Reading test bahasa Inggris merupakan bagian dari tes yang penting dikuasai. Bagi sebagian orang belajar bahasa inggris terbilang mudah namun sebagian orang lagi mengalami kesulitan untuk mempelajarinya. Cara yang paling umum digunakan untuk menguasai bahasa asing ini adalah dalam bentuk percakapan maupun membaca.

Alat ukur yang sering jadi patokan seseorang menguasai  bahasa inggris adalah kemampuan reading atau membacanya. Sehingga beberapa sekolah atau lembaga swasta untuk menguji kemampuan bahasa inggris seseorang sering mengadakan ujian berupa tes membaca bahasa inggris.

Reading Test Bahasa Inggris

Dalam ujian masuk perguruan tinggi negeri ataupun ujian sekolah, terkadang seseorang diwajibkan mengikuti ujian dalam bentuk reading test ini. Dalam hal ini, seseorang bukan hanya sekedar membaca teks dalam bahasa inggris. Akan tetapi juga memahami apa yang terkandung dalam teks tersebut dengan baik dan benar hingga memahami apa yang dibaca.

contoh teks reading bahasa inggris beserta artinya

Menyikapi pentingnya dari kehadiran  tes membaca bahasa inggris untuk berbagai keperluan tersebut seperti karir pekerjaan dan sekolah membuat belajar membaca bahasa inggris perlu dilakukan dikuasai secara baik oleh seseorang. Akan tetapi pada kenyataannya, tak sedikit orang mengalami kesukaran dalam belajar materi tersebut.

Faktor yang menjadi penghalang utama seseorang untuk bisa menguasai teknik membaca bahasa inggris adalah tak mengerti atas grammar yang benar, aksen bahasa Inggris, sukar sekali fokus untuk membaca tulisan dalam bahasa inggris, penguasaan kosakata yang sangat terbatas dan lain-lain.

Apa Itu Reading Test Bahasa Inggris?

Sebenarnya apa itu reading test bahasa inggris? Ini merupakan bagian dari tes pembelajaran bahasa inggris yang berlaku pada ujian TOIEC, EELTS, TOEFL dll. Namun bukan hanya sekedar sebagai tes materi ujian dalam dunia pendidikan saja. Tapi juga sejumlah perusahaan nasional dan internasional menjadikan tes membaca bahasa inggris sebagai proses kemampuan seorang calon karyawan untuk diterima kerja di perusahaan tersebut.

Jenis tes membaca bahasa inggris mengambil beberapa tema yang bervariasi. Secara garis besar, jenis reading test bahasa inggris terbagi ke dalam dua bagian yang perlu Anda ketahui.

1.Narrative text

Teks narasi atau disebut juga Narrative text merupakan teks dalam bentuk narasi yang menceritakan tentang pola alur tertentu. Adapun bagian-bagian yang terdapat pada narrative teks yaitu masalah, latar tempat, dan tokoh utama cerita.

Kemampuan membaca bahasa inggris dalam bentuk Narrative text mempunyai beberapa bagian. Yang dimulai dari paling akhir yakni penutup, pokok cerita, dan pembukaan cerita. Adapun karakteristik susunan kalimatnya tidak selamanya baku.

Biasanya dalam pembukaan cerita akan dijelaskan terlebih dahulu tokoh-tokoh utama yang terdapat dalam cerita. Kemudian dijelaskan pula latar dari cerita tersebut. Yang dimulai dari tempat dan waktu cerita ataupun kondisi tempat dan cerita. Kemudian cerita pun mengalir dari mulai timbulnya permasalahan yang harus ditangani oleh tokoh utama.

apa itu reading test bahasa inggris

Cerita pada teks narasi akan terus bergulir sampai menggambarkan perjuangan tokoh utama dalam memperjuangkan cita-citanya sampai pada puncak konflik hingga akhir cerita bisa berupa gembira atau sedih. Kalau akhir cerita gembira menampilkan gambaran sang tokoh mendapatkan apa yang diimpikannya. Namun akhir cerita sedih akan menampilkan sang tokoh utama mengalami kegagalan dalam meraih cita-citanya.

Adapun contoh reading test bahasa inggris  dalam bentuk teks narasi umumnya seputar biografi pejuang, ilmuwan atau tokoh tersohor. Kemudian bisa juga dalam bentuk cerita jaman dulu, mitos, dan dongeng. Namun kadangpula sebuah cerita fiktif rekaan penulis.

Untuk bisa menyelesaikan soal tes membaca bahasa inggris harus mengerti dulu alur cerita dari teks narasi tersebut. Yang dimulai dari nama tokoh, latar belakang dan masalahnya. Sehingga lebih mudah diketahui bagaimana cara tokoh menyelesaikan masalah tersebut. Pada akhirnya, anda bisa menceritakan kembali narasi teks secara gamblang dan garis besar. Itu berarti anda sudah menguasai reading test dalam bentuk teks narasi.

Anda bisa melakukan latihan sendiri dalam membaca bahasa inggris dalam bentuk narasi teks secara rutin. Sehingga memudahkan anda dalam menjawab soal pada ujian materi tersebut.

2.Expository text

Jenis Reading test inggris yang kedua adalah Expository Text yang berarti memaparkan suatu hal secara jelas dan gamblang. Berbeda dengan teks narasi, expository text tidak terkandung nama tokoh dan latar serta alur cerita.

Namun yang diceritakan adalah pemaparan atas informasi sejelas mungkin berdasarkan fakta secara objektif. Untuk mendukung pemaparan biasanya disertai grafik atau gambar atau pemaparan poin per point menurut sub heading ataupun bullet numbering.

Expository text mempunyai beberapa bagian utama teks yang umumnya mengandung penjelasan masalah dan solusi,  dan hukum sebab akibat. Pada akhir pemaparan umumnya melakukan ajakan pada para pembaca untuk berbuat seperti yang diinginkan.

Untuk menyelesaikan soal dari tes membaca bahasa inggris jenis ini dengan mengetahui inti pokok pembahasan. Misalkan mengenai tema apa. Untuk contoh  tema yang diusung pada expository text adalah makanan khas daerah, sejarah dan cara pembuatan.

Manfaat Reading Test Bahasa Inggris

Menguasai apa itu reading test bahasa inggris sangat penting sebagai suatu keterampilan dalam membaca dan memahami teks bahasa inggris dengan cepat.  Pada dasarnya membaca adalah keterampilan dasar yang mesti dimiliki oleh seseorang sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Namun membaca teks dalam bahasa inggris tentu tidak semudah yang dibayangkan. Sebab ada sejumlah hal yang bisa membuat kesulitan membaca teks berbahasa inggris. Misalkan ada beberapa kata yang sulit di mengerti.

Dengan kemampuan tes membaca bahasa inggris yang baik maka seseorang dapat membaca teks berbahasa inggris dengan lancar. Baik berupa narative teks maupun exspository teks. Bukan hanya sekedar bisa membaca. Akan tetapi yang lebih penting lagi, seseorang dapat memahami isi teks tersebut sesuai yang ditulis dan ingin disampaikan oleh penulisnya. Pada akhirnya, seseorang bisa menuliskan kembali apa inti yang disampaikan teks tersebut dalam gaya bahasa sendiri.

tips reading test bahasa inggris

Ada beberapa  hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa asing anda dengan baik. Baik dengan mengikuti bimbel bahasa Inggris. Salah satunya profesi sebagai penulis.

Profesi sebagai penulis menunjang kemampuan reading test secara baik. Karena profesi penulis mengharuskan untuk dirinya gemar membaca dalam bentuk teks bahasa Indonesia ataupun bahasa inggris.

Adapun manfaat memiliki kemampuan reading test bahasa inggris yang baik, antara lain:

1.Menganalisis artikel atau novel

Bisa melakukan analisis terhadap setiap tulisan artikel atau novel maupun dokumen bisnis. Kemudian membalas tanggapan terhadap teks tersebut. Biasanya manfaat ini sangat berguna bagi kepentingan di dunia karir pekerjaan.

2.Peningkatan keterampilan menulis

Manfaat mempunyai kemampuan reading test bahasa inggris lainnya adalah meningkatkan keterampilan menulis. Dengan mempunyai pemahaman yang baik atas apa yang dibaca membuat keterampilan menulis bisa lebih ditingkatkan berdasarkan referensi yang telah dibaca. Hal tersebut sangat cocok dipergunakan oleh kalangan penulis atau content writer.

3.Peningkatan keterampilan literasi membaca

Manfaat kemampuan membaca bahasa inggris berikut adalah turut meningkatkan keterampilan membaca  yang lebih baik. Membaca akan mampu bertahan dalam tempo yang panjang dan fokus membaca.

4.Menikmati

Dengan kemampuan membaca bahasa inggris akan membuat anda bisa menikmati setiap bacaan dalam bahasa inggris.

Tips Menaklukkan Reading Test Bahasa Inggris

Berikut ini beberapa cara atau tips menaklukkan reading test bahasa inggris yang bisa anda lakukan, antara lain:

1.Membaca keseluruhan

Cara untuk menaklukkan reading test bahasa inggris yang pertama adalah dengan cara membaca materi bahasa inggris sampai tamat. Sehingga bisa didapatkan garis besar apa yang diceritakan dari materi tersebut dan bisa menulis ulang dengan bahasa sendiri.

Kebiasaan membaca teks dalam bahasa inggris sangat membantu menaklukan soal reading test. Seperti kebiasaan membaca artikel, novel atau dongeng berbahasa inggris dan lain-lain.

contoh latihan teks reading bahasa inggris

Pendek kata, dengan membaca keseluruhannya, maka anda bisa mengetahui  inti dari teks tersebut semuanya.

2.Penguasaan kosakata dalam bahasa inggris yang lebih banyak

Cara atau tips menaklukkan reading test bahasa inggris berikutnya adalah dengan menambah banyak perbendaharaan kosakata dalam bahasa inggris atau yang sering disebut vocabulary. Hal tersebut akan mempermudah membuat lancar anda dalam membaca teks berbahasa inggris dalam bentuk narrative text maupun expository teks.

Untuk cara mudah menambah kosakata dengan anda menyebutkan nama-nama benda dan kejadian di sekitar anda dalam bahasa inggris. Disamping itu, Anda melakukan penambahan vocabulary setiap hari sampai kata-kata yang sukar pun dihafalkan.  Sehingga anda bisa membaca teks berbahasa inggris dan mengetahui artinya dengan semakin mudah.

3.Mengetahui dan memahami grammar paling dasar

Selanjutnya untuk menaklukkan soal reading test bahasa inggris adalah dengan memahami grammar minimal dari level paling dasar. Hal tersebut akan memudahkan pemahaman yang baik dan benar dari teks berbahasa inggris yang dibaca. Apalagi saat membaca jenis teks narasi yang mengandung unsur masa lalu, masa sekarang dan masa datang.

4.Mengetahui pertanyaan secara cepat

Pada saat reading test disodorkan maka anda bisa membaca dengan seksama pertanyaan yang diajukan pada tes tersebut.  Kemudian pencarian jawaban dimulai dari membaca materi teks dengan baik secara keseluruhan.

Dalam arti, membaca soal pertanyaan jangan sangat lama. Namun secara sekilas dan bisa dipahami. Karena itu akan merugikan anda dalam segi waktu. Apalagi anda diharuskan membaca teks panjang sebagai rujukan jawaban.

5.Cari pertanyaan lain jika tak bisa dijawab

Terakhir, jika soal reading test bahasa inggris tak dapat dijawab dengan baik oleh anda maka anda lebih baik melewatkannya. Karena kalau dipaksakan tentu akan memerlukan waktu sangat lama untuk menjawabnya dengan baik. Padahal waktu berjalan sangat berharga dan cepat. Anda bisa beralih ke pertanyaan lain yang lebih mudah dijawab secara benar.

Dengan demikian efektifitas dari segi waktu bisa anda lakukan. Ketika selesai menjawab soal paling mudah dan waktu belum selesai maka anda bisa kembali ke pertanyaan lain yang belum dijawab di awal.

Contoh Teks Reading Bahasa Inggris Beserta Artinya

Berikut ini contoh teks reading Bahasa inggris beserta artinya dalam bentuk narasi teks berupa dongeng. Adapun tema yang diusungnya berjudul Crocodile and Mouse Deer secara lengkap. Berikut uraian lengkapnya, antara lain :

contoh teks reading bahasa inggris

One day, Mouse Deer went down to the river to take a drink.(Pada suatu hari, seekor kancil berangkat menuju sebuah sungai untuk mengambil air minum).

But he knew that the crocodile might be waiting under water to eat him, so he said out loud. (Namun sang kancil mengetahui bahwasanya di dalam sungai tersebut terdapat buaya besar yang menunggunya untuk memangsanya. Oleh sebab itu, sang kancil bersuara lantang)

“I wonder if the water’s warm. I’ll put in my leg and find out.”(Saya ingin tahu apakah air sungai ini hangat atau tidak? aku akan memasukkan kakiku ke dalam sungai.)

Of course Mouse Deer didn’t put in his leg. He picked up a steak instead and put one end into the water. Chomp! Crocodile grabbed the stick and pulled it underwater.

(Tentu saja kancil tidak bodoh. Ia tidak memasukkan kakinya ke dalam air sungai. Namun ia mengambil sebuah tongkat kayu  lalu memasukkannya ke dalam air sungai. Langsung saja tongkat kayu itu dimasukkan ke dalam sungai hingga disambar oleh buaya yang sedang kelaparan. Kancil pun tertawa terbahak-bahak melihat kelakuan buaya).

Mouse Deer laughed.”Stupid crocodile!  Cant you tell the difference between a stick anda a leg?” Then Mouse Deer ran off to drink somewhere else.

(Sang Kancil tertawa terbahak-bahak terus kemudan kancil berlari-lari kecil ke tempat lain dan tiba di bagian sungai yang lain dan meminum air yang aman dari buaya).

In the next day, Mouse Deer wanted to cross the river. He wanted to eat the fruits on the other side off the river. He saw a floating log in the river. He knews the crocodile looked like a log when he floated. Mouse Deer didn’t want to be eaten  by crocodile when he crosses the river. He had an idea.

(Sedangkan pada hari berikutnya, Sang Kancil ingin menyeberangi sungai untuk memakan buah-buahan di  dekat sungai lainnya. Sang Kancil  melihat sebuah  batang kayu yang mengambang. Ia juga mengetahui bahwa itu adalah seekor buaya yang berpura-pura untuk memangsa buruan yang mendekatinya. Sang kancil tidak ingin dimangsa oleh buaya itu ketika ia melintasi sungai. Sehingga Sang Kancil mempunyai ide yang bagus).

He called out loud : “Crocodile! Crocodile rose from the water.

(Sang Kancil bersuara keras memanggil buaya,”Hai buaya!”. Mendengar panggilan itu buaya pun muncul ke permukaan sungai).

Latihan Reading Test Bahasa Inggris

Untuk melakukan latihan reading test bahasa inggris, banyak cara yang bisa dilakukan. Bisa dengan bergabung dalam komunitas bahasa Inggris. Namun salah satunya yang paling efektif latihan reading test adalah membaca novel berbahasa inggris. Ada banyak contoh teks reading bahasa inggris beserta artinya yang bis akita gunakan.

Anda bisa membaca novel berbahasa inggris dengan berbagai tema yang anda sukai. Kemudian anda juga bisa membaca artikel dengan  teks berbahasa inggris. Untuk lebih mudahnya anda bisa membaca artikel pendek bahasa inggris hingga artikel panjang.

reading test bahasa inggris

Seorang yang gemar atau hobi membaca novel atau buku dalam bahasa inggris pada dasarnya sedang melatih diri untuk mampu menghadapi reading test. Dan kebanyakan orang yang gemar baca buku berbahasa inggris akan bisa menjalani tes membaca dengan nilai baik.

Pendek kata, latihan tes membaca bahasa inggris akan sangat mudah jika bahasa inggris dijadikan bahasa sehari-hari. Pada kenyataannya, bahasa inggris banyak dijadikan bahasa resmi sehari-hari terutama dalam lingkungan dunia karier pekerjaan hingga dunia  akademis kurikulum internasional.  Khusus untuk dunia akademis, bahasa inggris yang sering dipergunakan adalah bahasa inggris untuk membaca karya ilmiah berbahasa inggris yang menjadi rujukan.

Membaca novel merupakan latihan yang tepat untuk belajar reading test bahasa inggris secara menyenangkan. Seperti tes TOEFL. Beberapa kata yang asing di telinga di dalam novel bisa dipelajari untuk menambah kosakata baru.