Bagaimana pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial benar-benar sangat besar. Hal tersebut tidak perlu disangsikan lagi.  Adapun yang menjadi salah satu alasannya adalah lembaga sosial terbangun dari hasil interaksi sosial. Sehingga adanya interaksi sosial perllu didukung oleh lembaga sosial untuk mengaturnya.

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup, manusia mesti melakukan interaksi sosial. Seperti interaksi sosial antara pembeli dan pedagang.Dari proses interaksi sosial antara pembeli dan pedagang yang dilakukan secara terus menerus membuat terpacu terbangunnya lembaga sosial, pasar. Pasar sebagai lembaga sosial mempunyai peranan sangat besar dan strategis dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia sehari-hari.

apa hubungan antara interaksi sosial dan lembaga sosial

Pada intinya, pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial sangat besar. Interaksi sosial akan memicu dalam membentuk suatu lembaga sosial.  Misalkan dalam bentuk pasar dan lembaga-lembaga sosial lainnya secara offline ataupun virtual.  Hal ini dikarenakan terjadinya interaksi sosial yang mempengaruhi satu sama lain. Ketika ada satu tujuan yang sama dibuatlah lembaga sosial untuk melakukan pengaturannya.

Sebagai salah satu contoh interaksi sosial di masyarakat adalah terdapat individu yang rutin melakukan pembelian di satu tempat. Melihat tempatnya ramai membuat pedagang lain membuka jualannya di tempat tersebut. Semakin hari berjalan waktu, jumlah penjual semakin banyak. Hingga membentuk lembaga sosial yang bernama pasar.

Perputaran uang dalam lembaga sosial, pasar semakin besar. Itulah arti pentingnya interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial yang tidak bisa dipandang sepele yakni pasar.

Pengertian Interaksi dan Lembaga Sosial

Apa sebenarnya pengertian interaksi dan lembaga sosial? Sebelum membahas tentang pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial perlu kita bahas pengertiannya terlebih dahulu.

Interaksi sosial adalah semacam perilaku yang berlangsung di masyarakat pada saat dua orang hingga lebih saling mempengaruhi satu sama lain dengan  mempunyai dampaknya masing-masing. Interaksi dapat berlaku satu arah maupun dua arah.

Dalam pandangan ilmu sosiologi, pengertian interaksi sosial adalah satu kesatuan perilaku sosial yang bersifat sangat dinamis.  Adapun bentuk contohnya adalah saling bertukar pendapat, berbincang-bincang dan lain-lain.

Sedangkan pengertian lembaga sosial adalah suatu lembaga yang dibentuk oleh atau untuk kepentingan masyarakat.  Adapun tugas lembaga sosial adalah melakukan pengaturan terhadap segala prosedur dan tata cara nilai untuk melaksanakan ikatan sosial dalam melaksanakan hidup di masyarakat. Dengan tujuan yang diharapkan adalah terjadinya keteraturan.

Menurut Judson R Landis, lembaga sosial adalah pola organisasi, aturan dan juga norma-norma yang berlaku pada masyarakat dengan tujuan yang sangat penting. Tujuannya dalam meningkatkan keteraturan pada masyarakat dalam segi memenuhi kebutuhan hidup.

pengertian interaksi dan lembaga sosial

Dengan demikian, pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial menjadi sangat jelas. Lembaga sosial mempunyai peranan dan unsur-unsur serta kegiatan yang sangat penting di dalamnya.

Berdasarkan tipenya, lembaga sosial terdir dari beberapa jenis yang penting untuk kalian tahu.

  1. Lembaga sosial yang berdasarkan nilai. Yang terdiri-dari lembaga sosial dengan nilai per dan sekunder. Adapun contoh lembaga sosial berdasarkan nilai primer adalah lembaga kesehatan, lembaga agama, lembaga ekonomi, lembaga hukum, lembaga pendidikan, dan lembaga keluarga.
  2. Lembaga sosial berdasarkan fungsi. Seperti lembaga pengadilan, lembaga pendidikan, lembaga kejaksaan dan lainnya.
  3. Lembaga sosial yang berdasarkan penyebaran. Contoh lembaga agama, dll
  4. Lembaga sosial yang berdasar atas perkembangan. Contohnya lembaga hak milik.
  5. Lembaga sosial yang berdasarkan segi penerimaan masyarakat. Contohnya  pada lembaga kesehatan, lembaga perdagangan, lembaga keuangan, lembaga transportasi dll.

Apa Hubungan Antara Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial?

Terkait dengan pertanyaan bagaimana pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial, juga timbul persoalan apa hubungan antara interaksi sosial dan lembaga sosial?

Sudah menjadi tabiat manusia untuk saling berinteraksi dalam memenuhi kebutuhannya. Interaksi sosial begitu sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Salah satunya untuk mewujudkan keharmonisan dalam hubungan di sosial. Bahkan lebih penting lagi interaksi mampu mendorong terciptanya lembaga sosial.

Lembaga sosial mempunyai fungsi dan tujuan dalam masyarakat. Terutama dalam pengaturan  interaksi supaya dapat terjalin ketertiban berdasarkan nilai-nilai dan aturan sebelumnya yang telah ditetapkan pada masyarakat.

pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial

Lembaga sosial berperan penting dalam menolong anggota masyarakat mendapatkan keinginan dan kebutuhannya. Disamping itu, lembaga sosial mensupport secara langsung terhadap berlangsungnya interaksi sosial dan komunikasi pada setiap anggota masyarakat bersama lingkungan sekitarnya.

Dengan kelebihan, peran yang sangat besar itulah yang menjadikan interaksi sosial sangat menentukan kehidupan sosial dan menjadi satu kesatuan utuh dengan lembaga sosial. Interaksi sosial tak bisa lepas dari lembaga sosial. Begitu juga kehadiran lembaga sosial tak dapat dilepaskan dari interaksi sosial.

Berikut ini pola hubungan antara interaksi sosial dan lembaga sosial yang juga penting untuk diketahui, yaitu:

  1. Pembentukan lembaga sosial didorong oleh interaksi sosial
  2. Lembaga sosial yang baik dan harmonis mengandung komponen interaksi sosial di dalamnya. Tentu saja pola interaksi sosial yang dijalankan sesuai norma dan aturan berlaku. Sehingga tercipta keteraturan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat. Pada akhirnya akan mencegah timbulnya konflik dan pertikaian dalam masyarakat.
  3. Hubungan antara interaksi sosial dan lembaga sosial sangat erat. Hubungannya diibaratkan sebuah spiral yang saling berkaitan satu sama lain. Lembaga sosial muncul akibat adanya interaksi sosial. Sedangkan interaksi sosial diatur tata caranya oleh lembaga sosial.  Lembaga sosial memastikan setiap individu mengikuti norma dan aturan yang telah ditetapkan dalam kaitan berinteraksi sosial.

Intinya, hubungan interaksi sosial dan lembaga sosial sangat erat kaitannya. Bahkan pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial juga sangat besar. Topik ini menjadi sangat menarik pada pembahasan ilmu sosiologi.

Dalam suatu masyarakat terdiri-dari individu yang terdiri dari suami dan isteri. Kemudian dari individu- individu tersebut membentuk lembaga sosial keluarga. Kemudian meningkat menjadi lembaga sosial RT, RW, kelurahan dan kecamatan sampai tingkat kota atau kabupaten.

contoh soal pengaruh interaksi sosial

Lembaga-lembaga sosial tersebut dikenal secara baik oleh setiap orang. Disamping itu, terdapat lembaga sosial lainnya. Seperti lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan, lembaga keagamaan dan lain sebagainya.

Setiap lembaga sosial tersebut mempunyai peran, fungsi dan wewenangnya masing-masing. Seperti lembaga pemerintahan yang berfungsi untuk menjalankan roda pemerintahan di masyarakat. Lembaga pendidikan yang berwenang mengurusi bidang pendidikan. Begitu juga pada lembaga keagamaan yang bertugas mengurusi bidang keagamaan di Indonesia.

Disamping itu, terdapat juga lembaga keuangan yang bertugas mengurusi keuangan dan mengelola keuangan masyarakat.

Kehadiran lembaga sosial menjadi salah satu perwujudan masyarakat yang dinamis. Adapun fungsi dari lembaga sosial secara umum adalah  sebagai sarana untuk melakukan pengaturan terhadap sikap dan tindakan setiap individu pada masyarakat supaya terciptanya ketertiban dan keteraturan yang diinginkan oleh masyarakat.

Lembaga sosial dipergunakan sebagai tempat  bagi kelompok masyarakat dalam meraih tujuan dan kepentingannya.Setiap lembaga sosial mempunyai sifat atau ciri khas tersendiri. Lembaga sosial akan mendorong setiap anggotanya untuk berperan aktif. Dengan cara melakukan interaksi sosial sesama anggota masyarakat. Proses interaksi sosial di lembaga sosial diharapkan senantiasa berjalan secara natural.

Lembaga sosial yang hadir di masyarakat ikut serta dalam mengembangkan kepribadian setiap individu. Terutama pada lembaga pendidikan ataupun lembaga keagamaan. Dengan cara mengikuti dan mengembangkan keterampilan dan mengikuti norma-norma sosial dan norma agama.

Bagaimana Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial?

Tahukah kamu bagaimana pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial? Kebutuhan manusia terdiri-dari berbagai jenis. Dimulai dari kebutuhan pokok mendesak, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Salah satu yang diutamakan adalah kebutuhan primer. Seperti makan, minum, tempat tinggal yang nyaman dan pakaian.

bagaimana pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial

Dalam memenuhi kebutuhan tersebut mengharuskan manusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia lainnya. Interaksi yang terdapat pada masyarakat sangat beragam, antara lain :

  1. Interaksi sosial antar individu
  2. Interaksi sosial antara individu dengan kelompok
  3. Interaksi sosial antar kelompok

Interaksi sosial yang dilakukan oleh manusia mempunyai tujuan dan manfaatnya masing-masing.  Salah satunya yang paling utama adalah dalam memenuhi kebutuhan hidup dirinya sendiri dan keluarganya maupun untuk perubahan sosial budaya yang positif.

Contoh Soal Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Contoh soal pada materi mengenai pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial dapat terdiri dari contoh soal dalam bentuk esai maupun pilihan ganda. Salah satu contoh soal yang menarik untuk dipelajari adalah contoh soal dalam bentuk esai.

Berikut ini beberapa contoh soal pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial dalam bentuk esai yang perlu kalian kerjakan.

Contoh Soal Pertama

Sebutkan macam-macan lembaga sosial dan fungsinya!

Pembahasan :

Lembaga sosial terdiri-dari berbagai macam jenis, antara lain:

  1. Lembaga politik
  2. Lembaga pendidikan
  3. Lembaga ekonomi
  4. Lembaga agama
  5. Lembaga keluarga

Adapun yang menjadi fungsi lembaga sosial, antara lain :

  1. Memberi suatu panduan pada setiap anggota masyarakat dalam berperilaku mengendalikan sosial sekaligus mengantisipasi permasalahan yang terjadi pada lingkungan masyarakat.
  2. Mempertahankan keharmonisan pada persatuan di masyarakat secara utuh dalam memenuhi kebutuhan.

interaksi sosial dan lembaga sosial

Contoh Soal Kedua

Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tidak lepas dari peran dan dukungan orang lain. Manusia mesti bersosialisasi dengan manusia lainnya dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Manusia satu sama lain saling membutuhkan dan memerlukan. Misalkan dalam segi pemenuhan kebutuhan pokok dan juga kebutuhan manusia lain yang berbagai macam.

Salah satu kebutuhan manusia adalah kebutuhan terhadap pangan atau makanan. Prioritas manusia yang pertama adalah memenuhi kebutuhan pokok makan. Adapun makanan pokok orang Indonesia  adalah beras. Beras kemudian diolah jadi nasi. Seseorang membutuhkan beras. Sedangkan beras dihasilkan dari tangan petani.

Yang jadi pertanyaannya adalah termasuk kategori apa lembaga sosial yang mempunyai tujuan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar manusia ?

Pembahasan :

Lembaga sosial adalah lembaga yang mempunyai tujuan dalam rangka pemenuhan kebutuhan sehari-hari  manusia dalam hal-hal yang pokok.  Salah satu lembaga sosial adalah keluarga. Keluarga bukan hanya tempat untuk menenangkan pikiran dan saling membantu. Tapi juga keluarga merupakan tempat setiap orang menunaikan apa yang menjadi hak dan kewajibannya.

Contohnya seorang anak wajib mengikuti apa yang diperintahkan oleh orangtua dan membantunya sehari-hari. Sedangkan yang menjadi hak seorang anak adalah tercukupinya segala kebutuhan pokoknya dalam kehidupan sehari-hari di dalam lingkungan keluarga oleh orangtua.

Contoh Soal Ketiga

Bagaimana pengaruh interaksi sosial kepada pembentukan lembaga sosial?

Jawaban :

Memenuhi kebutuhan manusia adalah langkah yang harus dilakukan oleh manusia setiap harinya. Oleh sebab itu, terdapatlah lembaga sosial yang merupakan sarana untuk membantu manusia dalam pemenuhan kebutuhannya.

Pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial sangat jelas. Lembaga sosial melakukan pengaturan terhadap tata cara manusia dalam mendapatkan kebutuhan. Semua itu dijalankan untuk menciptakan keteraturan. Sehingga dapat menjauhkan dari ketidakmerataan dan kekacauan.

contoh soal pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial

Contoh Soal Keempat

Lembaga sosial yang terdapat pada masyarakat terdiri dari berbagai macam jenis dan bentuk.  Yang menjadi bahan pertanyaannya adalah bagaimana proses terbentuknya lembaga sosial dan apa saja yang menjadi tujuan pembentukan lembaga sosial?

Pembahasan:

Lembaga sosial yang berada di lingkungan masyarakat tidak berdiri sendiri. Namun ada beberapa faktor penyebab terbentuknya proses lembaga sosial.  Salah satunya yang paling utama adalah adanya aktifitas interaksi sosial.

Adapun yang menjadi tujuan pembentukan lembaga sosial adalah untuk membantu manusia dalam mendapatkan apa yang dibutuhkannya lewat interaksi sosial.

Demikian ulasan tentang bagaimana pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial. Baik tentang pengertian interaksi dan lembaga sosial, hubungan keduanya, hingga contoh soal untuk meningkatkan pemahaman. Bagi para siswa SMA yang ingin meningkatkan prestasi sekolahnya penting untuk mengikuti les privat SMA yang terpercaya.