Cara mengisi surat lamaran kerja yang benar merupakan bagian penting yang perlu dikuasai oleh seseorang dalam melamar pekerjaan secara lebih cepat dan tertarget. Banyak orang yang membuat surat lamaran kerja tapi tidak efektif. Oleh karenaya, dibutuhkan sebuah panduan cara pembuatan surat lamaran kerja dan mengisinya secara baik dan benar.

Tidak seperti membuka suatu usaha yang tidak membutuhkan persyaratan surat lamaran kerja untuk bisa bekerja di sana. Namun dalam bekerja pada suatu lembaga maupun perusahaan, seorang pelamar kerja dituntut untuk membuat surat lamaran kerja yang bersifat resmi dan tertulis.

Surat lamaran kerja disebut juga surat permohonan kerja. Hal ini karena di dalam surat itu mengandung permohonan dari seseorang untuk melamar kerja atas posisi kerja yang dibutuhkan pada perusahaan tersebut.

Cara Mengisi Surat Lamaran Kerja

Ada banyak hal yang mesti dipikirkan oleh seseorang dalam membuat atau cara mengisi surat lamaran kerja. Seperti pada bentuk atau format lamaran kerja yang dikehendaki perusahaan. Begitu juga format surat lamaran kerja berbeda-beda berdasarkan perkembangan teknologi terbaru dari masa ke masa.

cara mengisi lamaran kerja

Jika pada waktu dulu, surat lamaran kerja dibuat dengan cara ditulis tangan secara manual. Namun seiring ditemukannya mesin ketik membuat surat lamaran kerja dibuat dengan cara diketik pada mesin ketik manual. Namun sekarang ini dalam pembuatan surat lamaran kerja sudah lebih canggih lagi yakni menggunakan komputer yang lebih praktis dan mudah sekali digandakan.

Pada jaman yang serba praktis sekarang ini membuat berbagai pihak dan perusahaan memberikan kepraktisan pada seseorang dalam melamar kerja. Salah satunya menyediakan formulir surat lamaran kerja.

Formulir semacam itu berisi biodata lengkap tentang data diri anda, beserta alamat dan kompetensi anda yang harus diisi secara lengkap untuk keperluan melamar pekerjaan di satu perusahaan. Sehingga cara mengisi surat lamaran kerja menjadi semakin mudah.

Formulir surat lamaran kerja umumnya sudah dijual pada sejumlah toko fotocopy atau toko alat tulis terdekat. Anda bisa mendapatkan formulir surat lamaran kerja dengan harga per lembar sebesar Rp 1000. Kemudian anda tinggal mengisinya sesuai biodata dan kualifikasi anda hingga mengirimkannya pada perusahaan.

Jika kriteria yang anda lampirkan pada formulir surat lamaran kerja sesuai kebutuhan perusahaan maka anda akan dihubungi langsung oleh pihak HRD untuk melakukan wawancara atau interview kerja pada waktu yang ditentukan.

Perbedaan CV dan Lamaran Kerja

Pada sebuah dokumen surat lamaran kerja seringali terdapat dua berkas yang terpisah, yakni surat lamaran kerja dan curiculum vitae. Banyak pencari kerja yang menganggap curiculum vitae (CV) merupakan bagian dari surat lamaran kerja. Padahal bukan.

perbedaan CV dan lamaran kerja

Lantas apa perbedaan CV dan lamaran kerja? Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa perbedaan antara curiculum vitae dan surat lamaran kerja yang sebaiknya diketahui.

  1. Curiculum vitae menunjukkan kompetensi ataupun bakat keterampilan yang anda miliki sebagai nilai jual anda kepada pihak perusahaan. Sedangkan surat lamaran kerja hanya menggambarkan secara umum mengenai diri anda. Seperti biodata diri, jenjang pendidikan yang pernah ditempuh dan lain-lain.
  2. Curiculum vitae yang baik akan meningkatkan peluang anda diterima bekerja di suatu perusahaan. Karena curiculum vitae menceritakan kemampuan dan bakat luarbiasa yang anda miliki. Curiculum vitae (CV) yang baik dan benar serta menarik akan mampu meningkatkan minat perusahaan untuk merekrut anda sebagai tenaga karyawannya.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk memaksimalkan peranan curiculum vitae (CV) pada berkas dokumen surat permohonan kerja sebagaimana anda meningkatkan keoptimalan pada surat lamaran kerja dengan cara mengisi surat lamaran kerja secara baik dan benar serta lengkap.

Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Surat lamaran kerja terbagi ke dalam berbagai kategori. Secara umum dan garis besar, surat lamaran kerja terbagi dua yakni surat lamaran kerja yang salah atau tidak benar dan yang benar. Anda tentunya berharap dapat membuat surat lamaran kerja yang benar.

Berikut ini beberapa hal yang mesti anda lakukan dalam cara pembuatan surat lamaran kerja yang benar yang perlu kalian ketahui.

1.Memastikan di perusahaan tersebut telah dibuka lowongan kerja dengan posisi tertentu yang anda minati

Anda bisa bertanya kepada karyawan yang telah bekerja di perusahaan tersebut sudah lama maupun yang baru. Dari informasi mereka, anda bisa mengetahui secara pasti tentang adanya loker pada kantor bersangkutan atau tidak.

2.Menuliskan surat lamaran kerja sesuai format yang diinginkan oleh pihak perusahaan

Anda juga bisa menulis surat lamaran kerja setelah mengetahui adanya loker di tempat tersebut. Cara mengisi surat lamaran kerja harus sesuai permintaan perusahaan. Misalkan melampirkan surat pengalaman kerja atau melampirkan surat ijin orangtua, suami atau isteri atau rekomendasi dari perusahaan tempat kerja sebelumnya.

cara membuat surat lamaran kerja

Misalkan pihak perusahaan meminta pihak pelamar kerja untuk membuat surat lamaran kerja dengan tulisan tangan sendiri maka anda bisa membuatnya dengan tulisan tangan anda sendri. Sebaliknya jika perusahaan meminta anda untuk membuat surat lamaran kerja diketik di mesin komputer maka anda bisa melakukannya.

Dengan mengikuti cara mengisi surat lamaran kerja yang sesuai kehendak perusahaan maka akan lebih meningkatkan peluang dibaca dan dipanggil interview kerja hingga diterima sebagai karyawan pada perusahaan bersangkutan.

3.Menyesuaikan dengan keahlian dan kemampuan yang anda miliki

Pada posisi lowongan kerja yang anda lamar maka anda mesti menyesuaikan dengan bakat dan kemampuan yang anda miliki. Sangat tidak baik jika anda melamar posisi lowongan kerja pada suatu perusahaan sebagai tenaga penjualan sedangkan anda tidak bisa atau bakat ataupun tak menyukai kegiatan menjual sama sekali.

Apa Saja Isi Surat Lamaran Kerja Lengkap?

Sebenarnya, apa saja isi surat lamaran kerja lengkap? Secara lengkap dan garis besar, surat lamaran kerja terbagi ke dalam tiga bagian. Masing-masing adalah bagian pembukaan, pertengahan atau isi dan bagian penutup. Berikut ini isi atau kandungan pada surat lamaran kerja secara lengkap, antara lain :

1.Nomor surat dan perihal

Pada bagian ini tidak diwajibkan seorang pelamar menuliskan nomor surat. Namun yang diwajibkan adalah perihal atau hal. Anda bisa menuliskannya dengan surat lamaran kerja.

2.Pujian dan salam perkenalan

Penting memperhatikan cara mengisi surat lamaran kerja pada bagian pembuka surat lamaran kerja. Anda bisa memulai dengan ucapan puji dan syukur kepada Tuhan. Selanjutnya Anda bisa memperkenalkan diri secara sekilas dari mulai nama dan alamat lengkap serta identitas diri secara singkat.

3.Informasi biodata diri

Pada bagian selanjutnya setelah melantunkan puji dan syukur kehadirat Allah swt  dilanjutkan dengan menjelaskan niat untuk melamar pekerjaan  terhadap posisi pekerjaan tertentu yang lowong. Pastikan Anda memiliki keahlian dalam melakukan pekerjaan tersebut berdasarkan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja.

4.Ucapan terima kasih

Pada bagian terakhir adalah anda mengucapkan rasa terima kasih sedalam-dalamnya  kepada pihak pimpinan perusahaan atau manger HRD yang telah bersedia menyempatkan waktunya untuk membaca surat lamaran kerja yang anda buat.

5.Tanda tangan

Pada bagian akhir dari surat lamaran kerja, anda bisa membubuhkan tanda tangan sendiri yang disertai dengan tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja. Tahap cara mengisi surat lamaran kerja ini sangat penting dan jangan sampai terlupakan.

Cara Mengisi Lamaran Kerja

Dalam melakukan pengisian surat lamaran kerja tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda mesti melakukan serangkaian tahapan yang sangat matang. Dari mulai mencari lowongan pekerjaan yang terdapat pada suatu perusahaan. Yang kemudian anda bisa memulai membuat surat lamaran kerja.

cara mengisi surat lamaran kerja

Lantas bagaimana cara mengisi lamaran kerja? Berikut ini tahapan-tahapan cara mengisi surat lamaran kerja yang perlu diperhatikan.

1.Pembukaan

Langkah pertama mengisi surat lamaran kerja adalah anda melakukan tahapan pembukaan. Tahapan pembukaan meliputi mengisikan kolom nomor, perihal, surat lamaran kerja ditujukan kepada siapa dan kalimat salam pembuka.

2.Bagian isi

Setelah menjelaskan tentang kalimat pembukaan maka cara mengisi surat lamaran kerja selanjutnya ke bagian kalimat isi. Misalkan anda mengajukan surat lamaran kerja untuk posisi pekerjaan yang anda lamar. Anda juga bisa melampirkan curiculum vitae atau surat pengalaman kerja dari perusahaan sebelumnya untuk memperkuat peluang diterimanya surat lamaran kerja anda.

3.Bagian penutup

Selanjutnya anda mengisi pada surat lamaran kerja pada bagian penutup. Pada bagian penutup umumnya diterangkan mengenai berkas–berkas dokumen yang anda lampirkan pada surat lamaran kerja sebagai bahan pertimbangan. Seperti surat packlaring atau pengalaman kerja, foto copy ijazah terakhir, pas foto, fotocopy identitas diri dan lain sebagainya.

Namun setelah bagian penutup pada surat lamaran kerja selesai dibuat bukan berarti berakhir tugas cara mengisi surat lamaran kerja anda. Anda mesti mengirimkan surat lamaran kerja tersebut pada perusahaan yang anda tuju. Dengan cara mengirimkan ke dalam perusahaan secara langsung apabila dekat atau anda bisa menitipkan pada pihak orang dalam perusahaan.

Disamping itu, alternatif yang paling umum adalah anda bisa mengirimkan surat lamaran kerja lewat pos, JNE atau Pos Indonesia dengan kilat khusus atau biasa. Setelah surat lamaran kerja sampai di perusahaan yang dituju maka surat lamaran kerja anda bisa dibaca oleh pimpinan perusahaan ataupun tidak. Semua itu bergantung kepada selera dan kebutuhan pimpinan perusahaan bersangkutan terhadap kriteria karyawan yang dibutuhkan saat itu.

apa saja isi surat lamaran kerja lengkap

Panduan Cara Mengisi Surat Lamaran Kerja yang Benar

Bagi anda yang masih bingung mengenai bagaimana cara membuat atau mengisi surat lamaran kerja, berikut ini disampaikan panduan cara mengisi surat lamaran kerja dari awal sampai akhir yang bisa kalian lakukan.

1.Nomor

Bagian pertama yang anda saksikan pada formulir surat lamaran kerja adalah nomor yang sering disingkat no. Pada bagian ini, anda bisa mengosongkannya atau memberi tanda minus.

2.Hal atau Perihal

Bagian kedua yang harus anda isi pada formulir surat lamaran kerja adalah bagian perihal disingkat hal. Anda dapat mengisinya dengan kata-kata surat lamaran kerja atau surat permohonan kerja. Hal tersebut agar dimengerti oleh bagian HRD atau pimpinan perusahaan.

3.Lampiran

Cara mengisi surat lamaran kerja berikutnya yang anda wajib isi adalah bagian lampiran. Adapun lampiran pada surat lamaran kerja bisa diisi terdiri-dari berbagai macam. Contohnya SKCK, NPWP, Ijazah terakhir, CV, fotocopy KTP dan lain-lain. Jika terdapat empat lampiran yang anda sematkan pada surat lamaran kerja pada bagian lampiran maka ditulis angka 4.

4.Tanggal penulisan surat lamaran kerja

Bagian selanjutnya yang harus anda isi pada surat lamaran kerja adalah tanggal penulisan surat permohonan kerja beserta lokasi tempatnya. Contohnya : Bandung, 20 Nopember 2022 pada sebelah kanan atas.

5.Tujuan

Tahapan selanjutnya cara mengisi surat lamaran kerja adalah memperhatikan tujuannya. Pada bagian tujuan atau kepada maka anda bisa menuliskan nama pimpinan perusahaan atau manager HRD.

6.Identitas diri

Pada bagian isi surat lamaran kerja selepas tujuan surat lamaran kerja maka anda bisa mengisikan dengan biodata atau identitas anda. Seperti status, jenjang pendidikan yang pernah ditempuh, pengalaman kerja, agama, kewarganegaraan, alamat tempat tinggal, nomor hp yang bisa dihubungi dll.

surat lamaran kerja yang benar

7.Posisi lowongan kerja

Langkah cara mengisi surat lamaran kerja pada tahap pertengahan, anda mengisikan posisi lowongan kerja yang anda lamar. Anda mesti menyesuaikan dengan pengalaman atau jenjang pendidikan yang anda miliki.

8.Penutup

Untuk bagian penutup pada surat lamaran kerja, anda bisa mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak manager HRD yang sudah meluangkan waktu membaca surat lamaran kerja anda.

Demikianlah apa saja yang menjadi isi surat lamaran kerja secara lengkap dan cara mengisi surat lamaran kerja. Untuk kalian yang membutuhkan layanan les privat SMA untuk meningkatkan prestasi dan nilai di sekolah, Edumaster Privat bisa menjadi pilihan terbaik.