Seleksi mandiri PTN merupakan salah satu sarana atau cara bagi calon mahasiswa untuk bisa menuntut ilmu di kampus pendidikan tinggi negeri sesuai dengan yang diinginkannya. Saat ini, seleksi mandiri telah dibuka secara resmi oleh sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Untuk jalur masuk perguruan tinggi negeri selama ini dapat dilakukan dengan mengikuti SBMPTN atau SNMPTN. Selain itu, kita juga bisa pula menggunakan jalur seleksi mandiri. Model seleksi ini merupakan sebuah metode dalam menerima mahasiswa baru yang dilaksanakan suatu PTN dengan sistem kemandirian.

Pengaturan sistem pengelolaan seleksi mandiri disertai tata aturannya dilakukan dan diatur sendiri oleh perguruan tinggi negeri (PTN) bersangkutan.  Misalkan Universitas Gadjah Mada atau UGM yang melangsungkan kegiatan UTUL di lingkungan kampusnya atau Universitas Indonesia yang mengadakan SIMAK UI.

tips lolos ujian seleksi mandiri ptn

Seleksi mandiri PTN berlainan sekali dengan SBMPTN dan juga SNMPTN. Kalau seleksi mandiri ini tidak dilangsungkan secara bersamaan di semua wilayah di tanah air. Namun hal itu tergantung kebijakan dari perguruan tinggi negeri tersebut mengenai kapan tanggal berlangsungnya seleksi.

Seleksi mandiri mempunyai bentuk tes yang berlainan pada setiap perguruan tinggi negeri bersangkutan. Ada sejumlah perguruan tinggi yang melaksanakan kegiatan seleksi mandiri yang memakai tes khusus. Lalu ada beberapa kampus yang memakai non akademik, prestasi akademik, nilai rapor, ataupun memakai sistem seperti UTBK.

Hal tersebut berbeda sekali dengan SBMPTN dan SNMPTN yang memakai nilai seragam yakni nilai rapor yang sama dengan sistem UTBK SBMPTN.

Sama seperti SBMPTN dan SNMPTN tidak ada jaminan seseorang bisa langsung  masuk ke perguruan tinggi negeri sesuai yang direncanakan dalam mengikuti jalur seleksi mandiri. Semua itu harus melalui seleksi yang ketat dan banyak pertimbangan.

Seleksi Mandiri PTN

Untuk mengikuti seleksi mandiri pada sebuah kampus negeri maka seseorang harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Setelah itu akan diberikan persyaratan, jadwal dan proses seleksi yang harus ditempuh oleh calon mahasiswa. Untuk mengetahui lebih lengkap, silahkan berkunjung langsung ke situs resmi kampus tersebut.

cara seleksi mandiri ptn

Bagi anda yang berminat mengikuti seleksi jalur mandiri di kampus negeri  maka ada banyak hal yang perlu anda sadari tentang seleksi mandiri PTN, antara lain :

1.Sebagai langkah terakhir untuk memasuki perguruan tinggi negeri

Salah satu impian banyak lulusan SMA sederajat adalah bisa kuliah di perguruan tinggi negeri yang menjadi favoritnya. Cara mewujudkan hal tersebut dapat  dilakukan dengan mengikuti SBMPTN dan SNMPTN. Namun jika cara tersebut tidak berhasil maka ada cara terakhir yang dapat dilakukan yaitu seleksi mandiri.

Jika anda dinyatakan tidak lulus masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SBMPTN dan SNMPTN maka anda jangan putus asa. Karena anda masih mempunyai harapan besar untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur mandiri maupun anda memilih gap year. Sehingga mencoba pada tahun mendatang mengikuti SBMPTN.

Oleh karena itu, jika anda berencana untuk mengikuti masuk perguruan tinggi negeri maka persiapan yang matang perlu dilakukan dengan baik. Salah satunya persiapan dalam mengikuti seleksi mandiri PTN bersangkutan sambil anda menanti pemberitahuan tentang hasil SBMPTN.

2.Jumlah peserta tidak banyak seperti halnya pada SBMPTN

Jumlah peserta yang mengikuti seleksi mandiri umumnya tidak sebanyak seperti jumlah peserta pada SBMPTN. Sehingga peluang lolos seleksi PTN ini lebih besar. Kuota yang terdapat pada seleksi jalur mandiri sangat terbatas hanya paling besar sekitar 30 persen.

ujian seleksi mandiri ptn

Untuk perguruan tinggi negeri yang  sudah mempunyai badan hukum tersendiri. Misalkan Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia diberikan kuota jalur seleksi mandiri sebanyak 50 persen.

3.Dapat mengikuti ujian seleksi mandiri PTN lebih dari satu

Pada seleksi  jalur mandiri PTN seseorang dapat mengikutinya lebih dari satu. Misalkan ikut pada seleksi mandiri di UGM dan juga mengikuti seleksi mandiri di UI. Hal tersebut diperbolehkan. Asalkan jadwal tes tidak saling bersamaan. Semua itu  diperkenankan karena tidak adanya campur tangan pemerintah terhadap jalur seleksi mandiri pada setiap kampus. Mencakup segi biaya, persyaratan dan jadwal tes dan lain-lain.

Cara Seleksi Mandiri PTN

Berikut ini cara seleksi mandiri PTN yang perlu diketahui dan diikuti para calon mahasiswa baru yang berminat.

1.Memilih jurusan menyesuaikan dengan bakat dan minat

Sebelum memutuskan untuk mengikuti jalur mandiri maka anda harus tentukan dulu program studi yang hendak dipilih. Ada banyak program studi dan jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh seseorang.  Anda bisa memilih jurusan dan program studi berdasarkan prospektif,  apa yang anda sukai dan sesuai kemampuan.

Pemilihan jurusan sangat penting bagi masa depan anda. Beberapa orang mengalami kekeliruan pada pemilihan jurusan kuliah hingga menyesal kemudian. Anda bisa mencegah hal demikian dengan memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai bakat dan hobi serta apa yang anda sukai. Kemudian anda pun bisa memilih jurusan kuliah yang sedang dibutuhkan banyak perusahaan saat ini.

Anda dapat memantau jumlah calon mahasiswa yang tertarik memasuki jurusan kuliah tersebut. Hal tersebut berguna bagi anda untuk mengetahui tingkat persaingan. Anda bisa memilih jurusan yang mempunyai  kuota lebih banyak dan jumlah peminat yang masih sangat sedikit. Hal tersebut untuk memuluskan anda untuk lolos pada seleksi mandiri PTN.

2.Memenuhi persyaratan umum yang telah ditetapkan

Adapun persyaratan umum untuk mengikuti seleksi mandiri adalah lulusan SMA atau sederajat dan melampirkan fotocopy ijazah kelulusan SMA sederajat yang sudah dilegalisir dan persyaratan lainnya yang diminta. Semua itu harus dipersiapkan secara baik.

seleksi mandiri ptn

3.Pendaftaran secara online

Cara seleksi mandiri PTN selanjutnya adalah melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi kampus negeri yang anda pilih. Kemudian melakukan pembayaran biaya pendaftaran seleksi mandiri.

4.Pencetakan kartu tanda peserta

Melakukan pencetakan kartu tanda peserta, mengikuti tes ujian seleksi mandiri secara tertulis UTBK sesuai jadwal hingga menunggu pengumuman hasilnya.

Tips Lolos Ujian Seleksi Mandiri PTN

Dengan tidak lolosnya seseorang masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SBMPTN dan SNMPTN tidak membuat kesempatan seseorang menjadi tertutup rapat. Karena ada salah satu peluang terakhir yang bisa dimanfaatkan untuk masuk perguruan tinggi negeri  favorit yaitu jalur seleksi mandiri.

Seleksi  jalur mandiri pada perguruan tinggi negeri mempunyai soal tes yang hampir sama dengan soal tes pada SBMPTN ataupun SNMPTN. Yang mencakup tes kelompok Soshum/ Saintek, Tes Potensi Akademik, dan Tes Kemampuan Dasar.

lolos seleksi mandiri ptn

Bagi anda yang ingin lulus pada ujian seleksi mandiri, berikut ini beberapa tips lolos ujian seleksi mandiri PTN.

  1. Mencari tahu sebanyak mungkin informasi tentang pelaksanaan tes ujian seleksi mandiri dari kampus yang anda pilih. Kemudian mencari tahu informasi tentang jadwal ujian seleksi mandiri, biaya pendaftaran, persyaratan ujian, dan tata aturan pelaksanaan ujian mandiri dan lainnya.
  2. Menentukan program studi dan jurusan kuliah berdasarkan passion dan kemampuan yang dimiliki.
  3. Tips lolos ujian seleksi mandiri PTN yang tak kalah penting adalah mengetahui kapasitas kuota seleksi mandiri dari perguruan tinggi negeri yang dipilih. Paling umum kuota tersedia di PTN paling besar sebesar 30 persen. Untuk mengetahui semua itu bisa dilakukan dengan mengunjung situs resmi perguruan tinggi negeri
  4. Mempersiapkan semua syarat-syarat yang dibutuhkan. Persyaratan untuk mengikuti ujian seleksi mandiri di PTN sangat mungkin berlainan dengan kampus negeri yang lain. Oleh sebab itu, anda harus update tentang syarat-syarat yang dibutuhkan. Segala berkas persyaratan seleksi mandiri harus disiapkan secara matang sebelum ujian.
  5. Mengetahui jadwal seleksi ujian mandiri. Hal ini sangat berguna khususnya bagi anda yang mengikuti banyak uijian seleksi mandiri pada beberapa perguruan tinggi negeri agar jadwal seleksi mandiri tak saling bentrok.
  6. Meningkatkan kuantitas dan durasi latihan soal. Yang paling utama sebagai tips lolos ujian seleksi mandiri PTN adalah dengan memperbanyak mempelajari soal latihan. Hal tersebut sangat berguna untuk menguasai lebih banyak materi dan persiapan menghadapi ujian seleksi mandiri kelak. Contohnya mempelajari soal-soal ujian seleksi mandiri di suatu kampus pada beberapa tahun terakhir.
  7. Mempertahankan kesehatan dengan baik. Terakhir sebagai tips lolos ujian seleksi mandiri PTN adalah menjaga kesehatan dengan baik. Supaya anda bisa lebih maksimal dalam menjawab semua soal materi ujian seleksi mandiri dengan benar pada hari H.