Persiapan masuk STAN harus kita lakukan dengan baik jika ingin berhasil. Siapa sih yang tidak kenal STAN? Umumnya kita mengenalnya sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi terbaik di Indonesia. Banyak anak muda bercita-cita masuk sekolah kedinasan ini karena memberikan masa depan yang cerah. Lulusannya bisa langsung bekerja sebagai PNS di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Untuk masuk ke STAN tidak mudah. Anda mesti bersaing dengan ribuan pelamar lainnya yang juga ingin bisa menuntut ilmu ke sekolah kedinasan ini. Jika berhasil masuk ke sekolah kedinasan kita tidak dipungut biaya pendidikan. Justeru selepas lulus kuliah anda akan ditempatkan bekerja di lingkungan Kementerian Keuangan sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Gaji lulusan STAN juga terbilang tinggi. Hal ini sesuai kebijakan pemerintah dengan menambah gajinya dengan beberapa tunjangan dan insentif yang lumayan besar. Hal inilah yang membuat banyak ĺulusan SMA, MA maupun SMK tertarik masuk ke STAN.

Bagi anda yang ingin kuliah di STAN maka ada beberapa tahapan yang anda mesti lalui. Salah satu yang sangat penting adalah melakukan pendaftaran secara resmi pada situs resminya dan mengikuti ujian seleksi masuk sekolah kedinasan ini. Anda juga perlu persiapan masuk STAN secara matang karena ada dua macam ujian masuk STAN yang akan Anda hadapi, yakni ujian tertulis dan ujian tes wawancara. Kedua ujian itu harus Anda persiapkan secara matang agar bisa lulus.

Persiapan Masuk STAN

Salah satu impian banyak generasi muda yang lulus SMA atau sederajat adalah lulus dari seleksi masuk STAN. Dengan demikian masa depan cerah di depan mata. Biaya kuliah gratis karena dibiayai oleh pemerintah dan jaminan pekerjaan sebagai tenaga PNS selepas lulus dari sekolah kedinasan ini. Ditengah banyaknya sarjana yang kesulitan mendapatkan kerja justeru lulusan STAN akan langsung bekerja dalam lingkungan kementerian Keuangan. Seperti Kantor dinas Pajak, Bea Cukai, dan lainnya.

persyaratan masuk stan

STAN merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, salah satu sekolah ikatan dinas terbaik di Indonesia. Sekolah kedinasan ini juga bernama PKN STAN yang merupakan singkatan dari Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Bagi anda yang berminat dan bercita-cita menjadi akuntan maka anda bisa memilih kuliah di STAN. Sekolah ini khusus mempelajari ilmu akuntansi. Lulusannya langsung ditempatkan bekerja di lembaga pemerintahan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI.

Baca juga Cara Daftar Bidikmisi Mandiri SNMPTN atau Tanpa KIP

Siapa sih yang tidak ingin kuliah biaya pendidikannya gratis dan lulus langsung ditempatkan bekerja di lembaga pemerintah dengan gaji besar sesuai standar PNS? Pastinya setiap orang menginginkannya.Tak aneh jika banyak orang yang ingin mendaftarkan agar bisa kuliah di lembaga pendidikan tinggi ini.

Setiap tahun ajaran baru, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) membuka pendaftaran calon mahasiswa-mahasiswi baru. Menjadi sebuah cita-cita dan dambaan setiap orang untuk bisa kuliah di sekolah tinggi ini. Berbondong-bondong orang lulusan SMA mendaftarkan untuk bersekolah di tempat ini. Mereka berupaya keras agar dapat lulus seleksi memasuki STAN.

Sebenarnya untuk memasuki sekolah STAN, anda harus melalui proses ujian dan seleksi yang sangat ketat. Dari mulai ujian tertulis sampai wawancara. Untuk bisa lulus secara mudah dari proses seleksi ujian yang diadakan oleh pihak sekolah maka anda diharapkan mempersiapkan diri secara matang. Salah satu caranya dengan mengikuti bimbel STAN.

Mengikuti bimbingan belajar STAN sangat penting bagi anda yang ingin bersekolah di STAN. Dengan bekal bimbel STAN maka dalam setiap ujian dan proses seleksi dapat dilalui dengan baik. Soal-soal ujian tertulis di STAN dapat anda jawab dengan benar. Mengingat anda sudah mempersiapkan jauh-jauh hari mengenai soal dan materi yang akan diujikan.

Ada beberapa manfaat bagi anda untuk melakukan persiapan masuk STAN. Kebanyakan mereka yang gagal diterima masuk STAN adalah yang tidak mempersiapkan dengan matang sebelumnya. Mereka tidak mempelajari soal-soal apa saja yang akan keluar dari seleksi tertulis masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Manfaat yang utama bagi anda yang mengikuti bimbel STAN adalah meningkatkan peluang anda untuk diterima di sekolah kedinasan tersebut. Karena anda sudah belajar mengenai soal-soal yang akan ditanyakan pada ujian tertulis. Biaya mengikuti bimbel STAN mungkin relatif mahal. Namun hal itu merupakan sebuah investasi yang akan memberikan buah yang sangat manis selepas diterima di sekolah kedinasan ini.

Setiap peserta ujian seleksi masuk STAN pastinya berharap bisa lulus pada Penerimaan Peserta Didik Baru PKN STAN yang sedang diikutinya. Namun semua itu tidak mudah. Setiap peserta harus bekerja keras, persiapan mental dengan baik dan belajar yang rajin untuk bisa mengerjakan materi tes masuk STAN. Selepas ujian selesai maka pengumuman peserta yang lulus ujian akan diumumkan di website resmi STAN.

Kelebihan Masuk STAN

Setiap tahun Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) membuka peserta didik baru. Hal ini sebenarnya peluang bagi siapapun untuk masuk sekolah kedinasan yang paling favorit bagi banyak orang ini. Namun sebagai sekolah kedinasan favorit pastinya banyak orang yang ingin bersekolah di STAN. Berdasarkan statistik, setiap tahun para pendaftar yang ingin masuk STAN mengalami peningkatan yang sangat tajam.

Dokumen yang dipersiapkan masuk PKN STAN

Pada 2019, jumlah pendaftar STAN tercatat sebanyak 120 ribu orang. Minat orang yang snagat besar untuk bersekolah di STAN tidak terlepas dari jaminan lulusannya akan hidup lebih terjamin. Ia akan dijadikan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan badan Kementerian Keuangan RI berdasarkan program studi yang dipilih. Karena itu penting melakukan persiapan masuk STAN.

Lihat juga Jurusan Poltekim, Cara Pendaftaran dan Gajinya

Jika dibandingkan dengan jumah pendaftar di Perguruan Tinggi Negeri setiap tahunnya ternyata lebih banyak jumlah pendaftar yang ingin masuk STAN. Nah, berikut ini kelebihan bagi mereka yang masuk STAN.

  1. Biaya kuliah gratis secara full selama kuliah. Segala ongkos pendidikan ditanggung oleh pemerintah. Dalam hal ini, anda sudah dididik sejak masuk STAN menjadi pribadi mandiri. Anda dan keluarga menjadi senang karena tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk biaya kuliah.
  2. Kurikulum yang terbaik
  3. Prasarana dan sarana yang terbilang sangat lengkap.
  4. Mendapat jaminan bekerja sebagai PNS di lingkungan Kemenkeu dengan gaji yang besar.

Persyaratan Masuk STAN

Jika anda berminat untuk masuk STAN atau ada sanak kerabat yang ingin bersekolah di STAN maka anda harus melihat beberapa persyaratannya terlebih dahulu. Pastikan anda atau sanak kerabat memenuhi semua syarat yang telah ditetapkan karena itu langkah pertama agar dapat bersekolah di STAN.

Ada berbagai tahapan persiapan masuk STAN. Nah, berikut ini beberapa persyaratan masuk STAN yang perlu anda tahu.

  1. Lulusan SMA, MA, SMK atau sederajat tahun ajaran baru atau beberapa tahun setelahnya.
  2. Mempunyai nilai ujian sekolah dengan nilai rata-rata minimal 70 dengan patokan 100.
  3. Umur minimal 17 tahun dan sebesar-besarnya 20 tahun pada tanggal 1 September.
  4. Bebas dari narkoba atau NAPZA.
  5. Sehat jasmani dan rohani.
  6. Belum menikah.
  7. Siap tak nikah selama proses menjalani pendidikan di STAN.
  8. Memilih program studi seperti DIII atau D1 Kepabeanan dan Cukai dan lain sebagainya.
  9. Khusus laki-laki tinggi badan paling rendah 165 cm. Sedangkan tinggi badan minimal untuk wanita 155 cm.
  10. Tidak mengalami buta warna.
  11. Tidak memiliki cacat.
  12. Anda harus membayar uang Rp 300 ribu untuk biaya pendaftaran sekaligus biaya ujian Seleksi Keterampilan Dasar.

Dokumen yang Dipersiapkan Masuk PKN STAN

Setelah mengetahui persyaratan masuk STAN maka berikutnya adalah dokumen yang dipersiapkan masuk PKN STAN. Untuk lebih jelas apa saja persiapan masuk STAN dan bagi anda yang berminat mendaftarkan ke PKN STAN maka silahkan kunjungi saja situs resminya dengan alamat sscasn.bkn.go.id.

materi tes masuk stan

Klik menu DIKDIN, lalu silahkan anda melengkapi kolom yang kosong dengan data-data yang benar. Kemudian memilih sekolah kedinasan. Dalam hal ini klik Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Sesuai kebijakan pemerintah seseorang tak dapat melakukan pendaftaran pada dua sekolah kedinasan atau lebih yang berbeda. Satu orang hanya bisa memilih satu sekolah kedinasan. Jika melakukan memilih dua sekolah kedinasan atau lebih maka akan didiskualifikasi secara otomatis.

Silahkan melakukan pengisian formulir pendaftaran secara online. Selanjutnya lakukan pembayaran atas ongkos daftar STAN. Selepas membayar ongkos pendaftaran, Anda dapat download dan cetak kartu ujian seleksi melalui situs resmi tersebut.

Baca juga Jenjang Karir Polisi, Tugas, Pangkat, dan Gajinya

Bagi mereka yang melakukan pendaftaran masuk STAN lewat jalur afirmasi maka mesti melampirkan fotocopy ijazah SMP dan SD. Kemudian melampirkan fotocopy KTP Bapak dan Ibu, Surat Hubungan Keluarga dari lembaga Kantor Desa, fotocopy Akta Lahir, dan fotocopy Kartu Keluarga. Setelah semua persyaratan itu dilampirkan maka anda telah siap untuk melakukan seleksi masuk STAN.

Dengan demikian jelas apa saja persiapan masuk STAN maupun dokumen yang dipersiapkan masuk PKN STAN yang cukup banyak, yaitu meliputi:

  1. Akta Lahir
  2. Ijazah SD
  3. Ijazah SMP
  4. KTP atau identitas diri
  5. Kartu Keluarga
  6. Kartu Nomor Induk Siswa Nasional
  7. Surat rekomendasi dari sekolah

Itulah berbagai dokumen yang dipersiapkan masuk PKN STAN, selanjutnya akan kita bahas tentang mata pelajaran apa saja yang harus dikuasai untuk bisa lulus atau masuk STAN.

Pelajaran Yang Harus Dikuasai Untuk Masuk STAN

Mata pelajaran di SMA dan sederajat ada banyak. Namun dalam ujian seleksi masuk STAN hanya beberapa mata pelajaran sekolah saja yang harus anda kuasai dengan baik karena memang diujiankan dalam seleksi STAN. Dengan menguasai pelajaran itu akan memudahkan bagi anda untuk lulus seleksi masuk STAN.

Pelajaran yang harus dikuasai untuk masuk STAN adalah bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dengan menguasai dua kemampuan dan mata pelajaran ini maka praktis akan memudahkan anda untuk masuk dan lulus seleksi ujian STAN. Untuk menguasai kemampuan bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia secara baik maka anda bisa mengikuti bimbelnya atau membaca buku-buku dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia adalah dua program studi yang dijadikan materi ujian tertulis seleksi masuk STAN. Jika anda bisa menjawab soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik maka anda berpeluang besar untuk lulus seleksi ujian masuk STAN.

persiapan masuk stan

Itulah persiapan masuk STAN yang harus anda tahu. Namun yang paling baik supaya anda bisa lolos masuk STAN adalah dengan cara berlatih mempelajari dan menjawab pelajaran yang harus dikuasai untuk masuk STAN dari beberapa tahun ke belakang. Karena soal materi tes masuk STAN sebelumnya umumnya tidak akan berbeda jauh dengan soal yang sekarang akan Anda hadapi. Ikuti juga Try Out untuk mengukur kemampuan anda.

Materi Tes Masuk STAN

Untuk materi tes masuk STAN terdiri-dari soal bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan soal tes potensi. Ini berlaku sejak tahun 2019 dan selanjutnya. Adapun jumlah soal mata pelajaran Bahasa Inggris sebanyak 60 soal. Sedangkan untuk soal tes potensi sebanyak 120 soal.

Pada tahun sekarang jika anda sudah daftar sekolah STAN dan hendak mengikuti tes ujian masuk maka soal materi yang akan keluar tidak jauh berbeda dengan soal-soal materi tahun sebelumnya. Ada banyak buku cara pembahasan soal-soal tertulis STAN dari tahun ke tahun berupa buku maupun ebook di internet. Anda bisa mempelajarinya soal-soal itu dan mencari jawaban yang tepat.

Materi tes masuk STAN dari tahun-tahun sebelumnya mesti dipelajari oleh mereka yang telah mendaftarkan diri di portal resmi BKN dan memilih STAN untuk kuliah. Karena soal materi ujian seleksi yang akan dijadikan soal tidak akan berbeda jauh dari soal-soal sebelumnya.

Itulah berbagai bentuk persiapan masuk STAN yang sebaiknya anda lakukan. Jika anda berminat dan berminat melanjutnya pendidikan ke PKN STAN, persiapan yang matang sangat penting untuk memenangkan persaingan yang memang terbilang sangat ketat.