Pialang adalah salah satu jenis profesi yang tidak asing lagi bagi masyarakat modern saat ini. Namun demikian masih banyak orang yang belum mengetahui secara lengkap tentang cara kerja,  tugas, pekerjaan, jenis-jenis pialang, dan cara memilih pialang yang tepat.

Pialang berkaitan erat dengan investasi. Karena lewat perantaraan pialang seorang investor bisa memilih dan memulai investasi. Seperti pada investasi saham, yang kemudian jasanya dinamakan pialang saham.

Investasi adalah dunia yang sangat menyenangkan. Karena dengan investasi maka harta seseorang akan bertambah banyak. Namun dalam memulai investasi saham terdapat persyaratan dan aturan. Salah satunya investasi yang dilakukan mesti melalui pialang saham.

Kerja pialang saham sangat mudah dipahami oleh mereka yang sudah terbiasa berinvestasi. Terutama investasi saham. Adapun secara simpelnya, pialang adalah makelar atau perantara ataupun mediator saat terjadinya proses transaksi pembelian maupun penjualan.

tips memilih pialang

Segala jenis bisnis umumnya dapat memakai jasa perantara. Misalkan jasa perantara penjualan rumah, sepeda motor, perantara mobil, perantara saham dan lain sebagainya. Jasa perantara tersebut pada dasarnya dapat disebut juga pialang.

Pialang dapat pula dinamakan sebagai jasa broker. Bagi seseorang yang bergelut dalam dunia bisnis dan usaha maka istilah pialang atau broker tak asing lagi. Broker atau pialang membantu seorang investor dalam meningkatkan penjualan atau keuntungan.

Pengertian Pialang Adalah

Untuk memahami pengertian pialang dapat ditelaah secara khusus maupun umum. Secara khusus, pengertian pialang saham adalah seseorang yang bertugas sebagai perantara antara penjual dan pembeli dalam sektor investasi di bursa saham.

Pialang adalah mempunyai tugas dalam memudahkan investor dalam melaksanakan investasi bisnis yang menguntungkan. Namun jika anda masih bingung tentang apa itu pialang maka kita akan ulas lebih jauh pengertian pialang.

Pengertian pialang dapat dilihat menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Adapun berdasarkan KBBI,  pialang adalah perantara ataupun makelar dalam urusan bisnis atau usaha penjualan dan pembelian.

Yang diuntungkan dari kegiatan bisnis jual beli bukan hanya pihak penjual atau pembeli. Tapi juga pihak makelar atau pialang karena akan mendapatkan komisi atau upah dari jasanya.

Sementara itu, berdasarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengertian pialang adalah pihak yang berperan penting sebagai perantara di dunia perdagangan efek. Pialang bukanlah orang biasa. Untuk menjadi seorang pialang yang resmi dan profesional maka harus mengikuti serangkaian ujian dan diangkat sumpah terlebih dahulu.

Pialang melakukan perjanjian yang saling menguntungkan dengan pihak investor dan berhak mendapatkan provisi.  Pialang tak memiliki kaitan pekerjaan apapun yang bersifat  tetap dengan pihak investor.

Berdasarkan pengertian secara luas, pialang adalah pihak perorangan maupun lembaga yang bergerak sebagai mediator atau penghubung dalam transaksi penjualan dan pembelian saham.

Secara umum pialang adalah orang yang bekerja secara profesional dan sesuai etika di satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penawaran emiten keuangan atau investasi.

Dalam menjanlankan tugas dan pekerjaannya pialang tidak sendiri. Namun ia diawasi langsung oleh sejumlah badan pengawasan yang berwenang untuk itu. Seperti Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Semua itu dilakukan bertujuan agar aktivitas jual beli saham oleh broker dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku.

pengertian pialang

Menjadi seorang pialang atau broker tidak dapat dipandang enteng lagi saat ini. Penghasilan seorang pialang sangat besar dan menjanjikan. Penghasilan seorang pialang yang sukses perbulannya bisa tak terbatas berdasarkan  penghasilan dan komisi yang diraihnya. Misalkan pada pialang properti atau saham.

Jika anda merasakan kesulitan dalam berinvestasi di pasar modal maka pilihan terbaik dan paling bijak adalah memilih pialang yang tepat.  Pialang akan memberikan jasa dan layanannya dalam membantu investor dalam menyimpan uangnya pada sektor emiten investasi yang tepat.

Salah satu betuk kemudahan yang diberikan oleh pialang adalah memberikan persyaratan yang ringan bagi siapapun yang ingin investasi dalam saham. Dengan menyetorkan modal investasi sebesar Rp 100 ribu maka seseorang bisa memulai investasi saham di pasar modal.

Tugas dan Tujuan Pialang

Setiap profesi mempunyai tugas, tujuan dan pekerjaannya masing-masing. Begitu juga dengan profesi sebagai seorang pialang. Beberapa tugas dan pekerjaan serta tujuan pialang adalah sebagai berikut.

1.Pendampingan

Tugas dan tujuan pialang adalah memberikan pendampingan atau bimbingan kepada calon investor terutama investor pemula. Hal ini membuat calon investor tidak bingung lagi  dalam menanamkan uangnya di bursa saham.

2.Memberikan suatu rekomendasi tentang investasi yang bagus

Tugas dan pekerjan serta tujuan pialang berikutnya adalah memberikan rekomendasi kepada pihak investor terhadap jenis investasi terbaik dan paling menguntungkan saat ini. Sehingga sang investor tertarik menanamkan uangnya pada sektor investasi yang ditawarkan oleh pihak pialang.

pialang adalah

3.Mempertemukan antara investor dengan emiten investasi

Yang tak kalah penting, tugas dan pekerjan pialang sehari-hari adalah mempertemukan pihak investor dengan emiten investasi yang tepat. Sehingga terjadi transaksi jual beli saham pada bursa efek yang menguntungkan sesuai peraturan yang berlaku.

Demikianlah tugas dan pekerjaan pialang. Pada intinya, tugas dan pekerjaan utama seorang pialang adalah membantu pihak investor untuk menginvestasikan uangnya pada jenis investasi yang tepat sesuai kebutuhan pada pasar modal.

Jenis Pialang

Berdasarkan jenisnya, pialang terbagi ke dalam berbagai jenis yang penting kita ketahui.

1.Pialang online atau pialang internet

Di tengah kemajuan teknologi internet membuat muncul profesi dalam bidang pialang yaitu pialang internet atau pialang online. Pialang internet adalah profesi sebagai pialang yang dijalankan menggunakan sarana koneksi internet. Jenis pialang dalam bisnis digital ini sangat cocok bagi mereka yang hobi internetan sambil menghasilkan uang.

2.Pialang diskon

Jenis pialang kedua adalah pialang diskon. Adapun yang menjadi pekerjaannya adalah membantu investor dalam menginvestasikan uangnya pada sektor investasi yang tepat dan lebih menguntungkan. Oleh sebab itu, tugas sehari-harinya adalah memberikan strategi investasi yang jitu, memberi saran investasi, melakukan hasil analisa, memberikan informasi dan rekomendasi.

3.Pialang Deep Discount

Urutan ketiga jenis pialang Deep discount. Adapun yang menjadi tugas dan pekerjaannya adalah merawat rekening konsumen atau investor.

4.Pialang full service

Jenis pialang keempat adalah pialang full service. Adapun yang jadi tugasnya adalah memberikan layanan pada investor secara penuh. Yang mencakup pemberian informasi, merawat rekening investor, memberikan pendampingan dalam transaksi investasi, melakukan pemberian hasil analisa, dan lain sebagainya.

cara memilih pialang

5.Pialang Institusi

Pialang institusi adalah pialang yang bekerja pada lembaga institusi yang besar. Seperti pada bank, badan usaha dan lain sebagainya. Contoh pialang institusi adalah pialang pada lembaga reksadana.

6.Pialang Ritel

Jenis pialang yang terakhir adalah pialang ritel. Pialang ritel adalah perantara yang bekerja dalam membantu para investor individu dalam menginvestasikan uangnya di pasar modal.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapatlah ditarik suatu kesimpulan. Pialang institusi dan pialang ritel termasuk ke dalam jenis kategori pialang atas dasar klien. Adapun jenis pialang online, pialang diskon, pialang deep discount dan pialang full service dimasukkan pada kategori pialang atas dasar layanan yang diberikannya.

Cara Kerja Pialang

Berkenaan mengenai investasi tidak bisa dilepaskan dari unsur-unsur yang terlibat di dalamnya. Seperti uang, waktu, harta yang bertambah, pelaku investasi yang dinamakan investor dan pialang atau orang yang membantu pihak investor.

Pialang atau pihak yang membantu investor bisa berupa dalam bentuk perorangan ataupun lembaga. Adapun cara kerja pialang adalah perwakilan mediator di dunia jual beli pada efek dalam pasar modal.

Bisa pula dikatakan yang menjadi tugas dan pekerjaaan pialang adalah sebagai penengah dari transaksi pada bursa efek.

Cara kerja pialang pada suatu perusahaan investasi berusaha mengadakan perjumpaan antara pihak investor dengan suatu jenis investasi yang menguntungkan. Pialang juga berusaha mendorong terjadinya transaksi pembelian investasi tersebut yang cukup menguntungkan dan berprospek cerah. Investasi akan membuat kekayaan investor semakin bertambah banyak.

Pada umumnya pialang berada di bawah naungan perusahaan yang telah terdaftar pada daftar perusahaan sekuritas yang resmi. Pialang dalam cara kerjanya menawarkan sejumlah investasi yang menjanjikan kepada pihak investor.

cara kerja pialang

Investor tentu saja tidak ingin uangnya bersifat tetap. Tapi ingin bertambah dan berkembang besar. Salah satu sarananya adalah dengan mengambil investasi. Adapun orang atau pihak yang mengerti tentang investasi yang terbaik bagi investor salah satunya adalah pialang.

Pialang adalah pihak perorangan maupun badan yang bekerja secara profesional dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat resmi  berupa Certified Financial Analyst. Disamping itu juga, pialang mendapatkan sertifikat yang didapatkan dari hasil ujian kelulusan pada tes Wakil Perantara Pedagang Efek.

Dengan demikian tidak usah diragukan lagi bahwa pialang adalah pihak yang berwenang dan berkompeten dalam mengurusi soal investasi.

Contoh Pialang

Adapun contoh pialang yang resmi dan terpercaya di tanah air setidaknya sebanyak 96 pialang yang telah terdaftar. Seperti Panin Sekuritas, BCA Sekuritas, MNC Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Indo Premier Sekuritas, Sinarmas Sekuritas dan lain sebagainya.

Pilihan investasi berada di tangan pihak investor. Namun tugas dan pekerjaan pialang adalah merekomendasikan dan memberikan saran yang tepat tentang jenis investasi yang bagus dan berprospek cerah saat ini kepada pihak investor.

Ada beragam jenis investasi yang bisa dipilih oleh investor saat ini. Sepeti investasi dalam modal kecil, modal sedang sampai investasi modal besar. Kemudian berdasarkan jangka waktu terdapat investasi jangka panjang, jangka pendek dan jangka menengah.

Adapun bentuk contoh investasi yang dapat dipilih oleh pihak calon investor sangat beragam. Seperti investasi emas atau logam mulia, saham, surat berharga negara, reksadana, deposito  maupun P2P lending.

Cara Memilih Pialang

Begitu pentingnya peranan pialang dalam mendukung kesuksesan investasi membuat setiap investor mesti memilih pialang yang tepat untuk diajak kerjasama. Berikut ini beberapa tips cara memilih pialang yang tepat.

1.Melakukan pengecekan terhadap track record pialang

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang calon investor dalam memilih pialang adalah melihat track record dari pialang tersebut. Anda bisa memilih pialang yang memiliki kredibilitas yang baik di masyarakat, selalu menguntungkan dalam pilihan investasinya dan terpercaya.

2.Melakukan pengecekan legalitas usaha

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam cara memilih pialang adalah memilih yang sudah mempunyai legalitas usaha yang resmi sebagai pialang dan sudah terdaftar di pasar modal. Hal ini sangat berguna untuk mencegah kerugian dari investasi disebabkan penipuan investasi.

3.Menyesuaikan dengan keperluan

Pertimbangan berikutnya bagi anda dalam memilih pialang adalah memilih yang sesuai dengan keperluan anda. Misalkan jika anda membutuhkan investasi saham maka anda bisa memilih kerjasama dengan pialang saham.

4.Memilih pialang yang profesional dan memiliki skill yang baik

Pilihan selanjutnya dalam memilih pialang adalah memilih pialang yang benar-benar profesional serta sudah berpengalaman dan memiliki skill investasi yang baik. Hal ini dibuktikan dengan rekam jejak setiap investasi yang disarankannya selalu tepat dan menguntungkan.

jenis pialang

5.Melakukan pengecekan legalitas perusahaannya

Pertimbangan lain dalam menentukan dan cara memilih pialang adalah melihat legalitas dokumen dari tempat  kerjanya yakni perusahaan sekuritas. Hal tersebut berguna bagi anda dalam menghindarkan diri dari penipuan investasi berbentuk bodong.

6.Lokasi terdekat

Pilihan berikut dalam memilih pialang adalah memilih yang berada di satu kota yang sama dan saling berdekatan. Hal ini sangat berguna ketika urusan penting dan bisa saling mengunjungi langsung.

Demikianlah pembahasan tentang pialang adalah, baik pengertiannya, cara kerja, hingga tips cara memilih pialang yang baik dan benar. Jika kalian berminat memperdalam pelajaran ekonomi taka da salahnya mengikuti les privat yang terdekat dan terpercaya di kota kalian.