Tokoh perempuan inspiratif Indonesia menjadi topik pembahasan yang sangat menarik. Terlebih jika kita mengangkatnya pada hari Perempuan Sedunia yang bertepatan pada tanggal 8 Maret. Kita bisa mengetahui tokoh-tokoh wanita inspiratif panutan kaum wanita di seluruh dunia yang dapat kita saksikan dan menjadi kebanggaan wanita Indonesia.

Prestasi yang diraih oleh wanita-wanita hebat Indonesia itu menjadi inspirasi bagi wanita Indonesia lainnya. Beberapa tokoh perempuan tersebut mampu mengharumkan nama Indonesia dalam kancah internasional dan menjadi panutan bagi jutaan wanita muda di tanah air yang sedang menapaki jenjang karir dan mengukir cita-cita dan harapan.

Daftar Tokoh Perempuan Inspiratif Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara gudangnya wanita-wanita hebat dan inspiratif. Anda tidak akan kesulitan dalam mendapatkan tokoh perempuan panutan dan inspiratif di Indonesia. Mereka tersebar luas dalam berbagai bidang dan profesi.

Ada tokoh perempuan inspiratif dan berprestasi Indonesia dalam bidang bisnis, pertanian, perikanan, kebudayaan, seni peran, jurnalistik, teknologi, pendidikan, olahraga, seni musik, dan lain sebagainya.

Tokoh Inspiratif Perempuan Indonesia Beserta Biografinya

Pastinya anda tidak sabar lagi untuk mengetahui siapa saja tokoh wanita Indonesia yang inspiratif dan menjadi panutan bagi wanita-wanita Indonesia lainnya. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini daftar tokoh inspiratif perempuan indonesia beserta biografinya yang paling populer.

1.Najwa Shihab

Tokoh wanita muda Inspiratif Indonesia yang  berada di urutan kesatu adalah Najwa Shihab. Pastinya anda tidak asing lagi mendengar namanya. Ia adalah seorang wanita muda nan cantik yang bergerak dalam bidang pers jurnalistik dan pernah mempunyai acara tv di stasiun tv swasta Metro TV atau Trans7 acaranya sangat terkenal bernama Mata Najwa.

tokoh perempuan inspiratif indonesia

Mata Najwa adalah program acara yang mengupas sesuatu hal dengan tajam yang dihadiri oleh para narasumber yang berkompeten. Analisa wanita cantik ini sangat tajam hingga mampu memberikan informasi yang menarik dan akurat pada para penonton.

2.Sri Mulyani

Siapa sih yang tidak kenal dengan Sri Mulyani Indrawati? Setiap orang Indonesia pastinya mengenal tokoh perempuan inspiratif indonesia ini. Ia adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia saat ini di era kepemimpinan Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin.

tokoh inspiratif perempuan indonesia beserta biografinya

Sebelumnya, ia juga pernah diangkat sebagai Menteri Keuangan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Prestasi yang telah ia toreh bukan hanya dalam kancah nasional. Tapi juga dalam dunia internasional. Ia pernah menjabat sebagai petinggi IMF.

3.Maudy Ayunda

Tokoh inspiratif perempuan indonesia beserta biografinya berikutnya yang juga mempunyai banyak prestasi adalah Maudy Ayunda. Wanita muda belia yang sangat cantik dan berkulit putih ini mempunyai segudang prestasi dalam beberapa bidang. Seperti dalam bidang pendidikan tinggi.

Baca juga Apa Isi Perjanjian Renville dan Dampaknya

Beliau adalah anak muda Indonesia yang berhasil menempuh pendidikan tinggi di Oxford University dan Stanford University yang terkenal dan bergengsi. Selain memiliki sikap yang sederhana, paras cantik dan menarik, Maudy Ayunda memiliki otak yang cerdas.

4.Dian Sastrowardoyo

Bagi penggemar film Ada Apa Dengan Cinta pastinya mengenal nama Dian Sastrowardoyo. Beliau adalah salah seorang pemeran utama film tersebut. Nama Dian Sastrowardoyo disebut sebagai tokoh wanita muda inspiratif Indonesia.

tokoh perempuan inspiratif indonesia

Pada masa mudanya, ia pernah mendapatkan beberapa prestasi terutama dalam bidang perfilman. Tak ayal, Majalah Forbes menjuluki wanita cantik asal Indonesia ini sebagai inspiring woman.

5.Susi Pudjiastuti

Tokoh perempuan inspiratif Indonesia lainnya adalah Susi Pudjiastuti. Wanita yang pernah menduduki posisi sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan di era awal Presiden Joko Widodo berkuasa ini mempunyai penampilan yang sangat eksentrik dan berciri khas suara yang kental. Susi Pudjiastuti bisa dekat dengan rakyat dan para nelayan. Ia menjadi sosok panutan dan dicintai para nelayan.

Selama beliau menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan banyak prestasi yang ia torehkan. Ia menjadi salah satu menteri teraktif dan paling populer di masa itu. Beliau pun melakukan berbagai gebrakan dan terobosan yang berani dan baik bagi kepentingan nasional. Seperti menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan-ikan di wilayah Indonesia.

6.Merry Riana

Tokoh wanita Indonesia selanjutnya yang menginspirasi jutaan perempuan muda Indonesia lainnya adalah Merry Riana. Wanita yang dilahirkan pada tanggal 29 Mei 1980 ini merupakan sosok pekerja keras dan menggapai kesuksesan dari nol. Dari asalnya orang miskin menjadi milyuner, itulah sekelumit kisah Merry Riana yang menginspirasi orang di seluruh dunia khususnya Indonesia.

Pahlawan Perempuan Indonesia

Kiprah wanita-wanita Indonesia bukan hanya dirasakan sejak kini. Pada masa dahulu pun sebelum bangsa Indonesia merdeka, wanita-wanita Indonesia telah berkiprah dan mengambil posisi penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Anda dapat dengan mudah menemukan sebagian pahlawan Indonesia adalah tokoh perempuan inspiratif indonesia.

Tokoh inspiratif perempuan Indonesia sangat banyak. Ia bisa berasal dari tokoh wanita Indonesia pada jaman dahulu maupun jaman sekarang. Para pahlawan perempuan Indonesia ini bahkan terukir dalam buku sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Berikut ini beberapa tokoh inspiratif perempuan Indonesia yang menjadi pahlawan nasional yang terus menginspirasi sampai saat ini.

1.Raden Ajeng Kartini

Salah satu pahlawan perempuan Indonesia yang paling terkenal di Indonesia adalah Raden Ajeng Kartini. Untuk mengenang jasa-jasanya, setiap tanggal 21 April, negara Indonesia memperingatinya sebagai hari Kartini.

Berbicara mengenai Raden Ajeng Kartini maka tidak terlepas dari konsep pendidikan dan emansipasi wanita yang diusungnya. Karena konsep inilah yang diperjuangkan oleh Kartini yakni kesetaraan hak perempuan dengan kaum laki-laki.

2.Cut Nyak Dhien

Pahlawan wanita yang juga tokoh inspiratif perempuan indonesia beserta biografinya yang juga penting adalah Cut Nyak Dhien. Perempuan ini berasal dari Aceh. Yang diperjuangkannya adalah kemerdekaan Indonesia dari belenggu penjajahan. Dengan gagah berani, Cut Nyak Dhien melakukan perlawanan terhadap kompeni Belanda yang mau menjajah Aceh.

Baca juga Jurusan Kuliah IPS Yang Menjamin Masa Depan

Biografi Cut Nyak Dhien menarik untuk ditelusuri. Wanita bernama lengkap Cut Nyak Dhien dilahirkan pada tahun 1848. Ia dilahirkan di daerah Lampadang yang dibawah kekuasaan Kerajaan Aceh Besar. Cut Nyak Dhien bukanlah orang biasa. Ia adalah keturunan bangsawan yang sangat dihormati oleh masyarakat.

Sejak kecil Cut Nyak Dhien dididik pelajaran agama Islam sehingga ketika ia besar tumbuh menjadi pribadi muslimah yang sangat patuh menjalankan agamanya. Pada tahun 1880, Belanda datang ke Aceh dan hendak menjajah Tanah Rencong. Cut Nyak Dhien dan suaminya melakukan perlawanan terhadap Belanda. Hingga tahun 1880 terjadi beberapa pertempuran antara pasukan Aceh dan Belanda.

3.Martha Christina Tiahahu

Pahlawan nasional yang juga tokoh perempuan inspiratif indonesia berikutnya adalah Martha Christina Tiahahu yang berasal dari Karang Panjang Sirimau Ambon Propinsi Maluku. Wanita tangguh ini dilahirkan di daerah Nusa Laut tanggal 4 Januari 1800 dari keluarga terpandang.

Pada mulanya, bala tentara Belanda datang ke negeri Maluku dengan tujuan untuk menjajah. Kedatangan tentara Belanda membawa bencana bagi penduduk Maluku. Karena mereka disuruh secara paksa untuk bertanam pala dan cengkih. Hasil panen rempah-rempah itu dirampas oleh Belanda. Menyaksikan penindasan dan penjajahan yang dilakukan oleh Belanda itulah yang membuat seorang lelaki muda bernama Thomas Matulessy berontak.

Pada tanggal 3 Mei 1816, Thomas Matulessy dan kawan-kawannya melakukan perundingan bersama. Hasil dari perundingan itu menghasilkan ikrar perlawanan terhadap penjajahan Belanda. Pada akhirnya meletuslah peperangan antara pasukan Thomas Matulessy dan pasukan Belanda yang bersenjatakan meriam dan senapan.

4.Dewi Sartika

Sosok pahlawan yang juga menjadi tokoh perempuan inspiratif indonesia lainnya adalah Dewi Sartika. Pahlawan perempuan indonesia ini mendapat penghargaan sebagai pahlawan nasional. Dewi Sartika sama seperti RA Kartini berjuang dalam kesetaraan kaum perempuan untuk mendapatkan pendidikan yang layak serta konsep emansipasi bagi kalangan perempuan di tanah air.

Baca juga Kesenjangan Sosial, Faktor Penyebab dan Dampaknya

Dewi Sartika dilahirkan pada tanggal 4 Desember 1884 di Cicalengka Propinsi Jawa Barat. Ia tumbuh dalam keluarga yang sederhana. Sejak kecil, ia mempunyai kecerdasan yang tinggi dan menguasai berbagai bahasa.

5.Fatmawati Soekarno

Fatmawati Soekarno adalah seorang pahlawan wanita nasional sekaligus isteri dari Presiden pertama RI. Beliau orang yang menjahit bendera merah putih pusaka. Perempuan yang berasal dari Bengkulu ini lahir pada tanggal 5 Februari 1923. Latar belakang pendidikannya dimulai di HIS. Lalu melanjutkan ke Sekolah Muhammadiyah di Bengkulu. Pada waktu itu, Ir Soekarno salah seorang guru di sekolah tersebut.

pahlawan perempuan indonesia

Ir Soekarno tertarik pada Fatmawati hingga beliau melamar gadis cantik itu. Tahun 1943, Ir Soekarno dan Fatmawati menikah di Bengkulu. Pada tanggal 17 Agustus 1945 direncanakan untuk dibacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Hal tersebut membuat Fatmawati disibukkan dengan menjahit bendera merah putih pusaka. Tanggal 14 Mei 1980, Indonesia berduka dengan meninggalnya ibu negara, Fatmawati Soekarno.

6.Cut Nyak Meutia

Tokoh perempuan inspiratif Indonesia selanjutnya berasal dari pahlawan nasional wanita Indonesia. Beliau bernama Cut Nyak Meutia yang berasal dari daerah Aceh. Dalam perang melawan penjajahan Belanda, Cut Nyak Meutia hadir sebagai pemimpin pergerakan bersama-sama dengan Panglima Polim, Teuku Umar dan Cut Nyak Dien. Cut Nyak Mutia bersama pasukannya melawan penjajahan Belanda dengan cara bergerilya.

pahlawan perempuan indonesia

Pada tanggal 24 Oktober 1910 terjadi peperangan sengit antara pasukan Belanda dengan pasukan Cut Nyak Meutia.  Pada akhirnya, Cut Nyak Meutia tertembak peluru Belanda sampai ia gugur di medan laga. Pemerintah Indonesia memberikan penghargaan atas jasanya berupa gelar kehormatan pahlawan nasional sekaligus sosok inspiratif bagi para perempuan.

Itulah daftar tokoh perempuan inspiratif Indonesia paling populer. Dengan mengenal kiprah dan biografinya semoga saja bisa memberikan inspirasi dan semangat para wanita milenial masa kini untuk lebih mengutamakan kemajuan sosial masyarakat dan bangsanya.