Cara meyakinkan orang tua untuk kuliah di luar negeri bisa jadi bukan hal yang mudah. Bagi anda yang berasal dari latar belakang yang biasa suka berkumpul bersama keluarga , bukan hal mudah bisa tinggal di luar negeri. Karena ketika anda meminta izin untuk kuliah di luar negeri biasanya sangat sukar untuk memperoleh persetujuan orang tua.

Salah satu yang menjadi impian banyak lulusan SMA, SMK, MA  dan sederajat adalah bisa kuliah, termasuk ke luar negeri. Kuliah di luar negeri dari segi kualitas pendidikan umumnya lebih bermutu dan banyak kelebihan lainnya. Karena itu banyak anak muda yang ingin mewujudkan impian tersebut menjadi nyata.

Ada banyak pertimbangan orang tua yang membuatnya menolak permohonan anaknya untuk kuliah di luar negeri. Terutama rasa cemas dan khawatir atas kondisi anaknya ketika di luar negeri dalam waktu empat tahun yang tanpa keluarga dan sanak kerabat.

Cara Meyakinkan Orang Tua Untuk Kuliah di Luar Negeri

Ada banyak aspek yang melatarbelakangi seseorang untuk memilih kuliah di luar negeri dibandingkan memilih kampus di negaranya sendiri. Padahal tak sedikit kampus dalam negeri yang sudah bertaraf internasional. Sebut saja UI, UGM, ITB, atau ITS yang sudah terkenal ke mancanegara. Namun keinginan kuliah di luar negeri seringkali terganjal karena tidak mendapatkan restu dari orang tua.

kuliah di luar negeri

Princeton University

Berikut ini beberapa cara meyakinkan orang tua untuk kuliah di luar negeri yang bisa Anda coba lakukan.

1.Menunjukkan Tekad Yang Kuat

Anda yang berniat kuliah di luar negeri maka anda harus menunjukkan tekad yang kuat dan bersikukuh untuk kuliah di luar negeri. Hal tersebut akan dilihat oleh orang tua. Jika tekad anda sudah kuat maka pendirian orang tua bisa berubah. Beliau akan memberi ijin kepada anda untuk kuliah di luar negeri.

Pendek kata, langkah pertama untuk meyakinkan orang tua agar anda bisa kuliah di luar negeri adalah anda harus menunjukkan kesungguhan yang tinggi untuk benar-benar memilih kuliah di luar negeri agar mendapatkan ijin kuliah di luar negeri dari orang tua. Karena orang tua akan melihat kesungguhan anaknya dalam kuliah di luar negeri sebelum memberikan ijin untuk itu.

2.Memberikan Kontak Alumni Kepada Orang Tua

Kekhawatiran orang tua sangat banyak ketika sang anak memilih untuk kuliah di luar negeri. Rasa khawatir dalam aspek keselamatan anak. Oleh sebab itu, untuk mengatasi penolakan orang tua karena kekhawatiran atas keamanan anaknya selama kuliah di luar negeri, anda bisa meminta orang tua untuk menghubungi penasehat studi anda atau alumni yang pernah kuliah di luar negeri.

kuliah luar negeri

Gedung Green Chemical Futures Monash University

Sehingga mereka bisa menjelaskan kepada orang tua tentang kondisi kuliah di luar negeri dan bagaimana aspek keamanan dan kenyamanan selama disana. Cara meyakinkan orang tua untuk kuliah di luar negeri ini tentuny akan lebih mampu meyakinaknnya.

Penasihat studi anda akan memberikan penjelasan yang detail  tentang kehidupan mahasiswa di luar negeri beserta adanya jaminan keamanan dan kenyamanan serta investasi pendidikan yang berharga sehingga pikiran orang tua akan terbuka lebar bahwa kuliah di luar negeri juga sangat bagus bahkan lebih bagus dibandingkan dengan kuliah di negara Indonesia.

Pastikan juga alumni atau penasehat studi bersedia mengawasi dan mengabarkan atas kondisi anda selama kuliah di luar negeri kepada orang tua anda. Karena hal itu akan memberikan ketenangan bagi orang tua dan akan memudahkan persetujuan bagi orang tua anda untuk menyetujui anda melakukan kuliah di luar negeri.

Alasan Memilih Kuliah di Luar Negeri

Salah satu pertanyaan yang mungkin tersimpan dalam benak anda adalah : Mengapa banyak orang yang ingin kuliah di luar negeri dibandingkan di Indonesia? Berikut ini beberapa alasan umum yang sering membuat seseorang memilih kuliah di luar negeri dibandingkan di Indonesia.

1.Adanya program beasiswa kuliah ke luar negeri secara gratis

Salah satu alasan kuliah di luar negeri adalah adanya tawaran program beasiswa di universitas luar negeri yang terkemuka. Dimana kelak siswa diberikan berupa beasiswa biaya pendidikan secara gratis ditambah dengan uang saku dan uang akomodasi yang jumlahnya lumayan besar bagi mahasiswa di luar negeri.

cara meyakinkan orang tua untuk kuliah di luar negeri

Artis Maudy Ayunda Saat Wisuda S2 dari Stanford University (foto:@maudyayunda)

2.Sistem pendidikan yang lebih baik

Alasan lainnya bagi seseorang memilih kuliah di luar negeri adalah sistem pendidikan yang dinilai lebih baik dibandingkan dengan di negara Indonesia. Beberapa jurusan kuliah yang bagus hanya terdapat di luar negeri. Selain itu, penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar lebih modern dan lebih canggih ketimbang di Indonesia.

Kekurangan Kuliah di Luar Negeri

Bagi Anda yang berniat untuk memilih kuliah di luar negeri terkadang terganjal oleh beberapa hambatan dan rintangan. Salah satunya adalah persetujuan orang tua. Ada banyak orang tua yang tidak memberikan restu atau menyetujui anaknya untuk kuliah di luar negeri.

Salah satu cara meyakinkan orang tua untuk kuliah di luar negeri adalah dengan membeikan jawaban terhadap kelemahan yang ada. Hal tersebut karena ada alasan yang melandasi orang tua menolak keinginan anaknya agar bisa kuliah di luar negeri, antara lain :

1.Jauh dari Keluarga

Salah satu hal yang membuat orang tua menolak keinginan anaknya untuk kuliah di luar negeri adalah alasan jauh dari keluarga. Misalkan seorang anak memilih kuliah di universitas di Amerika Serikat, Australia, China, Jerman, Prancis, Inggris, Mesir dan negara lainnya tentu akan membuat orang tua khawatir atas kondisi anak di negara jauh tersebut.

kampus luar negeri

University of Chicago

Mengingat tidak ada sanak saudara yang mengawasi yang menjadi penanggung jawab anaknya ketika berada di negara tersebut. Sang anak bisa saja meyakinkan orang tuanya bahwa ia akan baik-baik saja selama di luar negeri.

Tapi tetap saja orang tua sangat cemas atas niat anaknya  memilih kuliah dan bertempat di negara asing dalam kurun waktu tertentu dalam jarak jauh dan lama sehingga orang tuanya tidak bisa bertemu lagi secara tatap muka secara langsung.

Untuk meyakinkan orang tua atas keberatan kuliah di luar negeri yang jauh maka anda atau sang anak bisa meyakinkan bahwa anda akan dalam kondisi baik selama menuntut ilmu di luar negeri dan dapat menjaga diri dengan baik.

2.Biaya Pendidikan Yang Mahal

Ada lagi orang tua yang menolak keinginan anaknya untuk kuliah di luar negeri dengan alasan biaya pendidikan dan biaya hidup yang sangat mahal. Hal tersebut biasanya dialami oleh keluarga yang berasal dari kelas ekonomi menengah ke bawah. Karena itu tak sedikit mahasiswanya yang kuliah sambil kerja untuk memenuhi kebutuhannya.

Untuk meyakinkan orang tua atas hal itu anda bisa menjelaskan bahwa kuliah di luar negeri yang akan anda  jalankan gratis disebabkan mengikuti program beasiswa bahkan diberikan tambahan uang akomodasi dan uang tunjangan kuliah perbulan secara gratis.

Tunjukkan pula bahwa anda mampu mengelola uang secara baik selama di sana. Pastikan pula anda sudah mempunyai tabungan yang mencukupi untuk biaya kuliah di luar negeri. Dan yang tak kalah penting adalah meyakinkan pula pada orang tua bahwa anda bisa membiayai kuliah dan biaya hidup di luar negeri dengan bekerja sampingan di sela kuliah kelak.

biaya kuliah di luar negeri

University of Melbourne Australia

Terakhir, jelaskan pula kuliah di luar negeri mempunyai prospek kerja yang bagus dengan penghasilan tinggi selepas kuliah dan bisa bekerja di luar negeri selepas lulus dengan lebih gampang ketimbang kuliah di dalam negeri. Pendek kata, utarakan kuliah di luar ngeri dengan segala kelebihan dan merupakan investasi berharga yang tidak boleh disia-siakan jika kesempatan datang.

3.Perbedaan Budaya

Salah satu alasan orang tua tidak memperkenankan anaknya kuliah di luar negeri adalah perbedaan budaya. Budaya di luar negeri terkadang bebas dalam hubungan antara seorang laki-laki dan perempuan. Hal tersebut menimbulkan rasa khawatir orang tua pada anaknya ketika  kuliah di luar negeri dan terbawa dengan arus dan pergaulan bebas kebarat-baratan yang sifatnya negatif. Hal ini tak jarang membuat mahasiswanya gagal kuliah di luar negeri.

Adanya penolakan dari orang tua bagi anaknya yang mau kuliah di luar negeri tentu saja menjadi penghalang bagi anaknya untuk kuliah di luar negeri. Pada situasi seperti ini dibutuhkan teknik cara meyakinkan orang tua untuk kuliah di luar negeri dengan beberapa alasan yang kuat dan bisa membuat orang tua maklum dan memahaminya.

Universitas Luar Negeri yang Menyediakan Beasiswa

Terkait dengan biaya yang mahal, Anda bisa mencoba untuk mendapatkannya. Berikut ini beberapa perguruan tinggi di luar negeri yang menyediakan program beasiswa untuk kuliah S1 dan S2, antara lain:

  1. University of Chicago USA
  2. Princeton University Amerika Serikat
  3. Yale University
  4. University of Melbourne Australia
  5. Stanford University
  6. Monash University Australia
  7. Universitas di Jepang, Swedia, dan Inggris
alasan kuliah di luar negeri

Saat Wisuda di Yale University

Demikianlah beberapa perguruan tinggi di luar negeri yang menyediakan program beasiswa. Sehingga anda bisa memanfaatkan kesempatan emas ini dengan terlebih dulu meminta ijin kepada orang tua tercinta. Untuk itu, anda harus mengetahui cara meyakinkan orang tua untuk kuliah di luar negeri.