Cara memilih universitas swasta yang tepat penting diketahui. Selain agar bisa kuliah di perguruan tinggi sesuai kenginan, hal ini juga dapat meningkatkan semangat untuk menuntut ilmu. Kesalahan pada tahap awal ini tak jarang membuat orang drop out di tengah jalan karena merasa salah jurusan.

Kuliah dan memasuki kampus yang tepat membuat kita bisa menuntut ilmu yang sesuai dengan minat dan bakat kita. Sehingga kita juga tidak salah dalam memilih jurusan maupun universitas yang memang menjadi keinginan. Anda bisa benar-benar masuk ke kampus dengan kualitas terbaik sesuai dengan rencana masa depan dan karir pekerjaan.

Memilih melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi merupakan hal umum yang menjadi pilihan yang bagus bagi lulusan SMK atau SMA. Utamanya ke perguruan tinggi negeri (PTN). Apalagi mutu perkuliahan di PTN sudah terkenal bagus dengan mutu pendidikan yang terjamin baik sesuai standar.

Namun untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri perlu perjuangan keras. Para lulusan SMA atau SMK harus melalui proses seleksi sebelum masuk PTN, baik dengan mengikuti SNMPTN, seleksi ujian mandiri, atau SBMPTN.

tips memilih universitas swasta

Upaya keras calon mahasiswa untuk bisa lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri memberikan tingkat peluang lolos secara seimbang. Terkadang hasil seleksi ujian masuk PTN membuahkan hasil yang memuaskan yaitu lolos tes seleksi. Namun ada pula yang mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Ia dinyatakan tak lolos seleksi dan gagal masuk PTN.

Bagi anda yang dinyatakan tidak lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri tidak perlu bersedih hati. Anda masih dapat mengambil kampus alternative, yaitu perguruan tinggi swasta yang kualitasnya juga tak kalah bagus dibandingkan PTN sebagai tempat menuntut ilmu pendidikan tinggi.

Ada anggapan masyarakat bahwa mereka yang kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) adalah orang yang kurang cerdas dan akan kesulitan mendapatkan pekerjaan nantinya. Anggapan ini tentunya tidak benar. Sebab banyak orang yang mempunyai kecerdasan intelektual yang baik malah lebih memilih kuliah di PTS. Bahkan banyak pula lulusan universitas swasta yang mampu bekerja di berbagai perusahaan ternama.

Cara Memilih Universitas Swasta

Kuliah di perguruan tinggi swasta juga tak kalah menjanjikan dan tak kalah bagus dengan kuliah di perguruan tinggi negeri. Sebab sekarang sudah banyak perguruan tinggi swasta memiliki kualitas sama bahkan lebih bagus dari universitas negeri. Seperti sejumlah perguruan tinggi swasta memiliki program pembekalan dan penyaluran kerja bagi para lulusannya.

Dengan demikian anda tidak harus minder jika anda harus memilih kuliah di perguruan tinggi swasta. Sudah banyak PTS yang memiliki kualitas pendidikan yang bagus dengan program untuk jurusannya agar bisa berkiprah dalam karir  kerja dan dunia usaha. Namun tentunya cara memilih universitas swasta yang bagus juga harus selektif.

Alasan Memilih Kampus Swasta

Banyak hal yang menyebabkan seseorang memasuki universitas swasta. Misalkan pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri yang sudah ditutup sedangkan seseorang berkeinginan kuat untuk melanjutkan kuliah. Karena itu alternatif yang bisa dipilihnya saat itu adalah perguruan tinggi swasta.

kuliah universitas swasta

Namun jika anda terpaksa memilih mengambil perguruan tinggi swasta maka anda jangan berkecil hati dan bersedih. Sebab banyak perguruan tinggi  yang kualitas pendidikannya tidakkalah dengan perguruan tinggi negeri. Bahkan beberapa diantaranya terdapat PTS yang  kualitasnya lebih baik.

Dalam memilih perguruan tinggi swasta, anda akan dipusingkan dalam memilih perguruan tinggi swasta mengingat banyaknya pilihan universitas swasta yang di terdapat di kota anda umumnya Indonesia. Dari mulai kampus swasta terbaik yang populer dan kurang populer.

Dalam cara memilih universitas swasta tentunya anda tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam memilih perguruan tinggi swasta yang tepat bagi anda. Tentunya secara umum, anda mesti memilih perguruan tinggi swasta yang kualitas pendidikannya sangat bagus dan lulusannya berkualitas bagus yang salah satunya dapat dilihat dari kontribusinya di masyarakat.

Salah satu alasan lainnya orang memilih kuliah masuk ke perguruan tinggi swasta adalah karena kuota di perguruan tinggi negeri bersifat terbatas. Pada waktu ia mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri tidak lulus. Oleh sebab itu beberapa orang mahasiswa yang tidak lolos seleksi maka mereka mempunyai dua opsi, antara lain:

1.Sabar

Yaitu bisa bersabar untuk mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri di tahun berikutnya.

2.Pilih perguruan tinggi swasta

Opsi kedua adalah memilih untuk masuk ke perguruan tinggi swasta yang memiliki kuota berlebih terhadap jurusan kuliah yang diminatinya.

memilih universitas swasta

Pendek kata, anda memilih masuk ke perguruan tinggi swasta ternyata bukanlah hal yang buruk. Bahkan beberapa diantaranya merupakan pilihan yang bagus. Karena seiring dengan persaingan dalam dunia pendidikan yang sangat tinggi membuat sejumlah universitas swasta berlomba-lomba dalam meningkatkan mutu pendidikannya. Seperti mempunyai kualitas lulusan yang baik, jurusan terakreditasi bagus serta status kampus yang sudah terakreditasi bagus.

Dengan anda mengetahui universitas terbaik yang memiliki fasilitas yang sangat lengkap, akreditasi universitas swasta yang sudah sangat baik, akreditasi jurusan yang bagus pula dan lain-lain menandakan kampus swasta tersebut sudah berkualitas bagus sekali.

Kemudian apabila disertai dengan biaya kuliah di perguruan tinggi swasta tersebut terjangkau maka anda bisa memilih untuk kuliah di kampus swasta tersebut. Karena kampus swasta tersebut dapat disebut sebagai perguruan tinggi swasta terbaik yang tepat bagi anda untuk memasukinya.

Pertimbangan Memilih Perguruan Tinggi Swasta

Dalam memilih perguruan tinggi swasta ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan. Tentu anda akan lebih memilih masuk ke perguruan tinggi swasta yang bagus. Lalu perguruan tinggi swasta yang bagus seperti apa?

Perguruan tinggi swasta yang bagus dapat dilihat dari akreditasi kampus swasta tersebut yang baik. Semisal akreditasi A. Untuk tahun sekarang di tahun penilaian terbaru akreditasi kampus swasta dengan nama dan istilah unggul, baik sekali dan baik.

Di sejumlah daerah di Indonesia seperti Bandung, Semarang, Jakarta, Yogyakarta  dll mempunyai kampus swasta yang berkualitas bagus. Seperti di Bandung terdapat Unisba yang sudah terakreditasi A. Kemudian untuk di Jakarta terdapat perguruan tinggi swasta cukup bagus seperti Unika Atma Jaya dengan akreditasi A. Dengan demikian sangat mudah untuk mengetahui sebuah perguruan tinggi swasta bagus tidaknya dari nilai akreditasi yang diperolehnya.

cara memilih universitas swasta

Kemudian setelah menentukan kampus swasta dengan akreditasi yang baik sebagai tempat kuliah anda maka dilanjutkan dengan memilih jurusan di kampus tersebut. Pastikan anda memilih jurusan kuliah sesuai bakat dan minat serta kepribadian dan yang sudah terakreditasi baik seperti akreditasi A. Anda bisa melakukan pengecekan akreditasi suatu perguruan tinggi swasta dengan berkunjung ke website resmi BAN PT.

Jika anda memilih kuliah di perguruan tinggi swasta maka berikut ini cara memilih universitas swasta yang bagus dan berkualitas baik yang perlu Anda tahu.

1.Memilih universitas yang memiliki kredibilitas baik

Universitas swasta yang memiliki nama baik di mata masyarakat dan anda masuki akan meningkatkan peluang bagi anda bekerja di suatu perusahaan dengan mudah. Orang yang akan merekrut anda tidak akan bertanya-tanya lagi atau meragukan terhadap kemampuan anda dan keberadaan universitas swasta yang populer dan dikenal baik tersebut.

2.Mengecek akreditasi kampus

Melakukan pengecekan akreditasi kampus yang dituju beserta penilaian akreditasi terhadap jurusan yang dipilih di kampus tersebut. Akreditasi kampus dan jurusan yang bagus di universitas swasta akan  menandakan standar kualitas mutu pendidikan di kampus tersebut. Anda bisa melakukan pengecekan akreditasi kampus dan jurusan di universitas swasta tersebut secara mudah lewat online dengan berkunjung ke situs resmi BAN PT.

Pendek kata, memilih universitas swasta yang bagus yang paling utama adalah dengan melihat penilaian akreditasi  pada kampus tersebut. Peringkat akreditasi kampus swasta baik tidaknya dapat dilihat dari peringkat akreditasi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Cara memilih universitas swasta yang bagus dapat dilihat dari peringkat akreditasi kampus itu pada laman resmi BAN PT. Karena bagi setiap universitas swasta akan melalui proses akreditasi oleh Ban PT.

cara memilih universitas swasta

Penilaian akreditasi dimulai dari akreditasi A, B, C dan D. Untuk kampus swasta yang memiliki akreditasi yang baik maka dapat dilihat dari mendapatkan penilaian akreditasi A atau sangat baik. Sedangkan akreditasi B berarti baik. Adapun akreditasi C berarti kampus tersebut kurang baik.

Apalagi kampus swasta yang belum mempunyai akreditasi yang kualitasnya sangat diragukan atau belum baik. Untuk mengetahui peringkat akreditasi suatu perguruan tinggi swasta secara satu persatu maka anda dapat melihatnya di situs resmi BAN PT.

3.Akreditasi jurusan

Setelah anda mengetahui bahwa akreditasi perguruan tinggi swasta tersebut sudah sangat bagus maka anda bisa melanjutkan dengan melihat akreditasi jurusan kuliah di perguruan tinggi tersebut. Anda dapat memilih kampus swasta dengan akreditasi yang bagus dilanjutkan dengan jurusan kuliah yang anda minati juga terakreditasi bagus.

Dengan demikian dengan kualitas pendidikan di universitas swasta terbaik yang bagus dengan akreditasinya akan membuat lulusannya berkualitas sangat bagus dan sudah sesuai standar secara baik. Memilih kampus swasta dengan akreditasi yang bagus beserta jurusannya dengan akreditasi bagus sangat berpengaruh pada kemudahan anda dalam mendapatkan pekerjaan dan kontribusi di masyarakat.

4.Kualitas lulusan

Untuk melihat kualitas dari suatu perguruan tinggi swasta lainnya, anda pun bisa melihat dari kualitas lulusannya. Perguruan tinggi swasta yang bagus tentu saja akan menempatkan banyak lulusannya pada bidang-bidang pekerjaan yang menjanjikan dengan gaji tinggi.

5.Meminta rekomendasi

Yang tak boleh dilupakan bahwa untuk mengetahui kualitas perguruan tinggi swasta berikutnya, anda pun bisa meminta rekomendasi dari para lulusannya.

6.Biaya pendidikan

Hal yang perlu dipertimbangkan dalam cara memilih universitas swasta terbaik lainnya adalah melihat biaya pendidikannya. Hal ini berguna agar anda tak putus kuliah di tengah jalan karena ketidak sediaan biaya perkuliahan. Mengingat perguruan tinggi swasta dinilai mempunyai biaya kuliah yang lebih mahal ketimbang biaya kuliah di perguruan tinggi negeri.

Biaya kuliah di perguruan tinggi swasta bisa mencapai ratusan juta rupiah per semester berbanding terbalik dengan biaya pendidikan di perguruan tinggi negeri yang bisa mencapai ratusan ribu rupiah per semester.

universitas swasta

Walaupun demikian, beberapa perguruan tinggi swasta menyediakan program beasiswa bagi mereka yang memiliki keuangan yang terbatas. Namun beasiswa tidak bisa diperoleh oleh setiap mahasiswa dan mahasiswi karena memerlukan persyaratan-persyaratan khusus tertentu. Namun pada dasarnya setiap  mahasiswa mahasiswi hendaknya tidak bergantung kepada beasiswa untuk kuliah di perguruan tinggi swasta.

7.Fasilitas yang mencukupi

Perguruan tinggi swasta yang baik juga dapat dilihat dari fasilitas yang tersedia di dalamnya. Jika fasilitas di kampus swasta terbilang lengkap dan memadai akan memudahkan dalam proses belajar mengajar di  kampus sehingga dapat dinilai  kampus tersebut adalah kampus swasta berkualitas bagus. Oleh sebab itu, sebelum anda benar-benar mengambil kuliah di kampus swasta maka anda bisa melihat dulu fasilitas yang terdapat di kampus swasta tersebut.

Apabila fasilitas dinilai mencukupi untuk proses belajar mengajar seperti adanya fasilitas ruang perpustakaan, ruang laboratorium, lapangan olahraga, UKM, dll maka kampus tersebut memiliki kualitas baik yang bisa anda masuki dalam menuntut ilmu pendidikan tinggi.

Perguruan tinggi swasta yang memiliki mutu pendidikan yang baik dapat dilihat dari peringkat akreditasi dan kualitas lulusan. Pastikan pula anda memilih jurusan kuliah yang mempunyai prospek yang bagus. Seperti kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan dan memberikan peluang kerja menjanjikan dengan gaji tertinggi. Itulah cara memilih universitas swasta yang cerdas.