Jurusan di UI Depok Jakarta sering menjadi buruan para lulusan SMTA yang ingin melanjutkan pendidikannya. Selain jurusan kuliah yang lama, ada juga beberapa program studi baru yang sebaiknya Anda kenali. Saat ini tak kurang dari 61 jurusan atau program studi yang terdapat di Universitas Indonesia.

Siapa sih yang tidak mengenal Universitas Indonesia? Nama ini sangat populer dalam lingkungan dunia pendidikan tinggi di tanah air. Universitas Indonesia atau yang popular dengan sebutan UI merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Namanya bisa disejajarkan dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta dan Institut Teknologi Bandung.

Banyaknya jurusan, program studi, dan fakultas di Universitas Indonesia akan memberikan banyak pilihan bagi calon mahasiswa baru. Info jurusan kuliah di UI Depok termasuk banyak dicari dan mereka bisa mengambil jurusan kuliah yang sesuai keinginannya. Untuk mengetahui pilihan yang tepat sebaiknya Anda mengikuti tes psikologi atau melakukan tes minat dan bakat.

Jurusan di UI

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh calon mahasiswa dan mahasiswi adalah berapa jurusan yang terdapat di UI dan apa saja jurusan di UI yang peminatnya sedikit ? Semua jawabannya dapat dijawab baik dengan mengenal lebih dekat tentang Universitas Indonesia (UI).

info jurusan kuliah di UI Depok

Di Universitas Indonesia mempunyai layanan program studi untuk mahasiswa S1 maupun untuk mahasiswa pasca sarjana atau S2. Sehingga mahasiswa dan mahasiswi S1 di UI selepas lulus S1 dapat meneruskan kuliah S2 Magister di kampus yang sama untuk program S2.

UI merupakan universitas negeri terbaik di Indonesia yang cukup diperhitungkan di dalam negeri maupun luar negeri. Jurusan kuliah yang terdapat di dalamnya bersifat umum. Dalam arti jurusan kuliahnya sangat beragam bukan hanya teknik saja melainkan ilmu lainnya.  Sehingga inilah yang membedakan dengan ITB.

Orang-orang besar banyak lahir dari kampus Universitas Indonesia. Sehingga universitas Indonesia menjadi tolok ukur pendidikan tinggi di Indonesia dan lebih banyak orang tertarik memasukkan anaknya ke kampus UI.Karena mereka yakin Universitas Indonesia mempunyai kualitas pendidikan yang lebih bagus ketimbang kuliah di perguruan tinggi negeri dan swasta lain di Indonesia.

Mereka yang baru lulus SMA, SMK maupun sederajat lainnya akan lebih memilih Universitas Indonesia (UI) sebagai pilihan pertama perguruan tinggi negeri dalam seleksi SBMPTN atau SNMPTN. Jika sudah berhasil masuk dan kuliah di UI tentunya masa depan yang cerah akan menanti.

Alasan Memilih Kuliah di UI

Setiap tahun ajaran baru dan penerimaan mahasiswa baru, banyak sekali lulusan SMA, SMK dan sederajat yang berbondong-bondong memilih dan mendaftarkan jurusan di UI agar bisa kuliah di Universitas Indonesia. Mungkin banyak orang yang heran mengapa kampus ini begitu banyak peminatnya yang demikian besar.

Alasan seseorang memilih kuliah di UI banyak sekali, antara lain:

  1. UI termasuk salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Kualitas lulusannya selama ini sangat bagus berkontribusi besar bagi kehidupan bangsa dan negara Indonesia
  2. Tenaga pengajar yang berkualitas baik dalam skala nasional hingga internasional
  3. Fasilitas sarana dan prasarana sangat lengkap
  4. Terdapat berbagai kegiatan organisasi
  5. Biaya kuliah yang lebih terjangkau bagi semua kalangan
  6. Tersedia berbagai macam jenis beasiswa kuliah dari lembaga pemerintah maupun swasta
  7. Banyak peminatnya. Dari sekian banyak lulusan SMA, SMK dan sekolah sederajat lainnya di seluruh nusantara, sebanyak 3 persen dari mereka setiap tahun memilih Universitas Indonesia (UI) sebagai tempat menimba ilmu pendidikan tinggi.
  8. Terakreditasi A dan berpengalaman. Universitas Indonesia disebut sebagai kampus terbaik karena kualitas layanan pendidikan tinggi  yang sudah diakui oleh lembaga luar negeri dan lembaga nasional. Badan Akreditasi Nasional memberikan penilaian akreditasi A pada Universitas Indonesia (UI) atas proses perkuliahannya.

Selain itu yang paling membuat nama besar Universitas Indonesia(UI) adalah universitas ini  sudah ada sejak lama. UI dibangun pada tahun 1950. Dengan bekal pengalaman yang banyak membuat Universitas Indonesia semakin matang dalam berkembang dan memberikan kontribusi besar bagi mencerdaskan kehidupan generasi muda.

info jurusan kuliah di UI Depok

Seiring bertambahnya waktu, Universitas Indonesia mendirikan sejumlah fakultas dan jurusan baru. Hal inilah yang sering dilewatkan orang hingga tidak mengetahui fakultas dan jurusan-jurusan apa saja yang terdapat di Universitas Indonesia.

Pilihan Jurusan dan Fakultas di UI

Jika anda berminat untuk melanjutkan sekolah ke Universitas Indonesia (UI) maka anda harus memastikan jurusan kuliah apa yang anda pilih. Untuk memilihnya tentu saja anda harus mengetahui jurusan di UI beserta fakultasnya. Hal ini supaya anda bisa terarah dan jelas dalam melanjutkan pendidikannya.

Penentuan jurusan kuliah sangat penting. Beberapa pakar dan ahli memberikan saran dalam menentukan jurusan kuliah. Ada mereka yang menganjurkan untuk melakukan tes bakat dan minat. Kemudian ada lagi yang memberikan saran mengambil jurusan atas apa yang diminatinya dan apa yang menjadi bakatnya.

Untuk mengetahui apa saja jurusan -jurusan kuliah sangat penting supaya calon mahasiswa dapat memilih jurusan kuliah beserta data lainnya. Apalagi mengingat banyak sekali jurusan yang ada, baik jurusan IPA maupun jurusan IPS di UI.

Kesalahan dalam pemilihan jurusan kuliah di UI akan membuat anda menyesal di kemudian hari. Oleh karena itu, akan dijelaskan secara singkat info jurusan kuliah di UI Depok dari program studi Sarjana S1 sampai S2 magister pasca sarjana, antara lain:

1.Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi UI mempunyai banyak jurusan yang menarik untuk dipilih. Seperti ilmu ekonomi, ilmu ekonomi Islam, akuntansi, manajemen, bisnis Islam, perencanaan dan kebijakan publik, ekonomi ketenagakerjaan dan kependudukan.

jurusan ips di ui

2.Fakultas Farmasi

Pilihan jurusan di UI yang juga menarik lainnya adalah dari Fakultas Farmasi. Universitas Indonesia antara lain menyediakan program studi Sarjana Farmasi S1 maupun S2 Farmasi. Untuk jurusan Farmasi UI untuk jenjang S1 antara lain ilmu farmasi yang ditempuh selama 4 tahun. Kemudian untuk program studi pasca sarjana atau magister terdapat jurusan ilmu herbal dan ilmu farmasi.

3.Jurusan Hukum

Universitas Indonesia juga mempunyai Fakultas Hukum. Fakultas ini membuka beberapa jurusan seperti ilmu hukum, ilmu hukum tata negara dan, ilmu kenotariatan.

4.Jurusan Ilmu Administrasi

UI Juga membuka jurusan Ilmu Administrasi  yang terdiri-dari beberapa jurusan seperti jurusan ilmu administrasi fiskal, ilmu administrasi negara, dan ilmu administrasi niaga.

5.Fakultas Kedokteran

Salah satu jurusan di UI yang paling banyak diminati adalah jurusan kedokteran UI. Fakultas Kedokteran UI mempunyai beragam jurusan antara lain jurusan Pendidikan Kedokteran, Ilmu Gizi, Kedokteran Kerja, Ilmu Biomedik, dan Ilmu Kedokteran.

6.Fakultas Ilmu Keperawatan

Universitas Indonesia terus menambah banyak jurusan. Salah satunya dengan membuka fakultas Ilmu Keperawatan yang memilih banyak jurusan seperti Keperawatan Anak, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Maternitas,  Medikal Bedah, Keperawatan Komunitas, dan untuk S2 terdapat jurusan Kepemimpinan dan Manajemen Perawatan.

7.Jurusan Ilmu Komputer

Fakultas Ilmu Komputer di UI terdiri dari jurusan ilmu komputer, ilmu sistem informasi, dan ilmu teknologi informasi.

Info Jurusan Kuliah di UI Depok

Saat ini tercatat ada 61 jurusan di UI Depok. Anda dapat melihat begitu banyak jurusan dan fakultas di kampus ini. Ini tentunya bisa membuat setiap calon mahasiswa baru kebingungan dalam menenentukan jurusan kuliah. Namun dengan adanya tes minat dan bakat maka bisa dicari fakultas dan jurusan yang terbaik bagi seseorang sesuai potensi dalam dirinya.

Sebelum mendaftarkan kuliah di Universitas Indonesia, tentu saja anda harus mengikuti proses seleksi pada jalur SBMPTN dan SNMPTN maupun jalur mandiri. Selepas lulus lewat jalur tersebut maka anda dipastikan dapat kuliah di UI. Untuk info jurusan kuliah di UI Depok yang bisa diambil ada banyak pilihannya.

Jurusan IPA Di UI

Pemilihan jurusan kuliah umumnya berdasarkan pilihan jurusan IPA atau IPS saat di SMA. Untuk jurusannya ada banyak pilihannya yang masuk ke dalam fakultas Geografi, Fisika, Farmasi, Kedokteran, Biologi, Teknik, dan Matematika.

Berikut ini daftar selengkapnya jurusan IPA di UI Depok yang bisa menjadi pilihan Anda.

1.Fakultas Kedokteran

Universitas Indonesia (UI) mempunyai fakultas Kedokteran. Bagi siapa saja atau anda yang ingin kuliah jurusan kedokteran maka bisa mengambil jurusan Kedokteran di UI yang begitu bonafide dan berkelas. Semua orang tahu profesi sebagai seorang dokter sangat menjanjikan dengan penghasilan besar dan pekerjaan yang bergengsi di masyarakat.

jurusan ips di ui

Adapun jurusan di UI untuk Fakultas Kedokteran meliputi jurusan Pendidikan Dokter. Jurusan ini akan menjadikan lulusannya bisa buka praktek dan meraih gelar sebagai dokter. FK UI memiliki jurusan Kelas Khusus Internaional  yang lulusannya berhak mendapat dua gelar dokter sekaligus. Baik dari Universitas Indonesia maupun gelar Bachelor of Medical Science dari Universitas Monash Melbourne Australia.

Namun untuk kuliah di fakultas Kedokteran UI tidak mudah. Dari awalnya seseorang mesti lulus dalam ujian SBMPTN dengan nilai passing grade yang sangat tinggi. Belum lagi biaya kuliah di fakultas kedokteran UI terbilang sangat tinggi. Walaupun demikian, anda bisa menyikapinya dengan mengambil kesempatan macam-macam beasiswa kuliah hingga lulus.

2.Fakultas Kedokteran Gigi

Universitas Indonesia juga membuka fakultas Kedokteran Gigi. Jurusannya meliputi Pendidikan Kedokteran Gigi. Lulusannya bergelar dokter gigi yang bisa bekerja di lembaga pemerintah dan swasta serta membuka praktek dokter gigi.

Sama seperti jurusan Kedokteran Umum di UI, untuk bisa masuk jurusan Kedokteran Gigi di UI memerlukan nilai passing grade yang tinggi dan biaya pendidikan yang tak bisa dibilang murah.

3.Fakultas Kesehatan Masyarakat

Jurusan kuliah di bidang kesehatan lainnya di UI disamping Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi adalah Fakultas Kesehatan Masyarakat atau yang sering disebut Kesmas atau Kesling.

Untuk jurusan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Indonesia terdapat empat jurusan yakni jurusan kesehatan lingkungan, gizi, kesehatan masyarakat, dan jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

4.Fakultas Ilmu Keperawatan

Fakultas di UI yang bergerak dalam bidang kesehatan selanjutnya adalah Fakultas Ilmu Keperawatan.  Untuk jurusan di UI pada fakultas ini meliputi Keperawatan Medikal Bedah, Maternitas, Keperawatan Komunitas, Jiwa, Keperawatan anak dan spesialis Ners. Mereka yang mengambil jurusan Ilmu Keperawatan di UI maka akan sangat mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Adapun prospek kerja atau pekerjaan yang bisa diambilnya, antara lain:

  • Tenaga perawat di rumah sakit negeri maupun swasta. Gaji perawat di rumah sakit sekitar Rp 5 juta lebih perbulan.
  • Perawat Homecare. Apa itu perawat Homecare? Perawat yang bekerja di rumah orang lain dalam membantu merawat orang yang sakit misalkan dari kalangan lansia, atau anak-anak. Gaji perawat homecare sesuai standar dikisaran Rp 7 juta perbulan.
  • Penulis buku kesehatan
  • Medical Representative
  • Asisten Dokter
  • Perawat  di Klinik Kesehatan dan Kecantikan

5.Fakultas Farmasi

Universitas Indonesia (UI) juga membuka fakultas Farmasi dari program Sarjana S1 sampai S2. Lulusannya mudah diserap dalam dunia kerja seperti bekerja sebagai apoteker, di industri obat-obatan sampai bisa membuka usaha apotek mandiri.

6.Fakultas Teknik

Universitas Indonesia juga sudah sejak lama membuka Fakultas Teknik sampai sekarang ini. Untuk spesialisasi atau jurusan IPA di UI pada fakultas ini terdiri-dari jurusan teknik ilmu elektro, teknik mesin, teknik sipil, teknik industri (TI), teknik kimia, teknik arsitektur, teknik material dan metalurgi, teknik bioproses, teknik komputer, teknik lingkungan, teknik perkapalan, dan teknik arsitektur interior.

Bagi lulusan SMK yang ingin melanjutkan ke UI maka ia bisa memilih jurusan sesuai dengan jurusan di SMK-nya. Misalkan ia mengambil SMK jurusan elektro maka ia bisa mengambil jurusan teknik elektro di UI.

7.Fakultas Ilmu Komputer

Jurusan komputer merupakan jurusan yang paling banyak diminati dan paling banyak dibutuhkan untuk dunia industri. Pilihan mengambil jurusan ilmu komputer di UI sangat tepat. Karena di kampus terbaik ini akan dipelajari ilmu komputer dari dasar sampai tingkat mahir.

jurusan ips di ui

Pada fakultas Ilmu Komputer terdapat beberapa program studi yang masuk dalam jurusan IPA di UI. Yaitu jurusan sains data dan analitika, jurusan komputasi awan, jurusan teknologi perangkat lunak, jurusan kecerdasan buatan, E bisnis, tata kelola TI, sistem informasi dan ilmu komputer.

8.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

Salah satu jurusan di Universitas Indonesia (UI) yang kurang diminati orang adalah jurusan MIPA atau Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas MIPA mempunyai beberapa jurusan di UI, antara lain:

  • Ilmu KImia
  • Ilmu Biologi
  • Ilmu Matematika
  • Ilmu Geografi
  • Ilmu Fisika
  • Ilmu Statistika
  • Ilmu Aktuaria

Jurusan IPS di UI

Selain IPA, Universitas Indoensia juga memiliki banyak program studi IPS yang masuk ke dalam berbagai fakultas. Seperti Fakultas Hukum, Fisip, Filsafat, dan Psikologi, dan Soshum. Nah, berikut ini berbagai jurusan IPS di UI yang sebaiknya Anda tahu.

1.Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Salah satu jurusan di UI yang paling banyak peminat dan peserta didik adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mahasiswa di fakultas ini mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis.

Berikut ini jurusan yang terdapat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI antara lain:

  • Bisnis Islam
  • Ilmu Ekonomi
  • Ilmu Ekonomi Islam
  • Ilmu Akuntansi
  • Ilmu Manajemen

Lulusan fakultas ini bisa bekerja di lembaga swasta atau pemerintah sebagai analis ekonomi atau bisnis.

2.Fakultas Hukum

Jurusan yang keren dan menjanjikan di UI berikut adalah jurusan di fakultas hukum. Peminat jurusan kuliah UI ini sangat besar dari kelompok siswa IPS SMA. Adapun untuk jurusannya bisa dipilih yang terdiri-dari jurusan ilmu hukum, hukum negara dan masyarakat,hukum transnasional, praktisi hukum, hukum penanggulangan  dan pencegahan kejahatan, hukum ekonomi, dll.

3.Fakultas Psikologi

Universitas Indonesia juga mendirikan fakultas psikologi. Mereka yang berminat pada psikologi bisa masuk jurusan ini di UI. Lulusannya bisa bekerja sebagai psikolog professional di rumah sakit atau buka praktek sendiri. Fakultas Psikologi UI mempunyai jurusan Pendidikan Dokter Psikolog.

jurusan di ui

4.Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

Kampus ini juga memiliki jurusan IPS di UI yang juga popular yang masuk dalam Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIPB). Berikut ini daftar program studinya.

  • Ilmu sejarah
  • Ilmu perpustakaan
  • Ilmu filsafat
  • Ilmu bahasa dan budaya Cina
  • Ilmu bahasa dan budaya Belanda
  • Ilmu arkeologi
  • Ilmu bahasa dan budaya arab
  • Ilmu bahasa dan budaya Jepang
  • Ilmu bahasa Jawa dan budaya Jawa
  • Ilmu bahasa inggris dan budayanya
  • Ilmu bahasa Indonesia dan budayanya
  • Ilmu bahasa Rusia, Perancis, Korea, Jerman dan budayanya.

5.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Indonesia sudah sejak lama membuka jurusan ilmu sosial dan ilmu politik. Para lulusannya banyak bekerja di berbagai bidang lembaga pemerintahan. Jika anda menyukai mempelajari bidang ilmu sosial dan ilmu politik maka anda bisa mengambil fakultas Ilmu sosial dan Ilmu politik di UI.

Adapun berbagai jurusan di UI untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik antara lain meliputi:

  • Ilmu hubungan internasional
  • Ilmu politik
  • Sosiologi
  • Krimonologi
  • Ilmu komunikasi
  • Ilmu kesejahteraan sosial
  • Antropologi sosial

6.Fakultas Ilmu Administrasi UI

Universitas juga memiliki Fakultas Ilmu Administrasi. Ada sejumlah jurusan IPS di UI yang masuk fakultas ini, antara lain:

  • Ilmu administrasi negara
  • Ilmu administrasi fiskal
  • Ilmu administrasi niaga

Demikianlah daftar jurusan di UI yang bisa menjadi pilihan Anda. Info jurusan kuliah di UI Depok ini mencakup bidang IPA dan IPS sesuai jurusan Anda saat di SMA. Dengan mengenal mengenal Universitas Indonesia beserta program tsudi yang ada bisa memudahkan Anda dalam membuat pilihan yang tepat.