Pengetahuan dasar geografi adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada siswa-siswi SD dan SMP. Bagi mereka yang lulus SD dan memasuki SMP negeri pastinya akan belajar geografi. Anda mungkin bertanya-tanya apa itu mata pelajaran geografi?

Karena pada waktu duduk di bangku SD belum pernah mengenyam mata pelajaran Geografi secara lengkap. Pelajaran geografi merupakan salah satu bidang keilmuan yang merupakan bagian ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan IPA.

Memasuki bangku SMP anak akan mulai berkenalan pada mata pelajaran geografi. Pelajaran ini mencakup pengertian apa itu geografi, konsep dasar geografi, teori geografi, ruang geografi dan perkembangan geografi dari masa ke masa.

Pengetahuan dasar geografi kelas 10  menjadi informasi yang sering dicari oleh siswa-siswi SMP yang kadang dirangkum dalam konsep geografi pdf. Pengetahuan ini akan mudah dipelajari oleh setiap pelajar yang merupakan bagian dari materi lengkap tentang pengetahuan geografi.

pengetahuan dasar geografi

Untuk mengetahui pengertian konsep dasar geografi maka secara singkat adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari suatu hal berdasarkan pendekatan lingkungan. Geografi adalah suatu ilmu yang berkaitan mengenai korelasi antara lingkungan dan kehidupan manusia. Berdasarkan istilahnya, ilmu geografi akan melihat hubungan antara hidup manusia dengan lingkungan.

Manusia adalah makhluk di muka bumi yang diberikan tugas untuk menjaga kelestarian alam. Lingkungan alam dengan kehidupan manusia sangat erat kaitannnya. Aspek itulah yang dipelajari oleh ilmu geografi yang menjadi salah satu mata pelajaran mulai SMP.

Pengetahuan Dasar Geografi

Ilmu geografi berkembang dari masa ke masa. Sebagai pelopor salah satu ilmu geografi adalah Erastostener yang lahir tahun 276 sebelum masehi hingga 196 SM. Beliau merupakan orang pertama yang mendokumentasikan berbagai keterangan yang berkaitan dengan geografi.

Dari hasil pemikirannnya tentang bumi dan geografi dibuatlah sebuah buku berjudul Geographika yang merupakan cikal bakal teori dan konsep geografi.

Baca juga Pelajaran Sosiologi, Pengertian, dan Sejarahnya

Lantas apa saja ruang lingkup pengetahuan dasar geografi? Itulah salah satu pertanyaan yang sering diajukan orang. Untuk mengetahuinya sangat gampang. Ilmu geografi yang mempelajari struktur bumi ini mempunyai ruang lingkup pengetahuan yang cukup luas. Ini mencakup ruang lingkup tentang fenomena bumi dan lingkungan, sosiologi, sejarah, hingga geografi.

rangkuman pengetahuan dasar geografi

Dari ruang lingkup yang jelas tersebut dapat dipahami bahwa ilmu geografi mempelajari manusia, bumi beserta lingkungannnya yang kesemuanya saling berkaitan satu sama lain.

Ruang Lingkup Ilmu Geografi

Salah satu pertanyaan lain yang sering mengemuka adalah mata pelajaran geografi itu termasuk jurusan IPA atau IPS? Berdasarkan fakta yang ada bahwa ilmu geografi itu sangat luas sehingga bisa masuk dalam jurusan IPA dan IPS. Geografi dapat masuk dalam kategori mata pelajaran Soshum maupun Saintek.

Adapun ilmu geografi yang dimasukkan dalam kategori mata pelajaran IPS karena dalam mata pelajaran geografi lebih menekankan untuk mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan bumi dibandingkan mempelajari stuktur bumi itu sendiri.

Sedangkan pihak yang memasukkan ilmu geografi dalam mata pelajaran IPA berdasarkan bukti bahwa geografi mempelajari ilmu tentang struktur bumi. Sama seperti biologi yang mempelajari struktur binatang atau makhluk hidup.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan bumi dan fenomena di atasnya bisa dimasukkan dalam kategori ilmu geografi sesuai arti secara bahasa bahwa geo artinya bumi dan grafi yang artinya struktur. Atau geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur bumi.

Seiring dengan perkembangan keilmuan, ilmu geografi mendapatkan pembatasan dan pembagian. Ilmu geografi hanya membahas persoalan seputar geografi sosial dan geografi fisik. Berikut ini beberapa pembagian ilmu geografi, antara lain :

1.Geografi Fisik

Geografi fisik mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan fenomena atau kejadian di muka bumi. Seperti atmosfer, hidrosfer, pedosfer, antroposfer, biosfer, dan litosfer. Dijelaskan pula pada materi mata pelajaran geografi di kelas 1 SMP mengenai apa itu atmosfer sebagai lapisan udara di bumi.

konsep dasar geografi

Kemudian dijelaskan pula hidrosfer sebagai lapisan air. Lalu pedosfer sebagai lapisan tanah. Dalam hal ini geografi yang dipelajari adalah geografi fisik bumi atau struktur bumi secara fisik yang menjadi cabang keilmuan dari IPA.

Pada waktu penulis awal masuk SMP kelas 1 maka dijelaskan materi geografi seperti struktrur bumi tersebut yang mampu menarik hati penulis. Dalam hal ini materi geografi ini termasuk jenis hafalan. Untuk lebih lengkapnya sang guru geografi sering menggambarkan lapisan bumi dalam bentuk gambar.

Lihat juga Literasi Untuk Anak Usia Dini dan Contoh Programnya

Geografi fisik juga selain mempelajari struktur bumi, juga mempelajari iklim, relief, dan bentuk bumi. Dari geografi fisik memunculkan jenis ilmu baru seperti biogeografi, hidrologi, geomorfologi, dan klimatologi.

2.Geografi Sosial

Ruang lingkup pengetahuan dasar geografi lainnya membahas geografi sosial yang berkaitan dengan kegiatan manusia  dalam hubungannya dengan alam bumi yang meliputi aspek budaya, ekonomi dan lingkungan.  Kemudian dijelaskan pula akibat-akibatnya dari kegiatan manusia yang dilakukan di atas muka bumi. Dari geografi sosial menimbulkan ilmu geografi baru yang meliputi:

  • Geografi industri
  • Geografi politik
  • Geografi ekonomi
  • Demografi

Apa Saja Manfaat Ilmu Geografi

Ilmu geografi sudah diperkenalkan pada anak  usia SD. Namun di sekolah dasar, materi geografi masih sangat dasar dan umum. Untuk ilmu Geografi lebih lanjut maka diajarkan pada bangku SMP yang menjadi mata pelajaran tersendiri bernama mata pelajaran geografi.

Pada waktu penulis duduk di bangku SMP Negeri kelas 1 SMP, guru geografi bernama Bapak Kunkun yang pandai cara mengajar geografi dengan sangat menyenangkan dan jelas.

ilmu pengetahuan geografi

Lalu buat apa manfaat mempelajari mata pelajaran geografi? Setelah di telusuri ternyata banyak manfaat bagi mereka yang mempelajari ilmu geografi. Berikut ini beberapa manfaat mempelajari mata pelajaran geografi, antara lain:

  1. Membantu manusia dalam menjelajah alam dan muka bumi. Sehingga mengetahui kemana arah yang anda tuju. Dengan mempunyai ilmu geografi maka anda bisa jalan ke seluruh daerah di muka bumi dengan paham atas medan dan areanya.
  2. Tahu kondisi negara lain. Dengan memiliki ilmu pengetahuan dasar Geografi maka anda akan mengetahui kondisi geografis suatu negara beserta iklim dan cuacanya.
  3. Manusia bisa mengetahui penyebab dan apa saja yang membuat terjadinya fenomena dan peristiwa alam di bumi.
  4. Anda jadi tahu situasi dan kondisi suatu wilayah dan negara di dunia dengan mempelajari ilmu geografi.
  5. Menjadi yakin dan percaya akan kekuasaan Allah swt. Dengan mempunyai ilmu geografi maka anda bisa mengetahui bahwa fenomena yang terjadi di muka bumi tidak dengan sendirinya atau kebetulan. Tapi sudah direncanakan dan dibuat oleh Allah swt. Anda juga akan menyaksikan luasnya langit dan bumi beserta karakteristiknya yang menjadikan yakin akan kebesaran Allah swt.

Rangkuman Pengetahuan Dasar Geografi

Rangkuman pengetahuan dasar geografi membahas materi-materi apa saja yang dipelajari dalam mata pelajaran geografi.  Rangkuman materi lengkap tentang ilmu dasar geografi dimulai dari perkenalan tentang apa itu geografi. Ini dasar memahami pengertian geografi secara bahasa dan istilah.

Untuk memahami arti geografi cukup mudah. Kita bias mulai dengan memahami pengertian secara etimologi yang berasal dari dua akar kata yakni geos yang berarti bumi dan graphein yang bermakna citra.

Baca juga Cara Mengajarkan Anak SD Matematika

Dengan demikian, geografi secara bahasa adalah suatu disiplin ilmu yang mencitrakan bumi. Ilmu ini adalah suatu disiplin yang menjelaskan segala sesuatu hal tentang bumi dan lingkungannnya secara empiris.

rangkuman pengetahuan dasar geografi

Pengetahuan dasar geografi akan menjelaskan kepada para siswa tentang wawasan yang penting bagi mereka tentang bagaimana sifat bumi dan bagaimana memperlakukan bumi. Bumi sebagai tempat pijak manusia memegang peranan penting bagi kehidupan manusia layaknya langit bagi manusia. yang dipelajari dalam mata pelajaran geografi terfokus pada aspek materi bumi.

Konsep umum geografi berdasarkan pada penelitian terhadap objek bumi . Beberapa pakar dan ahli mencoba memberikan pendapat mengenai  arti ilmu geografi. Yang pada umumnya mereka sepakat bahwa ilmu geografi berkenaan dengan konsep dan ruang yang berguna untuk menjelaskan semua struktur lingkungan bumi.

Berikut ini rangkuman pengetahuan dasar geografi menurut para pakar dan ahli yang sebaiknya kita tahu.

1.Konsep Letak

Konsep ini menjelaskan mengenai objek yang diteliti oleh geografi yang terdiri-dari konsep letak absolut dan relatif. Untuk konsep letak absolut maka yang diteliti objek bumi yang bersifat tetap dan tak berubah sesuai garis kordinat, garus bujur dan garis lintang.

Sedangkan konsep geografi letak relatif adalah suatu objek penelitian di bumi yang letaknya dapat berubah-ubah berdasarkan keadaaan lingkungan di sekelilingnya.

2.Konsep Jarak

Geografi pun mempunyai konsep jarak. Dalam arti, objek di bumi yang diteliti dilihat dari jaraknya yang juga mempunyai dua sifat yakni jarak absolut dan relatif.

Untuk konsep dasar geografi lainnya adalah konsep morfologi, konsep keterjangkauan, aglomerasi, konsep pola, dan konsep nilai kegunaan serta konsep diferensiasi area, interaksi dan interdependensi serta konsep keterkaitan ruangan.

Itulah rangkuman pengetahuan dasar geografi yang sangat penting dan merupakan bagian dari 10 konsep esensial geografi. Dengan demikian, anda akan mengetahui apa saja konsep geografi yang ada di sekitar anda.

Jurusan Geografi Kerja Apa?

Beberapa universitas negeri maupun perguruan tinggi swasta membuka program studi geografi seperti jurusan geografi UNJ, UGM maupun UI dan UNPAD. Setelah lulus akan mendapatkan gelar sarjana geografi.

Bagi mereka yang memilih kuliah jurusan geografi di universitas negeri atau swasta maka lulusannya bisa bekerja sebagai konsultan lingkungan di sebuah perusahaan swasta atau lembaga pemerintah, atau ahli riset lapangan yang tugasnya melakukan penelitian di lapangan.

pengetahuan dasar geografi

Adapun berapa gaji jurusan geografi seusai standar sekitar Rp3,2 juta sampai Rp 4,9 juta perbulan. Selain itu jurusan kuliah Geografi dapat melamar pekerjaan di BMKG.

Materi Pelajaran Geografi di SD/MI/Paket A

Untuk kalangan anak SD sejak sekarang sudah diperkenalkan dengan ilmu geografi. Adapun materi geografi bagi anak SD meliputi beberapa hal, antara lain :

  1. Pengenalan geografi dasar yang meliputi letak rumah, mata angin,dan denah serta fenomena alam.
  2. Konsep geografi berdasarkan sejarah, ekonomi, antropologi, dan sosiologi
  3. Materi geografi tingkat lanjutan yang mencakup geografi regional Indonesia, ASEAN dan internasional.

Materi Geografi SMP Kelas 8

Adapun materi geografi kelas 8 mempelajari tentang hal berikut, antara lain:

  1. Kondisi geografis Indonesia
  2. Interaksi antar ruang
  3. Kondisi geografis ASEAN

Soal dan pertanyaan dari ujian UTS atau UAS dari mata pelajaran geografi pun tidak akan lepas dari pertanyaan seputar kondisi letak geografis Indonesia dan negara-negara di ASEAN serta interaksi antar ruang.

Demian informasi tentang pengetahuan dasar geografi yang sangat penting bagi siswa sekolah. Pelajaran ini termasuk tidak sulit dan dan umumnya bersifat hafalan sehingga tidak seperti matematika yang sulit.