebagai CPNS di institusi pemerintah. Apalagi biaya pendidikannya juga gratis.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar sekolah kedinasan di Bandung yang bisa anda pilih.

persiapan sekolah kedinasan

1.Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung dikenal juga dengan nama Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung yang merupakan lembaga pendidikan politeknik negeri. Perguruan tinggi negeri ini mempunyai citra yang bagus dan mengadakan layanan pendidikan ikatan dinas. Sehingga lulusannya sudah dijamin masa depannya dan mendapatkan proses belajar mengajar yang baik.

pendaftaran sekolah ikatan dinas di bandung

Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung berada dalam lingkungan Kementerian Sosial Indonesia. Ada berbagai jurusan dan program studi yang bisa diambil oleh para calon mahasiswa dan mahasiswi. Seperti program studi S1 maupun D4. Lulusannya akan mampu bekerja sebagai tenaga sosial yang mumpuni dalam dunia pekerjaan sosial dan teknologi.

2.Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung sering disebut National Hotel Institute (NHI), STPN, dan STP. Sekolah ini berada di daerah Dago yang khusus memperdalam ilmu perhotelan dan pariwisata. Perguruan tinggi ini dibawah naungan Kementerian Pariwisata RI yang mempunyai akreditasi B yang mendapatkan pembinaan secara baik dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

cara pendaftaran sekolah ikatan dinas di bandung

NHI menjadi sekolah pariwisata favorit yang sudah mengadakan kerjasama dengan beberapa lembaga di mancanegara dan nasional. Lulusannya kelak dijamin akan terampil dan mumpuni dalam bidang hotel dan pariwisata. Mengingat pariwisata di Indonesia saat ini tengah berkembang pesat membuat prospek sekolah di lembaga ini sangat menjanjikan.

3.STIA LAN

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA LAN) Bandung merupakan sekolah kedinasan di Bandung yang favorit lainnya. Ada berbagai program studi dan jurusan yang bisa anda pilih. Perguruan tinggi ini fokus dalam bidang keilmuan manajemen.

cara masuk kedinasan dari sma bandung

Sekolah tinggi ini mendapatkan reputasi yang baik secara nasional dan internasional. Contohnya pada tahun 2000, perguruan tinggi negeri ini sebagai wakil Indonesia yang tampil di The Last Asia Young Leaders Forum di negara Korea Selatan.

4.Politeknik Tekstil Bandung

Politeknik Tekstil Bandung disebut juga Sekolah Tinggi Tekstil Bandung yang menyelenggarakan pendidikan ikatan dinas dalam dunia tekstil.  Sekolah tinggi ini sudah  diresmikan tahun 1922. Dengan pengalaman yang lama dalam bidang tekstil inilah yang membuat perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Indonesia ini menjadi favorit banyak orang.

sekolah kedinasan di bandung

Anda yang berminat masuk ke perguruan tinggi Politeknik Tekstil Bandung bisa melakukan pendaftaran secara online di tahun ajaran 2021/2022. Lalu dilanjutkan dengan mengikuti tes seleksi dan menentukan program studi yang mau dipilih.

Baca juga Sekolah Internasional di Jakarta yang Terbaik

Ada tiga jurusan program studi di perguruan tinggi ini yakni Produksi Garmen, Kimia Tekstil atau Teknik Tekstil. Politeknik Tekstil Bandung merupakan sekolah tinggi favorit bagi lulusan SMA. Sekolah ini sudah mempunyai citra baik dengan status akreditasi A.

Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Bandung

Untuk dapat bersekolah atau menuntut ilmu di sekolah ikatan dinas sama seperti kamu akan menuntut ilmu di perguruan tinggi lainnya. Kamu mesti mengetahui jadwal penerimaan mahasiswa baru. Untuk tahun ajaran baru 2021/2022, sekolah kedinasan di Bandung ini membuka pendaftaran mahasiswa baru pada tanggal 9 April 2021.

Sekolah ikatan dinas di Bandung mempunyai kuota mahasiswa yang terbatas. Untuk tahun ajaran baru sekarang ini, kuota yang tersedia berjumlah 8 ribu orang.

Anda yang berminat silahkan melakukan pendaftaran sebelum batas waktunya berakhir. Cara pendaftarannya dapat dilakukan secara online melalui situs resminya. Berikut ini tahapan cara pendaftaran sekolah ikatan dinas di Bandung yang wajib anda tahu.

  1. Silahkan kamu melakukan akses portal resmi Badan Kepegawaian Negara di sscasn.bko.go.id. Lalu klik bagian DIKDIN
  2. Setelah itu, silakan kamu membuat akun di situs sekolah dinas tersebut. Kemudian lakukan pencetakan Kartu Informasi Akun
  3. Silakan login ke akun yang telah buat, selanjutnya melengkapi semua persyaratan yang ada
  4. Lakukan Pengecekan Resume. Kemudian mencetak Kartu Pendaftaran SSCN
  5. Lakukan pengisian data-data secara lengkap pada situs sekolah kedinasan di Bandung
  6. Melakukan verifikasi data pelamar
  7. Lakukan pengecekan status lulus tidaknya seleksi administrasi dengan cara login ke akun SSCN
  8. Lakukan pembayaran. Apabila pelamar telah dinyatakan lulus administrasi maka akan diberikan kode pembayaran. Untuk cara pembayaran ditentukan oleh pihak lembaga kedinasan tersebut. Biasanya hal ini dijelaskan melalui  website resminya
  9. Setelah melakukan pembayaran, dilanjutkan melakukan verifikasi pembayaran. Lalu download kartu ujian
  10. Pada pendaftaran sekolah ikatan dinas di Bandung tahap terakhir, anda harus mengikuti seleksi ujian yang diselenggarakan oleh pihak sekolah kedinasan tersebut. Selanjutnya, kamu menunggu pengumuman hasil seleksi ujian. Biasanya hasil ujian seleksi dicantumkan di portal website resminya.

Cara Masuk Kedinasan Dari SMA Bandung

Bagi mereka siswa siswi yang baru lulus SMA di Bandung bisa melanjutkan sekolah ke sekolah kedinasan di Bandung. Selain harus mengikuti proses seleksi, para peminat juga harus memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan. Namun persyaratan cara masuk kedinasan dari SMA Bandung ternyata berlainan. Setiap sekolah kedinasan ini memiliki ketentuan yang berlainan. Anda bisa mengeceknya langsung ke situs sekolah yang bersangkutan.

persiapan sekolah kedinasan

Setelah menentukan sekolah kedinasan yang dimaksud, selanjutnya melakukan pendaftaran secara online dan memenuhi persyaratan yang diperlukan. Kemudian akan diumumkan siapa saja yang luluis seleksi administrasi. Berikutnya, yang lulus seleksi administrasi di sekolah kedinasan di Bandung diharuskan membayar biaya ujian seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) sebesar Rp 50 ribu.. Cara terbaik untuk mempersiapkan diri sebelum seleksi TKD adalah dengan belajar melalui les privat yang mempunyai program persiapan kedinasan.

Jadwal tes seleksi akan ditentukan oleh pihak panitia. Silahkan ikuti tes seleksi sebagai syarat masuk sekolah ikatan dinas. Setelah menjalani tahapan seleksi maka pihak panitia akan mengumumkan hasil seleksi di website resminya. Bagi mereka yang lulus tes seleksi penerimaan maka ia berhak menjadi mahasiswa mahasiswi di sekolah ikatan dinas di Bandung.

Setelah pelamar memenuhi syarat administrasi maka selanjutnya harus membayar biaya tes seleksi. Pemerintah telah membuat kebijakan mengenai biaya mendaftar menuntut ilmu di sekolah kedinasan. Untuk biaya mendaftarkan diri di sekolah ikatan dinas sangat murah. Biaya mengikuti ujian seleksi Tes Kompetensi Dasar hanya Rp 50 ribu.

Itulah daftar sekolah kedinasan di Bandung beserta persyaratan dan tahapan pendaftarannya. Jika anda berminat melanjutkan sekolah ke lembaga pendidikan kedinasan tentunya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Apalagi tingkat persaingannya termasuk sangat tinggi.